√ 99+ Teladan Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar

Contoh surat lamaran kerja – Sebagai langkah awal memasuki dunia kerja atau ingin mencari pekerjaan pada sebuah perusahaan. Hal paling awal yang perlu kita siapkan ialah surat lamaran kerja. Baik itu di perusahaan umum, CPNS, Bank dan lain sebagainya.


Sebenarnya tidaklah sulit untuk menciptakan yang namanya surat lamaran kerja. Akan tetapi butuh pengalaman dalam menyusun setiap kalimat supaya menjadi sebuah surat lamaran kerja yang meyakinkan untuk calon perusahaan tujuan.


Kamu harus bisa menciptakan kesan pertama yang meyakinkan dalam surat lamaran kerja. Karena hal itu akan sangat memilih langkah selanjutnya. Coba bayangkan bila surat lamaran kerja yang kau buat tidaklah meyakinkan, tidak rapi, terlalu bertele-tele dan tidak menarik?


Kira-kira bab HRD perusahaan akan melirik surat lamaran kau atau melewatkannya begitu saja, bahkan tanpa membacanya sedikitpun? Oleh alasannya ialah itu, kau harus benar-benar memperhatikan hal semacam ini.


Beruntunglah kau berada di sini dan membaca artikel ini. Karena, dalam artikel ini akan kita bahas bagaimana cara menciptakan surat lamaran kerja yang baik dan benar serta akan kita berikan beberapa contoh surat lamaran kerja yang mungkin bisa kau tirukan.


1. Cara menciptakan surat lamaran kerja


Sebuah surat lamaran kerja, tidaklah semerta-merta dibentuk begitu saja tanpa mempedulikan format ataupun tata cara penggunaan bahasa yang benar serta kelengkapan surat pendukung lainnya.


Maka dari itu, sebelum kau menciptakan surat lamaran kerja, perlulah kau persiapkan dan perhatikan dengan baik tips berikut ini.


A. Gunakan bahasa yang baik dan benar


Gunakanlah bahasa yang baik, susunlah kata demi kata, kalimat demi kalimat dengan rapi dan jangan pernah sekali-kali gunakan bahasa gaul, apalagi kata atau kalimat yang sebetulnya tidak perlu untuk dicantumkan.


B. Tulis dengan kalimat yang sopan


Selain memakai bahasa yang baik dan benar, kau juga harus gunakan kalimat yang sopan atau pun kalimat yang hasilnya menyombongkan diri.


C. Tulis secara manual dan rapi


Meskipun teknologi semakin canggih. Namun, di beberapa perusahaan masih suka dengan surat lamaran yang ditulis secara manul atau ditulis tangan. Karena, hasil goresan pena tangan kita bisa dipakai sebagai contoh untuk menilai kepribadian kita ibarat apa.


Usahakan goresan pena tangan kau rapi dan tidak terdapat coretan-coretan apalagi kotor.


D. Siapkan dan lengkapi persyaratan


Dalam sebuah warta lowongan pekerjaan tentu ada yang namanya kriteria yang dibutuhkan serta kelengkapan apa saja yang mesti kau cantumkan dalam surat lamaran kerja.


E. Lampirkan akta pendukung


Jika kau punya akta pendukung dalam bidang terkait pekerjaan yang kau minati. Ada baiknya kau lampirkan juga dalam surat lamaran kerja. Karena itu akan jadi nilai tersendiri buat kau yang bisa dipakai sebagai materi pertimbangan terkait kelanjutannya.


Baik, kini kita lanjut ke bab surat lamaran kerja. Secara garis besar, surat lamaran kerja terdiri atas tiga bagian, yaitu bab pembuka, bab isi dan bab penutup.


1. Bagian pembuka


Pada bab ini biasanya terdiri dari sumber warta lowongan kerja yang kau peroleh, bab lowongan kerja yang ingin kau tempati (Posisi yang kau inginkan).


2. Bagian isi (Uraian)


Pada bab yang kedua atau bab isi biasanya menjelaskan bahwa kau sudah memenuhi semua persyaratan yang dibutuhkan untuk mengisi posisi di perusahaan.


Selain itu, dalam bab ini juga terdapat warta biodata diri, ibarat nama, daerah dan tanggal lahir, usia dan lain sebagainya.


3. Bagian penutup


Bagian terakhir ini biasanya berisi mengenai impian si pelamar kerja untuk proses selanjutnya yang disertai dengan ucapan terimakasih dan lain sebagainya.


Untuk menciptakan sebuah surat lamaran kerja sebetulnya tidaklah membutuhkan waktu yang lama. Hanya saja kau harus teliti dan lakukan semua tips menciptakan surat lamaran kerja di atas.


Agar kau ada sedikit citra mengenai surat lamaran kerja. Di bawah ini akan kita berikan beberapa contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar serta bisa kau tirukan sebagai contoh untuk menciptakan surat lamaran kerja nantinya.


Adapun format resminya ialah sebagai berikut



  • Kepala surat

  • Tanggal, perihal, kepada siapa yang dituju

  • Pengantar

  • Data eksklusif dan kontak

  • Ketertarikan dan pengalaman

  • Lampiran data-data penunjang (Sertifikat keahlian dan lain sebaginya)

  • Bagian penutup


Adapun data pendukung yang dibutuhkan biasanya ialah sebagai berikut



  • CV/Daftar Riwayat Hidup / Curriculum Vitae (Wajib)

  • Pas Foto ( Biasanya 3×4 ) (wajib)

  • Fotokopi KTP (Wajib)

  • Ijazah dan Transkrip nilai Legalisir (Wajib)

  • Surat keterangan pengalaman kerja ( Jika sudah pernah bekerja) – Wajib

  • SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) (Sesuai undangan perusahaan)

  • SKS (Surat keterangan sehat) (Sesuai undangan perusahaan)

  • Fotokopi Kartu Keluarga (Sesuai undangan perusahaan)

  • Dll ( Sesuai dengan pengumuman)


Contoh surat lamaran kerja bab 1


Hal : lamaran pekerjaan


Kepada Yth.,

Bpk / Ibu Personalia

PT. Maju Terus Pantang Mundur

Jl. Mawar Merah No 88

Jakarta Barat


Dengan hormat,


Sesuai dengan warta adanya lowongan pekerjaan dari PT. Maju Terus Pantang Mundur yang saya dapatkan dari harian Merdeka pada tanggal 15 Nopermber 2014. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung ke dalam perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Adapun bab pekerjaan yang saya maksudkan ialah bab Marketing dengan isyarat (MG) di perusahaan PT. Maju Terus Pantang Mundur.


Berikut ini ialah data singkat saya


Nama : Siswono Suryo Abadi

Tempat / tgl. lahir : Jakarta, 05 mei 1995

Pendidikan Terakhir : S1 Manajemen Informatika

Alamat : Jl Penggangsaan Timur No 56

Telepon (HP) : 081234567891

Status : Lajang


Dan ketika ini saya dalam keadaan yang sehat dan sanggup berbahasa Inggris dengan fasih. Kejujuran selalu saya utamakan dan latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan, dan saya juga sanggup mengoperasikan komputer baik itu Lotus Spreedsheet, MS Office Word, Excell, Access dan beberapa macam software perkantoran lainnya.


Sebagai materi pertimbangan, saya lampirkan :

1. Daftar Riwayat Hidup

2. Foto copy ijazah S1

3. Foto copy transkrip nilai

4. Foto copy akta kursus dan pelatihan

5. Pas photo yang terbaru


Kesempatan wawancara dari Bapak / Ibu Personalia sangat saya harapkan biar saya sanggup menjelaskan lebih rinci wacana potensi dan kemampuan saya untuk perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin.


Demikian surat lamaran ini, Saya ucapkan terima kasih atas perhatian Bapak / Ibu personalia.

Hormat saya,


Siswono Suryo Abadi


Contoh surat lamaran kerja bab 2


Martapura, 15 Nov 2014

Kepada Yth. HRD

Pt. Maju Terus Pantang Mundur,

Jl. Sam Ratulangi No. 99

Martapura


Dengan hormat,


Saya yang bertandatangan di bawah ini :


Nama : Abdul Qodir, SE

Tempat, Tgl. Lahir : Ambon, 8 Agustus 1988

Alamat : Jl. Sumbangsih

No. Telp/HP : 081234567891

Pendidikan : S1 Manajemen


Dengan surat ini saya ingin mengajukan lamaran kerja di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin sebagai seorang Marketing.


Saya mempunyai sedikit pengalaman bekerja sebagai Marketing Manajer di salah satu perusahaan terkemuka di Surabaya. Dan dengan surat permohonan ini saya siap untuk memperlihatkan kompetensi waktu dan tenaga saya apabila diharapkan dan sangat besar impian saya biar sanggup diberikan kesempatan wawancara maupun tes lainnya.


Sebagai materi pertimbangan, saya lampirkan surat :


1. Daftar Riwayat Hidup

2. Foto copy Ijazah

3. Foto copy sertifikat

4. Foto copy KTP

5. Foto copy transkrip nilai

6. Pas photo terbaru


Demikian surat lamaran kerja ini, saya ucapakan banyak terima kasih atas perhatian Bapak / Ibu.


Hormat saya,


 


Abdul Qodir, SE.


Contoh surat lamaran kerja tanpa kop surat


Kepada Yth.,

Manajer SDM

PT DWI Tama Media Nusantara

Jl. Raden Mutiara No 75

Medan Kota


Dengan Hormat,


Berdasarkan warta yang saya dapatkan di harian Radar Medan tanggal 10 Oktober 2015, bahwa PT DWI Tama Media Nusantara ketika ini sedang melaksanakan requirement untuk bab accounting.


Mengetahui hal tersebut, saya sangat tertarik untuk mengajukan diri saya menempati posisi accounting di perusahaan yang bapak pimpin.


Berikut data mengenai diri saya :


Nama : Shinta Pratiwi

Tempat & Tanggal Lahir : Medan, 19 Januari 1996

Pendidikan Akhir : SI Akuntansi, USU

Alamat : Jl. Sahabat Baru No.24 RT/RW 004/01

Sungai Selan, Boro Kota

Medan

Hp, Email : 0878-8821-8248, shinta_boro@yahoo.co.id

Status Perkawinan : Belum Menikah


Background pendidikan saya ialah SI Akuntansi, dan ketika ini tidak terikat dengan perusahaan lain. Saya sanggup bekerja secepatnya sesuai dengan undangan perusahaan.


Untuk materi pertimbangan, saya lampirkan beberapa data penunjang :


Pas Foto Terbaru ( 3×4 )

Daftar Riwayat Hidup

Foto copy ijazah dan transcrip nilai legalisir

Foto copy akta dan pelatihan.

Saya sangat tertarik menempati posisi accounting di perusahaan Bapak/Ibu, besar impian saya Bapak/Ibu sanggup memperlihatkan kesempatan wawancara untuk menjelaskan lebih detil mengenai diri saya.


Demikian saya sampaikan surat lamaran kerja ini, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.


Hormat Saya,

Shinta Pratiwi


Contoh surat lamaran kerja dengan kop


SHINTA PRATIWI

Jl. Raya Metan No.33 RT/RW 011/04

Kalibata Kota, Kalibata

Jakarta Selatan

Mobile Phone: 0813-8211-1313 – Email : shat_yulia@yahoo.co.id



Jakarta, 11 Maret 2015


Perihal : Lamaran Pekerjaan


 


Kepada Yth,

Bapak/Ibu Manajer SDM

PT Metalia Metalindo

Jl. Duta Meredo Medana No. 15

Jakarta


 


Dengan Hormat,


Berdasarkan warta dari Bapak Muslim Yonama, marketing direktur di perusahaan bapak, per tanggal 10 Januari 2015, bahwa PT Metalia Metalindo membuka lowongan pekerjaan untuk bab Marketing.


Menindaklanjuti warta tersebut saya yang bertandatangan di bawah ini :


Nama : Yulia Rahman

Tempat & Tanggal Lahir : Jakarta, 12 Desember 1994

Pendidikan Akhir : S1 Manajemen, Universitas Indonesia

Alamat : Jl. Raya Metan No.33 RT/RW 011/04

Kalibata Kota, Kalibata

Jakarta Selatan

Hp, Email : 0813-8211-1313, shat_yulia@yahoo.co.id

Status Perkawinan : Belum Menikah


Bersama surat ini saya memberikan ketertarikan saya untuk menjadi salah satu kandidat untuk mengisi posisi tersebut. Posisi ini sesuai dengan background pendidikan saya S1 Manajemen.


Untuk materi pertimbangan, saya lampirkan beberapa data penunjang :



  1. Pas Foto Terbaru ( 3×4 )

  2. Daftar Riwayat Hidup

  3. Foto copy ijazah dan transcrip nilai legalisir

  4. Foto copy akta dan pelatihan.


Besar impian saya Bapak/Ibu sanggup memperlihatkan kesempatan wawancara untuk menjelaskan lebih detil mengenai diri saya.


Demikian saya sampaikan surat lamaran kerja ini, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.


 


Hormat Saya


 


TTD


Yulia Rahman



Sumber https://carajuki.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ 99+ Teladan Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar"

Posting Komentar