Tekanan Darah Tinggi Sanggup Merusak Ginjal

Sekitar seperlima darah yang mengalir di seluruh badan pada setiap denyut jantung akan melewati ginjal. Organ badan ini menjaga keseimbangan air, asam, dan garam dalam darah serta menyaring produk sisa darah.
Menurut dokter seorang jago ginjal, Roger Tan, dari Gleneagles Hospital Singapura, ginjal yaitu belahan dari pembuluh darah, di mana ketika tekanannya tinggi, ginjal akan bekerja keras.
Dokter Roger Tan menjelaskan bahwa Tekanan darah tinggi tersebut sanggup dianalogikan menyerupai air dalam selang yang tekanannya sangat tinggi, dan lama-kelamaan selangnya sanggup pecah. Maka dari itu tekanan darah tinggi haruslah dikontrol. Tekanan darah yang disarankan yaitu tidak melebihi angka 130/80 mmgHg.
Penyebab terjadinya tekanan darah tinggi sendiri belum diketahui secara pasti, akan tetapi orang yang mempunyai hipertensi umumnya mempunyai riwayat penyakit ini dalam keluarga. Selain itu, mengonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung natrium juga sanggup meningkatkan tekanan darah.
Ginjal memiliki tugas mengatur jumlah natrium yang disimpan tubuh, yang berarti juga mengatur volume air di dalam tubuh. Sedangkan natrium itu sendiri bersifat menahan air. Maka dari itu, semakin banyak natrium di dalam tubuh, maka semakin banyak pula air yang ada dalam darah. Kelebihan air dalam darah inilah yang akan meningkatkan tekanan darah.
Dokter Tan menyampaikan bahwa ketika ini sudah banyak obat-obatan yang kondusif dan baik untuk dikonsumsi, sehingga tidak ada alasan untuk tidak mengontrol hipertensi. Yang susah untuk dipantau dokter sebetulnya yaitu contoh makan.

Sumber http://gevarenandacy.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Tekanan Darah Tinggi Sanggup Merusak Ginjal"

Posting Komentar