Cara Menanam Dan Merawat Bunga Nona Makan Sirih

 ini merupakan salah satu tumbuhan yang sekarang banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias di p Cara Menanam dan Merawat Bunga Nona Makan Sirih
Tanaman yang mempunyai nama Ilmiah Clerodendrum thomsoniae ini merupakan salah satu tumbuhan yang sekarang banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias di pekarangan rumah, bahkan tidak jarang orang yang menanamnya dalam pot.

Nona makan sirih atau di luar negeri dikenal pula dengan nama Bleeding Heart Vine termasuk flora semak dan merambat yang aslinya berasal dari Afrika. Alasan kenapa bunga ini dinamai dengan nona makan sirih alasannya ialah warna merah merona pada bunganya mirip bibir seorang nona yang sedang makan daun sirih.


Tanaman nona makan sirih yang masih muda akan tumbuh dengan tegak namun kalau sudah tumbuh besar maka ia akan membelit dengan tinggi sanggup mencapai 4 m. Yang unik dari tumbuhan ini ialah ia mempunyai kelopak berwarna putih yang lama-kelamaan akan berkembang menjadi merah keunguan ketika melaksanakan penyerbukan. Jenis bunga yang berwarna putih adalah yang paling umum dijumpai, namun terdapat pula nona makan sirih dengan bunga berwarna merah dan ungu. Nona makan sirih juga mempunyai daun mirip daun sirih dan menghasilkan buah yang berukuran kecil yang terdapat empat biji di dalamnya.


Baca juga: Cara Menanam Dan Merawat Bunga Kalanchoe


Cara Menanam Tanaman Bunga Nona Makan Sirih


Tertarik untuk menanamnya? Berikut kami berikan cara menanam bunga nona makan sirih:


Menanam nona makan sirih dengan cara stek:



  1. Tanaman ini sanggup diperbanyak dengan cara stek atau lewat bijinya. Cara yang paling umum dipakai ialah dengan stek alasannya ialah dianggap lebih cepat tumbuh kalau dibandingkan dengan biji. Anda sanggup memperoleh bibit tumbuhan ini dari tumbuhan yang sudah tumbuh atau di tempat penjualan bibit tanaman.

  2. Pilihlah batang tumbuhan yang sehat dan masih segar. Potong batang dengan panjang sekitar 2-3 jengkal.
     ini merupakan salah satu tumbuhan yang sekarang banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias di p Cara Menanam dan Merawat Bunga Nona Makan Sirih
    Batang tumbuhan nona makan sirih yang telap dipotong siap ditanam dalam pot.

  3. Ada baiknya ujung batang tumbuhan dicelupkan ke dalam zat perangsang akar. Tanam pada media yang berisi pasir. Siram dengan air.

  4. Akar tumbuhan akan tumbuh dalam 2-3 ahad semenjak ditanam. Selanjutnya, pindahkan tumbuhan tersebut pada pot yang telah dicampur dengan pupuk kandang. Pindahkan dengan hati-hati, upayakan tidak melukai akar tanaman.

  5. Letakkan di lokasi yang jelas dan terkena sinar matahari penuh.


Menanam nona makan sirih dari biji:


 ini merupakan salah satu tumbuhan yang sekarang banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias di p Cara Menanam dan Merawat Bunga Nona Makan Sirih
Tanaman nona makan sirih juga menghasilkan biji yang sanggup ditanam kembali.

Meskipun dengan cara stek lebih cepat tumbuh namun tidak ada salahnya kalau Anda ingin mencoba menanam bunga ini dari bijinya. Berikut langkah-langkahnya:



  1. Pilihlah buah yang telah matang, kupas kulitnya kemudian semai biji dalam media tanam berupa pasir.

  2. Benih nona makan sirih memerlukan waktu 4-6 ahad untuk berkecambah.

  3. Tunggu sampai bibit menghasilkan beberapa helai daun sampai alhasil siap dipindahkan.

  4. Pindahkan pada pot yang lebih besar dengan mendia tanam yang telah dicampur dengan pupuk sangkar sebelumnya.


Cara Merawat Tanaman Bunga Nona Makan Sirih


 ini merupakan salah satu tumbuhan yang sekarang banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias di p Cara Menanam dan Merawat Bunga Nona Makan Sirih
Ilustrasi tumbuhan nona makan sirih dalam pot.


  • Letakkan tumbuhan pada lokasi yang terkena sinar matahari penuh alasannya ialah tumbuhan ini tumbuh ideal kalau memperoleh sinar matahari seharian, namun toleran juga dengan teduh sebagian. Tanaman nona makan sirih tidak akan menghasilkan bunga kalau tidak terdapat cahaya yang cukup.

  • Karena termasuk jenis tumbuhan yang merambat maka diharapkan penopang untuk kawasan tumbuhnya.

  • Rajinlah memangkas tanaman, selain untuk tampilan yang lebih rapi, hal ini juga memungkinkan flora menghasilkan daun dan bunga yang tumbuh lebih sehat.

  • Lakukan penyiraman secara teratur untuk menjaga kelembaban media tanam namun hindari menyiramnya terlalu banyak sampai air tergenang.

  • Jika perlu berikan pupuk organik cair dua ahad sekali.


Itulah cara menanam dan merawat tumbuhan hias bunga nona makan sirih. Jika berminat, kami juga menyediakan tumbuhan nona makan sirih yang sudah hidup di sini, siap melengkapi koleksi tumbuhan hias Anda di rumah. Semoga isu ini bermanfaat dan selamat bercocok tanam 🙂



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menanam Dan Merawat Bunga Nona Makan Sirih"

Posting Komentar