Soal Latihan Dan Pembahasan Us Un Unbk Bahasa Indonesia Smk 2019

SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN US UN UNBK Sekolah Menengah kejuruan  SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN US UN UNBK BAHASA INDONESIA Sekolah Menengah kejuruan 2019

SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN US UN UNBK Sekolah Menengah kejuruan 2019
Kepolisian India mengatakan telah mengajukan somasi aturan terhadap Miss Universe Olivia Culpo lantaran melaksanakan sesi pemotretan sepatu hak tinggi di Taj Mahal. Olivia Culpo dalam kesempatan itu mengenakan sepasang sepatu hak tinggi dikala mengunjungi Taj Mahal dalam kunjungan 10 hari di India. Pengurus Taj Mahal menilai cara berpakaian Olivia sebagai sebuah penghinaan terhadap Taj Mahal.  (Sumber: KOMPAS.com)
1.        Makna istilah somasi pada penggalan paragraf di atas ialah ....
A.       tuntutan
B.       tuntunan
C.       ancaman
D.       hukuman
E.        sanksi
KJ: A. tuntutan
2.        Jenis teks tersebut ialah ....
A.        prosedur
B.        eksplanasi
C.        biografi
D.        narasi
E.         argumentasi
KJ: D. narasi
Bacalah wacana berikut dengan saksama untuk menjawab soal nomor 3 dan 4.
(1) Kala demam isu hujan mirip sekarang, badan cenderung  lebih rentan terhadap ancaman penyakit. (2) Beruntung, insan mempunyai sistem imun atau daya tahan sebagai tirai pertahanan pertama yang akan melawan mikroorganisme penyebab penyakit. (3) Kondisi daya tahan setiap orang tentu berbeda. (4) Apalagi, dengan lonjakan jumlah mikroorganisme di demam isu hujan mirip dikala ini, sistem imun yang biasa bisa melawannya bisa saja menjadi kewalahan. (5) Akibat sistem imun tak berhasil melawan mikroorganisme, badan pun bisa jatuh sakit. (Sumber: KOMPAS.com)
3.        Gagasan pokok paragraf tersebut ialah ...
A.        Jumlah mikroorganisme di demam isu hujan.
B.        Kerentanan badan terhadap ancaman penyakit di demam isu hujan.
C.        Sistem imun yang kewalahan di demam isu hujan.
D.        Kemampuan sistem imun melawan mikroorganisme.
E.         Sistem imun yang dimiliki manusia.
KJ: B. Kerentanan badan terhadap ancaman penyakit di demam isu hujan.
4.        Maksud ­–nya pada kata melawannya dalam kalimat keempat ditujukan untuk ....
A.        musim hujan
B.        mikroorganisme
C.        sistem imun
D.        lonjakan
E.         saat ini
KJ: B. mikroorganisme
Perhatikan wacana berikut dengan saksama untuk menjawab soal nomor 5 dan 6.
(1) Ikan terdiri atas ikan air tawar dan ikan laut. (2) Keduanya ialah masakan sumber protein yang sangat penting untuk pertumbuhan tubuh. (3) Ikan mengandung 18 % protein terdiri atas asam-asam amino esensial yang tidak rusak pada waktu pemasakan. (4) Kandungan lemaknya 1 – 20% lemak yang gampang dicerna serta pribadi sanggup dipakai oleh jaringan tubuh. (5) Kandungan lemaknya sebagian besar ialah asam lemak tak jenuh yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan sanggup menurunkan kolesterol darah. (Sumber: Situs resmi pemerintah kota Magelang)
5.        Simpulan paragraf tersebut ialah ...
A.        Ikan mengandung 18% protein dan asam amino yang esensial dan tidak rusak pada waktu pemasakan.
B.        Ikan terbagi atas ikan air laut, dan ikan air tawar yang sangat oenting untuk oertumbuhan badan manusia.
C.        Ikan mengandung  1 – 20% lemak yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan sanggup menurunkan kolesterol darah.
D.        Ikan mengandung sumber protein yang sangat penting bagi pertumbuhan badan dan asam lemak yang dibutuhkan untuk menurunkan kolesterol darah.
E.         Protein dan lemak yang terdapat pada ikan mengandung asam yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan tubuh.
KJ: D. Ikan mengandung sumber protein yang sangat penting bagi pertumbuhan badan dan asam lemak yang dibutuhkan untuk menurunkan kolesterol darah.
6.        Inti kalimat nomor (2) pada wacana di atas ialah ...
A.        Ikan mengandung 18% protein.
B.        Ikan mengandung asam-asam amino esensial.
C.        Ikan tidak rusak pada waktu pemasakan.
D.        Protein terdiri atas asam-asam amino esensial.
E.         Asam-asam amino esensial tidak rusak pada waktu pemasakan.
KJ: A. Ikan mengandung 18% protein.
7.        Bacalah paragraf berikut.
Sejak wacana pengembangan kurikulum 2013 digulirkan, muncul balasan pro dan kontra dari banyak sekali kalangan pakar dan praktisi pendidikan serta masyarakat lainnya. Semakin banyak kritik dan saran terhadap kurikulum 2013 ini diperlukan lebih mematangkan kurikulum yang sedang dikembangkan. (Sumber: Kompasiana)
Tanggapan logis terhadap paragraf di atas ialah ...
A.        Wacana pro dan kontra memperlihatkan bahwa tidak semua pemangku kepentingan dilibatkan dalam penyusunan kurikulum 2013.
B.        Kurikulum 2013 bergotong-royong hanyalah perubahan dari kurikulum sebelumnya, yakni kurikulum tingkat satuan pendidikan.
C.        Perubahan fundamental kurikulum 2013 dari kurikulum sebelumnya ialah perihal standar isi, standar proses, standar penilaian, dan standar kompetensi lulusan.
D.        Kurikulum 2013 secara komperhensif mengajarkan perihal sikap, pengetahuan, dan keterampilan dibandingkan kurikulum sebelumnya yang hanya mengajarkan pengetahuan.
E.        Wacana pro dan kontra memperlihatkan bahwa para pemangku kepentingan mempunyai kepedulian akan pentingnya pembangunan sistem pendidikan di negeri ini.
KJ: E. Wacana pro dan kontra memperlihatkan bahwa para pemangku kepentingan mempunyai kepedulian akan pentingnya pembangunan sistem pendidikan di negeri ini.
8.        Bacalah paragraf berikut dengan cermat.
(1) Apabila kita amati lebih cermat dan kita baca banyak sekali informasi di internet dan literatur yang ada perihal bagaimana pendidikan yang patut bagi anak usia dini, kita akan terkejut. (2) Saat ini, hampir sebagian besar penyelenggaraan pendidikan bawah umur usia dini melaksanakan kesalahan dalam memperlihatkan pembelajaran. (2) Ada beberapa indikator untuk melihat banyak sekali ketidakpatutan terhadap anak. (3) Di antaranya yang paling menonjol ialah orientasi pada kemampuan intelektual secara dini. (4) Mereka dicoba untuk menjalani akselerasi dalam pendidikannya dengan memperoleh pengayaan kecakapan-kecakapan akademik di dalam dan di luar sekolah. (5) Akibatnya, bermunculanlah bawah umur asing dengan kepintaran intelektual luar biasa secara akselerasi, tetapi pendidikan mirip itu tetap dikatakan suatu kesalahan pendidikan. (Sumber: http://www.logos.sch.id/artikel/anak-anak-karbitan/)
Simpulan paragraf di atas terdapat pada kalimat dengan nomor ....
A.        (1)
B.        (2)
C.        (3)
D.        (4)
E.         (5)
KJ: B. (2)
9.        Bacalah paragraf berikut dengan saksama.
(1) Soda dengan rasanya yang manis dan segar di tenggorokan menjadi minuman favorit untuk semua kalangan usia. (2) Namun sayangnya mengonsumsi soda terlalu banyak justru bisa merusak badan dan menciptakan Anda gemuk. (3) Jika Anda sedang diet dan berpikiran soda diet lebih baik daripada soda biasa, pikir lagi. (4) Tidak jauh berbeda dengan soda biasa, soda diet juga mengandung pemanis buatan yang bisa memicu kanker jikalau dikonsumsi berlebihan. (5) Sebuah penelitian dari Pusat Penelitian Osteoporosis Universitas Creighton pada tahun 2001 menyebutkan, mereka yang minum soda mempunyai tulang yang lebih lemah. (Sumber: detik.com)
Kalimat yang menyatakan kekerabatan perbandingan pada paragraf di atas ditandai dengan nomor ....
A.        (1)
B.        (2)
C.        (3)
D.        (4)
E.         (5)
KJ: C. (3)
10.    Tanda baca yang tepat dipakai sehabis konjungsi namun sayangnya pada kalimat nomor (2) ialah ....
A.        titik (.)
B.        koma (,)
C.        titik koma (;)
D.        titik dua (:)
E.         hubung (-)
KJ: B. koma
11.    Perhatikan penggalan cerpen berikut!
(1) Kami bergegas mengangkat mayit itu lagi. (2) Aroma anyir campur hangus mencekik. (3) Lidahku mendadak pahit. (4) Perutku kolam diaduk puting beliung. (5) Darmaji yang membantu mengangkat, memuntahkan kembali isi lambung. (“Ditolak Bumi” karya Ken Hanggara)
Kalimat yang menggunakan majas personifikasi ditandai dengan nomor ....
A.        (1)
B.        (2)
C.        (3)
D.        (4)
E.         (5)
KJ: A. (1)
12.    Bacalah pengalan cerpen berikut!
(1) Ia sangat bebal. (2) Kejahatannya pun sudah keterlaluan. (3) Setiap hari ia melakukannya, setiap hari pula saya mesti mengeluarkan uang untuk menganti rugi perbuatannya. (4) Aku melakukannya sambil menahan rasa aib dari gunjingan tetangga. (5) Aku menjadi tidak punya muka, tidak berarti mengangkat kepala ketika bertatapan dengan orang.
(Kleptomania, Budi P. Hatees)
Kalimat yang menggunakan kata kiasan ditandai dengan nomor ....
A.        (5)
B.        (4)
C.        (3)
D.        (2)
E.         (1)
KJ: A. (5)
13.    Bacalah penggalan cerpen berikut.
Allah-lah yang menguasai jiwa-jiwa kita. Membuatnya bahagia atau sedih, menciptakan tertawa atau menangis. Demikianlah saya menerjemahkan setiap pengembaraanku ke tempat baru. Penjelajahan setiap sejarah masa kemudian hanya suatu perjuangan untuk lebih mengenal diri sendiri, mengenal kuasa Tuhan atas jiwa-jiwa kita. (99 Cahaya di Langit Eropa” karya Hanum S. R. dan Rangga A.)
Unsur ekstrinsik yang terdapat dalam teks tersebut ialah nilai ....
A.        moral
B.        religi
C.        budaya
D.        pendidikan
E.         etika
KJ: B. religi
14.    Bacalah penggalan cerpen berikut.
“Pak Seno titip salam. Dia juga titip pesan, kita tidak bisa menyamakan kopi dengan air tebu. Sesempurna apapun kopi yang kau buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kau sembunyikan. Dan di sanalah kehebatan kopi tiwus..., memperlihatkan sisi pahit yang membuatmu melangkah mundur, dan berpikir. Bahkan saya juga telah diberinya pelajaran,” napasku harus dihela semoga lega dada ini, “bahwa uang puluhan juta sekalipun tidak akan membeli semua yang sudah kita lewati. Kesempurnaan itu memang palsu. Ben’s Perfecto tidak lebih dari sekadar ramuan kopi enak.” (“Filosofi Kopi” karya Dewi Dee Lestari)
Amanat paling tepat yang terkandung dalam penggalan cerpen tersebut ialah ...
A.        Kita harus sanggup membedakan kopi dan air tebu.
B.        Uang puluhan juta harus dimanfaatkan dengan baik.
C.        Kita harus memberikan salam dan pesan yang dititipkan.
D.        Kopi memperlihatkan sisi pahit yang membantu kita berpikir.
E.        Kita harus menyadari bahwa tidak ada yang sempurna; segala hal mempunyai kelemahan.
KJ: E. Kita harus menyadari bahwa tidak ada yang sempurna; segala hal mempunyai kelemahan.
Perhatikan teks berikut untuk menjawab soal nomor 15 dan 16.
Saat itu saya dihadapkan pada suatu dilema. Apakah saya akan mendekatinya dan terus terang menyampaikan kepadanya siapa saya ini bergotong-royong atau tetap begini saja seterusnya. Semenjak saya menjadi mandor kebun, saya tidak pernah berafiliasi lagi dengan Mas Sudibyo. (Soal UN 2005)
15.    Watak tokoh "aku" yang terlihat dalam teks tersebut adalah....
A.        egoistis
B.        ceroboh
C.        peragu
D.        lemah
E.         penyabar
KJ: C. peragu
16.    Watak tokoh “aku” dipaparkan pengarang melalui ....
A.        gambaran fisik
B.        pandangan tokoh lain
C.        dialog antar tokoh
D.        pikiran tokoh
E.         deskripsi tokoh lain
KJ: D. pikiran tokoh
Perhatikan penggalan novel berikut untuk menjawab soal nomor 17 dan 18.
Garis-garis mukanya yang tegas dan runcing dikombinasikan dengankulit putih tapi gosong kemerahan akhir terpaan sinar matahari membuatnya persis mirip turis peselancar di tepi Pantai Kuta. Rumah asri yang terletak di kawasan hijau di Jakarta Timur itu tampak lengang. Anak pria itu melihat sekeliling dengan khawatir. Napasnya gres melega ketika kendaraan beroda empat orang tuanya ternyata masih terparkir di dalam garasi. Langkahnya pun meringan dikala ia membuka pintu. (Perahu Kertas, Dewi Dee Lestari)
17.    Latar dalam penggalan novel tersebut ialah ....
A.    Pantai Kuta
B.     garasi
C.     pekarangan rumah
D.    sekeliling Jakarta Timur
E.     pintu depan
KJ: C. pekarangan rumah
18.    Sudut pandang yang dipakai dalam pengalan novel tersebut ialah ....
A.        orang pertama
B.        orang kedua
C.        campuran
D.        orang ketiga
E.         orang pertama dan kedua
KJ: D. orang ketiga
19.    Bacalah kalimat-kalimat dalam penggalan teks cerpen berikut.
(1)     Hampir saja pisau itu memahat kakinya.
(2)     Seperti busuk dari daun-daun kering dan kayu basah.
(3)     Semua gara-gara ia mencium busuk abnormal dari sudut pintu.
(4)     Aneh, dari mana datangnya busuk yang membuatnya begitu gelisah?
(5)     Kopag menjatuhkan pisau ukirnya yang runcing.
Urutan yang tepat kalimat-kalimat kutipan teks cerpen tersebut ialah ....
A.    (2), (3), (4), (1), (5)
B.     (2), (5), (3), (4), (1)
C.     (3), (4), (1), (5), (2)
D.    (3), (5), (4), (1), (2)
E.     (5), (1), (3), (2), (4)
KJ: E. (5), (1), (3), (2), (4)
20.    Bacalah penggalan naskah drama berikut.
Ibu            :   Ke mana anak ini? Sudah hampir pukul 09.00 malam belum tiba juga.
                     Bi, Bi Kunti! Iza tadi pamitnya ke mana?
Bi Kunti   :   Maaf Nyonya, habis pulang sekolah tadi, Tuan Izza pribadi ganti baju dan
                     pergi bersama kedua temannya. Jadi, Tuan Izza tidak pamit mau ke mana,
                     Nonya.
Ibu            :   Pa, ke mana anak kita perginya, Pa? Papa kelihatan damai saja, sih. Ikut
                     mencari gitu, lo. Tanya kepada teman-temannya atau gimana gitu. Masa
                     sudah jam segini belum pulang, tapi Papa tenag-tenang saja?
Papa         :   Sudahlah, Ma. Nanti kan pulang sendiri. Dia sudah besar. Lagipula, Papa
                     banyak pekerjaan yang harus selesai besok.
Mama       :   Kerjaan lagi. Kerjaan lagi. Kapan sih Papa memperhatikan Izza, anak kita?
Ringkasan penggalan naskah drama tersebut ialah ....
A.        keresahan ibu lantaran anaknya belum pulang dari sekolah
B.        kemarahan ibu atas ketidakpedulian ayah terhadap ketidakpulangan anaknya
C.        ketidakpedulian ayah terhadap pekerjaan sehingga anak tidak pulang
D.        kesedihan ibu lantaran ayah hanya memikirkan pekerjaan anaknya
E.         ketidakpedulian ibu terhadap anak dan pekerjaan ayah
KJ: B. kemarahan ibu atas ketidakpedulian ayah terhadap ketidakpulangan anaknya
Bacalah kutipan teks eksplanasi kompleks berikut untuk menjawab soal nomor 21 – 22.
Wajah ialah jendela diri. Seseorang sering kali dinilai dari wajahnya. Selanjutnya, bukan semata-mata lewat ukuran kecantikan. Ada orang yang tidak cantik, tetapi lantaran wajahnya berseri terasa sedap dipandang. Sebab [....] buah, sayur, dan air putih dalam jumlah yang cukup sanggup menciptakan wajah terlihat semakin berseri.
21.    Istilah yang tepat untuk melengkapi kepingan yang rumpang dalam teks di atas ialah ....
A.        membeli
B.        memproduksi
C.        mengonsumsi
D.        mendistribusikan
E.         mempromosikan
KJ: C. mengonsumsi
22.    Konjungsi antarkalimat yang tepat untuk mengganti konjungsi antarkalimat bercetak miring di atas ialah ....
A.        akan tetapi, jika
B.        walaupun, sehingga
C.        sebab, karena
D.        selanjutnya, dan
E.         karena, tetapi
KJ: A. akan tetapi, jika
23.    Kata kerja atau verba material dalam teks di atas ialah ....
A.        berseri
B.        dipandang
C.        cukup
D.        membuat
E.         semakin
KJ: D. membuat
Bacalah penggalan teks eksposisi berikut untuk menjawab soal nomor 24 dan 25.
(1) Perlu proses panjang untuk menghasilkan kopi luwak yang nikmat. (2) Hanya biji kopi yang baik dan berwarna merah yang akan digunakan. (3) Selanjutnya, biji kopi disortir lagi untuk memisahkan biji kopi yang segar dan yang busuk dengan cara direndam. [....]. (4) Kemudian, selanjutnya biji kopi tersebut akan diberikan pada musang atau luwak jenis binturung dan bulan. (5) Musang atau luwak tersebut ialah jenis pemakan kopi.
24.    Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks eksposisi tersebut ialah ...
A.    Biji kopi yang berwarna merah akan digunakan.
B.     Biji kopi yang tidak baik akan menciptakan kualitas kopi menjadi buruk.
C.     Luwak biturung dan bulan ialah jenis luwak pemakan kopi.
D.    Biji kopi yang segar akan tenggelam, sedangkan yang busuk akan mengapung.
E.     Setelah itu, biji kopi akan dikemas.
KJ: D. Biji kopi yang segar akan tenggelam, sedangkan yang busuk akan mengapung.
25.    Kalimat yang perlu diperbaiki pada teks eksposisi tersebut ditandai dengan nomor ....
A.    (5)
B.     (4)
C.     (3)
D.    (2)
E.     (1)
KJ: A. (5)
26.    Bacalah penggalan unsur deskripsi dalam penggalan teks laporan hasil observasi berikut.
Semua makhluk di dunia ini sanggup diklasifikasikan menjadi dua kelompok, yaitu benda hidup dan benda mati. Yang pertama sering disebut makhluk hidup dan yang kedua disebut benda mati. [....]. Benda mati dibedakan dari benda hidup lantaran benda mati tidak mempunyai ciri-ciri umum tersebut.
Kalimt yang tepat untuk melengkapi kepingan rumpang tersebut ialah ...
A.    Kera, tumbuh-tumbuhan, hewan, dan bunga ialah pola makhluk hidup.
B.     Sementara itu, kaca, plastik, baja, dan kertas ialah pola benda mati.
C.     Dengan adanya pengelompokkan tersebut, kita menjadi lebih gampang mempelajarinya.
D.    Makhluk di bumi ini sanggup dikelompokkan atas perbedaan dan persamaannya.
E.     Makhluk hidup mempunyai ciri-ciri umum, mirip bergerak, bernapas, tumbuh, dan mempunyai keturunan.
KJ: E. Makhluk hidup mempunyai ciri-ciri umum, mirip bergerak, bernapas, tumbuh, dan mempunyai keturunan.
27.    Perhatikan penggalan teks narasi berikut.
Ketika dunia sinetron merebak seiring dengan tumbuh maraknya stasiun televisi di tanah air, Didi Petet pun terjun ke sana. Film iklan tak ketinggalan dirambahnya pula. Bahkan, [....] kemudian mendirikan production house. Di samping itu, ia aktif dalam sejumlah pementasan teater, seminar perihal seni peran, dan tentu saja mengajar di IKJ.
Kata ganti atau pronomina yang tepat untuk melengkapi teks narasi tersebut ialah ....
A.    mereka
B.     ia
C.     –nya
D.    saya
E.     Anda
KJ: B. ia
28.    Cermatilah teks pantun berikut.
Anak bambu berjulukan rebung
Reung dibeli di pasar pagi
[....]
Semua keperluan bisa dibeli
Kalimat yang tepat untuk mengisi kepingan rumpang teks pantun tersebut ialah ....
A.    Anak sekolah suka menabung
B.     Anak sekolah pandai berenang
C.     Anak sekolah berguru tenang
D.    Anak sekolah bermain angklung
E.     Anak sekolah menggunakan payung
KJ: A. Anak sekolah suka menabung
Perhatikan mekanisme okulasi tumbuhan mangga berikut untuk menjawab soal nomor 29 dan 30.
(1)     Pilih batang yang sehat, adalah batang yang terlihat segar, daun normal, tidak terjangkit penyakit, dan tidak kekurangan hara; diameter batang minimal 1,2 cm, tinggi minimal 50 cm, dan berumur 6 bulan semenjak semai.
(2)     Mata tunas diambil dari batang atas yang juga sehat, batang tidak terlihat tanda terjangkit hama dan penyakit.
(3)     Kerat batang bawah secara mendatar selebar 2 cm pada ketinggian maksimal 20 cm dari leher akar.
(4)     [....]
(5)     Siapkan mata tunas. Caranya, kerat kulit cabang pohon 1 cm dari tunas dan sedikit kayu terkelupas, ukuran mata tunas diadaptasi dengan ukuran jendela pada batang bawah.
(6)     Tempelkan mata tunas ke jendela di batang bawah. Penempelan sebaiknya jangan pada tunas yang gres tumbuh. Biasanya penempelan dilakukan dikala tumbuhan berbunga. Ikat tempelan tunas dengan plastik mulai dari bawah ke atas supaya tidak terkena air hujan. Buka ikatan okulasi 3 – 4 ahad kemudian.
(Sumber:
sigoogle2.blogspot.com/search?q=teknik-dan-cara-okulasi-pohon-mangga)
29.    Kalimat yang paling tepat untuk mengisi langkah keempat mekanisme tersebut ialah ...
A.    Pilih tunas yang mempunyai kondisi yang sehat dengan kepingan kulit batang yang berwarna hijau keabu-abuan.
B.     Gunakan tunas mangga yang mempunyai buah manis serta  kuat terhadap serangan hama.
C.     Bungkus plastik dengan rapi dan rapat, tetapi jangan terlalu kencang.
D.    Setelah itu, tentukan kepingan posisi batang tumbuhan yang akan dkerat. Sebisa mungkin tidak terlalu erat dengan kepingan pangkal batang tumbuhan mangga.
E.     Tarik ke bawah kulit batang yang dikerat hingga terkelupas sepanjang 2 cm, kemudian potong dua pertiganya sehingga terbentuk semacam “jendela” di batang bawah.
KJ: E. Tarik ke bawah kulit batang yang dikerat hingga terkelupas sepanjang 2 cm, kemudian potong dua pertiganya sehingga terbentuk semacam “jendela” di batang bawah.
30.    Kata adalah pada mekanisme nomor (1) sebaiknya diganti dengan ....
A.    merupakan
B.     yaitu
C.     dengan
D.    ialah
E.     dan
KJ: B. yaitu
Perhatikan kalimat-kalimat berikut untuk menjawab soal nomor 31 – 34.
(1)       Letakkan bambu tersebut secara menyilang hingga mirip salib.
(2)       Selesai, kerangka layang-layang sudah jadi.
(3)       Ambil 2 ruas bambu (panjang 90 cm dan 50 cm).
(4)       Ikat kedua bambu tersebut dengan menggunakan tali atau banang secara menyilang.
(5)       Ikat disetiap sudut bambu (untuk mempermudah belah sedikit ujungnya menggunakan cutter) dengan menggunakan tali atau benang hingga membentuk [....] layang-layang.
31.    Susunan tepat kalimat-kalimat acak tersebut semoga menjadi teks mekanisme yang tepat ialah ....
A.    (1) – (3) – (2) – (4) – (5)
B.     (3) – (4) – (1) – (5) – (2)
C.    (3) – (1) – (4) – (5) – (2)
D.    (4) – (1) – (3) – (5) – (2)
E.     (5) – (3) – (4) – (1) – (2)
KJ: C. (3) – (1) – (4) – (5) – (2)
32.    Sinonim dari kata hingga pada kalimat nomor (1) ialah ....
A.    seperti
B.     sampai
C.     tiba
D.    kemudian
E.     lalu
KJ: B. hingga
33.    Istilah yang tepat untuk mengisi kepingan rumpang pada kalimat nomor (5) ialah ....
A.    penyangga
B.     komponen
C.    kerangka
D.    miniatur
E.     pelindung
KJ: C. kerangka
34.    Berikut ini merupakan variasi kalimat bermakna sama dari kalimat nomor (4), kecuali ...
A.    Dengan tali atau benang, sambungkan kedua bambu.
B.     Secara menyilang, ikat kedua bambu tersebut dengan menggunakan tali atau banang.
C.     Dengan mengunakan tali atau benang, ikat kedua bambu tersebut secara menyilang.
D.    Kedua bambu diikat secara menyilang dengan menggunakan tali atau benang.
E.     Dengan menggunakan tali atau benang, secara menyilang, ikat kedua bambu.
KJ: A. Dengan tali atau benang, sambungkan kedua bambu.
Bacalah paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 35 – 38.
(1) Karena banyak orang yang ingin kendaraannya tampil atraktif, bisnis fariasi kendaraan baik sepeda motor maupun kendaraan beroda empat di Indonesia tumbuh pesat. (2) Tehnisi yang ditampung sektor ini pun cukup besar. (3) Namun demikian, pemilik kendaraan hendaknya tidak melaksanakan modivikasi yang berlebihan lantaran bisa berbahaya. (4) Asesoris yang tidak bernilai guna hendaknya tidak usah dibeli. (5) Bagaimanapun, itu pun merupakan bentuk pemborosan.
35.    Kalimat simpulan paragraf tersebut sanggup ditarik dari kalimat nomor ...
A.    (1)
B.     (2)
C.     (3)
D.    (4)
E.     (5)
KJ: A. (1)
36.    Penulisan perbaikan kata yang tidak baku dalam paragraf di atas dan perbaikannya ialah ....
A.    atraktif,  bisnis, fariasi, tehnisi, ditampung menjadi atraktiv, busines, variasi, tehnisi, di tampung
B.     atraktif, fariasi, tehnisi, modivikasi menjadi atraktiv, variatif, teknisi, modifikasi
C.     fariasi, tehnisi, maupun, asesoris menjadi variasi, teknisi, mau pun, asesoris
D.    fariasi, tehnisi, modivikasi, dibeli menjadi fariasif, teknis, modifikasi, di beli
E.     fariasi, tehnisi, modivikasi, asesoris menjadi variasi, teknisi, modifikasi, aksesori
KJ: E. fariasi, tehnisi, modivikasi, asesoris menjadi variasi, teknisi, modifikasi, aksesori
37.    Kalimat penjelas yang sumbang pada paragraf di atas ditandai oleh nomor ....
A.    (5)
B.     (4)
C.     (3)
D.    (2)
E.     (1)
KJ: A. (5)
38.    Arti kata atraktif pada paragraf di atas ialah ....
A.    pertunjukan
B.     bagus dipandang
C.    mempunyai daya tarik
D.    modis penampilannya
E.     enak dilihat
KJ: C. mempunyai daya tarik
Perhatikan teks eksposisi berikut untuk menjawab soal nomor 39 – 42!
(1) Kompetisi dalam perdagangan internasional sanggup meningkatkan produktivitas. (2) Hal tersebut lantaran kompetisi dapat mengurangi kekuatan pasar sejumlah perusahaan dalam ekonomi. (3) Dengan adanya kompetisi dari negara yang menjadi kawan dagang dan kompetisi dalam pasar dalam negeri, perusahaan didorong untuk menjadi semakin efisien dalam proses produksi mereka. (4) Selain itu, perusahaan yang berencana memasuki pasar harus siap menghadapi resiko kompetisi internasional. (5) Oleh lantaran itu, hanya perusahaan yang sangat produktif yang biasanya berani memasuki pasar ini.
39.    Arti kata kompetisi dalam paragraf tersebut ialah ....
A.    persahabatan
B.     perkelahian
C.     pertengkaran
D.    permusuhan
E.     persaingan
KJ: E. persaingan
40.    Kata tidak baku dalam paragraf tersebut ialah ....
A.    internasional
B.     produktivitas
C.     mitra
D.    resiko
E.     efisien
KJ: D. resiko
41.    Kata-kata berikut merupakan verba yang terdapat dalam teks tersebut, kecuali ....
A.    menjadi
B.     meningkatkan
C.     mengurangi
D.    menghadapi
E.     memasuki
KJ: A. menjadi
42.    Konjungsi yang menyatakan penyimpulan terdapat pada kalimat nomor ....
A.    (1)
B.     (2)
C.     (3)
D.    (4)
E.     (5)
KJ: E (5)
43.    Cermati paragraf berikut.
Kasus pembajakan hak cipta di Indonesia sudah pada tingkat parah. Oleh lantaran itu, harus mendapat perhatian khusus dari pemerintah. Jika terus-menerus dikesampingkan, pengaruh jangka panjangnya sanggup menurunkan produksi dan kreativitas menulis. Artinya, jikalau buku-buku diperoleh dengan gampang dengan cara memfotokopi, masyarakat pun lama-kelamaan akan tergiur untuk membeli buku yang murah. Selanjutnya, jikalau buku dari penerbit kurang bersaing dengan buku yang berharga murah, penerbit buku pun lama-kelamaan malas menerbitkan buku lantaran kurang menguntungkan. Akibatnya, akan menurunkan gairah penulis.
Tanggapan negatif terhadap penggalan informasi tersebut terdapat pada kalimat ...
A.    Pembajak hak cipta menurunkan gairah penulis buku dan itu dinilai sangat wajar.
B.     Pembajakan hak cipta sanggup menurunkan produksi dan pemasukan seseorang.
C.     Masyarakat yang suka memfotokopi buku dianggap tidak menghargai karya orang lain.
D.    Buku yang diperoleh dengan cara memfotokopi akan membantu masyarakat ekonomi lemah.
E.     Sebagai penegak hukum, masalah pembajakan hak cipta harus ada penanganan khusus dari pemerintah.
KJ: A. Pembajak hak cipta menurunkan gairah penulis buku dan itu dinilai sangat wajar.
44.    Penulisan kata bercetak miring yang sesuai dengan EYD terdapat dalam kalimat ...
A.    Kita sendiri yang bisa merubah nasib kita.
B.     Ijazahnya belum disyahkan kepala sekolah.
C.    Yang di erat rumah kami itu toko obat, bukan apotek.
D.    Model bajunya sudah ketinggalan jaman.
E.     Dia selalu tidak menghadiri jadual pertemuan siang.
KJ: C. Yang di erat rumah kami itu toko obat, bukan apotek.
45.    Kalimat yang mengandung kata-kata berantonim ialah ...
A.    Nanda memang elok jelita.
B.     Kita harus menjadi kaum berakal pandai.
C.     Cinta kasih ibu takkan tergantikan.
D.    Tua muda berkumpul di sana.
E.     Itu semua kehendak dan kemauannya sendiri.
KJ: D. Tua muda berkumpul di sana.
46.    Kalimat berikut yang bermakna konotatif adalah...
A.    PT. Sukses mengajukan kolaborasi dengan PT. Bank BNI selama tiga tahun.
B.     Karyawan perusahan itu selalu bekerja dengan giat.
C.    Pergantian pimpinan baru  membawa angin segar dalam perusahaan tersebut.
D.    Pemimpin perusahaan itu sedang mengadakan pertemuan dengan karyawannya.
E.     Kantor itu sangat higienis dan rapi penataannya.
KJ: C. Pergantian pimpinan baru  membawa angin segar dalam perusahaan tersebut.
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 47 dan 48!
Usaha industri rumah tangga di Kawasan Kemas Rindo dan Ogan Baru, Kecamatan Kertapati, Palembang semenjak beberapa tahun terakhir semakin berkembang pesat. Bahkan, industri rumah tangga sudah menjadi penghasilan utama penduduk. Industri yang sedang berkembang Kertapati dikala ini ialah pembuatan sapu ijuk. Penduduk di sini pun sudah menekuni perjuangan pembuatan sapu ijuk semenjak beberapa tahun.
47.    Kalimat utama paragraf tersebut ialah ...
A.    Pembuatan sapu ijuk merupakan salah satu industri rumah tangga.
B.     Industri rumah tangga di Kecamatan Kertapati berkembang.
C.     Industri rumah tangga menjadi penghasilan utama penduduk.
D.    Industri rumah tangga yang berkembang ialah pembuatan sapu ijuk.
E.     Penduduk menekuni pembuatan sapu ijuk sudah lama.
KJ: B. Industri rumah tangga di Kecamatan Kertapati berkembang.
48.    Kata berikut yang termasuk adjektiva dalam paragraf tersebut ialah ....
A.    kecamatan
B.     pesat
C.     sudah
D.    saat
E.     menekuni
KJ: B. pesat
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 49 dan 50.
(1) Sinar matahari, sanggup menguapkan air yang berasal dari permukaan bahari dan tumbuhan. (2) Setelah air menguap, terjadilah penggumpalan uap air menjadi awan. (3) Setelah kandungan uap air di awan cukup banyak, air diturunkan dengan sumbangan angin. (4) Air yang turun meresap ke pori-pori tanah, sebagian menjadi cadangan dalam tanah dan sebagian lagi menuju permukaan laut. (5) Kondisi ini terjadi berulang-ulang, tentunya dengan cara yang sama.
49.    Isi teks tersebut ialah terjadinya siklus ....
A.    terjadinya laut
B.     penyinaran matahari
C.    terjadinya hujan
D.    penggumpalan awan
E.     peresapan air
KJ: C. terjadinya hujan
50.    Kesalahan penggunaan tanda baca koma (,) terdapat pada kalimat nomor ....
A.    (1)
B.     (2)
C.     (3)
D.    (4)
E.     (5)
KJ: A. (1)


Sumber http://administrasingajar.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Soal Latihan Dan Pembahasan Us Un Unbk Bahasa Indonesia Smk 2019"

Posting Komentar