√ Cara Bikin Tenda Kurang Dari 20 Menit Untuk Kau Yang Masih Pemula

Saat ini, acara camping (Kemah) atau mendaki gunung menjadi salah satu acara yang paling digemari oleh belum dewasa muda untuk mengisi waktu liburan mereka (Tak jarang juga yang jadi hobi).


Kegiatan kemah semacam ini biasanya sering dilakukan di hutan ataupun di tengah perjalanan pendakian. Buat kau yang baru, tentu harus tahu beberapa hal dan persiapan yang matang dulu ketika akan melaksanakan kemah.


Mulai dari persiapan bekal hingga perlengkapan menyerupai tenda, baju hangat, peralatan masak dan lain sebagainya. Dari sekian banyak persiapan yang harus kau lakukan. Ada satu hal paling penting yang tak boleh kau lupakan.


Yaitu cara bikin tenda atau cara menciptakan tenda. Meskipun kelihatannya sepele, namun butuh pengetahuan dan keahlian untuk mendirikannya. Nah, di artikel kali ini akan kita bahas bagaimana cara bikin tenda, semoga tenda kau tidak asal-asalan dan terasa nyaman.


Langkah pertama cara bikin tenda


 atau mendaki gunung menjadi salah satu acara yang paling digemari oleh anak √ Cara Bikin Tenda Kurang dari 20 Menit untuk Kamu yang Masih Pemula

Cara menciptakan tenda / bikin tenda


Carilah kawasan yang permukaan tanahnya rata dan ukurannya juga sesuai dengan ukuran tenda yang akan kau dirikan. Kemudian, letakkan tenda tepat di atas tanah yang sudah kau tentukan tadi dengan posisi kepingan belakang ada di atas.


Setelah itu, pasang semua tiang di depan, belakang, samping dan kepingan pintu tenda. Kemudian tancapkan dua buah penanda (Bisa kau gunakan kayu atau benda keras lainnya) tepat di kepingan tengah tenda kemudian lipat tendanya.


Langkah ke dua cara bikin tenda


 atau mendaki gunung menjadi salah satu acara yang paling digemari oleh anak √ Cara Bikin Tenda Kurang dari 20 Menit untuk Kamu yang Masih Pemula

teknik mendirikan tenda


Jika kau bersama banyak teman, tentu akan semakin praktis dan cepat dalam mendirikan tenda. Katakanlah kau bawa empat orang kawan, kemudian suruhlah mereka melaksanakan tugasnya masing-masing (Seperti gambar ilustrasi di atas).


Orang A dan B tugasnya cukup mudah, yaitu mendirikan dan mengangkat tiang tenda. Sedangkan dua orang lainnya (C dan D) menarik setiap tali yang sudah dipersiapkan.


Langkah ke tiga cara bikin tenda


 atau mendaki gunung menjadi salah satu acara yang paling digemari oleh anak √ Cara Bikin Tenda Kurang dari 20 Menit untuk Kamu yang Masih Pemula

teknik mengikat tali tenda


Jika langkah ke dua (A dan B) sudah selesai dilakukan. Dua orang lainnya yaitu C dan D segeralah untuk menarik tali kemudian mengikatnya di setiap pasak / patok yang sudah disiapkan di awal tadi.


Dalam mengikat tali tenda pun ada baikanya mengikat tali tenda sudut kiri dan kanan terlebih dahulu. Kemudian lanjut dengan tali tenda yang ada di kepingan pintu tenda, kepingan depan dan belakan tenda.


Tarik tali dengan sekuat mungkin kemudian ikat dengan besar lengan berkuasa memakai simpul ganda.


Langkah ke empat cara bikin tenda


 atau mendaki gunung menjadi salah satu acara yang paling digemari oleh anak √ Cara Bikin Tenda Kurang dari 20 Menit untuk Kamu yang Masih Pemula

Tips mendirikan tenda


Langkah bikin tenda yang ke empat ialah mengikat setiap tali yang ada di dinding-dinding tenda pada setiap kayu (Pasak / patok) yang sudah kau buat atau persiapkan. Tariklah tali sekuat-kuatnya semoga tenda sanggup bangun kokoh.


Jangan lupa juga ikat dengan rapi semoga tenda yummy dilihat dan tidak semrawut atau berantakan.


Yang perlu kau perhatikan dengan baik:


 atau mendaki gunung menjadi salah satu acara yang paling digemari oleh anak √ Cara Bikin Tenda Kurang dari 20 Menit untuk Kamu yang Masih Pemula

teknik mendirikan tenda


Kontur tanah di Indonesia ini ada banyak sekali macam, untuk kontur yang normal cara bikin tenda di atas tergolong efektif dan cukup praktis untuk dilakukan.


Namun beda lagi ceritanya jikalau tanah yang akan kau gunakan untuk mendirikan tenda konturnya berbatu, berpasir atau bahkan bergambut tentu membutuhkan tenaga ekstra dan pengetahuan lebih untuk menancapkan patok atau pasak.


Namun kau ngga perlu kawatir, di artikal ini akan kita bahas mengenai solusi untuk mengatasinya, makanya jangan hingga kau lewatkan untuk membacanya hingga akhir.


Jika kau dapati kontur tanah yang susah menyerupai yang sudah kita singggung di atas tadi, kau sanggup manfaatkan akar atau pohon.


Tapi, perlu kau pastikan dulu kondisi pohonnya, jangan hingga kau pilih pohon atau ranting yang sudah ringkih dan justru sanggup membahayakan.


Ingat, pastikan bahwa pohon yang kau pilih benar-benar kuat, bahkan kalau ada angin puting-beliung pun tidak perlu kawatir. Teknik semacam ini, mungkin praktis buat kau yang sudah terbiasa dengan acara semacam ini.


Tapi, buat kau yang masih pemula tentu butuh perjuangan ekstra dan perlu membaca artikel ini hingga selesai untuk memahami setiap detil pohon dan tanah yang sanggup bikin tenda bangun dengan tepat tanpa kawatir akan bahaya.


Perhatikan baik-baik gambar ilustrasi di atas. Pada gambar di atas sanggup kau lihat bagaimana teknik mengikat yang baik dan benar jikalau kontur tanahnya berbatu dengan tanah keras.


Tali tendanya sanggup kau ikatkan pada tongkat kemudian penguatnya ditindih kerikil dan harus seimbang dengan besarnya tenda (Kalau tidak, maka tenda akan rubuh).


Sama halnya jikalau kontur tanahnya bergambut ataupun berpasir, cara tersebut juga sanggup kau manfaatkan. Kamu sanggup mengombinasikannya sekreatif mungkin jikalau gambar di atas sedikit ada perbedaan dengan medan yang kau hadapi, tapi pada pada dasarnya sama menyerupai itu.


Jadi, kurang lebih menyerupai itu mengenai cara bikin tenda atau mendirikan tenda yang sanggup kau praktikan dikala akan melaksanakan kemah nanti. Atau sebagai anak Pramuka yang gres berguru bikin tenda atau mendirikan tenda, sanggup kau gunakan teknik ini sebagai referensi.


Tambahan, tips dan trik mencari kawasan yang baik untuk mendirikan tenda di tengah hutan belantara.


1. Sebisa mungkin hindari pohon besar


Jika kau ingin bikin tenda atau mendirikan tenda akrab pohon besar, ada baiknya kau perhatikan dulu kondisi pohon tersebut. Pastikan pohonnya kokoh dan tidak rapuh.


Karena, jikalau ada angin puting-beliung bertiup kencang sanggup membahayakan kalau kau berada di sekitarnya. Ada baiknya kau hindari pohon besar atau carilah pohon yang kondisinya masih segar dan kokoh.


2. Cari lokasi yang akrab dengan mata air


Carilah lokasi yang akrab dengan mata air. Karena hal tersebut akan meringankan dan memudahkan mengangkut air untuk keperluan masak, mencuci, mandi, minum dan lain sebagainya.


Selain itu, jikalau mendirikan tenda di akrab mata air hawanya sangat adem dan sejuk. Tapi perlu kau perhatikan juga kondisi sekitar mata air.


Jikalau terjadi hujan lebat akan membahayakan atau tidak, kemudian pastikan juga area sekitar mata air tidak rawan longsor jikalau terjadi hujan lebat.


3. Pilihlah lokasi yang luas dan berada di dataran tinggi


Supaya tenda kau bangun dengan tepat tanpa melaksanakan teknik yang rumit. Carilah tempar yang datar dengan kontur tanah yang normal, tidak terlalu keras dan tidak lembek.


Jangan pilih lokasi yang bergelombang, sebab hal tersebut akan memperlambat proses bikin tenda atau mendirikan tenda.


Sebaiknya pilih juga kawasan dengan posisi lebih tinggi dari sekitarnya, semoga ketika hujan tenda kau tidak tergenang air. Jangan lupa juga untuk menciptakan kanal air di sekitar tenda.


Mungkin beberapa klarifikasi cara bikin tenda ini sudah cukup sanggup membantu kau yang masih pemula. Tapi ada satu hal lagi yang perlu kau ketahui jikalau tidak mempunyai persiapan yang lengkap, ada baiknya kau ikuti tips di bawah ini.



  • Carilah tiang penopang dan penyangga dari ranting pohon yang sanggup kau cari di dalam hutan. Namun gunakan juga dengan bijak, jangan hingga merusak kelestarian hutan.

  • Jika tidak membawa tali yang cukup, carilah tanaman merambat dan sejenisnya menyerupai bambu atau rotan yang sanggup kau manfaatkan sebagai tali.

  • Jika tidak membawa tenda atau tidak punya tenda yang siap pakai kau sanggup gunakan terpal yang dikombinasikan dengan beberapa materi di atas.

  • Ikat kepingan ujung terpal ke pohon terdekat atau sanggup juga ke pasak atau patok

  • Kamu juga sanggup memanfaatkan kayu berbentuk Y sebagai penyanggga supaya memudahkan dikala proses pengikatan.

  • Usahakan kawasan istirahat dalam tenda area nya lebih tinggi dari sekitarnya

  • Untuk kawasan tidur, kau juga sanggup memanfaatkan sisa terpal, karung atau bahkan kayu yang disusun.

  • Untuk kawasan masak dan menjemur pakaian, kau juga sanggup memanfaatkan ranting pohon yang ada di sekitar. Tapi ingat, tetap gunakan dengan bijak.


Kurang lebih begitu, cara bikin tenda atau mendirikan tenda yang sanggup kau praktikan dan bagikan kepada teman-teman yang lainnya.


Semoga cara bikin tenda yang kita sampaikan ini praktis dipahami dan dipraktikan oleh siapapun yang membaca artikel. Silahkan bagikan jikalau berdasarkan kau artikel ini sangat membantu.


Sebagai materi refernsi, kau juga sanggup simak video di bawah ini.




Sumber https://carajuki.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Cara Bikin Tenda Kurang Dari 20 Menit Untuk Kau Yang Masih Pemula"

Posting Komentar