√ Panduan Sholat Tahajud Lengkap Dengan Niat, Cara Dan Doa

Salah satu dari beberapa macam ibadah sunnah kaum Muslimin yang memiliki banyak faedah, keutamaan/ manfaat serta keistimewaan yaitu Sholat Tahajud. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya banyak ayat suci Al-Quran serta hadits-hadits Rasulullah yang memperkuat hal tersebut.


Berikut ini ada beberapa petikan manfaat serta keutamaan dari Sholat Tahajud yang dikumpulkan dari Al-qur’an serta hadits-hadits yang insya Allah shahih.


Artikel terkait: Niat, Cara dan Doa Sholat Dhuha Paling Lengkap


Orang yang melaksanakan ibadah sunnah Sholat Tahajud akan diangkat derajatnya oleh Allah Azza wa Jala ke kawasan yang terpuji, sebagaimana firman Allah berikut ini:


Keutamaan dan Manfaat Sholat Tahajud


Salah satu dari beberapa macam ibadah sunnah kaum Muslimin yang memiliki banyak faedah √ Panduan Sholat Tahajud Lengkap dengan Niat, Cara dan Doa

Al-Isra’ ayat 79


“Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kau sebagai suatu ibadah aksesori bagimu. mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kau ke kawasan yang terpuji.” (QS. Al-Isra: 79)


Memudahkan serta mempercepat tercapainya hajad atau keinginan serta bisa menawarkan rasa aman. Rasulullah SAW bersabda:


“Ketahuilah bekerjsama Allah tertawa terhadap dua orang laki-laki: Seseorang yang bangun pada malam yang hambar dari ranjang dan selimutnya, lalu ia berwudhu dan melaksanakan sholat.


Allah berfirman kepada para malaikat-Nya, ‘Apa yang mendorong hamba-Ku melaksanakan ini?’ Mereka menjawab, ‘Wahai Rabb kami, ia melaksanakan ini sebab mengharapkan apa yang ada di sisi-Mu.'” Allah berfirman, “Sesungguhnya Aku telah menawarkan kepadanya apa yang ia harapkan (cita-citakan) dan menawarkan rasa kondusif dari apa yang ia takutkan.” (HR Ahmad).


Meningkatkan aura kecantikan/ketampanan sebagaimana dengan sabda Rasulullah SAW : “Barang siapa yang banyak melaksanakan sholat malam, maka wajahnya akan terlihat ganteng atau anggun di siang harinya.” (HR Ibnu Majah).


Mendapatkan kebaikan dan rahmat dari Allah serta dijanjikan Surga-Nya, sebagaimana Firman Allah Azza wa Jalla:


Salah satu dari beberapa macam ibadah sunnah kaum Muslimin yang memiliki banyak faedah √ Panduan Sholat Tahajud Lengkap dengan Niat, Cara dan Doa

Adzariyat ayat 15


Salah satu dari beberapa macam ibadah sunnah kaum Muslimin yang memiliki banyak faedah √ Panduan Sholat Tahajud Lengkap dengan Niat, Cara dan Doa

Adzariyat ayat 16


Salah satu dari beberapa macam ibadah sunnah kaum Muslimin yang memiliki banyak faedah √ Panduan Sholat Tahajud Lengkap dengan Niat, Cara dan Doa

Adzariyat ayat 17


Salah satu dari beberapa macam ibadah sunnah kaum Muslimin yang memiliki banyak faedah √ Panduan Sholat Tahajud Lengkap dengan Niat, Cara dan Doa

Adzariyat ayat 18


“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada di dalam taman-taman (surga) dan di mata air-mata air, sambil mengambil apa yang diberikan kepada mereka oleh Tuhan mereka.


Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia yaitu orang-orang yang berbuat baik. Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam. Dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah). (QS Az-Zariyah: 15-18)


Sebagai penghapus kejelekan dan pencegah dosa serta menjadi penangkal penyakit (menjaga kesehatan). Sebagaimana sabda Rasulullah SAW kepada Salman al-Farisi:


“Hendaklah kau melaksanakan qiyamullail sebab qiyamullail itu yaitu kebiasaan orang-orang shalih sebelum kita, sarana pendekatan kepada Allah, penghapus keburukan, pencegah dosa dan penangkal penyakit di badan.” (HR. A-Tabarani dan Al-Hatsami).


Apa yang saya paparkan di atas hanyalah sebagian kecil dari begitu banyaknya belakang layar Sholat Tahajud yang lain menyerupai halnya dengan menghindarkan dari kesepian di alam kubur, setiap perkataan yang kita ucapkan mengandung arti serta akan dituruti oleh orang lain (berwibawa), mengharumkan amis tubuh, diperhatikan dan dicintai oleh orang-orang yang mengenal kita, akan dipelihara oleh Allah dari segala marabahaya, kesenangan dan keselamatan di dunia-akhirat, wajahnya memancarkan cahaya, dibangkitkan dari kubur dengan wajah bercahaya, dimudahkan hisabnya, diberikan kitab amalnya ditangan kanan, serta berjalan di atas jembatan (shiratal mustaqim) bagaikan kilat, menjaminkan untuknya kebutuhan hidup, serta menjadi calon penghuni nirwana (Subhanallah).


Adapun waktu untuk melaksanakan Sholat Tahajud yaitu dimulai sesudah Sholat Isya’ hingga sebelum masuknya waktu Sholat Subuh, dengan pembagian menyerupai berikut ini:


Waktu Sholat Tahajud


1. Sepertiga malam pertama mulai dari sesudah sholat Isya’ hingga jam 22.00


2. Sepertiga malam kedua mulai dari jam 22.00-01.00


3. Seperti malam ketiga/terakhir mulai dari jam 01.00 hingga sebelum masuk waktu Sholat Subuh.


Dari semua klarifikasi yang saya uraikan di atas, sanggup kita ambil satu poin yang sangat penting, yaitu bahwa setiap Sholat Tahajud sudah niscaya sholat malam. Akan tetapi, sholat malam belum tentu sholat tahajud. Hal yang membedakan antara Sholat Tahajud dengan sholat malam lainnya yaitu sholat tahajud harus dikerjakan sesudah bangun tidur.


Adapun cara untuk melaksanakan Sholat Tahajud yaitu sebagai berikut.


1. Membaca Niat Sholat Tahajud; Ushalli sunnatat-tahajodi rak’ataini lillahi ta’aalaa. Yang artinya; Aku niat Sholat Sunnah Tahajud dua rakaat sebab Allah.Salah satu dari beberapa macam ibadah sunnah kaum Muslimin yang memiliki banyak faedah √ Panduan Sholat Tahajud Lengkap dengan Niat, Cara dan Doa


2. Untuk tata caranya/gerakannya sama halnya dengan sholat fardhu ataupun Sholat Sunnah lainnya. Dianjurkan juga untuk setiap 2 rakaat salam, sebagaimana dengan sabda Rasulullah yang artinya;


“Seorang pria berdiri (di depan Nabi) dan lalu bertanya, ‘wahai Rasulullah, bagaimana cara melaksanakan sholat malam? lalu Rasulullah menjawab; ‘Sholat malam itu dua (rakaat) dua (rakaat). (HR. Muslim)


3. Setelah selesai melaksanakan Sholat Tahajud bisa ditutup dengan Sholat Sunnah Witir


Tidak ada doa khusus yang harus dibaca sesudah Sholat Tahajud, dengan kata lain kita bebas memilih doa apa yang ingin munajatkan kepada Allah Azza wa Jalla. Akan tetapi, ada sebuah doa yang sering diamalkan oleh Rasulullah selepas Sholat Tahajud.


Doa Sholat Tahajud yang dicontohkan oleh Rasulullah (dalam bahasa Arab).


Salah satu dari beberapa macam ibadah sunnah kaum Muslimin yang memiliki banyak faedah √ Panduan Sholat Tahajud Lengkap dengan Niat, Cara dan Doa


Doa Sholat Tahajud yang dicontohkan oleh Rasulullah (dalam bahasa Indonesia).


ALLAAHUMMA LAKAL HAMDU ANTA QAYYIMUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA MALIKUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA NUURUS SAMAAWAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTAL HAQQU, WA WA’DUKAL HAQQU, WA LIQAA’UKA HAQQUN, WA QAULUKA HAQQUN, WAL JANNATU HAQQUN, WANNAARU HAQQUN, WANNABIYYUUNA HAQQUN, WA MUHAMMADUN SHALLALLAAHU ‘ALAIHI WASALLAMA HAQQUN WASSAA’ATU HAQQUN. ALLAAHUMMA LAKA ASLAMTU, WA BIKA AAMANTU, WA ‘ALAIKA TAWAKKALTU, WA ILAIKA ANABTU, WA BIKA KHAASHAMTU, WA ILAIKA HAAKAMTU, FAGHFIRLII MAA QADDAMTU, WA MAA AKH-KHARTU, WA MAA ASRARTU, WA MAA A’LANTU, WA MAA ANTA A’LAMU BIHIMINNII. ANTAL MUQADDIMU, WA ANTAL MU’AKHKHIRU, LAA ILAAHA ILLAA ANTA, WA LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH


Arti doa Sholat Tahajud


“Wahai Allah! Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji.


Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Hak (benar),janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu yaitu benar, perkataan-Mu benar, nirwana itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari simpulan zaman itu benar(ada).


Wahai Allah! Hanya kepada-Mu lah saya berserah diri, hanya kepada-Mu lah saya beriman, hanya kepada-Mu lah saya bertawakkal hanya kepada-Mu lah saya kembali, hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah saya berhukum.


Oleh sebab itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir.


Tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan sumbangan Allah.”



Sumber https://carajuki.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Panduan Sholat Tahajud Lengkap Dengan Niat, Cara Dan Doa"

Posting Komentar