Kelajuan Linier Pada Gerak Melingkar

Pada gerak melingkar kita akan mengenal besaran kelajuan linier. Untuk lebih gampang memahami konsep laju linier, kita harus paham dengan konsep frekuensi dan periode pada gerak melingkar. Perhatikan gambar di bawah ini.
 kita akan mengenal besaran kelajuan linier Kelajuan Linier pada Gerak Melingkar
Sebuah benda yang bergerak melingkar akan menempuh lintasan sepanjang keliling bundar K dengan kelajuan tetap v, dan dalam waktu tertentu t. Masih ingatkah kau dengan cara mencari keliling lingkaran? Untuk mengingatnya kembali silahkan materinya pada postingan perihal keliling lingkaran. Kita ketahui untuk mencari keliling lingakaran (K) dengan panjang jari-jari R sanggup memakai rumus K = 2πR.

Jika pada gerak melingkar beraturan sanggup didefinisikan sebagai jarak yang ditempuh dibagi waktu tempuhnya atau keliling bundar di bagi periode gerak benda. Secara matematis untuk laju linier sanggup ditulis sebagai berikut:
v = K/T
v = 2πR/T
Kita ketahui bahwa hubungan antara antara periode (T) dan frekuensi (f) ialah T = 1/f, maka rumus untuk kelajuan liner menjadi:
v = 2πRf

Keterangan:
K = keliling lingkaran
R = jari-jari lingkaran
v = kelajuan linier
T = periode (sekon)
f = frekuensi (Hz)
π = 3,14

Contoh Soal
Sebuah kerikil diikat dengan seutas tali, lalu diputar sehingga bergerak membentuk bundar secara beraturan dengan jari-jari bundar yang dibuat 2,5 m. Jika dalam 1,5 menit kerikil tersebut berputar sebanyak 45 kali. Berapakah laju liner kerikil tersebut.

Penyelesaian:
R = 2,5 m
t = 1,5 menit = 90 s
N = 45 kali

Terlebih dahulu kita harus menghitung frekuensi dari kerikil tersebut yakni:
f = N/t
f = 45/90
f = 0,5 Hz

Laju linier dari kerikil tersebut sanggup dihitung dengan rumus:
v = 2πRf
v = 2(3,14)(2,5 m)(0,5 Hz)
v = 7,85 m/s
Jadi, kelajuan linier kerikil tersebut 7,85 m/s

Demikian pembahasan kelajuan linier pada gerak melingkar. Jika ada permasalahan dalam memahami bahan ini silahkan tanyakan pada kolom komentar. Kita niscaya bisa.

Sumber http://mafia.mafiaol.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Kelajuan Linier Pada Gerak Melingkar"

Posting Komentar