Pengertian Pasar, Jenis-Jenis Pasar, Dan Fungsi Pasar, Lengkap!

Pengertian Pasar

Pasar atau market merupakan sebuah tempat bertemunya pembeli dengan penjual guna melaksanakan transaksi ekonomi yaitu untuk menjual atau membeli suatu barang dan jasa atau sumber daya ekonomi dan banyak sekali faktor produksi yang lainnya. Pada umumnya, pengertian pasar tidak menunjuk ke sebuah lokasi ataupun tempat-tempat tertentu, hal ini sebab pasar tidak mempunyai batas geografis. Adanya sistem jaringan komunikasi modern sanggup meniadakan kendala atau batasan-batasan geografis, sehingga sanggup memungkinkan penjual dan pembeli bertransaksi tanpa harus saling melihat wajah satu sama lain.

Pengertian pasar yang kita bahas disini lebih menitik beratkan ke arti ekonomi yaitu untuk transaksi jual dan beli. Dalam ilmu ekonomi, pengertian pasar yaitu sebagai besarnya ajakan serta penawaran pada jenis barang atau jasa tertentu. Pengertian pasar merupakan ajakan serta penawaran secara keseluruhan untuk jasa dan barang tertentu. Pengertian pasar lebih merujuk kepada semua kegiatan penawaran dan ajakan termasuk didalamnya modal, surat berharga, tenaga kerja, serta uang.

Pada prinsipnya, kegiatan perekonomian yang terjadi di pasar didasarkan dengan adanya kebebasan dalam bersaing, baik itu untuk pembeli maupun penjual. Penjual mempunyai kebebasan untuk memutuskan barang atau jasa apa yang seharusnya untuk diproduksi serta yang akan di distribusikan. Sedangkan bagi pembeli atau konsumen mempunyai kebebasan untuk membeli dan menentukan barang atau jasa yang sesuai dengan tingkat daya belinya.

 Pasar atau market merupakan sebuah tempat bertemunya pembeli dengan penjual guna melakuka Pengertian Pasar, Jenis-Jenis Pasar, dan Fungsi Pasar, Lengkap!
Dalam kehidupan sehari-hari, keberadaan pasar sangat lah penting bagi kehidupan. Hal ini sebab apabila terdapat kebutuhan yang tidak sanggup dihasilkan sendiri, sanggup memperoleh kebutuhan tersebut di pasar. Para konsumen atau pembeli tiba ke pasar untuk berbelanja dan memenuhi kebutuhannya dengan membawa sejumlah uang guna membayar harganya. Berikut ini pengertian pasar berdasarkan para ahli.

Pengertian Pasar Menurut Para Ahli

 Pasar atau market merupakan sebuah tempat bertemunya pembeli dengan penjual guna melakuka Pengertian Pasar, Jenis-Jenis Pasar, dan Fungsi Pasar, Lengkap!
  1. William J.Stanton
  2. William J.Stanton beropini bahwa pengertian pasar yaitu sekumpulan orang yang mempunyai harapan untuk puas, uang yang dipakai untuk berbelanja, serta mempunyai kemauan untuk membelanjakan uang tersebut.
  3. Wikipedia
  4. Pasar merupakan institusi, sistem, hubungan sosial, prosedur, serta infrastruktur di mana terdapat perjuangan untuk menjual barang, tenaga kerja serta jasa untuk sekumpulan orang dengan imbalan uang.
  5. Kotler dan Amstrong
  6. Kotler dan Amstrong beropini bahwa pengertian pasar merupakan seperangkat pembeli konkret dan juga potensial dari suatu produk atau jasa. Ukuran dari pasar itu sendiri tergantung dengan jumlah orang yang memperlihatkan ihwal kebutuhan, mempunyai kemampuan dalam bertransaksi. Banyak pemasar yang memandang bahwa penjual dan pembeli sebagai sebuah pasar, dimana penjual tersebut akan mengirimkan produk serta jasa yang mereka produksi dan juga guna memberikan atau mengkomunikasikan kepada pasar. Sebagai gantinya, mereka akan mendapat uang dan gosip dari pasar tersebut.
  7. KBBI
  8. Menurut KBBI, pengertian pasar merupakan tempat sekumpulan orang melaksanakan transaksi jual-beli. Merupakan sebuah tempat untuk jual beli yang diadakan oleh sebuah organisasi atau perkumpulan dan sebagainya dengan maksud untuk sanggup mencari derma.
  9. Handri Ma’aruf
  10. Kata “pasar” mempunyai 3 pengertian, antara lain :
      1) Pasar dalam arti “tempat”, merupakan sebuah tempat untuk bertemunya para penjual dengan pembeli.
      2) Pasar dalam arti “penawaran serta permintaan” , merupakan pasar sebagai tempat terjadinya kegiatan transaksi jual beli.
      3) Pasar dalam arti “sekumpulan anggota masyarakat yang mempunyai kebutuhan serta daya beli “, lebih merujuk pada 2 hal, yaitu daya beli dan kebutuhan. Pasar merupakan sekumpulan orang yang berusaha untuk mendapat jasa atau barang serta mempunyai kemampuan untuk membeli barang tersebut.


Ciri-Ciri Pasar

 Pasar atau market merupakan sebuah tempat bertemunya pembeli dengan penjual guna melakuka Pengertian Pasar, Jenis-Jenis Pasar, dan Fungsi Pasar, Lengkap!
Berdasarkan dari klarifikasi diatas, sanggup disimpulkan beberapa ciri – ciri pasar, antara lain :
  1. Terdapat calon pembeli dan penjual.
  2. Terdapat jasa ataupun barang yang hendak untuk diperjualbelikan.
  3. Terdapat proses ajakan serta penawaran oleh kedua pihak.
  4. Terdapat interaksi diantara pembeli dan penjual baik itu secara pribadi ataupun tidak langsung.


Klasifikasi Pasar

 Pasar atau market merupakan sebuah tempat bertemunya pembeli dengan penjual guna melakuka Pengertian Pasar, Jenis-Jenis Pasar, dan Fungsi Pasar, Lengkap!
  1. Pasar Tradisional
  2. Pasar tradisional yaitu suatu pasar dimana tempat tersebut merupakan bertemunya para penjual dan pembeli serta terdapat transaksi jual beli secara pribadi serta pada umumnya terjadi proses tawar-menawar. Bangunan dari pasar tradisional biasanya berupa los, kios-kios atau gerai, serta dasaran terbuka yang dibuka oleh para penjual ataupun dari pengelola pasar. Kebanyakan pasar tradisional menjual banyak sekali macam barang kebutuhan yang diharapkan sehari-hari, jasa, dan lain sebagainya. Pasar tradisional masih banyak ditemukan di daerah-daerah di Indonesia. Beberapa pasar tradisional yang populer yaitu pasar Klewer di Solo, pasar Beringharjo di Yogyakarta, dan daerah-daerah yang lainnya. Pasar tradisional tersebut masih terus mencoba untuk bertahan menghadapi serangan dari adanya pasar modern.
  3. Pasar Modern
  4. Pada dasarnya, pasar modern tidak jauh berbeda dari pasar tradisional, namun pasar modern terdapat penjual dan pembeli yang tidak bertransaksi secara pribadi melainkan konsumen atau pembeli melihat label harga yang terdapat dalam barang tersebut, berada dalam bangunan serta pelayanannya dilakukan secara berdikari atau swalayan dan sanggup juga dilayani oleh pramuniaga. Barang-barang yang dijual tersebut, selain dari materi makanan, terdapat juga barang lainnya yang dijual dan biasanya sanggup bertahan lama. Contoh : minimarket, pasar swalayan (supermarket), dan lain sebagainya.


Jenis-Jenis Pasar

 Pasar atau market merupakan sebuah tempat bertemunya pembeli dengan penjual guna melakuka Pengertian Pasar, Jenis-Jenis Pasar, dan Fungsi Pasar, Lengkap!
Jenis–jenis pasar sanggup dibedakan berdasarkan dengan bentuk kegiatan, cara bertransaksi, berdasarkan waktunya, serta berdasarkan jenis barangnya.

Jenis-Jenis Pasar Menurut Bentuk Kegiatannya
Jenis pasar ini dibagi menjadi 2 yaitu pasar nyata atau pasar tidak nyata. Berikut penjelasannya :
  1. Pasar Nyata
  2. Pasar nyata merupakan sebuah pasar dimana terdapat banyak sekali jenis barang yang diperjualbelikan serta sanggup dibeli oleh pembeli. Contoh dari pasar nyata ialah pasar swalayan dan pasar tradisional.
  3. Pasar Abstrak
  4. Pasar abnormal merupakan sebuah pasar dimana terdapat para pedagang yang tidak menawar banyak sekali jenis barang yang dijual serta tidak membeli secara langsung, namun hanya memakai surat dagangan saja. Contoh dari pasar abnormal yaitu pasar online, pasar modal, pasar valuta asing, dan pasar saham.

Jenis-Jenis Pasar Menurut Cara Transaksinya
Jenis pasar ini dibedakan menjadi pasar tradisional serta pasar modern.
  1. Pasar Tradisional
  2. Pasar tradisional ialah pasar yang sifatnya tradisional dimana para pembeli dan penjual sanggup saling tawar menawar secara langsung. Berbagai jenis barang yang diperjualbelikan merupakan barang yang berupa barang kebutuhan pokok sehari-hari.
  3. Pasar Modern
  4. Pasar modern merupakan suatu pasar yang sifatnya modern dimana terdapat banyak sekali macam barang diperjualbelikan dengan harga yang sudah pas dan dengan layanan sendiri. Tempat berlangsungnya dari pasar modern yaitu di plaza, mal, dan tempat-tempat yang lainnya.

Jenis-Jenis Pasar Menurut Jenis Barangnya
Terdapat beberapa pasar hanya menjual 1 jenis barang tertentu, contohnya menyerupai pasar sayur, pasar hewan, pasar ikan pasar buah, pasar daging, dan lain sebagainya.
  1. Pasar Barang Konsumsi
  2. Pasar barang konsumsi merupakan suatu pasar yang memperjualbelikan banyak sekali jenis barang yang sanggup dikonsumsi guna memenuhi kebutuhan hidup manusia.
  3. Pasar Sumber Daya Produksi
  4. Pasar sumber daya produksi merupakan suatu pasar yang memperjualbelikan ihwal faktor-faktor produksi, contohnya : tenaga kerja, mesin-mesin, tanah, dan tenaga ahli.


Jenis-Jenis Pasar Menurut Waktunya
Jenis pasar berdasarkan waktunya sanggup digolongkan ke dalam beberapa bentuk, antara lain :
  1. Pasar Harian
  2. Pasar harian ialah tempat pasar di mana merupakan pertemuan antara pembeli serta penjual yang sanggup dilakukan setiap harinya. Pasar harian pada umumnya menjual banyak sekali jenis barang kebutuhan konsumsi, kebutuhan jasa, kebutuhan bahan-bahan mentah, dan kebutuhan produksi.
  3. Pasar Mingguan
  4. Pasar mingguan ialah pasar yang dilakukan setiap seminggu sekali. Biasanya pasar mingguan terdapat di daerah yang penduduknya masih, menyerupai di pedesaan.
  5. Pasar Bulanan
  6. Pasar bulanan ialah pasar yang dilakukan sebulan sekali, dan terdapat di daerah-daerah tertentu. Biasanya terdapat para pembeli di pasar tersebut yang membeli barang-barang tertentu dan lalu dijual kembali, rujukan pasar bulanan yaitu pasar hewan.
  7. Pasar Tahunan
  8. Pasar tahunan ialah pasar yang diselenggarakan setiap satu tahun sekali. Pasar tahunan pada umumnya bersifat nasional serta diperuntukkan untuk promosi terhadap suatu produk baru. Contoh pasar tahunan : Pameran Pembangunan, Pekan Raya Jakarta, dan lain sebagainya.
  9. Pasar Temporer
  10. Pasar temporer ialah pasar yang diselenggarakan pada waktu tertentu serta pasar temporer sanggup terjadi secara tidak rutin. Pada umumnya, pasar temporer dibuka guna merayakan insiden tertentu. Contoh dari pasar temporer yaitu Bazar.


Jenis-Jenis Pasar Menurut Keleluasaan Distribusi
Terdapat jenis pasar ini sanggup dibedakan menjadi :
  1. Pasar Daerah
  2. Pasar kawasan ialah suatu pasar yang membeli dan menjual produk di dalam 1 kawasan produk tersebut dihasilkan. Dapat juga dikatakan bahwa pasar kawasan melayani ajakan serta penawaran hanya dalam 1 daerah.
  3. Pasar Lokal
  4. Pasar lokal merupakan suatu pasar yang membeli dan menjual produk di dalam 1 kota tempat produk tersebut dihasilkan. Dapat juga dikatakan pasar lokal melayani ajakan serta penawaran hanya dalam 1 kota.
  5. Pasar Nasional
  6. Pasar nasional merupakan suatu pasar yang membeli dan menjual produk di dalam 1 negara tempat produk tersebut dihasilkan. Dapat juga dikatakan pasar nasional melayani ajakan serta penjualan dari dalam negerii.
  7. Pasar Internasional
  8. Pasar internasional merupakan suatu pasar yang membeli dan menjual produk dari banyak sekali negara. Dapat juga dikatakan luas jangkauan dari pasar tersebut yaitu di seluruh dunia. Contoh : Pasar kopi di Santos, Brazil.

Jenis-Jenis Pasar Menurut Bentuk serta Strukturnya
Jenis pasar ini sanggup dibedakan menjadi 4 macam yaitu pasar persaingan sempurna, persaingan monopolistik, pasar oligopoli, serta pasar monopoli.
  1. Pasar Persaingan Sempurna
  2. Jenis pasar persaingan tepat sanggup disebut juga pasar persaingan murni yaitu merupakan pasar di mana terdapat banyak pembeli dan penjual serta mereka sudah mengetahui keadaan pasar.

    Pasar persaingan tepat mempunyai beberapa ciri-ciri sebagai berikut :
    1) Barang yang diperjualbelikan sifatnya homogen (sejenis).
    2) Pembeli ataupun penjual mempunyai gosip yang lengkap mengenai pasar.
    3) Terdapat banyak pembeli dan penjual.
    4) Harga yang sudah ditentukan oleh pasar.
    5) Semua faktor produksi sanggup bebas keluar masuk pasar.
    6) Tidak terdapat campur tangan dari pemerintah.

    Kelebihan pasar persaingan tepat :
    1) Pembeli sanggup dengan bebas menentukan produk.
    2) Tidak terdapat kendala dalam mobilitas banyak sekali macam sumber ekonomi dari suatu perjuangan ke perjuangan lainnya.
    3) Dapat memaksimalkan efesiensi.
    4) Kebebasan menentukan dan bertindak.

    Kelemahan pasar persaingan tepat :
    1) Tidak mendorong inovasi.
    2) Membatasi pilihan konsumen atau pembeli dalam satu barang tertentu.
    3) Persaingan tepat yang memberikan ongkos sosial.
    4) Distribusi pendapatan yang tidak merata.

    Contoh dari pasar persaingan tepat yaitu pasar banyak sekali jenis hasil pertanian.
  3. Pasar Persaingan Tidak Sempurna
  4. Pasar jenis ini merupakan kebalikan dari pasar persaingan sempurna. Untuk pasar persaingan tidak tepat merupakan pasar yang terdiri dari sedikit penjual serta banyak pembeli. Pada pasar ini para penjual sanggup untuk menentukan harga barang. Barang-barang yang diperjualbelikan tersebut mempunyai jenis yang berbeda beda atau terdapat banyak sekali jenis barang. Jenis-jenis pasar persaingan tidak tepat mempunyai bentuk-bentuk pasar, antara lain :
  • Pasar Monopoli
Pasar monopoli merupakan suatu pasar yang terjadi ketika seluruh penawaran terhadap sebuah barang pada pasar yang telah dikuasai oleh salah seorang penjual atau sejumlah penjual tertentu.

Berikut ciri-ciri pasar monopoli :
1) Hanya terdapat 1 penjual sebagai pengambil keputusan harga (guna melaksanakan monopoli pasar).
2) Penjual lain tidak sanggup menyaingi dagangannya.
3) Pedagang lain tidak sanggup masuk, hal ini sebab adanya kendala dengan undang-undang atau sebab terdapat teknik yang canggih.
4) Jenis barang yang diperjualbelikan tersebut hanya semacam.
5) Tidak ada campur tangan dari pemerintah dalam problem penentuan harga.

Kelebihan pasar monopoli :
1) Keuntungan penjual yang relatif tinggi.
2) Bagi produk yang menguasai hajat hidup orang pada umumnya diatur oleh pemerintah.

Kelemahan pasar monopoli :
1) Pembeli atau konsumen tidak terdapat pilihan lain untuk membeli tersebut.
2) Keuntungan hanya terpusat ke 1 perusahaan.
3) Terjadinya eksploitasi pembeli.

Contoh pasar monopoli : PT Pertamina (persero), dan lain sebagainya.
  • Pasar Persaingan Monopolistik
Pasar jenis ini merupakan suatu dengan banyak penjual yang menjual barang yang berbeda corak. Pasar jenis ini banyak dijumpai di sektor perdagangan eceran dan jasa. Misalnya jasa salon, toko kelontong, angkutan, dan toko obat.

Pada pasar persaingan monopolistik mempunyai ciri-ciri, antara lain :
1) Terdapat banyak penjual dan banyak pembeli.
2) Barang yang dihasilkan yaitu sejenis, namun coraknya berbeda. Seperti : sabun, minyak goreng, pasta gigi, dan lain sebagainya.
3) Terdapat banyak penjual yang mempunyai besarnya sama, sehingga tidak terdapat satu penjual yang sanggup menguasai pasar.
4) Penjual sanggup dengan gampang memperlihatkan barangnya di pasar.
5) Penjual mempunyai sedikit kekuasaan dalam memengaruhi dan menentukan harga pasar.
6) Adanya peluang guna bersaing dalam keanekaragaman jenis barang yang dijual di pasar.

Kelebihan pasar persaingan monopolistik :
1) Penjual tidak sebanyak menyerupai pasar persaingan sempurna.
2) Produsen akan terpacu untuk berkreativitas.
3) Pembeli atau konsumen tidak gampang untuk berpindah dari produk satu ke produk yang lainnya.

Kelemahan pasar persaingan monopolistik :
1) Biaya yang mahal untuk ke pasar monopolistik, hal ini sebab untuk masuk ke pangsa pasar tertentu dibutuhkan adanya riset dan pengembangan produk.
2) Persaingan yang sangat berat, hal ini sebab pasar tersebut pada umumnya didominasi oleh banyak sekali jenis produk ternama.
  • Pasar Oligopoli
Pasar jenis ini merupakan pasar yang terdiri dari beberapa penjual yang menjual suatu barang tertentu, sehingga penjual yang satu dengan yang lainnya sanggup memengaruhi harga. Seperti : perusahaan rokok, perusahaan menjual kendaraan beroda empat dan sepeda motor, perusahaan semen, dan industri telekomunikasi.

Pasar oligopoli mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
1) Hanya terdapat sedikit penjual saja, sehingga keputusan dari salah satu penjual di pasar tersebut sanggup memengaruhi penjual lainnya.
2) Produk-produknya yang berstandar.
3) Kemungkinan terdapat penjual lain untuk masuk ke pasar masih terbuka.
4) Adanya tugas iklan yang sangat besar dalam penjualan produk tersebut.

Kelebihan pasar oligopoli :
1) Barang yang dihasilkan mempunyai bermacam-macam corak.
2) Efesiensi di dalam memakai sumber daya.
3) Pengembangan teknologi serta inovasi.

Kelemahan pasar oligopoli :
1) Adanya persaingan harga yang ketat.
2) Banyaknya rintangan yang berpengaruh guna masuk ke pasar oligopoli.

Fungsi Pasar

 Pasar atau market merupakan sebuah tempat bertemunya pembeli dengan penjual guna melakuka Pengertian Pasar, Jenis-Jenis Pasar, dan Fungsi Pasar, Lengkap!
Fungsi pasar mempunyai beberapa fungsi yang penting dalam membantu dalam banyak hal, berikut fungsi pasar :
  1. Fungsi Distribusi Produk
  2. Salah satu fungsi pasar yaitu fungsi distribusi produk yang merupakan suatu kegiatan menyalurkan barang atau jasa yang diproduksi oleh produsen kepada para konsumen. Fungsi pasar sebagai tempat distribusi produk, hal ini sebab banyak terdapat konsumen, sedangkan penjual sebagai distributor, artinya barang yang dijual tersebut tidak diproduksi sendiri. Misalnya terdapat penjual yang membeli telur ayam dari orang lain yang berternak ayam, lalu telur tersebut dibawa ke pasar dan dibeli oleh konsumen. Penjual tersebut berperan sebagai distributor, orang yang berternak ayam berperan sebagai produsen, serta pembeli sebagai konsumen. Namun adapula penjual yang berperan sebagai produsen sekaligus sebagai distributor.
  3. Fungsi Penetapan Harga / Nilai
  4. Karena terdapat interaksi antara penjual dan pembeli, maka terdapat juga ajakan serta penawaran dari kedua pihak tersebut. Sehingga terdapat komitmen harga kesetimbangan yang sanggup dicapai dari interaksi kedua pihak tersebut. Fungsi pasar sebagai tempat penetapan harga dari barang atau jasa yang diperjualbelikan sebab terjadinya interaksi serta adanya komitmen dari pembeli dan penjual.
  5. Fungsi Promosi
  6. Fungsi pasar merupakan tempat berkumpulnya para konsumen yang merupakan tempat promosi yang tepat bagi produsen guna memperkenalkan produk mereka. Pada umumnya dikala proses promosi dari produsen tersebut berlangsung, mereka akan memperlihatkan dengan penawaran yang menarik, menyerupai harga produk tersebut yang lebih murah dibandingkan produk dari produsen yang lainnya. Oleh sebab itu, fungsi pasar salah satunya untuk promosi suatu produk atau barang.
  7. Fungsi Penyerapan Tenaga Kerja
  8. Selain terdapat para pedagang dan pembeli, di pasar juga banyak terdapat pihak lain yang sanggup terlibat dalam kegiatan ekonomi. Seperti tukang sapu, ojek, tukang parkir, tukang sampah, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, fungsi pasar sebagai tempat absorpsi tenaga kerja.
  9. Menyediakan Barang dan Jasa Guna Masa Mendatang
  10. Pasar mempunyai tugas sebagai fasilitator guna mengelola tabungan dan investasi. Investasi tersebut berfungsi untuk menyediakan barang serta jasa dibutuhkan pada masa yang akan datang. Tabungan dan investasi tersebut akan berinteraksi di pasar. Pasar yang berfungsi untuk memfasilitasi investasi dan tabungan ialah pasar modal. Investor akan mencari pihak-pihak yang mempunyai tabungan untuk keperluan investasinya, serta penabung untuk mencari pihak yang membutuhkan modal. Kedua belah pihak tersebut sanggup bertemu di pasar modal.


Itulah pengertian pasar, jenis-jenis pasar, fungsi pasar, ciri-ciri pasar, dan pembagian terstruktur mengenai pasar. Pada intinya, pengertian pasar merupakan suatu tempat bertemunya para pembeli atau konsumen dan penjual guna melaksanakan transaksi jual beli barang ataupun jasa.
Sumber http://woocara.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengertian Pasar, Jenis-Jenis Pasar, Dan Fungsi Pasar, Lengkap!"

Posting Komentar