Hubungan Flora Hijau Dengan Fotositesis Dan Respirasi

- Hubungan Tumbuhan Hijau dengan Fotositesis dan Respirasi - Tumbuhan hijau yaitu tumbuhan yang mengandung zat hijau daun (klorofil). klorofil ini berada di kloroplas. Dalam kloroplas tumbuhan tingkat tinggi terdapat dua macam klorofil yang merupakan materi penyerap energi yang utama yaitu klorofil A dan klorofil B.

Tumbuhan hijau berperan sebagai produsen alasannya yaitu sanggup menciptakan masakan sendiri melalui proses fotosintesis. Fotosintesis yaitu proses penyusunan masakan pada zat hijau daun (klorofil) dengan pertolongan sinar matahari. Dalam proses fotosintesis ini, tumbuhan memerlukan air dan mineral, menyerupai fosfor, besi, magnesium, dan kalium.

Bahan baku untuk proses fotosintesis yaitu karbondioksida dan air. Karbondioksida diambil oleh tumbuhan hijau melalui verbal daun (stomata) dan pori-pori kecil pada batang (lentisel), sedangkan air diambil dari tumbuhan hijau dari dalam tanah melalui akar.
  1. ketersediaan oksigen dan karbondioksida
  2. cahaya
  3. air
  4. hara tanaman
  5. mekanis dan zat kimia
  6. umur serta macam jaringan tanaman.
Jaringan muda pada tumbuhan laju fotosintesisnya relatif lebih cepat dibandingkan dengan jaringan tua. Jaringan yang sedang aktif tumbuh juga mempunyai laju respirasi yang tinggi.

Laju respirasi ini tidak tetap akan tetapi berfluktuasi dari waktu ke waktu sebagai akhir efek banyak sekali faktor baik faktor dalam maupun faktor luar Hasil fotosíntesis ialah zat gula yang dipakai sebagai materi baku untuk pembakaran (oksida biologis) dalam badan tumbuhan dan berfungsi untuk mengganti sel-sel yang rusak, serta untuk menunjang pertumbuhan dan kegiatan tumbuhan, sedangkan oksigen berfungsi membantu pernapasan tumbuhan.

Adapun oksigen dipakai untuk memperabukan zat masakan (zat gula) dan selebihnya dilepaskan melalui stomata untuk pernapasan bagi binatang dan manusia.

Oksidasi biologis yaitu proses pembakaran terhadap zat masakan (zat gula) oleh oksigen di dalam badan yang menghasilkan energi untuk beraktivitas dan karbondioksida serta uap air sebagai zat sisa.

Tidak semua zat hasil fotosíntesis (zat makanan) dipakai oleh tumbuhan hijau. Kelebihan zat hasil fotosíntesis disimpan sebagai cadangan masakan dalam buah, batang, dan umbi.

Sumber http://kttsaraswati.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Hubungan Flora Hijau Dengan Fotositesis Dan Respirasi"

Posting Komentar