Soal Dan Balasan Ujian Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2015/2016 Bahasa Indonesia Kelas 10
UJIAN SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2015/2016 BAHASA INDONESIA KELAS 10
KELOMPOK KERJA MADRASAH MA (KKM) MA MUALLIMIN NW ANJANI
LOMBOK TIMUR – NTB
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : 10 (IPA, IPS, BAHASA, DAN KEAGAMAAN)
I. PILIHAN GANDA
A. Pilihlah satu tanggapan yang paling benar dengan cara mengarsir pilihan tanggapan abjad a, b, c, d atau e dengan pensil 2B sebagaimana terdapat dalam LJK !
1. Di dunia ini hanya ada 10% orang yg mempunyai, menganut, dan melaksanakan nilai-nilai yg terperinci dalam hidupnya.Banyak orang yang bergerak dalam nilai abu-abu sehingga terjadi kompromi. mereka tidak jelas, apakah ini dunia atau rohani pengotakannya sebetulnya begitu jelas. Nilai-nilai hidup ini sangat penting lantaran mereka akan menjadi pelopor dalam keberadaan kita. Kalau kita memegang niali-nilai maka kita akan tau arah hidup ini. Nilai itu akan menggerakkan perilaku dan kita akan bergerak pada tujuan.
Teks di atas termasuk jenis karangan . . .
a. Narasi
b. Deskripsi
c. Eksposisi
d. Argumentasi
e. Persuasi
2. Cermati langkah-langkah mengarang yang
Disusun secara acak berikt !
(1) Membuat kerangka-kerangka
(2) Menentukan tujuan
(3) Menentkan tema
(4) Mengembangkan kerangka-kerangka
(5) Mencari bahan
Langkah –langkah mengarang di atas yang sempurna ditandai dengan nomor........
a. (3), (2), (1), (5), dan (4)
b. (3), (2), (5), (1), dan (4)
c. (4), (3), (2), (1), dan (5)
d. (4), (2), (3), (5), dan (1)
e. (5), (3), (2), (1), dan (4)
3. Cermati penggalan cerpen berikut!
Di sekitar sebuah pura yang berhiaskan gesekan yg indah permai, pada suatu malam purnama empat belas hari, banyaklah anak pria dan wanita yang asik bermain dan bersukaria. Mereka bermain alih-alihan semacam permainan kanak-kanak di Bali, serupa jumpritan di Tanah Jawa. Suara yang damai dan riang, terdengar sebentar-sebentar jauh, sebentar dekat, sebentar lagi disini dan sehabis itu disana bagaikan bunyi burung malam yang bergirang lantaran keindahan malam itu.
(Ujian yang berat karya Asmara Bangun)
Tahapan alur prosa diatas adalah....
a. Pengenalan situasi dongeng
b. Pengungkapan bencana
c. Menuju pada adanya konflik
d. Puncak konflik
e. Puuncak penyelesaian atau ending
4. Bacalah penggalan cerpen berikut!
Tari memang manis dan pintar, tetapi saya tidak pernah mencintainya. Semenjak kanak-kanak saya telah mengenalnya dan rasanya kami mempunyai cara pandang yang berbeda dalam mengisi kehidupan ini. Aku tidak ingin perkawinanku tidak dilandasi rasa yang kuat.
Bapak, karya Nurani Metawati
Unsur instrinsik yang menonjol pada penggalan cerpen tersebut adalah...
a. Tema dan amanat
b. Watak dan tokoh
c. Latar cerita
d. Plot cerita
e. Kepadatan cerita
5. Perhatikan penggalan undang-undang berikut!
Menimbang:
a. Bahwa sistem pemerintah negara kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945 memperlihatkan keleluasaan kepada kawasan untuk menyelenggarakan otonomi daerah.
b. Bahwa dalam menyelenggarakan otonomi kawasan dipandang perlu untuk . . .
Gagasan pokok penggalan naskah undang-undang tersebut adalah.....
a. Bentuk sistem pemerintahan NKRI
b. Keleluasaan Undang-Undang Dasar 1945
c. Dasar penyelenggaraan otonomi daerah
d. Keleluasaan kawasan dalam mewujudkan pemerintahan
e. Pandangan umum tehadap otonomi daerah
6. Bacalah penggalan resensi novel berikut!
Suatu hari guru isa membca surat kabar yang menyatakan bahwa salah seorang pelempar gerana ke markas NICA tertangkap. Ia panik lantaran pada waktu itu ia bertugas memantau. Ia takut. Ia juga nanti akan tertangkap ia di masukan ke penjara di sana. Ia didatangi polisi militer dan di tangkapnya. Ia dimasukan ke penjara di sana. Ia bertemu Hazil yang rusak lantaran disiksa. Guru isa mengalami penyiksaan tetapi dalam penderitannya ia menemukan semangat baru. Semangat kephlawanan yang berkobar. Ia menentukan mati untuk negeri dan rakyatnya. Guru isa tidakmau membocorkan belakang layar perjuangannya. Lain halnya dengan Hazil yang dulu tidak kenal rasa takut dan selalu optimis, tak tahan dengan siksaan ahirnya ia mmbeberkan semua belakang layar perjuangannya hanya untuk menyelamatkan diri.
Jalan tak ada ujung, Mochtar Lubis
Pernyataan berikut yang sesuai dengan penggalan resensi novel tersebut adalah...
a. Hazil seorang p0juang sejati, sekalipun disiksa ia tetap pada pendiriannya.
b. Guru isa murka dan kecewa setelah mengerti bahwa Hazil seorang mata-mata.
c. Hazil dan guru Isa ahirnya membuka belakang layar perjuangannya setelah disiksa.
d. Guru Isa rela mempertaruhkan nyawa dari pada menjadi penghianat bangsa.
e. Ahirnya Hazil berhasil menyelamatkan guru isa.
7. Bacalah penggalan dongeng berikut!
Terlihat seorang kakek berjalan bersama cucunya, seorang gadis belia yang cantik. Mereka duduk di bawah pohon yang rindang. Gadis itu meminta kakeknya menceritakan riwayat hidupnya, siapa sebetulnya kedua orang tuanya dan dimana mereka sekarang.
Sang kakek melamun sebentar, kemudian mulailah ia bercerita. “delapan belas tahun yang lal u, seorang cowok kota berjalan-jaln ke desa ini. Ia terpikat gadis bunga desa ini, dan merekapun menikah. Gadis ini yakni putri kakek satu-satunya ....”
Unsur instrinsik yang menonjol pada penggalan cerit tersebut adaalah....
a. Tema
b. Perwatakan
c. Alur
d. Latar waktu
e. Latar budaya
8. Bacalah penggalan dongeng berikut dengan secama!
Tak ibarat dulu, beberapa tahun yaang kemudian ketika ia pertama kali bertemu dengan Hari di tempaat yang saama, tak jauh dari terminal bus. Saaat itu, ia memang benar kaget lantaran tiba-tiba sebuah sedan corona berhenti didekatnya
“Maaf , dik, boleh saya bertanya?”...,
“oh, tentu saja....”
“saya hampir kehaabisa bensin, sudikah adik memperlihatkan tempat penjualan bensin?” cowok itu berkata seraya membuka pintu mobilnya. Wajahnya yang tajam menyorotkan kejujuran....
Penantian, Nilawati
Alur yang menonjol pada penggalan cerpen tersebut yakni alur....
a. Maju
b. Gabung
c. Tunggal
d. Kilas balik
e. Renggang
9. Bacalah penggalan resensi berikt!
Melalui novel ini penulis sepertinya ingin memperlihatkan kritik terhadap persahabatan yang melalaikan fatwa agama dan melalaikan kiprah lingkungan. Oleh lantaran itlah, novel ini diakhiri dengan janjkematian tragis sang tokoh dengan cara bunuh diri.
Isi resensi tersebut yakni ....
a. Ringkasan isi yang terdapat dalam novel Raumanen
b. Kebiasaan yang digunaakan pengarang dalam novel Raumanen
c. Tema cerita, yaitu ketidakpedulian terhadap fatwa agama dan lingkungan
d. Penokohan dalam dongeng yang tidak terperinci dalam novel tersebut
e. Alur dongeng sangat padu dan sangat terperinci hingga ahir cerita
10. Bacalah dongeng berikut dengan secama!
....
Kita lihat, dari pintu masuk sebuah ruangan di hotel berbintang empat itu, ia membelok ke arah kiri, ia menentukan dingklik paling samping dari deretan dingklik paling belakang. Begitu ia duduk, sejumlah lelaki bersahabat dingklik itu serempak kaasak-kusuk dalam gelap.
Latar tempat penggalan cerpen tersebut adalah...
a. Pintu masuk
b. Kursi paling belakang
c. Arah kiri
d. Kursi paling samping
e. Hotel bintang empat
11. Pertanian lahan kering selalu dihadapkan pada kesulitan untuk memanfaatkan air sehemat mungkin. Beberapa cara pemberian air dengan tujuan mempertinggi keefektifan irigasi telah banyak dilakukan, diantaranya yakni sistem irigasi tetes (SIT) dan sistem irigasi curah (SIC) kedua sistem itu terbukti cukup efektif, namun harus dibarengi dengan biaya investasi, biaya oprasi, pemeliharaan yang cukup tinggi, dan kualitas air yang cukup baik. Kendala itu sangat merepotkan bagi para petani lantaran sebagian besar komponennya masih harus didatangkan dari luar negri. Oleh lantaran itu Budi Indra Setiawan, mahasiswa jurusan teknik pertanian, fakultas teknik pertanian ITB dalam penelitiannya yang berjudul “Sistem Irigasi Kendi” mencoba memecahkannya.
Kutipan paragraf tarsebut berjenis.....
a. Eksposisi
b. Deskripsi
c. Argumentasi
d. Narasi
e. Persuasi
12. Jika dalam suatu negosiasi, pihak anda tidak memenagkan suatu negosiasi, yang tidak selayaknya dilakukan adalah....
a. Menerima dengan perilaku pasitif
b. Memperjuangkan lagi di lain kesempataan
c. Menghargai keputusan yang telah disepakati
d. Menyadari bahwa pihak anda masih banyak kekuraangan
e. Mengusahakan jalan pintas yng lucik
13. Berikut ini pernyataan yang tidak benar dalam perundingan adalah....
a. Sebelum bernegosiasi, orang yang bernegosiasi harus melakkan persiapan
b. Pakailah segala cara ntuk memenangkan negosiasi
c. Orang yang bernegosiasi harus saling menghormati
d. Orang yang bernegosiasi hars saling memenuhi aturan-aturan
e. Usahakan berdiskusi, tidak berdebat dan hindari pula konfrontasi, percekcokan dan perseteruan
14. Persoalan muncul ketika kami temukan banyak pita berbeda pada toga yang kami pinjam: kuning, biru, merah. Semua ribut konyolnya tak satupun bisa memastikan pita warna apa yang sesuai dengan disiplin ilmu kami. Kebetulan di tas kamera saya terselip beberapa rol film hitam-putih. Biar aman, kami sepakati wisudawan berpose di depan kamera dengan film black and white. Klik...! Klik..! Dua puluh tujuh wisudawan difoto close up...
Kelucuan apa yang terdapat dalam dongeng diatas adalah...
a. Para wisudawan yang berfoto
b. Para wisudawan yang menggunakan toga
c. Hanya sedikit wisudawan difoto close up
d. Pemotretan yang menggunakan film hitam putih
e. Penggunaan pita yang penggunaanya tidak tau arti dari warna pita-pita itu
15. Pernyataan yang tidak tapat dalam memberikan pendapat dalam perundingan adalah...
a. Menyampaikan pendapat yang sanggup meyakinkan kawan bicara
b. Menyampaikan pendapat dalam kalimat yang menarik
c. Menyampaikan pendapat dengan ucapan-ucapan licik
d. Menyampaikan pendapat dengan argumentasi yang bernalar
16. Lima orang pimpinan Komisi Pembrantasan Korupsi (KPK) dilantik dan diambil sumpahnya oleh presiden Megawati Soekarnoputri di istana negara jakarta, Senin (29/12) siang. Para Pimpinan KPK tersebut yakni Taufiqurrahman Ruki (ketua) dan empat orang wakil ketua, yaitu Erry Riyana Harjapamekas, Ammien sunaryadi, Sjahuddin Rasul, dan Tumpak Hatorangan Panggabean, pada program plantikan tersebut, presiden tidak memberikan pidato sama sekali.
Pokok isu di atas adalah.....
a. Lima orang Pimpinan Komisi Pembrantasan Korupsi dilantik dan diambil sumpahnya
b. Komisi Pembrantasa Korupsi dipimpin oleh lima orang
c. Presiden tidak memberikan pidato sama sekali
d. KPK diketuai oleh Tauiqurrahman Ruki
e. Ada empat orang wakil ketua KPK
17. Deklarasi gerakan nasional anti-politisi hitam di Tugu Proklamasi Jakarta Pusat (29/12) menerima dukungan masa dari elemen demokrasi, mahasiswa, dan parpol. Parpol yang mendukung dan mengarahkan pribadi massanya, yakni Partai Keadilan sejahtra, sementara itu tokoh-tokoh yang hadir diantaranya Nurcholis Madjid, Ali Sadikin, dan Koordinator Teten Masduki.
Cuplikan di atas memberitakan pristiwa....
a. Parahnya korupsi Indonesia
b. Dukungan massa yang anti-politisi hitam
c. Deklarasi gerakan nasional antipolitisi hitam
d. Dukungan parpol terhadap deklarasi nasional
e. Hadirnya tokoh-tokoh nasional dalam sebuah deklarasi
18. PSB tahun 20052006 dilaksanakan serentak mulai dari SD s.d. SMA. Pada hari pertama pendaftaran, untuk SD masih terasa sepi lantaran pada hari kamis, 29 Juni 2006 STTB Taman Kanak-kanak belum dikeluarkan. Namun jikalau kita mengamati pendaftar di sekolah-sekolah SLTP maupun Sekolah Menengan Atas dikota. Terlihat pendaftar begitu antusias khususnya orang renta yang kelihatan serius pada wajahnya. Hari-hari pertama rata-rata formulir terjual lebih dari lima ratus baik skolah negri maupun swasta favorit. Pada hari-hari berikutnya semakin sedikit formulir terjual semakin banyak formulir kembali. Pada hari terakhir registrasi terjadi ketegangan dan keadaan jauh berbeda dengan hari-hari sebelumnya.
Banyak pendaftar memaskkan formulir dan tidak sedikit pendaftar mencabutnya. Wajah-wajah mereka terlihat berharap-harap cemas, panik bahkan emosi. Beginilah sulitnya menentukan pilihan sekolah dengan sistem NEM.
Isi isu tersebut yakni menyatakan...
a. PSB berlangsung cukup menegangkan
b. Situasi penerimaan siswa gres SD, SLTP dan SMA
c. Penerimaam siswa gres SD s.d. Sekolah Menengan Atas berlangsung serentak
d. Suasana cemas, tegang, galau mewarnai wajah para orang tua
e. Pengambil formulir disekolah-sekoah Favorit membanjir
19. Rupanya kecepatan angin sangat menghipnotis keras lemahnya bunyi kincir, makin keras angin bertiup, makin cepat baling-baling kincir angin bertiup, makin cepat baling-baling berputar. Gesekan sumbu kincir pun bertambah keras.
Informasi utama yang dikemukakan dalam penggalan laporan pengamatan diatas adalah...
a. Jenis-jenis kecepatan angin
b. Pengaruh kecepatan angin terhadap kincir angin
c. Hubungan anatara kecepatan angin dengan perputaran kincir angin
d. Tiupan angin yang yang sanggup menjadikan berputarnya kincir angin
e. Gesekan smber kincir sebagai akhir dari tiupan angin
20. Terrnak mereka sudah banayak dijual. Sementara itu, hasil pertanian bukan lagi impian mereka lantaran lahan-lahan yang ada sudah dilanda kekeringan. Pemuda-pemudanya banayak yang hilang pekerjaan. Apalagi yang harus mereka garap dengan kondisi desanya yang kering kerontang begitu?
Gagasan utama paragraf diatas adalah..
a. Banayak peternak dikampung kami yang kelaparan
b. Tak ada pinjaman dari pemerintah sentra untuk mereka
c. Mereka kini benar-benar menghadapai kesulitan ekonomi
d. Musim kemarau pada tahun ini melanda hampir semua daerah
e. Kehidupan ekonami penduduk desa sangat menghawatirkan akhir kekeringan
21. Perhatikan penggalan lapaoran berikut!
Peserta seminar sangat antusias mendengarkan klarifikasi dari narasumber, apalagi yang belum memahami SMK. Merka meminta kepada pihak penyelenggara semoga sering mengadakan sosialisasi kepada masyarakat sehingga masyarakat semakin memahami dan semakin mengarahkan belum dewasa untuk masuk SMK, apalagi kebijakan pemerintah yang akan memperbanyak pinjaman untuk SMK. Hal ini tentu menggembirakan masyarakat.
Simpulan penggalan laporan tersebut adalah...
a. Masyarakat gembira, pinjaman Sekolah Menengah kejuruan diperbanyak
b. Peserta seminar antusias mengikuti aktivitas
c. Masyarakat kini memahamin wacana SMK
d. Peserta seminar menginginkan adanya sosialisasi wacana SMK
e. Masyarakat meminta penyelenggara mengadakan seminar lagi
22. Ada perbedaan antara siswa yang rajin dan siswa yang malas. Kalau siswa yang rajin biasanya akan tanggap dikala diberi kiprah dan bisa mengerjakannya dengan cepat. Sedangkan siswa yang malas, cendrung apatis (tidak peduli) dan kehilangan motivasi untuk mengerjakan kiprah
Jenis paragraf eksposisi tersebut adalah...
a. Perbandingan
b. Identifikasi
c. Klasifikasi
d. Analisis
e. Pengamatan
23. Berdasarkan bukti-bukti atau fakta-fakta yang saya kemukakan, maka sanggup dipastikan bahwa kecelakaan itu terjadi lantaran kelalaian sopir dalam menjalankan kendaraanya.
Pernyataan di atas dalam diskusi disebut....
a. Sanggahan
b. Penolakan
c. Pendapat
d. Ulasan
e. Saran
24. Tanggapan peserta diskusi:
Saya kurang baiklah bahawa penyebab utama banyaknya transmigran yang kembali kedaerah asal disebabkan oleh faktor mental para transmigran. Apakah yang saudara maaksudkan dengan faktor mental tersebut?
Kalimat berikut yang tidak sempurna dari tanggapan di atas adalah...
a. Transmigran tidak bisa bekerja keras
b. Transmigran kurang tahan hidup menderita
c. Transmigran lebih bahagia bersahabat hidup dengan keluarga
d. Transmigran kurang diperhatikan oleh pemerintah
e. Transmigran ingin cepat memperoleh hasil
25. Ada beberapa syarat semoga barang dan jasa perusahaan nasional kita bisa berkompetisi secara global. Yang pertama yakni ketepatan waktu dalam menyediakan baarang dan jasa. Yang kedua yakni kualitas produk barang dan jasa yang kita jaual harus samapai dengan sempurna waktu dan bermutu tinggi. Yang ketiga yakni unsur harga. Barang dan jasa itu hendaknya kita jual dengan harga yang bisa besaing dan trjangkau. Selanjutnya, yang tidak kalah pentingnya ialah kecepatan. Kita harus sanggup dengan cepat menyediakan barang dan jasa secara sempurna waktu, berkualitas tinggi dan harga terjangkau.
Teks tersebut termasuk jenis karangan...
a. Argumentasi
b. Eksposisi
c. Deskripsi
d. Persuasi
e. Narasi
26. Perhatikan kerangka laporan berikut!
1. Judul/tema
2. Tujuan
3. Pelaksanaan
4. Narasumber
5. Hasil
6. Simpulan
Kerangka tersebut merupakan kerangka laporan...
a. Kunjungan
b. Kegiatan
c. Perjalanan
d. Percobaan
e. Wawancara
27. Berikut ini bukan merupakan sebuah pengalaman yang patut diceritakan di depan kelas adalah...
a. Tamasya kepantai
b. Mengikuti lomba pidato
c. Berlibur di rumah saudara
d. Menyontek pekerjaan teman
e. Bandung kota kelahiranku
28. Cermati kerangka laporan berikut!
1. Fungsi energi listrik
2. Keuntungan menghemat energi listrik
3. Pengertian energi listrik
4. Alasan menghemat energi listrik
Urutan kerangka tersebut yang sempurna adalah...
a. 3, 1, 4, dan 2
b. 1, 2, 4, dan 3
c. 3, 4, 1, dan 2
d. 3, 1, 2. Dan 4
e. 1, 3, 4, dan 2
29. Kalimat topik:
Cerita rakyat sebagai warisan nilai para leluhur
Kalimat penjelas:
1. Salah satu peninggalan berharga yakni dongeng rakyat yang dituturkan secara turu temurun dan terpelihara hingga dikala ini.
2. Beruntung sekaali kita mempunyai banyak dongeng rakyat yang tersebar di nusantara
3. Cerita rakyat itu sarat dengan teladan, nilai-nilai moral, sosial, budaya, agama, politik, teknologi, dan sebagainya.
4. Cerita-cerita komik kini merupakan perwujudan dari dongeng rakyat
5. Komik disenangi belum dewasa maupun orang sampaumur lantaran ceritanya gampang dipahami
Kalimat penjelas yang sesuai dengan kalimat topik tersebut adalah...
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 2, dan 4
c. 1, 2, dan 5
d. 2, 3, dan 4
e. 3, 4, dan 5
30. Perbedaan antara wawancara eksposisi dan wawancara argumentasi salah satunya adalah.....
a. Data penduduknya
b. Tujuan penulisan
c. Pilihan kata dalam penulisan
d. Aturan ejaan dalam penulisan
e. Pendidikan dan keilmuan penulisnya
31. Topik:
Sebaba-sebab kurangnya penguasaan Bahasa Indonesia.
Kalimat penjelas:
1). Kurangnya motivasi dalam pemakaian Bahasa Indonesia yang baik dan benar
2). Ada anggapan bahwa Bahasa Indonesia yakni bahasa ke dua setelah bahasa ibu
3). Bahasa Indonesia yakni bahasa orang Indonesia yang tidak ilmiah
4). Bahasa Indonesia yakni bahasa komunikasi sehari-hari sehinggaa tidak perlu dipelajari
5). Bahasa aneh merupakan bahasa ilmu pengetahuan
Kalimat penjelaas yang sesuai dengan topik adalah....
a. 1. 2, dan 3
b. 1, 2, dan 4
c. 1, 2, dan 5
d. 2, 3, dan 4
e. 3, 4, dan 5
32. (1) Pelajar Indonesia yang selama ini di anggap “anak manja” ternyata bisa bersaing dengan pelajar di seluruh dunia. (2) sepanjang tahun 2007, sejumlah karya ilmiah para mahasiswa Indonesia berhasil menyabet penghargaan diberbagai kompetisi internasional, Selasa (25/6) kemarin, sebagian diantara mahasiswa yang berprestasi itu diterima oleh mentri pendidikan, Bambang Sudibyo di Jakarta.
(3) para mahasiwa yang diterima itu yakni peraih mendali emas dalam kompetisi sains dan teknologi pelajar internasional. (4) mereka itu yakni Adidarma, M. Dhika, Fakhry auzan, Avlia reza, dan choirudin. (5) berdasarkan Bambang Sudbyo, ia besar hati atas prestasi anak bangsa yang bisa mengharumkan nama Bangsa Indonesia di luar negri. (6) kita tentu sependapat dengan mendiknas dan mudah-mudahan muncul ribuan yang bisa mengharumkan nama indonesia.
Kalimat penjelas yang tidak mendukung kalimat utama paragraf tersebut yakni kalimat nomor....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
33. Tulisan yang bertujuan untuk menginformasikan wacana sesuatu sehingga memperluas pengetahuan pembaca disebut karangan....
a. Deskripsi
b. Eksposisi
c. Narasi
d. Argumentasi
e. Persuasi
34. Sistematika laporan penelitian disusun berdasarkan ketentuan yang logis. Salah satu pondasai laporan penelitian yakni adanya latar belakang masalah, latar belakang duduk kasus tersebut terdapat pada bagian......
a. Inti masalah
b. Simpulan dan saran
c. Perumusan masalah
d. Pemecahan masalah
e. Pendahuluan
35. Perhatikan piusi di bawah ini !
Ibi kota senja
Klakson dan lonceng bunyi bergiliran
Dalam penghidupan sehari-hari, kehidupan sehari-hari
Antara kuli-kuli yang kembali
Dan wanita mendaki tepi sungai kesayangan
Serta belum dewasa berenang tertawa tak berdosa
Di bawah bayangan samar istana kejang malam bayang-bayang senja
Bung hilang
Dalam hitam malam menjulur tergesa
Tema puisi di atas adalah.....
a. Kemeralatan dan penderitaan rakyat jelata
b. Masalh sosial budaya
c. Masalah lingkungan
d. Ejekan nasib rakyat
e. Perempuan yang diperbudak oleh nasip
36. Teratai
Dalam kebun ditanah airku
Tumbuh sekuntum bunga teratai
Tersembunyi kembang indah permai
Tidak terlihat orang yang lalu
................................................
Suasana yang tergambar dalam puisi diatas adalah.....
a. Bahagia
b. Berontak
c. Kecewa
d. Bimbang
e. Sedih
37. Perhatikan penggalan puisi berikut!
Sajak Dalam-Dalam
Karya: Ismed Natsir
Dalam bahari ada tiram
Dalam tiram ada mutiara
Dalam mutiara: ah tak ada apa-apa
Dalam baju ada aku
Dalam saya ada hati
Dalam hati:ah tak apa jua yang ada
Dalam syair ada kata
Dalam kata ada makna
Dalam makna: mudah-mudahan ada aku
Unsur instrinsik yang mendalam dari penghayatan puisi tersebut adaalah....
a. Pilihan kata yang berahir tidak sama
b. Pengungkapan makna yang bernilai religius
c. Melukiskan nilai-nilai tiram mutiara
d. Melukiskan baju yang dikenakan
e. Bait-bait yang terdiri atas tiga lirik
38. Hentian sebentar dalam ujaraan di depan unsur kalimat yang mempunyai isi informasi yng tinggi disebut....
a. Intonasi
b. Tempo
c. Jeda
d. Nada
e. Nuansa
39. Topik : pantai natsepa
Kalimat penjelas:
1. Pantai natsepa terletak kurang lebih sepuluh kilometer dari sentra kota
2. Pantai ini terlihat terperinci lantaran letaknya hanya sertus meter dari jalan utama
3. Di pantai natsepa terdapat dua tempat yang telah difasilitasi penginapan
4. Di beberapa tempat yang agak condong ke bahari mengalami kerusakan
5. Pantai ini sering dikunjungi wisatawan asing
6. Biasanya pengunjung hingga ke pantai liang
Kalimat deskripsi yang sesuai dengan topik tersebut adalah....
a. 1, 2, 3, dan 5
b. 1, 2, 3, dan 4
c. 1, 3, 5, dan 6
d. 2, 3, 5, dan 6
e. 3, 4, 5, dan 6
40. “ya,” kata Grela, “orang Gipsy hanya kepingan dari sejarah” dalam pandangan ayahnya untuk sesaat yang semakin kelam, Grela memalingkan mukanya dan memandang ke luar jendela. Gelap menjadi semakin pekat. Ada komitmen untuk dihentikan membicarakan hal-hal yang hilang: sejarah yang mengalir dalam darah, sungai, tanah subur di tepi sungai, rumput, daun-daun brike yang gugur. Orang tidak juga berbicara wacana pengetahuan.....
Prasaan Grela yang terkandung dalam cuplikan cerpen di atas adalah........
a. Sedih dan tertekan
b. Pasrah dan penuh harapan
c. Putus asa dan dendam
d. Cemas dan dendam
e. Marah dan benci
II. Essey/Uraian
Jawablah soal-soal berikut dengan singkat dan terperinci !
41. Jelaskan perbedaan paragraf deskripsi dengan paragraf eksposisi !
42. Laporan penelitian terbagi dalam lima kepingan sebutkan !
43. Sebutkan unsur fisik dalm puisi dan unsur intrinsik dalam prosa !
44. Buatlah sebuah teks mekanisme melaksanakan sesuatu !
45. Ketika anda melaksanakan penelitian dengan metode penelitian deskriptif, apa saja yang harus anda jelaskan !
KUNCI JAWABAN
UJIAN SEMESTER GANJIL TP. 2015-2016
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 10
I. PILIHAN GANDA
1. C 11. A 21. E 31. B
2. A 12. E 22. A 32. D
3. A 13. B 23. D 33. B
4. B 14. D 24. D 34. E
5. C 15. C 25.A 35. B
6. D 16. A 26.B 36. A
7. C 17. C 27. D 37. A
8. D 18. B 28. A 38. C
9. C 19. B 29. A 39. A
10. E 20. E 30. B 40. C
II. URAIAN/ESSEY
41. Paragraf deskripsi yakni paragraf yang menjelaskan dan memaparkan sesuatu dengan sejelas-jelasnya dan dengan unsur pengindraan sedangkan paragraf eksposisi yakni paragraf yang menjelaskan sesuatu hany untuk menambah pengetahuan pembaca.
42. Bab I pendahuluan, Bab II Kerangka Teori Bab III Metode penelitian Bab IV Analisis Data Bab V kesimpulan
43. Unsur-unsur fisik dalam puisi adalah
1. Diksi (pilihan kata)
2. Pengimajian
3. Bahasa figuratif(majas)
4. Rima
Unsur intrinsik dalm prosa adalah
1. Tema
2. Alur
3. Latar
4. Tokoh dan penokohan
5. Sudut pandang
6. Gaya bahasa
7. Amanat
44. Kebijaksanaan guru
45. Yang harus dijelaskan adalah
1. target penelitian
2. data yang dikumpulkan
3. cara mengumpulkan data
4. instrumen yang dipakai untuk mengumpulkan data
Sumber http://soalterlengkap.blogspot.com
KELOMPOK KERJA MADRASAH MA (KKM) MA MUALLIMIN NW ANJANI
LOMBOK TIMUR – NTB
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : 10 (IPA, IPS, BAHASA, DAN KEAGAMAAN)
I. PILIHAN GANDA
A. Pilihlah satu tanggapan yang paling benar dengan cara mengarsir pilihan tanggapan abjad a, b, c, d atau e dengan pensil 2B sebagaimana terdapat dalam LJK !
1. Di dunia ini hanya ada 10% orang yg mempunyai, menganut, dan melaksanakan nilai-nilai yg terperinci dalam hidupnya.Banyak orang yang bergerak dalam nilai abu-abu sehingga terjadi kompromi. mereka tidak jelas, apakah ini dunia atau rohani pengotakannya sebetulnya begitu jelas. Nilai-nilai hidup ini sangat penting lantaran mereka akan menjadi pelopor dalam keberadaan kita. Kalau kita memegang niali-nilai maka kita akan tau arah hidup ini. Nilai itu akan menggerakkan perilaku dan kita akan bergerak pada tujuan.
Teks di atas termasuk jenis karangan . . .
a. Narasi
b. Deskripsi
c. Eksposisi
d. Argumentasi
e. Persuasi
2. Cermati langkah-langkah mengarang yang
Disusun secara acak berikt !
(1) Membuat kerangka-kerangka
(2) Menentukan tujuan
(3) Menentkan tema
(4) Mengembangkan kerangka-kerangka
(5) Mencari bahan
Langkah –langkah mengarang di atas yang sempurna ditandai dengan nomor........
a. (3), (2), (1), (5), dan (4)
b. (3), (2), (5), (1), dan (4)
c. (4), (3), (2), (1), dan (5)
d. (4), (2), (3), (5), dan (1)
e. (5), (3), (2), (1), dan (4)
3. Cermati penggalan cerpen berikut!
Di sekitar sebuah pura yang berhiaskan gesekan yg indah permai, pada suatu malam purnama empat belas hari, banyaklah anak pria dan wanita yang asik bermain dan bersukaria. Mereka bermain alih-alihan semacam permainan kanak-kanak di Bali, serupa jumpritan di Tanah Jawa. Suara yang damai dan riang, terdengar sebentar-sebentar jauh, sebentar dekat, sebentar lagi disini dan sehabis itu disana bagaikan bunyi burung malam yang bergirang lantaran keindahan malam itu.
(Ujian yang berat karya Asmara Bangun)
Tahapan alur prosa diatas adalah....
a. Pengenalan situasi dongeng
b. Pengungkapan bencana
c. Menuju pada adanya konflik
d. Puncak konflik
e. Puuncak penyelesaian atau ending
4. Bacalah penggalan cerpen berikut!
Tari memang manis dan pintar, tetapi saya tidak pernah mencintainya. Semenjak kanak-kanak saya telah mengenalnya dan rasanya kami mempunyai cara pandang yang berbeda dalam mengisi kehidupan ini. Aku tidak ingin perkawinanku tidak dilandasi rasa yang kuat.
Bapak, karya Nurani Metawati
Unsur instrinsik yang menonjol pada penggalan cerpen tersebut adalah...
a. Tema dan amanat
b. Watak dan tokoh
c. Latar cerita
d. Plot cerita
e. Kepadatan cerita
5. Perhatikan penggalan undang-undang berikut!
Menimbang:
a. Bahwa sistem pemerintah negara kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945 memperlihatkan keleluasaan kepada kawasan untuk menyelenggarakan otonomi daerah.
b. Bahwa dalam menyelenggarakan otonomi kawasan dipandang perlu untuk . . .
Gagasan pokok penggalan naskah undang-undang tersebut adalah.....
a. Bentuk sistem pemerintahan NKRI
b. Keleluasaan Undang-Undang Dasar 1945
c. Dasar penyelenggaraan otonomi daerah
d. Keleluasaan kawasan dalam mewujudkan pemerintahan
e. Pandangan umum tehadap otonomi daerah
6. Bacalah penggalan resensi novel berikut!
Suatu hari guru isa membca surat kabar yang menyatakan bahwa salah seorang pelempar gerana ke markas NICA tertangkap. Ia panik lantaran pada waktu itu ia bertugas memantau. Ia takut. Ia juga nanti akan tertangkap ia di masukan ke penjara di sana. Ia didatangi polisi militer dan di tangkapnya. Ia dimasukan ke penjara di sana. Ia bertemu Hazil yang rusak lantaran disiksa. Guru isa mengalami penyiksaan tetapi dalam penderitannya ia menemukan semangat baru. Semangat kephlawanan yang berkobar. Ia menentukan mati untuk negeri dan rakyatnya. Guru isa tidakmau membocorkan belakang layar perjuangannya. Lain halnya dengan Hazil yang dulu tidak kenal rasa takut dan selalu optimis, tak tahan dengan siksaan ahirnya ia mmbeberkan semua belakang layar perjuangannya hanya untuk menyelamatkan diri.
Jalan tak ada ujung, Mochtar Lubis
Pernyataan berikut yang sesuai dengan penggalan resensi novel tersebut adalah...
a. Hazil seorang p0juang sejati, sekalipun disiksa ia tetap pada pendiriannya.
b. Guru isa murka dan kecewa setelah mengerti bahwa Hazil seorang mata-mata.
c. Hazil dan guru Isa ahirnya membuka belakang layar perjuangannya setelah disiksa.
d. Guru Isa rela mempertaruhkan nyawa dari pada menjadi penghianat bangsa.
e. Ahirnya Hazil berhasil menyelamatkan guru isa.
7. Bacalah penggalan dongeng berikut!
Terlihat seorang kakek berjalan bersama cucunya, seorang gadis belia yang cantik. Mereka duduk di bawah pohon yang rindang. Gadis itu meminta kakeknya menceritakan riwayat hidupnya, siapa sebetulnya kedua orang tuanya dan dimana mereka sekarang.
Sang kakek melamun sebentar, kemudian mulailah ia bercerita. “delapan belas tahun yang lal u, seorang cowok kota berjalan-jaln ke desa ini. Ia terpikat gadis bunga desa ini, dan merekapun menikah. Gadis ini yakni putri kakek satu-satunya ....”
Unsur instrinsik yang menonjol pada penggalan cerit tersebut adaalah....
a. Tema
b. Perwatakan
c. Alur
d. Latar waktu
e. Latar budaya
8. Bacalah penggalan dongeng berikut dengan secama!
Tak ibarat dulu, beberapa tahun yaang kemudian ketika ia pertama kali bertemu dengan Hari di tempaat yang saama, tak jauh dari terminal bus. Saaat itu, ia memang benar kaget lantaran tiba-tiba sebuah sedan corona berhenti didekatnya
“Maaf , dik, boleh saya bertanya?”...,
“oh, tentu saja....”
“saya hampir kehaabisa bensin, sudikah adik memperlihatkan tempat penjualan bensin?” cowok itu berkata seraya membuka pintu mobilnya. Wajahnya yang tajam menyorotkan kejujuran....
Penantian, Nilawati
Alur yang menonjol pada penggalan cerpen tersebut yakni alur....
a. Maju
b. Gabung
c. Tunggal
d. Kilas balik
e. Renggang
9. Bacalah penggalan resensi berikt!
Melalui novel ini penulis sepertinya ingin memperlihatkan kritik terhadap persahabatan yang melalaikan fatwa agama dan melalaikan kiprah lingkungan. Oleh lantaran itlah, novel ini diakhiri dengan janjkematian tragis sang tokoh dengan cara bunuh diri.
Isi resensi tersebut yakni ....
a. Ringkasan isi yang terdapat dalam novel Raumanen
b. Kebiasaan yang digunaakan pengarang dalam novel Raumanen
c. Tema cerita, yaitu ketidakpedulian terhadap fatwa agama dan lingkungan
d. Penokohan dalam dongeng yang tidak terperinci dalam novel tersebut
e. Alur dongeng sangat padu dan sangat terperinci hingga ahir cerita
10. Bacalah dongeng berikut dengan secama!
....
Kita lihat, dari pintu masuk sebuah ruangan di hotel berbintang empat itu, ia membelok ke arah kiri, ia menentukan dingklik paling samping dari deretan dingklik paling belakang. Begitu ia duduk, sejumlah lelaki bersahabat dingklik itu serempak kaasak-kusuk dalam gelap.
Latar tempat penggalan cerpen tersebut adalah...
a. Pintu masuk
b. Kursi paling belakang
c. Arah kiri
d. Kursi paling samping
e. Hotel bintang empat
11. Pertanian lahan kering selalu dihadapkan pada kesulitan untuk memanfaatkan air sehemat mungkin. Beberapa cara pemberian air dengan tujuan mempertinggi keefektifan irigasi telah banyak dilakukan, diantaranya yakni sistem irigasi tetes (SIT) dan sistem irigasi curah (SIC) kedua sistem itu terbukti cukup efektif, namun harus dibarengi dengan biaya investasi, biaya oprasi, pemeliharaan yang cukup tinggi, dan kualitas air yang cukup baik. Kendala itu sangat merepotkan bagi para petani lantaran sebagian besar komponennya masih harus didatangkan dari luar negri. Oleh lantaran itu Budi Indra Setiawan, mahasiswa jurusan teknik pertanian, fakultas teknik pertanian ITB dalam penelitiannya yang berjudul “Sistem Irigasi Kendi” mencoba memecahkannya.
Kutipan paragraf tarsebut berjenis.....
a. Eksposisi
b. Deskripsi
c. Argumentasi
d. Narasi
e. Persuasi
12. Jika dalam suatu negosiasi, pihak anda tidak memenagkan suatu negosiasi, yang tidak selayaknya dilakukan adalah....
a. Menerima dengan perilaku pasitif
b. Memperjuangkan lagi di lain kesempataan
c. Menghargai keputusan yang telah disepakati
d. Menyadari bahwa pihak anda masih banyak kekuraangan
e. Mengusahakan jalan pintas yng lucik
13. Berikut ini pernyataan yang tidak benar dalam perundingan adalah....
a. Sebelum bernegosiasi, orang yang bernegosiasi harus melakkan persiapan
b. Pakailah segala cara ntuk memenangkan negosiasi
c. Orang yang bernegosiasi harus saling menghormati
d. Orang yang bernegosiasi hars saling memenuhi aturan-aturan
e. Usahakan berdiskusi, tidak berdebat dan hindari pula konfrontasi, percekcokan dan perseteruan
14. Persoalan muncul ketika kami temukan banyak pita berbeda pada toga yang kami pinjam: kuning, biru, merah. Semua ribut konyolnya tak satupun bisa memastikan pita warna apa yang sesuai dengan disiplin ilmu kami. Kebetulan di tas kamera saya terselip beberapa rol film hitam-putih. Biar aman, kami sepakati wisudawan berpose di depan kamera dengan film black and white. Klik...! Klik..! Dua puluh tujuh wisudawan difoto close up...
Kelucuan apa yang terdapat dalam dongeng diatas adalah...
a. Para wisudawan yang berfoto
b. Para wisudawan yang menggunakan toga
c. Hanya sedikit wisudawan difoto close up
d. Pemotretan yang menggunakan film hitam putih
e. Penggunaan pita yang penggunaanya tidak tau arti dari warna pita-pita itu
15. Pernyataan yang tidak tapat dalam memberikan pendapat dalam perundingan adalah...
a. Menyampaikan pendapat yang sanggup meyakinkan kawan bicara
b. Menyampaikan pendapat dalam kalimat yang menarik
c. Menyampaikan pendapat dengan ucapan-ucapan licik
d. Menyampaikan pendapat dengan argumentasi yang bernalar
16. Lima orang pimpinan Komisi Pembrantasan Korupsi (KPK) dilantik dan diambil sumpahnya oleh presiden Megawati Soekarnoputri di istana negara jakarta, Senin (29/12) siang. Para Pimpinan KPK tersebut yakni Taufiqurrahman Ruki (ketua) dan empat orang wakil ketua, yaitu Erry Riyana Harjapamekas, Ammien sunaryadi, Sjahuddin Rasul, dan Tumpak Hatorangan Panggabean, pada program plantikan tersebut, presiden tidak memberikan pidato sama sekali.
Pokok isu di atas adalah.....
a. Lima orang Pimpinan Komisi Pembrantasan Korupsi dilantik dan diambil sumpahnya
b. Komisi Pembrantasa Korupsi dipimpin oleh lima orang
c. Presiden tidak memberikan pidato sama sekali
d. KPK diketuai oleh Tauiqurrahman Ruki
e. Ada empat orang wakil ketua KPK
17. Deklarasi gerakan nasional anti-politisi hitam di Tugu Proklamasi Jakarta Pusat (29/12) menerima dukungan masa dari elemen demokrasi, mahasiswa, dan parpol. Parpol yang mendukung dan mengarahkan pribadi massanya, yakni Partai Keadilan sejahtra, sementara itu tokoh-tokoh yang hadir diantaranya Nurcholis Madjid, Ali Sadikin, dan Koordinator Teten Masduki.
Cuplikan di atas memberitakan pristiwa....
a. Parahnya korupsi Indonesia
b. Dukungan massa yang anti-politisi hitam
c. Deklarasi gerakan nasional antipolitisi hitam
d. Dukungan parpol terhadap deklarasi nasional
e. Hadirnya tokoh-tokoh nasional dalam sebuah deklarasi
18. PSB tahun 20052006 dilaksanakan serentak mulai dari SD s.d. SMA. Pada hari pertama pendaftaran, untuk SD masih terasa sepi lantaran pada hari kamis, 29 Juni 2006 STTB Taman Kanak-kanak belum dikeluarkan. Namun jikalau kita mengamati pendaftar di sekolah-sekolah SLTP maupun Sekolah Menengan Atas dikota. Terlihat pendaftar begitu antusias khususnya orang renta yang kelihatan serius pada wajahnya. Hari-hari pertama rata-rata formulir terjual lebih dari lima ratus baik skolah negri maupun swasta favorit. Pada hari-hari berikutnya semakin sedikit formulir terjual semakin banyak formulir kembali. Pada hari terakhir registrasi terjadi ketegangan dan keadaan jauh berbeda dengan hari-hari sebelumnya.
Banyak pendaftar memaskkan formulir dan tidak sedikit pendaftar mencabutnya. Wajah-wajah mereka terlihat berharap-harap cemas, panik bahkan emosi. Beginilah sulitnya menentukan pilihan sekolah dengan sistem NEM.
Isi isu tersebut yakni menyatakan...
a. PSB berlangsung cukup menegangkan
b. Situasi penerimaan siswa gres SD, SLTP dan SMA
c. Penerimaam siswa gres SD s.d. Sekolah Menengan Atas berlangsung serentak
d. Suasana cemas, tegang, galau mewarnai wajah para orang tua
e. Pengambil formulir disekolah-sekoah Favorit membanjir
19. Rupanya kecepatan angin sangat menghipnotis keras lemahnya bunyi kincir, makin keras angin bertiup, makin cepat baling-baling kincir angin bertiup, makin cepat baling-baling berputar. Gesekan sumbu kincir pun bertambah keras.
Informasi utama yang dikemukakan dalam penggalan laporan pengamatan diatas adalah...
a. Jenis-jenis kecepatan angin
b. Pengaruh kecepatan angin terhadap kincir angin
c. Hubungan anatara kecepatan angin dengan perputaran kincir angin
d. Tiupan angin yang yang sanggup menjadikan berputarnya kincir angin
e. Gesekan smber kincir sebagai akhir dari tiupan angin
20. Terrnak mereka sudah banayak dijual. Sementara itu, hasil pertanian bukan lagi impian mereka lantaran lahan-lahan yang ada sudah dilanda kekeringan. Pemuda-pemudanya banayak yang hilang pekerjaan. Apalagi yang harus mereka garap dengan kondisi desanya yang kering kerontang begitu?
Gagasan utama paragraf diatas adalah..
a. Banayak peternak dikampung kami yang kelaparan
b. Tak ada pinjaman dari pemerintah sentra untuk mereka
c. Mereka kini benar-benar menghadapai kesulitan ekonomi
d. Musim kemarau pada tahun ini melanda hampir semua daerah
e. Kehidupan ekonami penduduk desa sangat menghawatirkan akhir kekeringan
21. Perhatikan penggalan lapaoran berikut!
Peserta seminar sangat antusias mendengarkan klarifikasi dari narasumber, apalagi yang belum memahami SMK. Merka meminta kepada pihak penyelenggara semoga sering mengadakan sosialisasi kepada masyarakat sehingga masyarakat semakin memahami dan semakin mengarahkan belum dewasa untuk masuk SMK, apalagi kebijakan pemerintah yang akan memperbanyak pinjaman untuk SMK. Hal ini tentu menggembirakan masyarakat.
Simpulan penggalan laporan tersebut adalah...
a. Masyarakat gembira, pinjaman Sekolah Menengah kejuruan diperbanyak
b. Peserta seminar antusias mengikuti aktivitas
c. Masyarakat kini memahamin wacana SMK
d. Peserta seminar menginginkan adanya sosialisasi wacana SMK
e. Masyarakat meminta penyelenggara mengadakan seminar lagi
22. Ada perbedaan antara siswa yang rajin dan siswa yang malas. Kalau siswa yang rajin biasanya akan tanggap dikala diberi kiprah dan bisa mengerjakannya dengan cepat. Sedangkan siswa yang malas, cendrung apatis (tidak peduli) dan kehilangan motivasi untuk mengerjakan kiprah
Jenis paragraf eksposisi tersebut adalah...
a. Perbandingan
b. Identifikasi
c. Klasifikasi
d. Analisis
e. Pengamatan
23. Berdasarkan bukti-bukti atau fakta-fakta yang saya kemukakan, maka sanggup dipastikan bahwa kecelakaan itu terjadi lantaran kelalaian sopir dalam menjalankan kendaraanya.
Pernyataan di atas dalam diskusi disebut....
a. Sanggahan
b. Penolakan
c. Pendapat
d. Ulasan
e. Saran
24. Tanggapan peserta diskusi:
Saya kurang baiklah bahawa penyebab utama banyaknya transmigran yang kembali kedaerah asal disebabkan oleh faktor mental para transmigran. Apakah yang saudara maaksudkan dengan faktor mental tersebut?
Kalimat berikut yang tidak sempurna dari tanggapan di atas adalah...
a. Transmigran tidak bisa bekerja keras
b. Transmigran kurang tahan hidup menderita
c. Transmigran lebih bahagia bersahabat hidup dengan keluarga
d. Transmigran kurang diperhatikan oleh pemerintah
e. Transmigran ingin cepat memperoleh hasil
25. Ada beberapa syarat semoga barang dan jasa perusahaan nasional kita bisa berkompetisi secara global. Yang pertama yakni ketepatan waktu dalam menyediakan baarang dan jasa. Yang kedua yakni kualitas produk barang dan jasa yang kita jaual harus samapai dengan sempurna waktu dan bermutu tinggi. Yang ketiga yakni unsur harga. Barang dan jasa itu hendaknya kita jual dengan harga yang bisa besaing dan trjangkau. Selanjutnya, yang tidak kalah pentingnya ialah kecepatan. Kita harus sanggup dengan cepat menyediakan barang dan jasa secara sempurna waktu, berkualitas tinggi dan harga terjangkau.
Teks tersebut termasuk jenis karangan...
a. Argumentasi
b. Eksposisi
c. Deskripsi
d. Persuasi
e. Narasi
26. Perhatikan kerangka laporan berikut!
1. Judul/tema
2. Tujuan
3. Pelaksanaan
4. Narasumber
5. Hasil
6. Simpulan
Kerangka tersebut merupakan kerangka laporan...
a. Kunjungan
b. Kegiatan
c. Perjalanan
d. Percobaan
e. Wawancara
27. Berikut ini bukan merupakan sebuah pengalaman yang patut diceritakan di depan kelas adalah...
a. Tamasya kepantai
b. Mengikuti lomba pidato
c. Berlibur di rumah saudara
d. Menyontek pekerjaan teman
e. Bandung kota kelahiranku
28. Cermati kerangka laporan berikut!
1. Fungsi energi listrik
2. Keuntungan menghemat energi listrik
3. Pengertian energi listrik
4. Alasan menghemat energi listrik
Urutan kerangka tersebut yang sempurna adalah...
a. 3, 1, 4, dan 2
b. 1, 2, 4, dan 3
c. 3, 4, 1, dan 2
d. 3, 1, 2. Dan 4
e. 1, 3, 4, dan 2
29. Kalimat topik:
Cerita rakyat sebagai warisan nilai para leluhur
Kalimat penjelas:
1. Salah satu peninggalan berharga yakni dongeng rakyat yang dituturkan secara turu temurun dan terpelihara hingga dikala ini.
2. Beruntung sekaali kita mempunyai banyak dongeng rakyat yang tersebar di nusantara
3. Cerita rakyat itu sarat dengan teladan, nilai-nilai moral, sosial, budaya, agama, politik, teknologi, dan sebagainya.
4. Cerita-cerita komik kini merupakan perwujudan dari dongeng rakyat
5. Komik disenangi belum dewasa maupun orang sampaumur lantaran ceritanya gampang dipahami
Kalimat penjelas yang sesuai dengan kalimat topik tersebut adalah...
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 2, dan 4
c. 1, 2, dan 5
d. 2, 3, dan 4
e. 3, 4, dan 5
30. Perbedaan antara wawancara eksposisi dan wawancara argumentasi salah satunya adalah.....
a. Data penduduknya
b. Tujuan penulisan
c. Pilihan kata dalam penulisan
d. Aturan ejaan dalam penulisan
e. Pendidikan dan keilmuan penulisnya
31. Topik:
Sebaba-sebab kurangnya penguasaan Bahasa Indonesia.
Kalimat penjelas:
1). Kurangnya motivasi dalam pemakaian Bahasa Indonesia yang baik dan benar
2). Ada anggapan bahwa Bahasa Indonesia yakni bahasa ke dua setelah bahasa ibu
3). Bahasa Indonesia yakni bahasa orang Indonesia yang tidak ilmiah
4). Bahasa Indonesia yakni bahasa komunikasi sehari-hari sehinggaa tidak perlu dipelajari
5). Bahasa aneh merupakan bahasa ilmu pengetahuan
Kalimat penjelaas yang sesuai dengan topik adalah....
a. 1. 2, dan 3
b. 1, 2, dan 4
c. 1, 2, dan 5
d. 2, 3, dan 4
e. 3, 4, dan 5
32. (1) Pelajar Indonesia yang selama ini di anggap “anak manja” ternyata bisa bersaing dengan pelajar di seluruh dunia. (2) sepanjang tahun 2007, sejumlah karya ilmiah para mahasiswa Indonesia berhasil menyabet penghargaan diberbagai kompetisi internasional, Selasa (25/6) kemarin, sebagian diantara mahasiswa yang berprestasi itu diterima oleh mentri pendidikan, Bambang Sudibyo di Jakarta.
(3) para mahasiwa yang diterima itu yakni peraih mendali emas dalam kompetisi sains dan teknologi pelajar internasional. (4) mereka itu yakni Adidarma, M. Dhika, Fakhry auzan, Avlia reza, dan choirudin. (5) berdasarkan Bambang Sudbyo, ia besar hati atas prestasi anak bangsa yang bisa mengharumkan nama Bangsa Indonesia di luar negri. (6) kita tentu sependapat dengan mendiknas dan mudah-mudahan muncul ribuan yang bisa mengharumkan nama indonesia.
Kalimat penjelas yang tidak mendukung kalimat utama paragraf tersebut yakni kalimat nomor....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
33. Tulisan yang bertujuan untuk menginformasikan wacana sesuatu sehingga memperluas pengetahuan pembaca disebut karangan....
a. Deskripsi
b. Eksposisi
c. Narasi
d. Argumentasi
e. Persuasi
34. Sistematika laporan penelitian disusun berdasarkan ketentuan yang logis. Salah satu pondasai laporan penelitian yakni adanya latar belakang masalah, latar belakang duduk kasus tersebut terdapat pada bagian......
a. Inti masalah
b. Simpulan dan saran
c. Perumusan masalah
d. Pemecahan masalah
e. Pendahuluan
35. Perhatikan piusi di bawah ini !
Ibi kota senja
Klakson dan lonceng bunyi bergiliran
Dalam penghidupan sehari-hari, kehidupan sehari-hari
Antara kuli-kuli yang kembali
Dan wanita mendaki tepi sungai kesayangan
Serta belum dewasa berenang tertawa tak berdosa
Di bawah bayangan samar istana kejang malam bayang-bayang senja
Bung hilang
Dalam hitam malam menjulur tergesa
Tema puisi di atas adalah.....
a. Kemeralatan dan penderitaan rakyat jelata
b. Masalh sosial budaya
c. Masalah lingkungan
d. Ejekan nasib rakyat
e. Perempuan yang diperbudak oleh nasip
36. Teratai
Dalam kebun ditanah airku
Tumbuh sekuntum bunga teratai
Tersembunyi kembang indah permai
Tidak terlihat orang yang lalu
................................................
Suasana yang tergambar dalam puisi diatas adalah.....
a. Bahagia
b. Berontak
c. Kecewa
d. Bimbang
e. Sedih
37. Perhatikan penggalan puisi berikut!
Sajak Dalam-Dalam
Karya: Ismed Natsir
Dalam bahari ada tiram
Dalam tiram ada mutiara
Dalam mutiara: ah tak ada apa-apa
Dalam baju ada aku
Dalam saya ada hati
Dalam hati:ah tak apa jua yang ada
Dalam syair ada kata
Dalam kata ada makna
Dalam makna: mudah-mudahan ada aku
Unsur instrinsik yang mendalam dari penghayatan puisi tersebut adaalah....
a. Pilihan kata yang berahir tidak sama
b. Pengungkapan makna yang bernilai religius
c. Melukiskan nilai-nilai tiram mutiara
d. Melukiskan baju yang dikenakan
e. Bait-bait yang terdiri atas tiga lirik
38. Hentian sebentar dalam ujaraan di depan unsur kalimat yang mempunyai isi informasi yng tinggi disebut....
a. Intonasi
b. Tempo
c. Jeda
d. Nada
e. Nuansa
39. Topik : pantai natsepa
Kalimat penjelas:
1. Pantai natsepa terletak kurang lebih sepuluh kilometer dari sentra kota
2. Pantai ini terlihat terperinci lantaran letaknya hanya sertus meter dari jalan utama
3. Di pantai natsepa terdapat dua tempat yang telah difasilitasi penginapan
4. Di beberapa tempat yang agak condong ke bahari mengalami kerusakan
5. Pantai ini sering dikunjungi wisatawan asing
6. Biasanya pengunjung hingga ke pantai liang
Kalimat deskripsi yang sesuai dengan topik tersebut adalah....
a. 1, 2, 3, dan 5
b. 1, 2, 3, dan 4
c. 1, 3, 5, dan 6
d. 2, 3, 5, dan 6
e. 3, 4, 5, dan 6
40. “ya,” kata Grela, “orang Gipsy hanya kepingan dari sejarah” dalam pandangan ayahnya untuk sesaat yang semakin kelam, Grela memalingkan mukanya dan memandang ke luar jendela. Gelap menjadi semakin pekat. Ada komitmen untuk dihentikan membicarakan hal-hal yang hilang: sejarah yang mengalir dalam darah, sungai, tanah subur di tepi sungai, rumput, daun-daun brike yang gugur. Orang tidak juga berbicara wacana pengetahuan.....
Prasaan Grela yang terkandung dalam cuplikan cerpen di atas adalah........
a. Sedih dan tertekan
b. Pasrah dan penuh harapan
c. Putus asa dan dendam
d. Cemas dan dendam
e. Marah dan benci
II. Essey/Uraian
Jawablah soal-soal berikut dengan singkat dan terperinci !
41. Jelaskan perbedaan paragraf deskripsi dengan paragraf eksposisi !
42. Laporan penelitian terbagi dalam lima kepingan sebutkan !
43. Sebutkan unsur fisik dalm puisi dan unsur intrinsik dalam prosa !
44. Buatlah sebuah teks mekanisme melaksanakan sesuatu !
45. Ketika anda melaksanakan penelitian dengan metode penelitian deskriptif, apa saja yang harus anda jelaskan !
KUNCI JAWABAN
UJIAN SEMESTER GANJIL TP. 2015-2016
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 10
I. PILIHAN GANDA
1. C 11. A 21. E 31. B
2. A 12. E 22. A 32. D
3. A 13. B 23. D 33. B
4. B 14. D 24. D 34. E
5. C 15. C 25.A 35. B
6. D 16. A 26.B 36. A
7. C 17. C 27. D 37. A
8. D 18. B 28. A 38. C
9. C 19. B 29. A 39. A
10. E 20. E 30. B 40. C
II. URAIAN/ESSEY
41. Paragraf deskripsi yakni paragraf yang menjelaskan dan memaparkan sesuatu dengan sejelas-jelasnya dan dengan unsur pengindraan sedangkan paragraf eksposisi yakni paragraf yang menjelaskan sesuatu hany untuk menambah pengetahuan pembaca.
42. Bab I pendahuluan, Bab II Kerangka Teori Bab III Metode penelitian Bab IV Analisis Data Bab V kesimpulan
43. Unsur-unsur fisik dalam puisi adalah
1. Diksi (pilihan kata)
2. Pengimajian
3. Bahasa figuratif(majas)
4. Rima
Unsur intrinsik dalm prosa adalah
1. Tema
2. Alur
3. Latar
4. Tokoh dan penokohan
5. Sudut pandang
6. Gaya bahasa
7. Amanat
44. Kebijaksanaan guru
45. Yang harus dijelaskan adalah
1. target penelitian
2. data yang dikumpulkan
3. cara mengumpulkan data
4. instrumen yang dipakai untuk mengumpulkan data
Sumber http://soalterlengkap.blogspot.com
0 Response to "Soal Dan Balasan Ujian Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2015/2016 Bahasa Indonesia Kelas 10"
Posting Komentar