Pasar Persaingan Tidak Sempurna: Pengertian, Jenis-Jenis, Ciri-Ciri, Contoh

Dalam suatu perdagangan usaha, ada macam-macam jenis pasar. Pada umumnya, ada dua jenis pasar, yaitu pasar persaingan tepat dan pasar persaingan tidak sempurna. Tentang pasar persaingan sempurna, aku pernah menjelaskannya disini: Pasar Persaingan Sempurna: Definisi, Contoh dan Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna. Di pos ini, kita akan membahas ihwal pengertian pasar persaingan tidak sempurna, ciri-ciri, pola dan jenis-jenis pasar persaingan tidak sempurna. 

Pengertian pasar persaingan tidak tepat adalah jenis pasar di mana terdapat sedikit penjual tetapi pembelinya sangat banyak. Dikarenakan jumlah penjual yang terbatas, maka penjual disini akan menjadi pihak yang diuntungkan, alasannya penjual sanggup memilih harga untuk memperoleh banyak keuntungan. 

Barang atau jasa yang dijual di pasar persaingan tidak tepat umumnya bermacam-macam / heterogen. Dikatakan pasar persaingan 'tidak sempurna' alasannya adanya salah satu pihak (penjual) yang mendominasi dalam hal penentuan harga, sehingga sanggup menjadikan ketidakadilan dalam pasar.  

CIRI-CIRI PASAR PERSAINGAN TIDAK SEMPURNA 

1. Terdapat sedikit penjual dan banyak pembeli 

2. Harga ditentukan oleh penjual alasannya adanya unsur monopoli. Hal ini menimbulkan interaksi undangan dan penawaran harga kurang berperan dalam pembentukan harga.

3. Produsen gres sulit masuk ke dalam pasar alasannya banyak kendala di dalamnya. Misalnya penjual yang sudah mempunyai brand produk yang lebih dikenal dan sudah mendapat loyalitas yang lebih dimata pelanggan.  

4. Barang dan jasa yang dijual bervariasi, namun sulit mendapat barang alternatif / substitusi dengan fungsi yang sama. 

JENIS-JENIS PASAR PERSAINGAN TIDAK SEMPURNA 

Pasar persaingan tidak tepat terdiri dari 5 (lima) jenis pasar, yaitu pasar monopoli, pasar oligopoli, pasar monopolistik, pasar monopsoni, pasar oligopsoni. Berikut ialah klarifikasi untuk jenis-jenis pasar persaingan tidak sempurna: 

1. Pasar monopoli

Pengertian pasar monopoli, ciri-ciri pasar monopoli dan pola pasar monopoli anda sanggup goresan pena aku disini: Pasar Monopoli: Pengertian, Ciri-ciri dan Contoh Pasar Monopoli.

2. Pasar oligopoli 

Pengertian pasar oligopoli, ciri-ciri pasar oligopoli dan pola pasar oligopoli anda sanggup baca goresan pena aku disini: Pasar Oligopoli: Pengertian, Ciri-Ciri, Contoh Pasar Oligopoli.

3. Pasar monopolistik

Pengertian pasar monopolistik, ciri-ciri pasar monopolistik dan pola pasar monopolistik di Indonesia sanggup anda baca tulisannya disini: Pasar Monopolistik: Pengertian, Contoh dan Ciri-Ciri Pasar Monopolistik.

4. Pasar monopsoni

Pengertian pasar monopsoni, ciri-ciri pasar monopsoni dan pola pasar monopsoni di Indonesia, sanggup anda baca klarifikasi lengkapnya disini: Pengertian Pasar Monopsoni, Contoh dan Ciri-Cirinya.

5. Pasar oligopsoni

Pengertian pasar oligopsoni, ciri-ciri pasar oligopsoni dan pola pasar oligopsoni di Indonesia, sanggup anda lihat penjelasannya disini: Pengertian Pasar Oligopsoni, Ciri-ciri Beserta Contohnya.

Itulah klarifikasi dan pola pasar persaingan tidak sempurna. Makara kesimpulannya, pasar persaingan tidak tepat ini merupakan pasar yang didalamnya terdapat banyak penjual, sedikit pembeli atau sebaliknya. Hal ini berbeda dengan pasar persaingan tepat yang di dalamnya terdapat aneka macam pembeli dan penjual, sehingga mereka tidak sanggup saling mempengaruhi harga. Di pasar persaingan tidak sempurna, terdapat 5 jenis / bentuk pasar. 

Sumber http://bahasekonomi.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pasar Persaingan Tidak Sempurna: Pengertian, Jenis-Jenis, Ciri-Ciri, Contoh"

Posting Komentar