Jenis Jenis Tanaman Obat Dan Keuntungannya Berserta Nama Ilmiah



JENIS JENIS TANAMAN OBAT DAN MANFAATNYA
DI Indonesia sendiri banyak sekali jenis tumbuhan obat yang tersebar di banyak sekali daerah. Masing masing daerah mempunyai resep tersendiri dalam mengolah tumbuhan herbal menjadi obat. Dibawah ini beberap tumbuhan obat dan manfaatnya.

1.    LIDAH BUAYA
Lidah buaya (Aloe vera) ialah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal semenjak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Tumbuhan ini sanggup ditemukan dengan gampang di daerah kering di Afrika.

Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, manfaat tumbuhan pengecap buaya berkembang sebagai materi baku industri farmasi dan kosmetika, serta sebagai materi kuliner dan minuman kesehatan.
Secara umum, pengecap buaya merupakan satu dari 10 jenis tumbuhan terlaris di dunia yang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai tumbuhan obat dan materi baku industri.
Berdasarkan hasil penelitian, tumbuhan ini kaya akan kandungan zat-zat ibarat enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida dan komponen lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.
Selain itu, berdasarkan Wahyono E dan Kusnandar (2002), pengecap buaya berguna sebagai anti inflamasi, anti jamur, anti basil dan membantu proses regenerasi sel. Di samping menurunkan kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes, mengontrol tekanan darah, menstimulasi kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit kanker, serta sanggup digunakan sebagai nutrisi pendukung penyakit kanker, penderita HIV/AIDS.
Salah satu zat yang terkandung dalam pengecap buaya ialah aloe emodin, sebuah senyawa organik dari golongan antrokuinon yang mengaktivasi jenjang sinyal insulin ibarat pencerap insulin-beta dan -substrat1, fosfatidil inositol-3 kinase dan meningkatkan laju sintesis glikogen dengan menghambat glikogen sintase kinase 3beta,[3] sehingga sangat berguna untuk mengurangi rasio gula darah.
Di negara-negara Amerika, Australia, dan Eropa, ketika ini pengecap buaya juga telah dimanfaatkan sebagai materi baku industri kuliner dan minuman kesehatan.
Aloe vera/lidah buaya mengandung semua jenis vitamin kecuali vitamin D, mineral yang dibutuhkan untuk fungsi enzim, saponin yang berfungsi sebagai anti mikroba dan 20 dari 22 jenis asam amino. Dalam penggunaannya untuk perawatan kulit, Aloe vera sanggup menghilangkan jerawat, melembabkan kulit, detoksifikasi kulit, pembatalan bekas luka dan tanda, mengurangi peradangan serta perbaikan dan peremajaan kulit. Aloe vera juga mengandung asam folik yang melindungi sistem kekebalan tubuh dan kesehatan tubuh yang seringkali terefleksi pada kulit.[4] Dengan bermacam-macam manfaat yang terkandung dalam pengecap buaya, pemanfaatannya kurang optimal oleh masyarakat yang hanya memanfaatkannya sebagai penyubur rambut.
Manfaat :
Di India pengecap buaya banyak dikonsumsi masyarakat sebagai kudapan harian dan sebagai kosmetik alami. Salah satu problem rutin yang kerap menimpa insan ibarat komedo bisa diatasi oleh pengecap buaya, caranya pun cukup sederhana hanya dengan mengupas pengecap buaya dan ambil pada dasarnya yang berupa lendir tersebut. Caranya dengan membasuhkan lendir pengecap buaya ke area komedo. Lidah buaya berguna menghaluskan dan mempercepat proses penyembuhan kulit. Selain untuk penyembuhan, pengecap buaya juga sanggup menunjukkan kesejukan pada wajah.
2.    BELIMBING WULUH
Belimbing wuluh atau disebut juga belimbing sayur, belimbing asam atau belimbing buluh dengan nama latin Averrhoa bilimbi merupakan tumbuhan yang mempunyai buah berasa asam yang kaya khasiat sering digunakan sebagai bumbu sayuran atau gabungan jamu.
Belimbing wuluh atau belimbing sayur diduga berasal dari kepulauan Maluku dan sekarang tersebar ke seluruh Indonesia dan negara-negara sekitar ibarat Filipina, Myanmar, dan Srilanka.
Belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi) dikenal dengan banyak sekali daerah dengan nama yang berbeda, seperti: limeng, selimeng (Aceh), Selemeng (Gayo), asom belimbing, balimbingan (Batak), malimbi (Nias), balimbieng (Minangkabau), belimbing asam (Melayu), balimbing (Lampung), belimbing wuluh (jawa), calincing wulet (Sunda), bhalingbhing bulu (Madura).

Buah belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi) yang ternyata kaya khasiat
Juga disebut blimbing buloh (Bali), limbi (Bima), libi (Sawu), balimbeng (Flores), sulfur (Sangi), lumpias, rumpeasa dureng, wulidan, lopias, lembetue (Gorontalo), bainang (Makasar), calene (Bugis), takurela (Ambon), kerbol (Timor), malibi (Halmahera), uteke (Papua). Dalam bahasa Inggris dikela sebagai cucumber tree atau bilimbi. Sedangkan dalam bahasa latin disebut Averrhoa bilimbi.
Manfaat :
 Buah belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi) dapat dimanfaatkan sebagai sirup, bumbu kuliner atau sayur, membersihkan noda pakaian, mengkilatkan barang-barang dari kuningan, dan sebagai materi obat tradisional.
Selain buah, daun dan batangnya juga bisa dijadikan gabungan obat. Ini karena beberapa zat kimia yang terkandung pada tumbuhan ibarat sponin, tanin, glucoside, kalsium oksalat, sulfur, asal format, dan peroksidase yang terkandung pada batang belimbing wuluh. Juga tanin, sulfur, asal sulfat, peroksidase, kalsium oksalat dan kalium sitrat pada daunnya. Sedangkan buah belimbing wuluh sendiri berguna sebagai analgesik, dan diuretik.
Bunga belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi) sanggup digunakan sebagai obat sariawan dan batuk. Sedangkan daunnya sanggup mengobati perut sakit, gondong (parotitis), tekanan darah tinggi, dan rematik.
Buah belimbing wuluh berguna sebagai obat tradisional untuk batuk rejan, gusi berdarah, sariawan, sakit gigi berlubang, jerawat, panu, tekanan darah tinggi, kelumpuhan, gangguan pencernaan, dan radang rektum.

   TEMU LAWAK

Temulawak mempunyai nama latin Curcuma xanthorrhiza yang merupakan tumbuhan obat yang tergolong dalam suku temu-temuan, tumbuhan ini orisinil dari Indonesia, Khususnya dari Pulau jawa. yang kemudian menyebar ke Wilayah asia tenggara dan juga Asia, temu lawak semenjak dahulu sering di manfaatkan untuk Obat herbal atau pun juga di manfaatkan sebagai Minuman Obat, baik ada baiknya bila kita pribadi melihat manfaat dari tumbuhan yang satu iKandungan dalam Temulawak ini.
Dalam temu lawak banyak terkandung senyawa kimia yang dibutuhkan tubuh. Pada rimpang temulawak terdapat turmerol dan fellandrean yang dikenal dengan minyak menguap. Dalam rimpang temulawak juga mengandung minyak atsiri (minyak atsiri ini sanggup difungsikan sebagai penekan pembengkakan jaringan, dan meningkatkan produksi getah empedu); kurkuminoid (kurkuminoid terdiri atas desmetoksikurkumin dan kurkumin. Kurkumin ini berfungsi sebagai acnevulgaris, sebagai anti radang (anti inflamasi) dan anti hipototoksik (anti keracunan empedu). Desmetoksikurkumin dan kurkumin mempunyai banyak manfaat ibarat menetralkan racun, menurunkan kolesterol, meningkatkan sekresi empedu dan masih banyak lagi).
Manfaat Temulawak :
Obat sakit Ginjal, temulawak sanggup dimanfaatkan sebagai obat sakit ginjal. Caranya dengan menyiapkan 2 rimpang temulawak ditambah 1 genggam daun kacabeling dan 1 genggam daun kumis kucin. Temu lawak diiris tipis-tipis, direbus bersamaan dengan kedua daun di atas dengan seliter air, kemudian disaring. Diminum selama 3 hari.
Obat penyakit Limfa, penyakit ini sanggup diobati dengan olahan rimpang temulawak. Caranya siapkan 2 rimpang temu lawak; ½ rimpang laos (lengkuas); 1 genggam daun meniran. Parut temu lawak dan lengkuas kemudian semua materi di rebus dengan 1 liter air hingga mendidih. Lalu disaring dan diminum. Minumlah sehari satu kali sebanyak satu caangkir.
Obat penyakit Asma, asma atau sesak nafas sanggup diobati dengan rimpang temulawak. Caranya dengan menyiapkan satu setengah rimpang temulawak dan satu potong gula aren. Temu lawak diiris tipis-tipis dan dikeringkan. Temulawak yang kering direbus dengan 5 gelas air ditambah sepiotong gula aren, hingga menyisakan 3 gelas. Setelah itu disaring dan siap diminum.
Obat sakit Mag, sakit mag yang merupakan sakit yang telah memasyarakat alias sakit yang banyak diderita orang sanggup diobati dengan temulawak. Caranya dengan mengambil 1 rimpang temulawak. T1 rimpang temu lawak diiris-iris, kemudian diangin-anginkan sebentar. Selanjutnya direbus dengan 5 hingga 7 gelas air hingga mendidih. Saringlah kemudian minumlah 1 kali sehari sebanyak 1 gelas.
Menambah nafsu makan, selain berguna sebagai obat, tumbuhan temu lawak juga berguna meningkatkan nafsu makan. Caranya dengan menyiapkan 2 rimpang temu lawak, seperempat rimpang lengkuas, dan segenggam daun meniran. Jika semua materi telah siap, rebus semua materi dengan 3 gelas air hingga mendidih, hingga menyisakan 2 gelas, kemudian disaring. Diminum setengah gelas sebanyak 2 kali sehari.

KENCUR
Kencur merupakan salah satu tumbuhan obat yang diyakini mempunyai khasiat yang sangat tinggi. cirri-ciri temu yang satu ini yaitu jumlah helai daun yang tidak lebih dari 2-3 lembar, bahkan sangat jarang hingga 5 lembar dan bersusun secara berhadapan di antara helai satu dengan helai yang lainnya. tumbuh tergeletak begitu saja di atas permukaan tanah, mempunyai bunga yang tersusun setengah duduk dengan kuntum bunga berjumlah antara 4 hingga 12 buah, warna bibir bunga yaitu lembayung dengan warna putih yang lebih mendominasi.
kencur diduga berasal dari india dan kemudian dibudidayakan oleh negara-negara di banyak sekali penjuru asia tenggara, cina selatan, hingga australia. di indonesia sendiri, kencur pertama kali hadir di maluku, karena pada ketika itu rempah-rempah di indonesia memang berpusat di maluku. tumbuhan ini biasa tumbuh dengan baik pada ekspresi dominan hujan. kencur sanggup ditanam di manapun, termasuk di dalam pot asalkan terkena sinar matahari yang cukup dan tidak terlalu basah.
kandungan dan manfaat kencur :
di dalam kencur terdapat kandungan mineral dengan 13,73 %, pati (4,14%), minyak asitri (0,02%), juga terdapat ineol, asam metil, kanil, dan penta dekaan, juga asam cinnamic, ethyl aster, asam sinamic, borneol, kamphhene, dan banyak lagi. ibarat halnya tumbuhan obat dan rempah yang lain, kencur juga mempunyai banyak manfaat, termasuk manfaat untuk kesehatan, di antara manfaat-manfaat itu, yaitu: sanggup mengobati batuk, mengobati asma, mengobati rematik, mengobati migraine, dan untuk melangsingkan tubuh. selain itu, kencur juga bisa dijadikan jejamu, beras kencur merupakan salah satu produk dari rempah kencur yang telah populer dijadikan jamu khas kencur.
5.    DAUN SIRIH

DAUN SIRIH – Sirih atau kalau bahasa Latinnya Piper betle ialah tumbuhan orisinil dari negara kita yaitu Indonesia yang tumbuh dengan cara merambat atau bersandar pada batang pohon yang lain.  Pada umumnya buah dan daunnya bisa dikunyah dengan tembakau, pinang, gambir serta kapur.
Sirih termasuk dari tumbuhan obat (fitofarmaka) sangat berguna untuk kehidupan dan setiap upacara budbahasa rumpun Melayu.
Di Indonesia sendiri, sirih termasuk tumbuhan khas dari daerah Kepulauan Riau. Masyarakat Kepulauan Riau sendiri sangat antusias terhadap budayanya ibarat upacara makan sirih terlebih ketika diadakan upacara penyambutan tamu dan menggunakan sirih untuk obat setiap jenis penyakit. Meskipun begitu, tumbuhan sirih sering kita jumpai di seluruh Indonesia hanya digunakan atau sekedar untuk tumbuhan hias.
Kandungan dan manfaat Daun Sirih :
Daun sirih dianggap didalamnya terdapat Minyak atsiri.  Kandungan dari minyak atsiri diantara lain minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, diatase, pati, gula, zat samak dan kavikol yang bisa membunuh kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur.
Diantara khasiat utama Sirih yaitu sanggup menghilangkan busuk tubuh yang disebabkan oleh cendawan dan bakteri. Daun sirih juga berguna sebagai penahan atau menghentikan pendarahan, memulihkan luka pada kulit, dan gangguan pada jalan masuk pencernaan.
Tambahan lagi, daun sirih ternyata mempunyai sifat mengerutkan, membantu dahak untuk keluar, meluruhkan ludah, hemostatik, dan terakhir ketika terjadi pendarahan bisa dihentikan. Pada umumnya digunakan sebagai obat hidung ketika mengeluarkan darah atau mimisan. digunakan 2 buah lembar daun sirih yang masih segar, dibasuhkan dengan air, digulung kemudian ditempatkan pada dalam lubang hidung.
Selain sebagai kesehatan, ternyata daun sirih berguna untuk pertanian. Bahan aktif ibarat fenol dan kavikol yang terdapat daun sirih hutan sanggup digunakan sebagai pestisida nabati untuk melawan hama penghisap.
Beberapa kegunaan lain dari sirih diantaranya :
Diare
Ambil sirih kira kira 4 hingga 6 lembar, satu (1) sendok minyak kelapa, dan biji lada kira-kira 6 buah, hancurkan semua materi hingga halus hingga halus, kemudian usap hasil tumbukan itu pada perut. Lakukan secara berulang hingga sembuh.
Sakit gigi
Masak daun sirih bersama 1 gelas berisi air hingga mendidih kemudian tunggu hingga dingin. Pakai hasil rebusan daun sirih itu untuk berkumur, lakukan berulang hingga dirasa sembuh.
Cara lainnya bisa juga dapatkan dua lembar daun sirih kemudian remas-remas bercampur garam dengan jumlah seperlunya. Selanjutnya seduh dan campurkan dengan air panas. aduklah hingga dirasa larut, tunggu hingga cuek dan pakailah untuk berkumur-kumur biar sakit giginya hilang.
Alergi.
Siapkan 6 lembar daun sirih, satu potong jahe kuning dan satu setengah sendok minyak kayu putih,. Hancurkan materi bahan tersebut hingga halus bersamaan. Sesudah halus,  gosokkan pada daerah yang terdapat Alergi atau gatal-gatal.
Bronkhitis
Sediakan daun sirih berjumlah 7 lembar dan gula kerikil satu (1) potong. Haluskan daun sirih, kemudian rebus dengan gula kerikil dan 2 gelas air hingga mendidih. Masukkan rebusan tersebut ke saringan kemudian diamkan hingga dingin.  minum 3 kali per hari,  tiap 1 kali ialah 3 sendok makan.
Keputihan
Siapkan 7-10 lembar daun sirih kemudian rebus dengan 2 m5 liter air hingga mendidih. Ketika masih hangat manfaatkan untuk membasuh dan membersihkan.
Sifilis.
Siapkan daun sirih sebanyak 25-39 lembar sekaligus dengan tangkainya, garam dapur seperlunya dan gula aren 1 1/4 kg. Didihkan semua materi dengan 2 liter air, kemudian disaring. 1 hari Diminum 3 kali secara berulang-ulang.
Menghilangkan keringat berlebih
Khasiat sirih lainnya ialah sanggup mengontrol senyawa kavicol dan estragol pada produksi kelenjar keringat. Langkahnya, gosokkan hasil rajangan dari dua lembar daun sirih pada belahan ketiak secara terjadwal. Anda juga boleh minum rebusan air daun sirih sebanyak 2 gelas tiap hari.
Obat asam urat
Langkahnya, didihkan 8 lembar daun sirih yang masih muda kedalam 500 ml air hingga tersisa 3 gelas saja. Minum dengan rutin 75 ml air panas 3 kali satu hari.


Sakit Jantung
Bahan: daun sirih 3 lembar, biji kemukus 7 pasang, bawang merah 3 siung, dan terakhir jintan putih 1 sendok.
Langkah membuat: seluruh materi tersebut dihancurkan hingga benar-benar halus, dicampur dengan 5 sendok air panas, didiamkan beberapa menit, kemudian ditekan dan disaring.
cara penggunaan: satu hari diminum 2 kali dan dilakukan secara rutin.
Mimisan Pada Hidung
Waktu dahulu, insan memanfaatkan sirih untuk penyembuh luka dan memperlambat pendarahan.
Pengobatan alami yang biasa dilakukan ketika terjadi mimisan di hidung ialah dengan menyumbat lubang hidung dengan gulungan daun sirih yang telah dicuci bersih.
Untuk menyembuhkan luka luar dan menghentikan pendarahan luka luar, daun sirih juga pada umumnya digunakan. Berikut ialah cara pemakaiannya:
rajang beberapa helai daun sirih hingga halus
gosokkan  pada luka luar
Jika mau, lapisi luka dengan menggunakan perban
Pengobatan sanggup dikerjakan secara berulang-ulang hingga luka pulih kembali.
Radang Tenggorokan
 Resep yang diwariskan secara turun temurun dari nenek moyang tersebut bukanlah tidak disertai alasan.
Daun sirih mempunyai kandungan  styptic yang bisa meredakan pendarahan.  Bukan hanya styptic, daun berwarna hijau tersebut juga didalamnya terdapat kandungan vulnerary dan minyak atsiri yang bisa memulihkan luka dan menghindarkan infeksi pada tenggorokan.
Radang tenggorokan sekilas terlihat sama dengan asma. Meskipun bukan termasuk penyakit yang parah, tetapi radang tenggorokan mempunyai tanda-tanda atau tanda-tanda yang sangat menyebalkan dan sangat mengganggu  . Yak, anda bisa mengolah rebusan daun sirih, dengan metode yang juga ibarat dengan penyembuhan asma, tetapi minumlah air rebusan itu, hanya disaat mengalami sakit tenggorokan saja. Tenggorokan anda bisa lega karena Air rebusan dari daun sirih ini  dan meredakan tanda-tanda sakit tenggorokan, diantaranya:
Suara yang serak
Batuk – batuk
Rasa perih ketika menelan
Susah mau ngomong
Khasiat rebusan daun siri yang selanjutnya ialah untuk menyembuhkan iritasi pada mata dan meredakan rasa sakit. Mata ialah termasuk organ tubuh yang paling rentan dan paling sering terimbas peradangan dan infeksi. Hal tersebut dikarenakan mata acapkali terbuka dan terdapat allergen dan polutan yang bisa menimbulkan iritasi pada mata, yang menjadikan mata menjadi :
Terasa Gatal
Berwarna merah
Terasa sakit dan perih
Pada ketika terjadi iritasi mata , dan obat tetes mata normal tidak bisa digunakan sebagai penyembuhannya, oleh karenanya,  anda bisa mencoba menggunakan daun sirih yang sudah direbus untuk meredakan tanda-tanda iritasi pada mata.


Sumber http://gad0-gado.blogspot.com/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Jenis Jenis Tanaman Obat Dan Keuntungannya Berserta Nama Ilmiah"

Posting Komentar