Contoh Pidato Cinta Tanah Air

Pidato cinta tanah air merupakan artikel pola pidato berbahasa indonesia yang sengaja saya buat bagi anda-anda yang sedang membutuhkannya, silahkan dipergunakan sebagaimana mestinya dan biar sanggup bermanfaat untuk kita semua. Baiklah pribadi saja, ini dia selengkapnya contoh pidato cinta tanah air.

(Silahkan pilih pola Mukodimah pidato yang anda sukai)

Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarokatuh

Yang terhormat, bapak/ibu juri lomba pidato tingkat SMA
Yang saya hormati, bapak/ibu tamu undangan
Serta sobat sahabat yang berbahagia

Cinta tanah air merupakan nilai moral bangsa yang semakin hari semakin menipis. Adanya pasar bebas dan budaya luar yang masuk secara bebas menjadi salah satu penyebab lunturnya rasa cinta pada tanah air dan semua susila budaya yang ada di dalamnya. Bahkan, pada kurun modern kini ini, sulit sekali menemukan dewasa yang menghormati ideology-ideologi negara, bahkan kadang mereka yang tinggal di luar negeri malah malu mengakui kalau dirinya berasal dari negara Indonesia.

Hadirin yang saya hormati, menumbuhkan rasa cinta pada tanah air memang tidak mudah. kecintaan ini harus hadir dalam diri kita masing-masing secara natural dan dimulai secepat mungkin. Sebagai contoh, jikalau kita mempunyai anak kecil di rumah, kita sanggup bisa bercerita wacana sejarah bangsa di waktu senggang sebagai pengganti dongeng anak. Selain itu, kita juga sanggup mengajak anak untuk mendengarkan lagu-lagu nasional.

Hadirin yang berbahagia, jikalau kita sebagai pelajar, ada banyak hal juga yang sanggup kita lakukan sebagai wujud dari rasa cinta kita pada tanah air. Sebagai contohnya, kita sanggup berguru dengan rajin sebagai wujud dari perjuangan kita untuk menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas. Di samping itu, kita juga sanggup selalu memakai bahasa Indonesia yang baik dan bahasa tempat kita ketika berkomunikasi. Meskipun kini ini lebih gaul untuk memakai bahasa abnormal atau bahasa prokem, bahasa gaul dan alay bawah umur muda ketika ini, kita harus berusaha untuk memakai bahasa yang baik dan benar.

Hadirin yang saya hormati, menyayangi tanah air juga sanggup kita lakukan dengan cara merawat dan menghormati symbol-simbol negara, menyerupai bendera merah putih dan lambang burung garuda. Tidak sepantasnya jikalau kita memakai bendera merah putih itu sebagai serbet atau kain pel. Selanjutnya, kita juga harus menyayangi produk dalam negeri. Meskipun ketika ini banyak barang impor yang masuk ke Indonesia, kita harus yaking bahwa kualitas barang tersebut tidak jauh beda dengan produk buatan dalam negeri.

Hadirin yang berbahagia, melaksanakan upacara setiap hari senin jyga dihentikan kita tinggalkan. Semua itu yaitu wujud dari rasa cinta kita pada tanah air. Di dalam upaca bendera itu berbagai symbol-simbol negara yang sanggup kita lestarikan, menyerupai penghormatan kepada bendera merah putih, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, menyanyikan lagu-lagu nasional, dan kedisiplinan.

Selain itu, wujud cinta tanah air yang harus kita jaga juga sanggup kita lakukan dengan tindakan-tindakan kecil sehari-hari menyerupai menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita. Dengan menjaga lingkungan sekitar, kita telah mewujudkan cinta pada negara kedaulatan kita. Tidak membuang sampah sembarangan, tidak menebang pohon sembarangan, dan melaksanakan kegiatan sosial menyerupai menyantuni anak yatim, juga merupakan perwujudan rasa cinta tanah air.

Hadirin yang saya hormati, di sekolah merupakan tempat yang sempurna untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air. Selain melaksanakan upacara bendera, kita sanggup juga mempelajari budaya dan tempat-tempat bersejarah, menyerupai candi, kebudayaan lokal, dan tarian daerah. Kita juga sanggup mengenal para satria dengan mempelajari sejarah beliau. Memperingati hari pahlawan, hari kartini, dan hari kemerdekaan juga merupakan wujud dari cinta tanah air.

Hadirin yang berbahagia. Hanya ini yang sanggup saya sampaikan. Semoga ada nasihat yang kita ambil dari paparan ini. Terimakasih.

Akhir kata, wabilahi taufik walhidayah
Wassalamu’alakum Warrahmatullahi Wabarakatuh
Sumber http://pidatu.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Contoh Pidato Cinta Tanah Air"

Posting Komentar