10 Karya Arsitektur Zaha Hadid Yang Ikonik Di Dunia

Ketika Zaha Hadid berpulang pada Maret 2016, ia meninggalkan karya-karya arsitektur yang tak tergantikan. Zaha Hadid ialah perempuan pertama yang memperoleh Pritzker Architecture Prize (2004) dan merupakan arsitek perempuan yang sudah diakui dunia internasional.

Karya-karyanya sangat fenomenal, Zaha Hadid suka menerapkan permainan bentuk yang merupakan implementasi dari gaya dekonstruksi yang dianutnya. Berikut ialah 10 karya Zaha Hadid yang menginspirasi dunia arsitektur.

1. Vitra Fire Station (1994) di Weil am Rhein, Jerman



Kebakaran yang melanda gedung damkar Weil am Rhein di tahun 1981 mengharuskan adanya renovasi. Zaha Hadid terpilih menjadi arsiteknya saat berusia 43 tahun. 

2. Rosenthal Center for Contemporary Art (2003) di Cincinnati, Ohio



The Rosenthal Center for Contemporary Art ialah proyek pertama Hadid di Amerika. New York Times Architecture Critic Herbert Muschamp merekrut Zaha Hadid untuk mengerjakan salah satu proyek yang sangat penting di amerika sesudah perang dingin.

3. BMW Central Building (2005) di Leipzig, Germany



Bangunan ini awalnya diperuntukan untuk memproduksi kendaraan beroda empat BMW seri 3. Konsep bangunan yang diterapkan Hadid ialah konektivitas sehingga mulai proses produksi sampai perakitan terhubung dan gampang dilakukan.

4. R. Lopez De Heredia Wine Pavilion (2001–2006) di Haro, La Rioja, Spanyol



López de Heredia membayar Hadid untuk membuat pengembangan toko mereka. Ternyata Hadid bisa memperlihatkan sentuhan spektakuler dalam perencanaannya.

5. Issam Fares Institute for Public Policy and International Affairs at the American University of Beirut (2006–14) di Beirut, Lebanon 



Bangunan ini mempunyai luas 3000 meter persegi dan dirancang untuk saling terhubung dengan sentra universitas

6. MAXXI – National Museum of the 21st Century Arts (1998–2010) di Roma, Italia



Hadid menggambarkan museum ini sebagai media pendidikan seni, bukan sebagai daerah jualan/pameran semata. Sehingga harus dirancang untuk membuat jalur yang dinamis dan interaktif.

7. Guangzhou Opera House (2010) di Guangzhou,China



Bangunan ini dibentuk mengikuti kaidah estetika ala Zaha Hadid yang terkesan futuristik. Adanya unsur rajutan menambah rasa cantik sekaligus mencerminkan unsur kebudayaan Cina.

8. Sheikh Zayed Bridge (2007–2010) di Abu Dhabi, Arab Saudi



Jembatan seringkali menjadi ikon suatu kota dan Zaha Hadid juga merupakan arsitek jembatan yang tersohor. Diambil dari konsep bentuk gelombang maritim yang sekaligus menggambarkan kota ini mempunyai pantai sebagai suatu keunggulan wisata.

9. London Aquatics Centre (2011) untuk Olimpiade Musim Panas di London, Inggris



Dirancang untuk memenuhi kebutuhan kemudahan Olimpiade 2012 dan menjadi salah satu kemudahan berenang termegah yang dimiliki London

10. CMA CGM Tower (2004–2011) di Marseilles, Prancis



CMA CGM Tower ialah gedung sekaligus simbol korelasi antara pelabuhan dan kota Marseille. Bangunan ini mempunyai panjang 135 meter dan tinggi 147 meter.

Demikianlah karya-karya Zaha Hadid supaya menginspirasi.
 
Thanks to References :

Note : Share & Copy Artikel harap menyertakan sumber

Sumber http://www.arsitur.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "10 Karya Arsitektur Zaha Hadid Yang Ikonik Di Dunia"

Posting Komentar