Manfaat Penerapan K3 Ditinjau Dari Aspek Finansial

Pendekatan secara ekonomi atau finansial juga sanggup dipakai dalam mengevaluasi manfaat penerapan K3. Secara umum, kecelakaan kerja sanggup menunjukkan dampak kerugian yang cukup besar bagi perusahaan. Terdapat banyak perusahaan yang terpaksa melarat alasannya ialah aspek K3 kurang menerima perhatian secara serius. Dampak ekonomi dari K3 sanggup ditinjau dari segi produktivitas dan pengendalian kerugian (loss control).
Kecelakaan kerja sanggup mendorong penurunan produktivitas perusahaan. Pada suatu proses produksi, terdapat tiga faktor yang saling terkait dan saling mempengaruhi, menyerupai kuantitas (quantity), kualitas (quality) dan keselamatan (safety). Produktivitas sanggup terwujud apabila ketiga elemen tersebut berjalan dengan seimbang. 
Proses dan produk memiliki persyaratan dari sisi kualitas (mutu) dan kuantitas yang ditetapkan dalam setiap pekerjaan. Hal ini menyangkut spesifikasi teknis, ukuran, volume, kapasitas produksi atau waktu yang dibutuhkan dalam penyelesaian suatu pekerjaan. Misalnya, Seorang penjahit harus bisa menuntaskan pembuatan baju sebanyak 25 buah perhari dengan kualitas yang baik dan sesuai dengan persyaratan mutu yang ditetapkan. 
Produktivitas tidak sanggup dianggap berhasil apabila pekerja tersebut hanya memperhatikan unsur kualitas saja, akan tetapi sisi kuantitas dari pekerjaan juga harus diperhatikan. Namun, kedua faktor tersebut belum sanggup dianggap berhasil dalam pemenuhan produktivitas kerja.
Produktivitas tidak akan tercapai apabila dalam proses produksinya terjadi kecelakaan atau kerusakan yang sanggup menjadikan terjadinya penurunan kualitas. Pekerjaan harus dilakukan dengan kondusif tanpa adanya kecelakaan kerja, pemborosan biaya dan waktu serta kerusakan peralatan produksi.
Konsep tersebut merupakan rumusan dari sistem administrasi mutu yang terdiri dari enam unsur, yaitu:
  • Kualitas produk
  • Kualitas penyerahan
  • Kualitas biaya
  • Kualitas pelayanan
  • Kualitas moral
  • Kualitas K3.
Berdasarkan elemen kualitas tersebut di atas, nampak bahwa tanpa perjuangan K3 yang baik maka proses pencapaian mutu tidak akan sanggup tercapai. Keselamatan dan Kesehatan Kerja berperan dalam menunjukkan jaminan keamanan proses produksi sehingga pada hasilnya pencapaian produktivitas kerja sanggup terwujud.

Sumber http://rimantho.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Manfaat Penerapan K3 Ditinjau Dari Aspek Finansial"

Posting Komentar