Geogebra

Sejarah singkat
Geogebra  (singkatan dari “Geometry and Algebra”) yaitu perangkat lunak inovatif matematika untuk menuntaskan masalah-masalah geometri dan aljabar. Geogebra mempunyai GNU (General Public License), sehingga jadwal ini bebas untuk diunduh dan dipakai serta dikembangkan oleh para penggunanya.. Geogebra bekerja pada sistem operasi yang cukup luas, meliputi Windows, Linux dan Macintosh dan memakai Java sebagai mesin virtual yang sudah otomatis terpasang pada perangkat lunak tersebut.
Geogebra dibentuk oleh Markus Hohenwarter. Dia menciptakan Geogebra sebagai sebuah perangkat lunak yang bebas, dinamis dan terbuka, yang sanggup dipakai sebagai alat untuk mengajar dan mempelajari matematika mulai dari tingkat sekolah hingga universitas. Geogebra memperlihatkan kepada pengguna, kemampuan analisa geometri, aljabar dan kalkulus yang terhubung secara penuh dan antarmukanya sangat sederhana dan gampang dipakai oleh pengguna. Dengan kata lain, Geogebra menggabungkan konsep analisa geometri dinamis dengan bidang aljabar dan analisa matematika secara bersama-sama.
Dirancang secara spesifik untuk tujuan pendidikan, Geogebra sanggup membantu para guru dan siswa untuk melaksanakan eksperimen, orientasi masalah, dan orientasi penelitian bidang geometri baik di rumah maupun di sekolah. Para siswa sanggup mengunakan secara simultan sistem komputer untuk aljabar dan geometri yang interaktif.
Geogebra yaitu sebuah perangkat lunak geometri dinamis yang menunjang semua konstruksi gambar geometri dengan titik, garis, dan kurva lengkung (seperti lingkaran, elips, dan lain-lain). Geogebra juga mempunyai kemampuan sistem aljabar untuk menuntaskan hal-hal penting yang bekerjasama dengan fungsi tertentu (seperti akar, titik ekstrim, dan lain-lain), penggunaan rumus fungsi dan titik koordinat secara pribadi pada input bar, serta mencari nilai turunan dan integral dari sebuah fungsi. Inilah alasan kenapa geogebra yaitu pilihan yang sempurna untuk menampilkan beberapa obyek geometri secara langsung.

Tampilan Geogebra.
Secara umum tampilan antarmuka Geogebra menyerupai di bawah ini.
Bagian-bagian pada antarmuka Geogebra secara umum terdiri atas:
  • Algebra View (Tampilan aljabar) 
  • Toolbar (Peralatan)
  • Toolbar Help (Bantuan peralatan)
  • Input Bar (Masukan)
  • Graphics View (Tampilan grafik) 
  • Spreadsheet View (Tampilan tabel)
Beberapa aplikasi geogebra dalam pembelajaran matematika

Geogebra sebagai perangkat lunak matematika yang dinamis dengan kemampuan geometri dan aljabar yang terintegrasi secara tolong-menolong tentu saja memperlihatkan kemudahan-kemudahan untuk kita gunakan sebagai alat menggambar yang presisi, alat presentasi yang handal, dan juga alat penganalisa suatu duduk kasus matematika.
Berikut akan dijelaskan cara dan memakai geogebra sebagai alat presentasi, alat menggambar, dan alat analisa.

Visualisasi sistem persamaan linear dua variabel.
Peralatan yang dipakai untuk menciptakan presentasi di atas adalah:
  • Sliders  
  • Input Bar 
  • Text 
  • Intersect two objects

Kita sanggup mengeser sliders di sebelah kiri untuk mengubah nilai gradien dan nilai konstantanya sehingga para siswa bisa menganalisa bahwa pada ketika nilai gradien tertentu dan nilai konstanta tertentu maka kedua garis tidak lagi saling berpotongan.

Menggambar garis singung bundar dari titik di luar lingkaran.
Peralatan yang dipakai untuk menciptakan konstruksi ini adalah:
  • Circle with center and radius
  • New point
  • Segment between two points
  • Midpoint or center
  • Intersect two objects
  • Ray through two points
Untuk geometri konstruksi Geogebra menyediakan akomodasi Navigation kafe for construction steps. Dengan akomodasi ini para siswa sanggup melihat langkah-langkah menggambar sebuah kontruksi geometri. Pengaturan untuk kecepatan pengulangan langkah-langkah konstruksi sanggup diubahsuaikan dengan harapan si presenter. Geogebra sangat cocok untuk mempresentasikan sebuah konstruksi geometri langkah-langkah demi langkah.

Untuk mengunduh perangkat lunak geogebra sanggup dilihat di tautan berikut:

Sumber http://falensiocc.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Geogebra"

Posting Komentar