Pengertian Administrasi Dan Fungsi Manajemen, Lengkap!

Pengertian Manajemen

Pengertian administrasi ialah sebuah seni dalam proses dan ilmu pengorganisasian misalnya menyerupai pengorganisasian, pengendalian, pengawasan, pergerakan, dan perencanaan. Pengertian administrasi sebagai suatu seni lantaran seni mempunyai fungsi untuk mewujudkan tujuan konkret dengan menunjukkan manfaat, sedangkan pengertian administrasi sebagai suatu lantaran ilmu mempunyai fungsi untuk menunjukan banyak sekali macam fenomena atau insiden sehingga sanggup menunjukkan penjelasan yang benar dan jelas.

 Pengertian administrasi ialah sebuah seni dalam proses dan ilmu pengorganisasian misalnya  Pengertian Manajemen dan Fungsi Manajemen, Lengkap!
Manajemen mempunyai arti yaitu mengusahakan, memimpin, mengendalikan, mengurus, mengelola. Pengertian administrasi secara etimologis adlah suatu seni melaksanakan serta mengatur. Pengertian administrasi sanggup disebut sebagai disiplin ilmu yang mengajarkan mengenai proses untuk mendapat tujuan-tujuan organisasi untuk perjuangan bersama dengan orang-orang atau sumber milik organisasi. Adapun orang yang mendapat kiprah untuk melaksanakan administrasi disebut sebagai manajer. Untuk lebih lengkapnya, berikut pengertian administrasi berdasarkan para ahli.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

 Pengertian administrasi ialah sebuah seni dalam proses dan ilmu pengorganisasian misalnya  Pengertian Manajemen dan Fungsi Manajemen, Lengkap!
  1. George.R.Terry
  2. Pengertian administrasi merupakan kerangka kerja atau proses yang didalamnya melibatkan pengarahan atau bimbingan dari sekelompok orang ke arah tujuan organisasional dengan maksud yang nyata.
  3. Encylopedia of the Social Science
  4. Manajemen merupakan proses yang dalam pelaksanaan tujuan tertentu yang diselenggarakan dan diawasi.
  5. Mary Parker Follet
  6. Manajemen ialah seni. Setiap pekerjaan sanggup dituntaskan oleh orang lain.
  7. James A.F Stoner
  8. Berpendapat bahwa pengertian manajamen merupakan proses perencanaan, penggunaan sumber daya, dan pengorganisasian supaya sanggup meraih tujuan organisasi yang ditetapkan.
  9. Lawrence A. Appley
  10. Manajemen merupakan seni untuk meraih tujuan yang dilakukan dengan upaya dari orang lain.
  11. Wilson Bangun
  12. Manajemen merupakan suatu rangkaian dari berabgai acara yang dikerjakan oleh tiap anggota organisasi untuk meraih tujuanganisasi tersebut.
  13. Koontz
  14. Manajemen ialah suatu seni yang paling produktif yang didasarkan pada pemahaman mengenai ilmu yang mendasarinya.
  15. Luther Gulick
  16. Pengertian administrasi ialah suatu bidang pengetahuan yang berupaya secara sistematis gunak memahami perihal bagaimana dan mengapa insan bekerja sama dalam menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.
  17. Oey Liang Lee
  18. Manajemen ialah seni perencanaan dan ilmu, pengorganisasian, penyusunan, pengendalian, dan pengarahan dari sumber daya perusahaan untuk sanggup meraih tujuan yang diputuskan.


Fungsi Manajemen

 Pengertian administrasi ialah sebuah seni dalam proses dan ilmu pengorganisasian misalnya  Pengertian Manajemen dan Fungsi Manajemen, Lengkap!
Fungsi administrasi yaitu banyak sekali elemen dasar yang ada dan berada pada proses administrasi yang menjadi sebuah patokan bagi manajer untuk melaksanakan tugasnya. Seperti yang dikutip di dalam buku “The Professional Management” karya Louis A. Alen, bahwa fungsi administrasi sebagai berikut:
  1. Memimpin (Leading)
    Tugas dari manajer ialah supaya orang lain sanggup bertindak untuk kepentingan tujuan organisasi.

    Fungsi administrasi ini mencakup :
      1) Mengambil keputusan (decision maker)
      2) Melakukan komunikasi (communicating)
      3) Memberikan motivasi (motivating)
      4) Memilih orang-orang (selecting people)
      5) mengembangkan orang lain dengan melalui penilaian dari hasil kinerja, menunjukkan saran atau masukan, dan santunan pelatihan atau latihan.
  2. Perencanaan (Planning)
    Salah satu fungsi administrasi ialah fungsi perencanaan atau planning. Fungsi perencanaan ialah kegiatan yang dilakukan guna menciptakan tujuan dari perusahaan dengan rencana-rencana untuk meraih tujuan. Perencanaan salah satu cara terbaik untuk mengejar serta menciptakan tujuan perusahaan sanggup teraih, hal ini lantaran tanpa perencanaan banyak sekali fungsi administrasi tidak sanggup berjalan.

    Tugas dari planning atau perencanaan antara lain :
      1) Meramalkan untuk waktu mendatang.
      2) Membuat sasaran dan target.
      3) Membuat planning dari urutan-urutan kegiatan yang dibutuhkan dalam pencapaian target.
      4) Mengatur urutan-urutan waktu dalam pelaksanaan.
      5) Menyusun planning anggaran biaya.
      6) Membuat SOP atau Standard Operating Procedure mengenai pelaksanaan pekerjaan.
      7) Menafsirkan dan memutuskan banyak sekali kebijakan dalam pelaksanaan pekerjaan.
  3. Pengorganisasian (Organizing)
    Organizing atau pengorganisasian ialah membagi kegiatan-kegiatan besar menjadi kegiatan yang lebih kecil dengan membagi dalam tiap kiprah supaya sanggup dengan gampang meraih tujuan perusahaan.

    Kegiatan menghubungkan dan mengatur pekerjaan sehingga sanggup dilaksanakan dengan lebih efisien dan efektif antara lain :
      1) Desain struktur organisasi.
      2) Menentukan job description dari tiap-tiap jabatan guna meraih sasaran organisasi.
      3) Mendelegasikan wewenang dan tanggung jawab, memutuskan pertangungjawaban dari hasil yang dicapai.
      4) Menetapkan kekerabatan yang sanggup membedakan antara atasan dan staff.
      5) Mendeskripsikan banyak sekali hal yang dianggap lebih efektif sehubungan dengan adanya pemanfaatan sumber daya insan untuk meraih tujuan perusahaan.
  4. Pengarahan (Directing)
    Pengarahan atau directing ialah tindakan yang berupaya supaya semua anggota kelompok sanggup berusaha untuk meraih tujuan yang sesuai dengan perencanaan manajerial serta usaha. Proses implementasi acara supaya sanggup dilakukan oleh semua pihak dalam organisasi tersebut dan juga proses memotivasi supaya seluruh pihak sanggup melaksanakan tanggung jawabnya dengan produktifitas yang tinggi dan penuh kesadaran.

    Fungsi pengarahan serta implementasi mempunyai kiprah sebagai berikut :
      1) Menginflementasikan proses pembimbingan, kepemimpinan, serta santunan motivasi untuk tenaga kerja.
      2) Memberikan penjelasan dan kiprah yang teratur perihal mengenai pekerjaan.
      3) Menjelaskan kebijakan-kebijakan yang sebelumnya sudah ditetapkan.
  5. Mengawasi (Controlling)
    Proses pengawasan dan pengendalian dilakukan guna memastikan seluruh rangkaian kegiatan-kegiatan yang direncanakan, diterapkan, dan diorganisasikan sanggup berjalan dengan lancar.

    Fungsi pengawasan mempunyai kiprah sebagai berikut :
      1) Mengevaluasi sebuah keberhasilan dalam meraih tujuan serta sasaran bisnis yang sesuai tolak ukur yang ditentukan.
      2) Mengambil langkah-langkah penjelasan serta koreksi dari ketaknormalan yang kemungkinan sanggup ditemukan.
      3) Membuat alternatif solusi-solusi pada ketika terdapat persoalan yang rumit terkait dengan terhalangnya pencapaian tujuan.


Jenis-Jenis Manajemen
 Pengertian administrasi ialah sebuah seni dalam proses dan ilmu pengorganisasian misalnya  Pengertian Manajemen dan Fungsi Manajemen, Lengkap!
Pada umumnya, suatu perusahaan jenis-jenis manajamen dibedakan menjadi 4, sebagai berikut :
  1. Manajemen Sumber Daya Manusia
  2. Manajemen jenis ini berfungsi untuk memperoleh sumber daya insan atau SDM yang terbaik untuk bisnis yang sedang dijalankan dan bagaimana SDM tersebut dipelihara serta tetap bekerja bersama dengan mempunyai kualitas pekerjaan yang konstan atau bahkan bertambah.
  3. Manajemen Operasional
  4. Manajemen operasional berfungsi guna menghasilkan produk yang benar dan sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan berdasarkan dari impian konsumen, dengan menggunakan teknik produksi yang efesien.
  5. Manajemen Pemasaran
  6. Manajemen pemasaran berfungsi untuk berupaya dalam mengidentifikasi mengenai apa gotong royong yang diharapkan konsumen dan bagaimana cara semoga pemenuhannya sanggup segera diwujudkan.
  7. Manajemen Keuangan
  8. Manajemen keuangan berfungsi untuk memastikan kalau kegiatan bisnis yang dilakukan tersebut sanggup meraih tujuan secara hemat yaitu yang diukur berdasarkan profit. Tugas dari administrasi jenis ini ialah merencanakan dari mana dana pembiayaan bisnis diperoleh serta bagimana modal yang diperoleh dialokasikan dengan sempurna dalam kegiatan bisnis.


Jenjang Manajemen
 Pengertian administrasi ialah sebuah seni dalam proses dan ilmu pengorganisasian misalnya  Pengertian Manajemen dan Fungsi Manajemen, Lengkap!
Organisasi pada umumnya mempunyai paling tidak 3 tingkatan manajemen, antara lain :
  1. Manajemen puncak (Top Management)
    Top management atau administrasi puncak ialah jenjang administrasi yang tertinggi. Manajemen puncak pada umumnya terdiri dari administrator utama atau dewan direksi. Dewan direksi mempunyai kiprah untuk memutuskan banyak sekali hal-hal yang sifatnya penting untuk bertahannya suatu perusahaan. Manajemen puncak mempunyai kiprah untuk memutuskan budi operasional serta untuk membimbing interaksi diantara organisasi dengan lingkungan.
  2. Manajemen menengah (Middle Management)
    Middle management atau administrasi menengah pada umumnya memimpin suatu departemen atau divisi. Middle Management mempunyai kiprah untuk mengembangkan banyak sekali planning operasi serta menjalankan kiprah yang sudah ditetapkan oleh administrasi puncak. Manajemen menengah mempunyai tanggung jawab kepada administrasi puncak.
  3. Manajemen pelaksana (Supervisory management)
    Supervisory management atau administrasi pelaksana berfungsi dalam menjalankan berbagia planning yang dibentuk oleh middle management atau administrasi menengah. Manajemen pelaksana mempunyai kiprah dalam melaksanakan pengawasan terhadap pekerja-pekerja serta mempunyai tanggung jawab kepada administrasi menengah.


Keterampilan Manajer
 Pengertian administrasi ialah sebuah seni dalam proses dan ilmu pengorganisasian misalnya  Pengertian Manajemen dan Fungsi Manajemen, Lengkap!
Robert L. Katz pada tahun 1970-an beropini bahwa manajer memerlukan paling tidak 3 keterampilan dasar. 3 keterampilan dasar yang dimaksud tersebut antara lain :
  1. Keterampilan konseptual
    Manajer puncak harus mempunyai keterampilan dalam menciptakan gagasan, konsep, dan ilham untuk kemajuan organisasi. Gagasan atau konsep tersebut kemudian dijabarkan menjadi planning kegiatan guna merealisasikan gagasan, ide, atau konsep tersebut. Proses klasifikasi ilham tersebut pada umumnya sanggup disebut sebagai proses perencanaan. Oleh lantaran itu, keterampilan konsepsional ialah keterampilan guna menciptakan planning kerja.
  2. Keterampilan dalam berkomunikasi dengan orang lain
    Seorang manajer juga harus mempunyai keterampilan dalam berkomunikasi atau sanggup disebut sebagai keterampilan kemanusiaan. Adanya komunikasi persuasif harus diciptakan oleh seorang manajer terhadap bawahannya. Dengan adanya komunikasi yang persuasif dan akrab sanggup menciptakan para karyawan lebih merasa dihargai serta mereka sanggup bersikap lebih terbuka kepada pimpinan. Keterampilan dalam berkomunikasi sangatlah diperlukan.
  3. Keterampilan teknis
    Keterampilan teknik biasanya ialah bekal untuk para manajer yang ada di tingkat lebih rendah. Keterampilan ini ialah kemampuan dalam menjalankan pekerjaan tertentu, menyerupai menggunakan acara komputer, akuntansi, memperbaiki mesin, dan lain sebagainya.


Selain 3 keterampilan dasar di atas, Ricky W. Griffin kemudian menambahkan 2 keterampilan dasar yang harus dipunyai oleh seorang manajer, antara lain :
  1. Keterampilan administrasi waktu
    Keterampilan ini lebih menitikberatkan pada kemampuan manajer dalam menggunakan menggunakan waktu yang dimiliki dengan bijaksana. Ricky W. Griffin memberi pola pada masalah Lew Frankfort dari Coach. Tahun 2004, sebagai seorang manajer, Lew Frankfort mempunyai honor sebesar $2.000.000 per tahun. Apabila diasumsikan bahwa kalau beliau bekerja sekitar 50 jam dalam 1 ahad dengan mempunyai cuti 2 minggu, maka honor dari Lew Frankfort untuk 1 jamnya ialah $800 atau sekitar $13 per menit.
    Oleh lantaran itu dari masalah Lew Frankfort bahwa setiap menit yang terbuang sanggup merugikan perusahaan tersebut. Kebanyakan manajer pada umumnya mendapat honor yang tidak sebesar Lew Frankfort. Namun, waktu seorang manajer sangatlah berharga dan menyianyiakan waktu berarti membuang uang serta mengurangi produktivitas dari perusahaan.
  2. Keterampilan menciptakan keputusan
    Keterampilan ini untuk mendefinisikan persoalan serta menentukan dengan cara terbaik dalam memecahkannya. Keterampilan dalam menciptakan keputusan sangatlah penting bagi manajer, khususnya untuk kelompok manajer puncak. Ricky W. Griffin mengajukan 3 langkah dalam menciptakan keputusan.
      1) Manajer harus sanggup menjelaskan persoalan serta mencari alternatif-alternatif yang diambil untuk menuntaskan persoalan tersebut.
      2) Manajer harus sanggup mengevaluasi tiap alternatif-alternatif yang ada serta menentukan alternatif yang dianggap paling baik dibanding yang lain.
      3) Manajer harus sanggup mengimplementasikan alternatif yang sebelumnya sudah ia pilih dan mengevaluasi serta mengawasi supaya tetap ada di jalur yang benar.


Apabila dilihat dari sisi kemampuan dalam manajerial dan berfikir, maka semakin tinggi tingkat kedudukan pada seseorang dalam organisasi maka akan lebih dituntut kemampuannya dalam hal sebagai berikut : menciptakan konsep mengenai arah, menentukan strategi, memahami, serta sanggup menguasai konsep secara Makro. Adapun sebaliknya, semakin rendah kedudukan pada seseorang dalam organisasi maka akan lebih dituntut kemampuannya dalam hal : kemampuan secara mikro dan teknis operasional.

Itulah pengertian manajemen, fungsi manajemen, dan pengertian administrasi berdasarkan para ahli.
Sumber http://woocara.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengertian Administrasi Dan Fungsi Manajemen, Lengkap!"

Posting Komentar