Cara Menanam Dan Merawat Bunga Kacapiring (Gardenia)

Tanaman hias kacapiring mempunyai bunga berwarna putih beraroma khas Cara Menanam dan Merawat Bunga Kacapiring (Gardenia)
Tanaman hias kacapiring mempunyai bunga berwarna putih beraroma khas.  Sangat cocok di tanam di halaman rumah.

Tanaman kacapiring atau di luar negeri dikenal sebagai gardenia merupakan salah satu tanaman hias bunga populer. Bunganya berwarna putih dan mempunyai aroma yang harum semerbak. Permukaan daunnya licin dan mengkilap. Selain mempercantik taman, kacapiring juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.


Kacapiring terkenal sebagai tumbuhan bunga yang sensitif, lokasi dan perawatan yang sesuai ialah hal yang perlu diperhatikan supaya kacapiring tumbuh dengan baik. Pilihlah lokasi penanaman dengan kelembaban yang tinggi dan sinar matahari yang cukup. Meski demikian, tumbuhan ini juga toleran di daerah teduh. Selain ditaman di area terbuka, kacapiring juga tumbuh baik dalam ruangan jikalau ditanam dalam pot.


Tanaman hias kacapiring mempunyai bunga berwarna putih beraroma khas Cara Menanam dan Merawat Bunga Kacapiring (Gardenia)
Kacapiring sangat cocok ditanam di akrab jendela kamar atau sekitar beranda rumah alasannya bisa menebarkan aroma harum di sekelilingnya.

Pertumbuhan tumbuhan kacapiring lebih cepat jikalau ditanam dengan cara stek dibandingkan dengan biji. Kacapiring yang diperbanyak dengan stek sanggup mekar dalam waktu satu tahun, sedangkan jikalau ditanam dengan biji memerlukan waktu dua hingga tiga tahun. Waktu terbaik untuk stek batang kacapiring ialah dikala pagi hari ketika tumbuhan masih segar.


Cara Menanam Bunga Kacapiring (Garenia)


Berikut langkah-langkah menanam bunga kacapiring:


Tanaman hias kacapiring mempunyai bunga berwarna putih beraroma khas Cara Menanam dan Merawat Bunga Kacapiring (Gardenia)
Tahap menyiapkan bibit tumbuhan kacapiring.


  1. Siapkan bibit tumbuhan kacapiring. Anda bisa memperolehnya dengan cara stek pada tangkai tumbuhan atau memperoleh bibit kacapiring di toko persediaan bibit tanaman.

  2. Siramlah terlebih dahulu tanah daerah menanam kacapiring. Hal ini dilakukan alasannya tumbuhan kacapiring menyukai tanah lembab dan juga memudahkan dalam penanaman.

  3. Campurkan pupuk kompos atau lumut gambut pada tanah untuk memperbaiki drainase dan pemenuhan kebutuhan nutrisi. Tingkat pH tanah yang ideal bagi tumbuhan kacapiring adalah 5 hingga 6.

  4. Gali lubang di tanah sebesar ukuran diameter gumpalan akar. Masukkan dengan hati-hati bibit kacapiring yang telah disiapkan, jangan hingga melukai akar. Siramlah kembali tumbuhan kacapiring.


Cara Merawat Bunga Kacapiring (Gardenia)


Tanaman hias kacapiring mempunyai bunga berwarna putih beraroma khas Cara Menanam dan Merawat Bunga Kacapiring (Gardenia)
Ilustrasi merawat bunga kacapiring. Daun dan bunga yang telah kering sebaiknya dibuang supaya tidak mengganggu pertumbuhan tunas baru.


  1. Kacapiring memerlukan penyiraman secara teratur terutama dikala ekspresi dominan kemarau. Siramlah tumbuhan ketika kondisi tanah terlihat kering. Hindari membasahi daunnya, ada baiknya disiram pada area akar.

  2. Agar tumbuhan kacapiring Anda tumbuh sehat dan berbunga lebat, lakukan pemupukan setidaknya dua kali dalam setahun. Anda bisa memakai pupuk kompos atau pupuk atau pupuk kandang.

  3. Pangkas bunga yang telah layu dan daun-daun atau ranting yang telah mati. Hal ini dilakukan supaya tumbuhan siap memasuki masa pertumbuhan.

  4. Kacapiring rentan terhadap serangan hama menyerupai sisik, kutu putih, dan lalat putih. Gunakan insektisida untuk menanggulangi hama tersebut.


Itulah tips-tips cara menanam dan merawat tumbuhan hias bunga kacapiring. Apakah Anda tertarik untuk menanamnya? Kami menyediakan tumbuhan kacapiring di sini. Happy gardening 🙂



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menanam Dan Merawat Bunga Kacapiring (Gardenia)"

Posting Komentar