Norma Agama: Pengertian, Fungsi, Hukuman Contohnya

Norma agama merupakan salah satu jenis dari norma sosial. Label agama di belakang istilah ’norma’ mengindikasikan sumber dari norma tersebut. Sebagaimana telah kita ketahui bersama, norma merupakan seperangkat aturan yang mengatur kehidupan sosial masyarakat. Norma agama menyiratkan pentingnya agama dalam mengatur kehidupan sosial masyarakat tertentu.


Baca juga Norma Sosial: Pengertian, Fungsi & Contohnya







Kita akan bahas perihal apa itu norma agama secara ringkas. Beberapa referensi norma ini akan saya paparkan secara singkat yang diambil dari fenomena sehari-hari. Perlu dicatat bahwa dalam masyarakat yang religius, norma ini berperan lebih signifikan, dibandingkan contohnya pada masyarakat yang sekuler.


Apa itu norma agama?


Definisi paling sederhana yang dapat kita ketahui yaitu norma sosial yang diturunkan dari ajaran-ajaran agama atau bersumber pada keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Bisa diartikan bahwa pula norma ini mengambil ilham dari anutan agama melalui ayat-ayat Tuhan yang tertulis di dalam kitab suci.


Seperangkat aturan yang terkandung di dalam norma ini mencakup perintah dan larangan. Aturan tersebut menjadi panduan hidup bagi masyarakat. Sebenarnya, sumber ilham norma ini berlaku hanya bagi mereka yang meyakininya saja. Namun saat sudah terkristal menjadi norma sosial, maka berlaku juga bagi masyarakat umum yang lebih luas. Selanjutnya kita akan bahas sedikit mengenai fungsi atau manfaat dari norma ini.


Baca juga Sosiologi Agama: Pengertian dan Teorinya






Fungsi norma agama



  • Sebagai panduan hidup insan yang bersifat Ilahiyah.

  • Menyediakan batasan-batasan sikap yang manusiawi berdasarkan perspektif yang bersifat ketuhanan.

  • Sebagai panduan hidup yang mengatur korelasi antara insan dengan insan sekaligus antara insan dengan Tuhannya.

  • Sebagai pengaturan tata sikap dan tindakan sosial yang sifatnya preventif.


Norma agama berperan sangat singnifikan pada masyarakat yang religius. Pada masyarakat sekuler, norma ini sering kali dianggap tak begitu penting. Di Indonesia sendiri, berbagai norma di masyarakat yang bersumber dari ajaran-ajaran agama. Agama berperan penting dalam mengatur kehidupan sosial masyarakat Indonesia.


Norma agama merupakan salah satu jenis dari norma sosial Norma Agama: Pengertian, Fungsi, Sanksi  Contohnya


Sanksi norma agama


Norma ini memberi hukuman yang cenderung longgar di dunia. Hal ini alasannya yaitu otoritas tertinggi pemberi hukuman berada di tangan Tuhan Yang Maha Esa. Biasanya orang-orang suci mempunyai otoritas sebagai pengingat atau penyampai kebenaran saja, bukan sebagai penghukum. Sehingga, peringatan dari pemimpin agama menjadi hukuman yang sering diberikan.


Meskipun sanksinya longgar, pelanggar norma ini akan tetap kena hukuman sosial, terutama dalam masyarakat yang religius. Orang-orang cenderung akan mempersepsikan bahwa pelanggar norma ini imannya lemah atau pengetahuan perihal ilmu keagamaannya masih kurang.


Baca juga Keteraturan Sosial: Pengertian dan Contohnya






Beberapa referensi norma agama



  • Makan dengan tangan kanan


Norma ini berlaku, misalnya, dalam masyarakat muslim. Ajaran Nabi menganjurkan demikian. Anak kecil yang didik dalam keluarga Islam akan diajarkan untuk melaksanakan acara nyata termasuk makan dengan memakai tangan kanan. Jika memakai tangan kiri, maka teguran akan segera diberikan.



  • Tidak membenci orang yang berbuat jahat kepada kita


Beberapa anutan agama menganjurkan untuk membalas caci maki dengan senyuman. Menebarkan cinta kasih kepada sesama yaitu kiprah mulia. Dengan ketaatan pada anutan ini, kita membalas dengan senyum saat sedang dicaci maki.



  • Pakai kerudung


Batasan bab badan yang disebut aurat dapat diperdebatkan bahkan dalam anutan di satu agama sendiri, contohnya Islam. Namun bugil di ruang publik yaitu larangan dalam agama-agama. Mereka yang meyakini bahwa rambut wanita yaitu aurat, akan menutupnya terutama saat berada di ruang publik. Norma ini berlaku di masyarakat tertentu.


Baca juga Nilai Sosial: Pengertian dan Contohnya







Pada prinsipnya, menjalankan perintah agama dapat dianggap sebagai bentuk ketaatan pada norma ini. Hal tersebut alasannya yaitu agama bukan sekadar dilema privat, namun menyangkut pula korelasi antara manusia. Ketika anutan agama telah diturunkan menjadi norma sosial, maka ayat-ayat suci yang berasal dari langit segera berlaku di bumi.


Baca juga: Pengertian Norma dan Contohnya



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Norma Agama: Pengertian, Fungsi, Hukuman Contohnya"

Posting Komentar