Pasar Monopoli: Pengertian, Ciri-Ciri Dan Teladan Pasar Monopoli
Dalam dunia bisnis dan ekonomi, ada istilah PASAR MONOPOLI. Apa itu pasar monopoli? Bagaimana ciri2 pasar monopoli? Dan apa saja teladan pasar monopoli di Indonesia? Ok here we go.
Pasar monopoli yaitu bentuk pasar yang hanya terdiri dari satu produsen / penjual dengan banya pembeli (konsumen). Dikarenakan hanya ada satu penjual di pasar, maka produsen sanggup bertindak sebagai penentu harga / price maker. Produsen bisa memilih harga barang dengan cara menambah dan mengurangi jumlah barang yang disediakan di pasaran. Orang yang melaksanakan monopoli terhadap suatu pasar ini disebut dengan monopolis.
Contoh pasar monopoli di Indonesia yaitu perusahaan yang produknya menguasai hajat hidup / kepentingan banyak orang. Sebagai contoh: PLN sebagai penyedia utama listrik di Indonesia. Pertamina yang mengasai produksi dan distribusi minyak bumi.
PLN yaitu salah satu teladan pasar monopoli di Indonesia
CIRI-CIRI PASAR MONOPOLI
1. Terdapat satu penjual dan banyak pembeli. Dengan sifat ini, pembeli tentu tidak bisa beralih ke enjual lain, meskipun pembeli merasa dirugikan dengan sistem harga yang ditetapkan penjual.
2. Tidak ada barang pengganti yang sanggup disediakan pihak lain selain dari pada penjual yang ada di pasar tersebut.
3. Terdapat kendala masuk pasar untuk perusahaan baru. Hamabatan ini terutama kendala berupa peraturan Undang-Undang, modal yang besar, teknologi dan lain2.
4. Penjual di pasar monopoli bisa memilih harga sesuai keinginannya, sebab tidak ada pesaing dan tidak tersedia barang substitusi terdekat dari barang yang dijual.
5. Kurva usul di pasar sama dengan kurva usul yang dihadapi perusahaan monopolis, sebab hanya ada 1 penjual dan banyak pembeli.
PENYEBAB TERJADINYA PASAR MONOPOLI
1. Monopoli alami
Monopoli ini tercipta dengan sendirinya, sebab adanya pasar yang tidak efisien untuk menampung penjual lebih dari satu.
2. Peraturan hukum
Peraturan aturan ini berkaitan dengan Undang-Undang. Sebagai contoh, di Indonesia diatur dalam UU bahwa produksi penting yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara.
3. Monopoli dengan lisensi
Monopoli ini tercipta sebab ada perusahaan yang mendaftarkan hak paten, hak cipta atau hak atas kekayaan intelektual lainnya.
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PASAR MONOPOLI
Kelebihan pasar monopoli:
1. Melindungi hak kekayaan individu, sehingga semakin mendorong terjadinya inovasi
2. Adanya monopoli dari pemerintah sanggup menjaga sumber daya alam yang penting untuk masyarakat.
3. Perusahaan monopolis tidak perlu mengeluarkan banya uang untuk melaksanakan promosi dan iklan semoga konsumen bisa membedakan produknya. Hal ini sebab pasar monopoli tidak ada barang substitusi dan pesaing.
4. Pada pasar monopoli alami, suplemen penjual justru menciptakan produksi tidak bisa mencapai skala ekonomi, sehingga monopoli sanggup meningkatkan efisiensi dalam produksi.
Kekurangan pasar monopoli:
1. Konsumen tidak sanggup pindah pada penjual lain meskipun harga barang dirasa terlalu mahal.
2. Keuntungan terpusat di produsen sebab konsumen tidak memiliki pilihan selain membeli dari produsen yang sama untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
3. Dikarenakan produsen memutuskan harga dengan menambah atau mengurangi produksi, ada potensi produksi tidak dilakukan secara efisien dan optimal.
Sumber http://bahasekonomi.blogspot.com
0 Response to "Pasar Monopoli: Pengertian, Ciri-Ciri Dan Teladan Pasar Monopoli"
Posting Komentar