Laju Reaksi Tumbukan


YOK BELAJAR !!!!!!!!!
BATALYON CHEMISTRY IPA
LAJU REAKSI
The diary’s of session 3

Tujuan Pembelajaran :
Setelah proses pembelajaran selesai siswa dapat:
1.     Menjelaskan efek konsentrasi terhadap laju reaksi menurut teori tumbukan.
2.     Menjelaskan efek luas permukaan terhadap laju reaksi menurut teori tumbukan.
3.     Menjelaskan efek suhu terhadap laju reaksi menurut teori tumbukan.
4.     Membedakan diagram energi aktifasi dari reaksi dengan memakai katalis dan tidak memakai katalis.
5.      Menjelaskan pengertian peranan katalis dan energi aktifasi.

-->
LAJU REAKSI


 
C. TEORI TUMBUKAN

Reaksi kimia terjadi lantaran adanya tumbukan yang efektif antara partikel- partikel zat yang bereaksi. Tumbukan efektif yakni tumbukan yang mempunyai energi yang cukup untuk memutuskan ikatan-ikatan pada zat yang bereaksi.
Contoh tumbukan yang  menghasilkan reaksi dan tumbukan yang tidak menghasilkan reaksi antara molekul hidrogen (H2) dan molekul iodin (I2), dapat dilihat pada gambar dibawah ini.
H2(g) + I2(g)   →  2 HI(g)
-->
Sebelum suatu tumbukan terjadi, partikel-partikel memerlukan suatu energi minimum yang dikenal sebagai energi pengaktifan atau energi aktivasi (Ea). Energi pengaktifan atau energi aktivasi yakni energi minimum yang dibutuhkan untuk berlangsungnya suatu reaksi. Sebagai pola yakni reaksi antara hidrogen (H2) dengan oksigen (O2) menghasilkan air, sanggup dilihat pada gambar  dibawah ini:
-->
-->
-->
Ketika reaksi sedang berlangsung akan terbentuk zat kompleks terakti-vasi. Zat kompleks teraktivasi berada pada puncak energi. Jika reaksi berhasil, maka zat kompleks teraktivasi akan terurai menjadi zat hasil reaksi. Hubungan antara energi pengaktifan dengan energi yang diserap atau dilepaskan selama reaksi berlangsung sanggup dilihat pada gambar dibawah ini:
-->
-->
-->
-->
Teori tumbukan menggambarkan pertemuan partikel-partikel pereaksi sebagai suatu tumbukan. Tumbukan ada yang menghasilkan reaksi dan ada yang tidak menghasilkan reaksi. Tumbukan yang menghasilkan partikel-partikel produk reaksi disebut tumbukan efektif. Faktor-faktor yang memilih tumbukan efektif yaitu energi kinetik partikel (molekul) dan orientasi atau arah partikel. Faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi menyerupai konsentrasi, luas permukaan, suhu dan katalis berafiliasi dengan tumbukan antar partikel. Mengapa demikian ? Hal ini sanggup dijelaskan sebagai berikut:

1.  PENGARUH KONSENTRASI BERDASARKAN  TEORI TUMBUKAN
Perhatikan gambar berikut:


-->
Gambar 1. efek konsentrasi terhadap laju reaksi
Berdasarkan gambar diatas sanggup dilihat bahwa konsentrasi pereaksi berkaitan dengan jumlah partikel zat yang terlibat dalam tumbukan. Bila pereaksi bertambah, maka jumlah partikel-partikel yang bertumbukan akan semakin banyak/meningkat. Dengan demikian jarak antara partikel.zat tersebut menjadi lebih bersahabat dan jumlah tumbukkan efektif juga akan meningkat. Hal ini berarti terjadi peningkatan laju suatu reaksi. Dan sebaliknya, kalau konsentrasi berkurang, maka tumbukan akan sedikit dan laju reaksi juga akan berkurang.

2.  PENGARUH LUAS PERMUKAAN BERDASARKAN  TEORI TUMBUKAN
Untuk massa yang sama, semakin halus bentuk suatu zat maka semakin luas permukaan zat. Berdasarkan teori tumbukan: “semakin luas permukaan partikel, semakin besar kemungkinan terjadinya tumbukan antar partikel”.Perhatikan gambar berikut ini!

-->
-->
Gambar 2. efek luas permukaan terhadap laju reaksi
Dari gambar 2 sanggup dilihat bahwa serbuk Fe bereaksi lebih cepat dari pada batang Fe. Hal ini disebabkan lantaran luas permukaan serbuk Fe lebih luas daripada belahan Fe, sehingga bidang sentuhnya lebih banyak untuk bertumbukan dengan zat lain. Akibatnya laju reaksi zat berbentuk serbuk lebih cepat daripada zat yang berbentuk kepingan.
3.  PENGARUH TEMPERATUR/SUHU BERDASARKAN  TEORI TUMBUKAN
Pengaruh temperatur terhadap laju reaksi terkait dengan energi kinetik partikel. Mengapa demikian ? Perhatikan gambar berikut ini:
-->
--> --> -->
Gambar 3. tumbukan partikel pada suhu tinggi dan rendah.
Berdasarkan gambar diatas sanggup dilihat bahwa pada suhu tinggi, jumlah partikel yang bertumbukan lebih banyak dibandingkan pada suhu rendah. Hal ini disebabkan lantaran pada suhu tinggi energi kinetik partikel akan lebih besar. Hal ini menjadikan jumlah tumbukan semakin banyak sehingga laju  reaksi akan meningkat.
4.  PENGARUH KATALIS BERDASARKAN  TEORI TUMBUKAN
Katalis sanggup mempengaruhi terjadinya reaksi, tetapi pada selesai reaksi sanggup diperoleh kembali. Fungsi katalis yakni menurunkan energi aktivasi, sehingga kalau ke dalam suatu reaksi ditambahkan katalis, maka reaksi akan lebih gampang terjadi. Hal ini disebabkan lantaran zat- zat yang bereaksi akan lebih gampang melampaui energi aktivasi.
Katalis yakni zat yang mempercepat laju reaksi, tetapi tidak mengalami perubahan kimia secara permanen, sehingga pada selesai reaksi zat tersebut sanggup diperoleh kembali. Katalis mempercepat reaksi dengan cara menurunkan harga energi aktivasi (Ea). Sedangkan zat yang sanggup memperlambat laju reaksi disebut inhibitor. Meskipun katalis menurunkan energi aktivasi reaksi, tetapi ia tidak mempengaruhi perbedaan energi antara produk dan pereaksi. Dengan kata lain, penggunaan katalis tidak  akan mengubah entalpi reaksi.
Pengaruh katalis dalam mempengaruhi laju reaksi terkait dengan energi pengaktifan reaksi (Ea). Katalis yang dipakai untuk mempercepat reaksi memperlihatkan suatu prosedur reaksi alternatif dengan nilai Ea yang lebih rendah dibandingkan dengan nilai Ea reaksi tanpa katalis. Semakin rendah nilai Ea maka lebih banyak partikel yang mempunyai energi kinetik yang cukup untuk mengatasi halangan Ea yang rendah ini.

-->
-->Gambar 4. grafik efek katalis terhadap energi pengaktifan (Ea)  Dengan memperhatikan gambar.4 diatas sanggup dilihat bahwa tanpa katalis, energi pengaktifan (Ea) suatu reaksi lebih banyak, sedangkan dengan memakai katalis, Ea menjadi lebih sedikit, sehingga laju reaksi menjadi lebih cepat. Ini berarti bahwa katalis sanggup meningkatkan energi pengaktifan suatu reaksi, sehingga laju reaksi menjadi semakin besar.
DISKUSI KELOMPOK


1.      Jelaskan pandangan kelompok anda mengenai teori tumbukan wacana laju reaksi!
2.      Pada umumnya reaksi kimia berlangsung lebih cepat, jika:
a.      Suhu dinaikkan
b.      Konsentrasi diperbesar
Pergunakan teori tumbukan untuk menjelaskan masing-masing hal tersebut!
3.     Apakah yang dimaksud dengan:
a.      Tumbukan efektif
b.      Energi aktivasi
SELAMAT BEKERJA

Sumber http://batalyonchamistr.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Laju Reaksi Tumbukan"

Posting Komentar