Bank Soal Ptk Terbaru Tahun 2016

26.  Tindakan perbaikan dilanjutkan ke Siklus 2 apabila Siklus 1 ....
   a.proses pelaksanaan tindakan 1 belum selesai dilakukan     b. sudah berhasil
   c.belum menunjukkan perbaikan    d. tidak menunjukkan efek yang signifikan    

27.  Hasil pengamatan yang dilakukan Pak Siswa di kelasnya berbentuk catatan-catatan perihal sikap siswa dalam membaca sebuah teks di depan kelas. Hal ini dilakukan sehabis Pak Siswo menjelaskan bagaimana cara membaca teks yang baik. Setiap anak diberi waktu 2 menit untuk membaca dan Pak Siswo mencatat sikap siswa, menyerupai teknik membaca, sikap badan, ucapan/ejaan dan lain-lain. Data yang dikumpulkan Pak Siswo yaitu data ....
   a. ordinal    b. kuantitatif     c. kualitatif    d. numerik 

28.Berikut yaitu beberapa cara penyajian hasil analisis data hasil PTK, kecuali ....
 a.penyajian seluruh hasil pengukuran yang dilakukan selama penelitian   b.  grafik histogram
 c. narasi perihal sikap siswa   d. matriks-matriks sesuai variabel-variabel yang digunakan     

29.Kesimpulan hasil PTK sebaiknya merupakan penjelasan-penjelasan yangdisusun sesuai dengan ....
a. urutan identifikasi masalah  b. pertanyaan penelitian  c. temuan penelitian d.hasil analisis data

30.Mengapa PTK harus dilakukan per daur? Untuk ....
   a.  mempertinggi akurasi  b.memperoleh hasil yang valid
c.memperoleh perbaikan yg optimal  d.  memperoleh presisi yg tinggi sesuai tujuan penelitian

31. Secara spesifik laporan PTK memuat perihal ....
a.temuan penelitian b.temuan penelitian c. rekomendasi  d. saran 2 perbaikan pembelajaran    

32.Judul PTK harus menggambarkan ....
a.  upaya perbaikan pembelajaran   b .  problem pembelajaran   c. problem pendidikan  d. perbaikan sistem persekolahan    

33.Sistematika PTK sebagaimana ditetapkan Ditjen DIKTI (2004) harus memuat abnormal penelitian. Berikutrambu-rambu penulisan abnormal penelitian, kecuali ....
a.difokuskan pada saripasi penelitian    b. menggambarkan aspek terpenting dari temuan penelitian  c. disajikan secararuntut, singkatdan padat   d. merupakan ringkasan penelitian      

34.Dalam menyusun laporan PTK, problem penelitian ditulis/disajikan di cuilan ....
a.  identifikasi masalah    b. perumusan masalah    c. pendahuluan  d.Kesimpulan      

35.Karena mau cepat selesai, pada dikala penelitiannya masih harus dilanjutkan ke Daur 3, Pak Irsan sudah menghentikannya hanya hingga Daur 2. Ia kemudian menyusun laporan PTK dan melaporkan bahwa tindakan perbaikannya sudah menunjukkan hasil positif. Sesuai budbahasa penulisan laporan, Pak Irsan telah mengabaikan ....
a. estetika   b. logika   c. kejujuran   d.  ke-konsistenan (keajegan)      

36.Tulisan perihal sebuah topik biasanya disusun berdasarkan paragraf-paragraf. yang dimaksud dengan paragraf dalam laporan PTK yaitu .....
akumpulan gagasan yang ditulis peneliti    b. ungkapan penulis yangmemiliki kesatuan inspirasi dan pikiran    c. kumpulan kalimat kuranglebihsebanyak setengah halaman yangdimulai dengan barisbaru   d. buah pikiran parapakar yang dikutip penulis

37.Berikut yaitu aspek dibahas dalam cuilan kajian pustaka. Salah satu hal yang tidak sesuai sebagai aspek kajian pustaka yaitu ....
a.  teori-teori yang eleven   b. kerangka berpikir   c. metodologi   d. pertanyaan penelitian atau hipotesis    

38.Diseminasi laporan PTK dilakukan untuk tujuan ....
a. proses sosialisasi laporan ilmiah  b.  penyebarluasan hasil penelitian    c. publikasi temuan ilmiah   d.   dimanfaatkan orang banyak terutama guru    
39. Manfaat diseminasi laporan PTK bagi sekolah yaitu ....
a.  dihasilkannya laporan ilmiah bagi sekolah   b. dihasilkannya metode perbaikan pembelajaran di kelas   c. meningkatnya dapat dipercaya sekolah   d.  meningkatnya intelektualitas staf guru     

40.  Karena mau cepat selesai maka pada dikala penelitiannya masih harus dilanjutkan ke daur 3 pak yusril sudah menghentikannya hingga daur 2. ia kemudian menyusun laporan PTK dan melaporkan bahwa tindakan perbaikannya sudah menunjukkan hasil positif. sesuai keetika penulisan laporan pak Yusri telah mengabaikan unsur ....
a. estetika    b.  logika     c. kejujuran    d.   keajegan    

41.Dari hasil analisis problem yang dilakukan di kelasnya, Pak Bambang melihat bahwa dalam 3 kali ulangan aritmatika yang diberikan, rata-rata hanya 2 orang dari 30 siswanya yangmendapatnilai di atas 60. Sebagian besarsiswa tidak bisa menuntaskan soal-soal perihal perkalian. Selain itu, pada setiap pelajaran matematika, suasana kelas menjadi tegang sebab isiwa merasa matematika sebagai pelajaran ajal alias sulit. Sehubungan dengan problem tersebut, Pak Bambang kemudian merumuskan problem pembelajaran sebagai berikut: "Metode apa yang sanggup saya gunakan biar siswa sanggup mengerjakan soal-soal perihal perkalian serta dalam suasana yang lebih rileks?". Selanjutnya, permasalahan tersebut sanggup dirinci secara operasional sebagai berikut:
1.    Apakah dukungan kiprah tugas atau PR akan sanggup meningkatkan hasil berguru siswa?
2.    Bagaimana bentuk materi kiprah yang sanggup membangkitkan motivasi siswa terhadap pelajaran aritmatika?
3.    Apakah saya perlu berkonsultasi dengan Kepala Sekolah?
       
42. Salah satu prinsip observasi berdasarkan Hopkins yaitu perencanaan bersama. Perencanaan bersama yang bertujuan untuk membangun ....
(1) kesamaan persepsi antara guru dan sahabat sejawat
(2) membangun rasa saling percaya antar pihak-pihak yang terlibat
(3) membangun hukum main antar pihak-pihak yang terlibat
      
43.Dalam upaya mencapai tujuan dan target observasi, maka peneliti PTK hendaknya mengarahkan target pokok dan fokus utama selama proses observasi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:
1.    apakah sudah terjadi perubahan di kelas saya?
2.    apakah tindakan perbaikan sudah berhasil?
3.    apakah efek dari tindakan perbaikan yang sudah saya berikan?
       
44. Observasi yang dilakukan oleh pengamat luar (teman sejawat) dalam PTK difokuskan pada ..
1.    sikap mengajar guru dalam melaksanakan tindakan perbaikan
2.    suasana dan sikap berguru siswa selama berlangsung tindakan perbaikan
3.    intensitas catatan penelitian yang dibuat/ditulis oleh pengamat
       
45. Hasil analisis data sanggup dijadikan materi untuk ....
1.    menciptakan kesimpulan dan tindak lanjut penelitian
2.    melaksanakan refleksi untuk menciptakan perencanaan tindak lanjut
3.    mengidentifikasi temuan penelitian
       
46. Pengumpulan dalam PTK melalui cara observasi terutama ditujukan untuk ....
1.    memperoleh masukan perihal sikap berguru siswa
2.    mempelajari efek tindakan perbaikan yang diberikan
3.    mempelajari dokumen hasil berguru
47. Dalam tahapan pelaksanaan tindakan perbaikan di kelas, sebagai peneliti guru akan ....
1.    mengidentifikasi efek tindakan perbaikan yang diberikan dengan mengamati sikap siswa
2.    mengidentifikasi penyebab problem pembelajaran melalui wawancara dengan siswa
3.    mengajar sebagaimana biasa sesuai jadwal berguru siswa
       
48. Refleksi intinya yaitu .....
1.    mempertanyakan kepada diri sendiri mengapa problem ini hingga terjadi dikelasnya
2.    merencanakan banyak sekali alternatif tindakan yang mungkin sanggup dilakukan
3.    merenungkan efek dari tindakan-tindakan yang sudah dilakukan selama ini
       
49.. Yang dimaksud dengan interpretasi hasil analisis data yaitu ....
1.    menemukan makna dari hasil analisis datauntuk menjawab pertanyaan penelitian.
2.    menterjemahkan hasil analisis data dan menghubungkannya dengan problem penelitian.
3.    mengolah data hasil penelitian dengan memakai analisis statistik.
       
50. Saran tindak lanjut hasil PTK yaitu ....
1.    saran-saran perbaikan ditujukan untuk banyak sekali pihak
2.    alternatif perbaikan dibentuk sesuai kesimpulan penelitian
3.    proposal perbaikan sanggup dipertimbangkan melalui refleksi

Sumber http://soalterlengkap.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Bank Soal Ptk Terbaru Tahun 2016"

Posting Komentar