Informasi Lengkap Perihal Ujian Sbmptn Yang Harus Anda Ketahui


Untuk masuk ke akademi tinggi favorit, salah satu jalur yang bisa dilewati yakni SBMPTN. Namun, untuk lolos ke seleksi tersebut tentu bukan hal yang mudah, alasannya yakni Anda harus mengikuti serangkaian tahapan tes yang cukup sulit.

Nah, bagi Anda yang akan mengikuti ujian SBMPTN maka perhatikan beberapa point penting di bawah ini!

Jenis ujian SBMPTN

Untuk masuk ke Perguruan Tinggi, Anda harus melalui beberapa ujian SBMPTN berikut ini:

1. Tertulis (PBT atau CBT)
Salah satu ujian SBMPTN yang harus Anda ikuti yakni tes tertulis (PBT atau CBT) Adapun bahan Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) yang akan keluar adalah:

1) Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) yang terdiri dari soal mata pelajaran menyerupai Matematika, Biologi, Fisika dan Kimia.

2) Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum)  yang terdiri dari soal mata pelajaran Sosiologi, Geografi, Ekonomi dan Sejarah.

2. Ujian Keterampilan
Selain tes tertulis, Anda juga harus melalui tahapan ujian keterampilan. Adapun ujian SBMPTN jenis ini mempunyai ketentuan sebagai berikut.

1) Ujian Keterampilan hanya diperuntukkan untuk penerima yang mengikuti prodi dalam bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan.

2) Untuk ujian keterampilan dalam bidang Ilmu Seni, terdiri dari tes keterampilan dan tes pengetahuan terkait dengan bidang Ilmu Seni.

3) Sedangkan untuk ujian keterampilan dalam bidang Ilmu Keolahragaan, terdiri dari tes keterampilan motorik dan investigasi kesehatan

4) Untuk pelaksanaannya, ujian Keterampilan bisa diikuti melalui Perguruan Tinggi Negeri terdekat yang mempunyai prodi sesuai pilihan peserta.

5) Dan untuk registrasi penyelenggara ujian keterampilan bisa dilihat secara lengkap melalui http://www.SBNPTN.ac.id

Kelompok Ujian SBMPTN

Untuk penyelenggaraan ujian SBMPTN, dibagi menjadi 3 kelompok ujian, yakni:
1. Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) sesuai dengan bahan ujian pada TKPA dan TKD Saintek.

2. Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum). Sesuai dengan bahan ujian pada TKPA dan TKD Soshum.

3. Kelompok Ujian Campuran yakni sesuai dengan bahan ujian pada TKPA, TKD Saintek, serta TKD Soshum.

Selain itu, masing-masing penerima harus mengikuti 3 kelompok tersebut semoga lolos SBMPTN. Namun khusus bagi penerima CBT hanya diperbolehkan mengikuti 1 kelompok ujian saja, yakni kelompok Saintek atau kelompok Soshum saja.

Kelompok Program Studi dan Jumlah Pilihan SBMPTN

Informasi penting bagi Anda dalam pemilihan prodi dalam Perguruan Tinggi Negeri dibagi ke dalam dua kelompok, yakni kelompok Saintek dan kelompok Soshum. Berkaitan dengan hal ini, apabila Anda akan menentukan 3 prodi, maka harus dengan ketentuan berikut ini:

1. Bila ketiga prodi yang dipilih berasal dari kelompok Saintek semua, maka penerima hanya mengikuti kelompok ujian Saintek.'

2. Bila ketiga prodi yang dipilih berasal dari kelompok Soshum semua, maka penerima hanya mengikuti kelompok ujian Soshum.

3. Namun kalau ketiga prodi yang dipilih berasal dari kelompok Saintek dan Soshum, maka penerima wajib mengikuti kelompok ujian Campuran.

Biaya Seleksi Ujian Tertulis dan Keterampilan SBMPTN

Untuk biaya ujian SBMPTN yang harus Anda bayarkan yakni sebesar Rp. 200.000. Untuk pembayarannya bisa melalui Bank BNI dan Bank Mandiri.

Bagi Anda yang mengikuti SBMPTN tentu harus mengetahui aneka macam info perihal ujian SBMPTN semoga nantinya sanggup mengikuti dengan baik.


Sumber http://lihatsoal.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Informasi Lengkap Perihal Ujian Sbmptn Yang Harus Anda Ketahui"

Posting Komentar