Pengertian Pemeliharaan

Menurut Lindley R. Higgis & R. Keith Mobley, (Maintenance Enginering Handbook, Sixth Edition, McGraw-Hill, 2002) pemeliharaan ialah suatu kegiatan yang dilakukan secara berulang-ulang dengan tujuan biar peralatan selalu mempunyai kondisi yang sama dengan keadaan awalnya. Maintenance atau pemeliharaan juga dilakukan untuk menjaga biar peralatan tetap berada dalam kondisi yang sanggup diterima oleh penggunannya. Adapun tujuan dari dilakukannya pemeliharaan antara lain ialah sebagai berikut :
1. Menjamin tersedianya peralatan atau mesin dalam kondisi yang bisa memperlihatkan keuntungan.
2. Menjamin kesiapan peralatan cadangan dalam situasi darurat, contohnya sistem pemadam kebakaran, pembangkit listrik, dan sebagainya.
3. Menjamin keselamatan insan yang memakai peralatan
4. Memperpanjang masa pakai peralatan atau paling tidak menjaga biar masa pakai peralatan tersebut tidak kurang dari masa pakai yang telah dijamin oleh pembuat peralatan tersebut
Suatu organisasi perusahaan yang baik paham bahwa mereka dihentikan melihat acara perawatan sebagai unsur pengeluaran belaka. Melainkan acara tersebut sanggup memperlihatkan santunan yang sangat penting terutama dalam kaitannya dengan peningkatan produktivitas. Pemeliharaan yang efektif akan mengarah pada hal-hal sebagai berikut :
1. Kapasitas produksi terpenuhi secara maksimal
2. Kemampuan untuk memproduksi produk dengan toleransi khusus atau level kualitas tertentu.
3. Dapat meminimalkan biaya per unit produk
4. Dapat mengurangi resiko kegagalan dalam memenuhi impian pelanggan yang berkaitan dengan kapasitas produksi, leadtime serta kualitas produk.
5. Dapat menjaga keselamatan pegawai dan masyarakat sekitar dari ancaman yang mungkin muncul dengan adanya proses produksi.
6. Dapat memastikan sekecil mungkin resiko yang sanggup membahayakan lingkungan di sekitar perusahaan.

Sumber http://rimantho.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengertian Pemeliharaan"

Posting Komentar