Contoh Teks Ulasan Novel

Contoh Teks Ulasan Novel
Judul novel        : Surat untukmu Sahabat
Penulis              : Bunga Riska Nizam
Penerbit            : Aletta Pictures
Jenis buku         : Fiksi
Tahun terbit       : 2013 (cetakan ke-5)
Tebal halaman    : 120 halaman
Harga buku        : Rp. 40.000,00

Orientasi :
Surat untukmu Sahabat yaitu novel karya Bunga R. Nizam yang menceritakan perihal Surat terakhir untuk Sahabat. Dia berjulukan Keke. Saat itu,terakhir kalinyaAndini,Dinda,Fachda,Ida,dan Mayamerayakan  ulang tahun keke. Ketika beliau dinyatakan bebas dari kanker yang menggerogoti tubuhnya. Waktu berlalu dan semua nya terasa baru. Setelah tiga tahun bersama di Sekolah Menengah Pertama Al-Kamal, kesudahannya tahun ini Keke,Andini,Dinda,Fachda,Ida,dan Maya. tidak lagi duduk di sekolah yang sama. Berpisah sekolah bukan berarti kami kehilangan arah dalam persahabatan yang sudah kami bisa semenjak Sekolah Menengah Pertama dulu.

Tafsiran :
Saat itu,Keke tak lagi bisa menahan kesedihan ketika beliau melihat rambutnya memenuhi genggaman tangannya. Hal ini menerangkan bahwa kami pun juga merasa kannya.Saat itu,kami kehilangan seorang sahabat selesai tahun lalu,tepatnya tanggal 25 Desember 2006.Berat membayangkannya. Hari ini kami berlima janjian akan bertemu di pemakaman Keke sempurna pukul 4.00 sore. Syifa kebagian membawa camilan bagus ulang tahun,Ida akan menyiapkan lilin-lilinnya,sementara yang lainnya menyiapkan kebutuhan berziarah menyerupai bunga,air dan payung.  Kegiatan berziarah di hari ulang tahun Keke ini juga dilakukan oleh Kak Cika,Kak Kiki,dan Pak Jody. Hari ini,Ida yang datang lebih dulu sempat menyaksikan ibu kandung Keke itu berziarah dan menangis di pusaranya. Ida mendapati pemandangan yang mengharukan alasannya yaitu ketika menceritakannya saja matanya ikut berkaca-kaca. Tanpa terasa satu jam sudah berlalu dan kami masih bersimpuh di pusara Keke. Saat itu, ketika Keke masih di rawat di rumah sakit. Menurut Kak Cika,setelah kami pamit untuk sholat magrib,Keke sempat membuka mata dan memberikan pesannya meski tak bisa diucapkan dengan bahasa verbal yang tak jelas. Keke memainkan jarinya membentuk angka satu dan empat. Pak Jodi sempat menyodorkan secarik kertas dan pena yang kesudahannya itu menjadi pesan Keke yang terakhir. Tak lama,Keke pun menghadap sang illahi. Kami tidak ada di sisinya ketika Keke pergi lantaran sedang berdo’a bersama meminta yang terbaik untuknya. Akhirnya kami berenam berhasil juga berkumpul bersama. Hari natal dipilih alasannya yaitu ketika inilah kami diliburkan dari segala aktifitas yang ada. Apalagi Dinda yang sudah siap bergabung untuk membaca Surat Keke yang gres dibaca sepeninggal .Dengan segenap rasa yang bercampur di dalam dada,kami melamun dan memasang pendengaran tajam-tajam. Setelah membaca Surat Keke,kami semua kesudahannya merenovasi segala impian dan mencoba menyisipkan permohonan-permohonannya di dalam segala pencapaian kami.

Evaluasi :
Kekurangan :
Cerpen ini ada beberapa penulisan yang salah dan juga ada penulisan yang kurang menarik dan sulit dimengerti. Sedangkan, kelemahan yang dimiliki novel ini diantaranya kata-kata pengemis yang kadang menciptakan pembaca berimajinasi lain dalam menafsirkan dan kata-kata kiasan pengemis.
Kelebihan :
Cerpen karangan gadis kelahiran Bali ,17 Agustus 1986 ini sanggup menciptakan pembaca terhanyut dalam kisah yang diceritakan. Serta,ceritanya yang berisi perihal persahabatan. Kosakata yang dipakai sanggup menciptakan pembaca terlarut dalam cerita. Sehingga, pembaca juga lebih gampang memahami isinya.
Rangkuman :
Tetapi,dengan mengesampingkan kekurangan novel tersebut cerpen ini yang mengajarkan perihal arti sahabat sebenarnya. Dan cerpen ini sangat cocok untuk para sampaumur di indonesia. Sebab,didalamnya terkandung pesan yang bermakna, yang sanggup memotivasi biar kita gampang erat dan setia.



Sumber http://gad0-gado.blogspot.com/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Contoh Teks Ulasan Novel"

Posting Komentar