Cara Menciptakan Motivation Letter

Cara membuat motivation letter yang diposting di sini didedikasikan untuk kau yang sedang mencari informasi bagaimana membuat motivation letter untuk studi di luar negeri. Saya pernah menulis wacana teladan motivation letter sebelumnya. Penjelasan wacana cara membuat motivation letter yang saya tulis ini akan berupa klarifikasi contoh.


Baca juga: Contoh Motivation Letter






Sebelumnya, perlu diingat bahwa motivation letter ditulis untuk memberitahu panitia seleksi baik masuk universitas atau pun kegiatan beasiswa wacana apa yang menjadi motivasi kau melamar. Dengan demikian, motivation letter menyiratkan informasi yang sifatnya personal berkaitan dengan studi dan hal lain yang berkaitan, menyerupai karir dan donasi keilmuan.


Tidak ada struktur baku wacana susunan motivation letter. Substansi surat lebih penting dari pada kerangka alasannya yakni apa yang dilihat oleh panitia yakni substansinya. Selama motivation letter yang ditulis berhasil memberikan informasi yang diperlukan panitia, peluang diterima semakin besar. Style kepenulisan juga tidak terlalu penting selama disampaikan secara ringan, baik dan benar.


Cara membuat motivation letter


Disandarkan pada teladan motivation letter yang bernah saya tulis sebelumnya, beberapa langkah mudah saya uraikan supaya pembaca mempunyai citra wacana bagaimana cara membuat motivation letter yang baik dan benar. Sebelumnya perlu diketahui bahwa beberapa kaidah harus diketahui terlebih dahulu, diantaranya:


Pertama, motivation letter bersifat personal sehingga informasi yang mengungkap wacana ambisi, visi, dan harapan langsung harus ditulis secara jelas.


Kedua, motivation letter merupakan instrumen untuk membuat ”kesan pertama” wacana dirimu pada panitia di institusi yang kau lamar. Kesan pertama ini selalu penting meskipun dokumen lain dan tahap seleksi lain juga tak kalah penting.


Ketiga, motivation letter ditulis menurut pengetahuan wacana insitusi yang kau lamar. Artinya, bila motivation letter ini ditujukan untuk mendaftar di universitas, maka ”profil” universitas tersebut perlu diangkat meskipun cuma sekilas. Jika ditulis untuk melamar beasiswa, maka ”profil” institusi pemberi beasiswa juga perlu disinggung.


Keempat, motivation letter merupakan rangkuman perjalanan hidup dan keinginan dalam versi yang super singkat. Maksudnya di sini yakni motivation letter berisi klarifikasi wacana apa yang membuat kau termotivasi. Alasan ini bisa tiba dari masa kemudian dan juga keinginan di masa depan.







Baca juga: Daftar Beasiswa Kuliah di Luar Negeri


Keempat poin di atas perlu diingat sebagai pegangan saja. Selebihnya, pengetahuan wacana cara membuat motivation letter yang diperlukan yakni langkah-langkah teknisnya. Untuk bab klarifikasi langkah-langkah teknis kepenulisan, saya akan sertakan lagi capture teladan motivation letter yang pernah saya tulis di postingan lain.


Langkah-langkah mudah membuat motivation letter


Berikut screen capture motivation letter yang pernah saya tulis, dengan tanggal dan kampus tujuan yang disamarkan:


Cara membuat motivation letter yang diposting di sini didedikasikan untuk kau yang sedang Cara Membuat Motivation Letter


Dari teladan di atas, bisa kita susun beberapa langkah yang harus ditempuh sebagai bab dari cara membuat motivation letter yang baik dan benar, diantaranya:


Satu lembar penuh atau satu setengah lembar biasanya sudah cukup. Pastikan tidak lebih dari dua lembar alasannya yakni terlalu panjang kecuali bila diminta.


Di bab atas ditulis insitusi tujuan dan tanggal penulisan dan di bab paling bawah ditulis nama disertai tanda tangan kamu.


Pada bab isi, tiap paragraf mengandung informasi yang berisi kegiatan studi yang dituju beserta alasannya. Alasan ini bisa diuraikan cukup detail dari latar belakang studi hingga ambisi karir yang ingin dicapai ke depan.


Informasi yang disampaikan tidak harus berurutan, yang penting ada, yaitu mencakup kegiatan dan universitas yang dituju, motivasi mendaftar, visi ke depan, karir, donasi yang bisa diberikan, dan kesesuaian visi langsung dengan visi kegiatan atau beasiswa yang dilamar.


Baca juga: Sistematika Proposal Penelitian







Bila merujuk pada teladan di atas, maka struktur kepenulisan bisa dibentuk sebagai berikut:


Paragraf pertama menjelaskan wacana kegiatan studi yang dilamar dan relevansinya dengan keinginan kamu.


Paragraf kedua wacana background pendidikan yang menawarkan relevansi dengan rencana studi ke depan.


Paragraf ketiga berisi wacana pengalaman penelitian atau pengalaman kerja yang relevan dengan rencana studi.


Paragraf keempat berisi wacana skill non-akademik yang dimiliki sebagai nilai tambah kemampuan akademik. Pembaca juga bisa mencantumkan prestasi akademik dan non-akademik di sini.


Paragraf kelima menjelaskan wacana tawaran penelitian dan mengapa ingin menggarap riset dengan tema tersebut.


Baca juga: Contoh Proposal Penelitian







Paragraf keenam barisi informasi wacana alasan mengapa menentukan universitas tujuan. Pembaca mengungkapkan pengetahuannya wacana ”profil” universitas tujuan untuk memberi kesan kepada panitia bahwa kau serius mencari info wacana daerah impian kau studi.


Paragraf terakhir menawarkan wacana keuntungan, kontribusi, atau sumbangsih yang diberikan oleh pelamar bila menerima kesempatan mengikuti kegiatan studi tersebut. Kontribusi bisa kepada program, bisa dalam skala nasional kepada negara, atau global secara lebih luas.


Sekali lagi, tata urutan tiap paragraf tidak harus sama. Pastikan panitia seleksi menerima informasi yang diperlukan wacana diri kau beserta motivasinya mendaftar. Tulisan sebisa mungkin mengalir dan sanggup dipahami dalam sekali baca.


Baca juga Kuliah Jurusan IPS: Daftar Lengkap



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menciptakan Motivation Letter"

Posting Komentar