Penulisan Soal Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skill Atau Hots)


Penulisan soal berpikir tingkat tinggi HOTs Penulisan soal berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skill atau HOTS)
Dalam menulis soal, penulis soal umumnya mempunyai kecenderungan untuk menulis soal-soal yang menuntut sikap ingatan alasannya ialah gampang dalam penulisan soalnya dan bahan yang hendak ditanyakan juga gampang diperoleh secara eksklusif dari buku pelajaran. Soal-soal yang mengukur ingatan kurang memberi dorongan kepada akseptor didik untuk berguru lebih ulet dalam mempersiapkan dirinya menjadi anggota masyarakat yang kreatif di masa depan. Oleh alasannya ialah itu, akseptor didik perlu diberi soal-soal yang menuntut proses berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skill ) sering juga disebut soal HOTS.
Dalam menyusun soal yang mengukur proses berpikir tingkat tinggi disajikan banyak sekali informasi, biasanya dalam stimulus. Stimulus sanggup berupa teks, gambar, grafik, tabel, dan lain sebagainya yang berisi informasi-informasi dari kehidupan nyata. Stimulus yang dipakai hendaknya menarik, artinya mendorong akseptor didik untuk membaca.

Berdasarkan informasi-informasi tersebut, akseptor didik diminta untuk:

● mentransfer warta tersebut dari satu konteks ke konteks lainnya
● memproses dan menerapkan informasi
● melihat keterkaitan antara warta yang berbeda-beda
● memakai warta untuk menuntaskan masalah
● secara kritis mengkaji/menelaah pandangan gres atau gagasan dan informasi

Pada proses berpikir tingkat tinggi akseptor didik mengatakan pemahaman akan warta dan bernalar, bukan sekedar mengingat kembali atau recall. Pokok soal perlu memberi warta yang dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan tersebut dan akseptor didik mengatakan pemahaman terhadap pandangan gres dan warta dan/atau memanipulasi atau
memakai warta tersebut. Pertanyaan yang sifatnya higher order thinking tidak selalu harus lebih sulit, contohnya memilih arti dari kata yang sangat jarang dipakai belum termasuk HOT. Soal sulit bukan berarti higher order thinking, kecuali melibatkan logika untuk mencari arti kata dari suatu konteks atau stimulus. Pada prinsipnya higher order thinking ialah cara berpikir logis atau proses penalaran.

Dalam penilaian yang difokuskan pada higher order thinking meliputi:

● pertanyaan dan jawaban;
● eksplorasi dan analisis;
● bernalar saat memperoleh informasi, bukan mengingatnya kembali;
● memecahkan, menilai, mengkritik dan menerjemahkan;
● proses kognitif yang diukur, antara lain analisis, sintesis, dan evaluasi;
● pada standar level kemampuan terdapat pada level 3 (reasoning).

Untuk menulis soal penalaran, penulis soal dituntut untuk sanggup memilih sikap yang hendak diukur dan uraian bahan yang akan dirumuskan menjadi stimulus dalam konteks tertentu sesuai dengan sikap yang diharapkan. Stimulus ini akan dijadikan dasar dalam menciptakan pertanyaan. Uraian bahan yang akan ditanyakan (yang sesuai untuk soal penalaran) tidak selalu tersedia di dalam buku pelajaran. Oleh alasannya ialah itu, dalam penulisan soal penalaran, dibutuhkan penguasaan bahan dan kreativitas dalam penulisan soal. Karena soal ditulis mengacu pada indikator yang terdapat dalam kisi-kisi, rumusan indikator juga harus mengarah ke soal yang menuntut penalaran.

CONTOH SOAL HOTS

➢ Bahasa Indonesia

Cermati kutipan diskusi berikut!

Handphone dan Anak-Anak

Handphone ialah salah satu alat teknologi yang bisa memudahkan insan dalam komunikasi. Hampir semua insan di dunia ini memakai Handphone termasuk anak–anak. Namun  dukungan handphone kepada anak–anak menuai pro dan kontra di kalangan masyarakat.
Pihak yang kontra sangat menyayangkan dukungan handphone kepada anak–anak, khususnya anak  yang belum cukup umur. Mereka beropini bahwa handphone tersebut akan merusak masa kanak–kanak mereka yang seharusnya diisi dengan permaianan dan interaksi dengan sesama. Dengan hadirnya handphone, mereka akan semakin menjauh dari dunia mereka. Anak–anak akan menjadi pasif dan gampang terkena penyakit.


Kalimat solusi untuk permasalahan pada kutipan teks tersebut ialah ...
A. Memberikan handphone pada belum dewasa bukanlah hal kecil yang perlu dibesar-besarkan alasannya ialah kemajuan zaman sudah menghendaki hal demikian.
B. Anak-anak masih diperkenankan memakai handphone dengan syarat maksimalkan aplikasi
permainan, supaya mereka tetap bisa aktif.
C. Handphone bukanlah barang berbahaya bagi belum dewasa selama dalam penggunaannya masih
berada dalam pengawasan orang dewasa.
D. Ajari belum dewasa wacana ancaman memakai handphone terhadap kesehatan supaya mereka dapat
berhenti bermain handphone atas kesadaran sendiri.

Kunci Jawaban: C
Penjelasan:
Terdapat solusi untuk meminimalisasi kebiasaan anak yang sibuk dengan ‘dunianya’ sendiri, yakni
tugas orang dewasa.

Bahasa Inggris

Every American is proud of the Statue of Liberty, a symbol of freedom. The Statue of Liberty, one of the largest ever built, stands on Liberty Island in New York Harbor and has greeted millions of American immigrants who have come from Europe to the New World.
The Statue of Liberty was built by Fredrick Bartholdi. The French gave it to America as a gift in honour of the revolutions for freedom and liberty in both countries.
The monument was built out of copper plates that were put on a steel frame. Together with the concrete which it stands on the statue rises almost 100 metres into the sky. It shows a woman in a robe, wearing a crown with 7 spikes and holding a torch in her hand. In her left hand she holds a tablet with the inscription "July 4, 1776", the date of the Declaration of Independence.

What was the reason for the French give the Statue of Liberty to America?
A. America needed it to greet millions of immigrants.
B. French presented to American people as a present for their strugle.
C. French wanted to protect a lot of immigrants in new world.
D. French intended the Statue of Liberty as the representative of Europe.

Penjelasan:
Kunci jawaban, B. French honoured American struggle for freedom. Petunjuknya ialah seperti  yang tertulis di teks, The French gave it to America as a gift in honour of the revolutions for freedom and liberty in both countries., yang berarti bangsa Prancis dengan bahagia hati membagi semangat
kebebasan dan kemerdekaan kepada bangsa Amerika yang merdeka dari kolonisasi kerajaan Inggris.


IPA – Biologi

Sekelompok akseptor didik kelas IX yang terbagi menjadi 2 kelompok melaksanakan percobaan pembuatan tapai singkong dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
  1. Mengupas singkong dan mencuci bersih
  2. Mengukus singkong hingga matang dan membiarkannya hingga dingin
  3. Menyusun singkong dalam sebuah wadah yang sudah dialasi daun pisang, menaburi dengan ragi, kemudian menutup dengan daun pisang di atasnya.
  4. Menutup wadah dengan rapat dan membiarkan selama 2 hari.
Setelah 2 hari, hasil pengamatan mengatakan bahwa tapai singkong dari kelompok 2 tidak lunak dan tidak tercium anyir alkohol, sedangkan kelompok 1 menghasilkan tapai yang bagus. Setelah diselidiki ternyata kelompok 2 tidak menutup potongan atas tapai dengan daun dan wadahnya tidak  tertutup rapat.
Pernyataan manakah yang sanggup menjelaskan penyebab tapai pada kelompok 2 tidak berhasil? 
A. Wadah yang terbuka menjadikan masuknya basil yang mematikan ragi sehingga tidak
     terjadi proses fermentasi pada singkong.
B. Wadah yang terbuka menjadikan suhu udara dalam wadah tidak stabil sehingga proses
     fermentasi pada singkong terganggu.
C. Ragi yang berperan dalam proses fermentasi pada singkong tidak sanggup berkembang biak
     dengan baik apabila ada oksigen yang masuk.
D. Ragi tidak bekerja dengan baik alasannya ialah tidak ada daun epilog di atas tapai sehingga proses
     fermentasi pada singkong tidak terjadi.
Kunci Jawaban: C




Pertanyaan 1
Ketika menciptakan kotak, manakah persegi yang akan dilem dengan potongan B?
A. Persegi 1
B. Persegi 2
C. Persegi 3
D. Persegi 4
Kunci Jawaban: B


Pertanyaan 2
Perusahaan tersebut juga ingin menciptakan kotak yang sanggup membungkus dua bola sabun sekaligus.
Bentuk datar dari kotak yang gres akan mempunyai contoh dasar yang sama menyerupai contoh sebelumnya.
Namun, beberapa persegi harus diubah menjadi persegi panjang dengan panjangnya dua kali lebarnya
dibandingkan dengan contoh asli.
Untuk kotak gres yang sanggup membungkus dua bola sabun, manakah dari persegi 1, 2, 3, 4, 5 atau 6
pada desain orisinil yang harus diubah menjadi persegi panjang?

Jawab:
Empat potongan persegi yang harus diubah menjadi persegi panjang ialah 1, 2, 4, 6 atau 1, 3, 5, 6 atau 2, 3, 4, 5
(tidak harus berurutan).

Demikian.


Sumber http://indrabayang.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Penulisan Soal Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skill Atau Hots)"

Posting Komentar