Macam - Macam Kondisi Alam


Macam - Macam Kondisi Alam
Kondisi alam ialah wilayah bentang alam yang mempunyai permukaan tanah yang lebih tinggi dari permukaan tanah lainnya namun dengan ketinggian yang relatifrendah dibandingkan dengan gunung.
Dataran rendah : kondisi tanah kurang subur, cuaca disekitarnya cenderung panas
Dataran tinggi : kondisi tanah sangat subur, cuaca disekitarnya cenderung dingin, mata pencaharian lebih banyak menjadi petani
Daerah pantai : mata pencaharian lebih banyak nelayan, contoh pemukiman memanjang (linier).
1.      Sebagai penyeimbang ekosistem
Fungsi dari hutan lindung yang pertama ialah sebagai penyeimbang ekosistem. Sebagai salah satu lokasi tempat tinggal bagi para binatang dan juga tumbuhan, hutan lindung berfungsi untuk melesatarikan kehidupan mereka. Hutan lindung memperlihatkan aneka macam macam ekosistem yang tentu saja sangat mempunyai kegunaan dan juga bermanfaat bagi para tumbuhan dan juga fauna yang berada di lingkungan tempat tinggal hutan lindung. Selain itu, hutan lindung juga berfungsi sebagai penyeimabng alam, dimana segala sesuatu yang ada di dunia ini membutuhkan keseimbangan, jadi tentu saja fungsi dari hutan lindung merupakan salah satu penyeimbang dari ekosistem dan juga penyeimbang kehidupan di alam semesta ini.
2.      Sebagai tempat tinggal bermacam – macam fauna
Tidak hanya bagi manusia, hutan lindung pun mempunyai fungsi yang sangat vital bagi para binatang – hewan. Banyak binatang alias fauna menggantungkan hidupnya dari keberadaan ulin ini. Di dalam hutan lindung, semua kehidupan bagi para binatang tersedia, mulai dari tempat tinggal sampai kebutuhan makanan para binatang dan satwa akan terpenuhi di dalam hutan lindung. Hal ini pun terbukti dengan adanya invasi dari para binatang yang masuk ke rumah warga dikala hutan lindung tempat mereka tinggal rusak. Dengan adanya kondisi ini, tentu saja sangat menunjukan bahwa keberadaan hutan lindung mempunyai fungsi yang sangat penting bagi kehidupan satwa dan juga binatang – binatang liar.
3.      Tempat tinggal tumbuhan dan tumbuhan
Tidak hanya binatang dan juga para satwa liar, hutan lindung juga merupakan tempat berlindungnya tumbuhan alias tumbuhan. Banyak sekal tumbuhan dan juga tumbuhan yang tinggal di hutan lindung, bahkan kemungkinan masih banyak lagi spesies dari tumbuhan yang belum sempat terjamah oleh manusia, sehingga sanggup menjadi materi penelitian dari insan untuk menemukan spesies tumbuhan baru.
4.      Lokasi resapan air
Salah satu fungsi utama dari adanya hutan lindung ialah sebagai lokasi resapan air. Lokasi resapan air di hutan lindung ini didukung oleh kondsi dimana banyak terdapat pepohonan dengan akar yangbesar, sehingga bisa untuk menyerap air. Dengan kemampuan hutan lindung dalam meyerap air ini, maka hutan lindung sangat baik untuk membantu meningkatkan resapan air pada daerah sekitarnya. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan bagi mereka yang tinggal di akrab hutan lindung. Mereka akan menjadi lebih gampang dalam menemukan sumber air, sehingga mereka tidak akan kekurangan air lagi, sebab hutan lindung sanggup menjadi sumber resapan air.
5.      Mencegah tragedi alam, menyerupai banjir dan tanah longsor
Fungsi hutan lindung berikutnya ialah sebagai pencegah terjadinya tragedi alam, menyerupai banjir dan juga tanah longsor. Dengan banyaknyajumlah pohon di dalam hutan lindung, maka hal ini akan sangat baik untuk membantu menjaga kontur tanah semoga menjadi lebih kokoh dan juga kuat. Selain itu, fungsi akar dari tumbuhan tersebut juga sangat baik untuk menyerap air, sehingga air hujan yang jatuh tidak pribadi mengalir begitu saja, melainkan akan masuk dan meresap di dalam tanah dan tentu saja sanggup mencegah terjadinya banjir.
6.      Sebagai sumber kehidupan bagi warga sekitarnya
Hutan selalu memperlihatkan bermacam-macam kehidupan, tidak hanya bagi tumbuhan dan juga hewan, namun insan pun juga sanggup memetik manfaat dari hutan lindung. Manusia bisa memperoleh materi makanan dan memperoleh kehidupan dari hutan lindung. Meskipun tidak semua binatang dan juga tumbuhan bisa dan boleh untuk diambil dari hutan lindung, namun demikian, insan bisa memanfaatkannya, menyerupai mencari air di sungai, pecahan ranting untuk kayu bakar, dan beberapa binatang yang tidak dilindungi pun boleh untuk diburu. Dengan demikian, semua kebutuhan hidup insan bisa terpenuhi dan cukup banyak tersedia di dalam sebuah hutan lindung.
7.      Sebagai lokasi ekowisata
Lokasi ekowisata juga merupakan salah satu manfaat dan fungsi dari hutan lindung berikutnya. Lokasi ekowisata menggabungkan konsep tempat pariwisata dan juga pembelajaran. Dengan demikian, selain sanggup memperoleh kesenangan dalam melaksanakan wisata, para turis pun juga akan memperoleh manfaat lainnya, yaitu sanggup mempelajari keragaman tumbuhan fauna ang ada di dalam hutan lindung tersebut. Hal ini akan menciptakan para wisatawan menjadi lebih menghargai kekayaan alam Indonesia itu sendiri.
8.      Penyedia oksigen bagi lingungan sekitarnya
Hal ini juga merupakan fungsi penting dari sebuah hutan lindung. Ya, hutan lindung bisa menyediakan pasokan oksigen bagi dunia. Paling tidak hampir lebih dari 70% pasokan oksigen yang tersedia di dunia atau alam semesta ini disediakan oleh hutan lindung. Jadi, sanggup dibayangkan apabila hutan lindung mengalami kerusakan, berarti kita akan mengalami kekurangan pasokan oksigen.
9.      Menyuplai udara bersih
Tidak hanya menyuplai oksigen, kebutuhan akan udara higienis juga sangat tinggi, terutama bagi manusia. Selain oksigen, udarah yang higienis juga sanggup membantu memperbaiki sistem pernapasan manusia, sehingga sanggup mengurangi kemunculan dari aneka macam gangguan kesehatan pernapasan. Saat ini, udara sudah semakin kotor, dengan keberadaan polusi udara yang semakin tinggi. Namun demikian, untuk membantu menyeimbangkan kondisi udara di lingkungan, fungsi hutan lindung sangatlah vital. Hutan lindung bisa untuk menyediakan pasokan udara higienis dan juga segar, sehingga sanggup menyeimbangkan kondisi udara di lingkungan semoga tidak melulu mempunyai kandungan yang jelek dan menjadikan gangguan kesehatan.
10.  Sebagai lokasi untuk relaksasi dan melepas penat
Hutan lindung merupakan salah satu lokasi yang sepi dan juga sunyi. Kesunyian ini seringkali dimanfaatkan oleh banyak orang untuk menjadi lokasi relaksasi ataupun bersantai untuk sekedar melepas penat. Beberapa orang bisa saja memakai hutan lindung sebagai media terapi, dimana mereka akan mengikuti terapi outdoor, yang memungkinkan mereka bisa melepaskan stress dan juga beban pikiran dikala berada pada lingkungan terbuka yang luas, menyerupai hutan lindung.
11.  Untuk mendekatkan diri kepada alam
Sama halnya dengan manfaat sungai, bagi anda yang ingin mendekatkan diri dengan alam semesta, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, salah satunya ialah dengan bermain ke dalam hutan lindung. Dengan bermain ke dalam hutan lindung, maka anda akan semakin mengenal alam semesta dengan bertemu banyak ragam tumbuhan dan juga fauna yang ada. Hal ini sanggup menciptakan anda menjadi lebih banyak bersyukur dan merasa lebih akrab dengan alam sesmeta, dan juga kepada Sang Pencipta.
12.  Meningkatkan kualitas hidup dari warga yang tinggal di sekitarnya
Dengan fungsinya yang sanggup mendukung kehidupan dari warga yang tinggal di sekitarnya, maka secara otomatis hutan lindung juga mempunyai fungsi yang penting untuk membantu meningkatkan taraf hidup dari para warga yang tinggal di sekitarnya. Warga yang tinggal di sekitar hutan lindung akan mempunyai kualitas hidup yang lebih baik, hidup sehat dan juga terbebas dari bahaya tragedi alam, menyerupai banjir dan juga tanah longsor.
13.  Mengurangi pemanasan global
Isu pemanasan global merupakan salah satu duduk kasus yang semenjak dulu menghinggapi planet bumi. Salah satu perjuangan mengurangi pemanasan global ialah dengan membuatkan tempat hutan lindung yang sanggup membantu dalam menjaga lapisan ozon pada atmosfer bumi.
14.  Mencegah terjadinya kepunahan
Biasanya hutan lindung juga sanggup bermanfaat untuk mencegah terjadinya kepunahan pada spesies tertentu, baik tumbuhan maupun faunanya. Dengan adanya fungsi ini, maka keberadaan binatang yang dilindungi akan terjaga dan tidak akan gampang mengalami kepunahan, mengingat sudah banyak sekali tumbuhan dan juga fauna yang mengalami kepunahan sebab kerusakan ekosistem.
15.  Melindungi Hewan Langka
Fungsi hutan lindung untuk melindungi binatang langka memang bersifat mutlak, banyak binatang langka yang hidup di hutan lindung. Mengapa di hutan lindung ? karena di hutan ini tidak boleh pemburuan sampai memasukinya tanpa izin untuk kepentingan pribadi, jadi di pastikan tidak akan ada yang “berani” untuk berburu di sini.



Sumber http://gad0-gado.blogspot.com/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Macam - Macam Kondisi Alam"

Posting Komentar