50 Soal Uts Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Kelas Xi Semester 1

 SOAL UTS Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Kelas XI Semester  50 SOAL UTS Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Kelas XI Semester 1
Soal PKKR dan Pembahasannya
1. Jenis-jenis penyalaan ada 2 macan,jelaskan!
·         Penyalaan sendiri (motor diesel)
·         Penyalaan dengan bunga api listrik (motor bensin)
2. Sistem pengapian konvensional pada motor bensin ada 2 macam,sebutkan!
·         Sistem pengapian baterai
·         Sistem pengapian magnet
3.  Sebutkan komponen-komponen sistem pengapian baterai!
·         Baterai
·         Kunci kontak
·         Koil pengapian
·         Kontak pemutus
·         Distributor
·         Busi
4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan sirkuit primer!
Baterai – Kunci Kontak – Primer Koil – Kontak Pemutus – Kondensator – Massa
5. Jelaskan apa yang dimaksud dengan sirkuit sekunder!
Sekunder  Koil – Distributor – Busi – Massa 
6. Sebutkan bentuk-bentuk kontak pemutus dan keausan yang terjadi!
·         Kontak berlubang
·         Kontak pejal Keausan yang terjadi pada kontak berlubang adalah:
·         Keausan permukaan rata
·         Pemindahan panas baik Keausan yang terjadi pada kontak pejal adalah:
·         Keausan permukaan tidak  merata
·         Pemindahan panas
7. Jelaska apa efek sudut buka dan sudut dwell jikalau celah kontak pemutus kecil?
·         Sudut buka kecil (α )
·         sudut Dwel besar (β ) 
8. Jelaska apa efek sudut buka dan sudut dwell jikalau celah kontak pemutus besar?Sudut buka besar ( β )
Sudut Dwel kecil ( α ) 
9. Apakah yang dimaksud dengan induksi diri?
Pada ketika kontak pemutus membuka arus dalam sirkuit primer diputus maka terjadi perubahan medan magnet pada inti koil ( medan magnet jatuh ),Akibatnya terjadi induksi, Induksi pada sirkuit primer disebut  “   induksi  diri  “
10. Sebutkan sifat-sifat induksi diri!
·         Tegangannya bisa melebihi tegangan sumber arus, pada sistem pengapian tegangannya | 300 - 400 Volt
·         Arus induksi diri ialah penyebab  timbulnya bunga api pada kontak pemutus
·         Arah tegangan induksi diri selalu menghambat  perubahan arus primer 

11. Apkah fungsi dari koil pengapian?
Untuk mentransformasikan tegangan baterai menjadi tegangan tinggi pada sistem pengapian.
12. Sebutkan dua jenis koil pengapian!
·         Koil inti batang ( standart )
·         Koil dengan inti tertutup
13. Apakah kegunaan tahanan balllast pada sistem pengapian?
·         Pembatas arus primer ( pola )
·         Kompensasi panas
14. Jelaskan kegunaan rangkaian penambah start pada sistem pengapian!
Kegunaan rangkaian penambahan start  adalah:Selama motor distart, tegangan baterai akan turun alasannya ialah penggunaan beban starter. Akibatnya, kemampuan pengapian berkurang.
15. Jelaskan hal-hal apa yang dituntut pada busi jikalau mendapatkan beban panas!
Elektode sentra dan isolator harus tahan terhadap temperatur tinggi |  8000CCepat memindahkan panas sehingga temperatur tidak lebih dari 8000C
16. Jelaskan hal-hal apa yang dituntut pada busi jikalau mendapatkan beban mekanis!
Bahan harus besar lengan berkuasa Konstruksi harus rapat
17. Jelaskan hal-hal apa yang dituntut pada busi jikalau mendapatkan beban kimia!
Bahan Elektroda harus tahan temperatur tinggi ( nikel, platinum )
Bahan kaki isolator yang cepat mencapai temperatur pembersih diri ( ± 4000C )
18. Jelaskan hal-hal apa yang dituntut pada busi jikalau mendapatkan beban elektris!
·         Bentuk kaki isolator yang cocok sehingga jarak elektroda sentra ke masa jauh
·         Konstruksi perintang arus yang cocok
19. Jelaskan apa yang dimaksud dengan nilai panas busi!
Nilai panas busi ialah suatu indeks yang menunjukkan jumlah panas yang sanggup dipindahkan  oleh busi,kemampuan busi menyerap dan memindahkan panas tergantung pada bentuk kaki isolator / luas permukaan isolator
20. Jelaskan apa yang dimaksud dengan celah elektroda busi mempengaruhi kebutuhan tegangan pengapian!
Celah elektroda besar  tegangan pengapian besar
Celah elektroda kecil  tegangan pengapian kecil 

21. Apakah yang dimaksud dengan ketika pengapian,jelaskan! 
Saat pengapian ialah ketika busi meloncatkan bunga api untuk mulai pembakaran, ketika pengapian diukur dalam derajat poros engkol ( 0pe ) sebelum atau sehabis TMA
22. Persyaratan apa saja yang diharapkan pada ketika pengapian, jelaskan!
·         Usaha yang efektif ialah untuk mendapatkan langkah perjuangan yang paling efektif, tekanan pembakaran maksimum harus erat sehabis TMA
·         Saat pengapian yang sempurna mempunyai kegunaan supaya tekanan pembakaran maksimum erat sehabis TMA ketika pengapian harus ditempatkan sebelum TMA
·         x Saat pengapian terlalu lambat akan menghasilkan langkah perjuangan yang kurang irit / tekanan pembakaran maksimum jauh sehabis TMA, daya motor berkurang, boros materi bakar
23. Jelaskan fungsi advans sentrifugal!
Fungsi Advans Sentrifugal ( Governor ) Untuk memajukan ketika pengapian berdasarkan putaran motor dipakai advans sentrifugal.
24. Jelaskan cara kerja advans sentrifugal pada ketika putaran rendah s/d menengah! X
·         Bobot sentrifugal mulai mengembang
·         Plat kurva mulai ditekan
·         Advans sentrifugal mulai bekerja
·         Hanya satu pegas pengembali yang bekerja
·         Pemberat sentrifugal mengembang hingga pembatas maksimum
·         Plat kurva ditekan
·         Advans bekerja maksimum
·         Kedua pegas pengembali bekerja
25. Jelaskan cara kerja advans sentrifugal pada ketika putaran tinggi!
·         Pemberat sentrifugal mengembang hingga pembatas maksimum
·         Plat kurva ditekan
·         Advans bekerja maksimum
·         Kedua pegas pengembali bekerja
26. Jelaskan pada putaran berapa umumnya advans sentrifugal mulai bekerja dan maksimum bekerja!
·         Pada umumnya advans sentrifugal mulai bekerja pada putaran 900 – 1500 rpm
·         Advans maksimum tercapai pada putaran 4500 – 6000 rpm
27. Berapa besar sudut pengapain dimajukan oleh advans sentrifugal?
Sudut pengatur advans maksimum 15 – 350 pe
28. Jelaskan fungsi advans vakum pada sistem pengapian!
Pada beban rendah atau mencegah, kecepatan bakar rendah alasannya ialah tolakan rendah, temperatur rendah, gabungan kurus. Oleh alasannya ialah itu waktu pembakaran menjadi lebih lama, supaya mendapatkan tekanan pembakaran maksimum tetap erat sehabis TMA, ketika pengapian harus dimajukanUntuk memajukan ketika pengapian berdasarkan beban motor dipakai advans vakum
29. Jelaskan cara kerja advans vakum pada beban rendah s/d menengah!
·         Vakum tinggi, membran tertarik
·         Plat dudukan kontak pemutus diputar maju berlawanan arah dengan putaran kam governor
·         Saat pengapian semakin di majukan
30. Jelaskan berapa kevakuman advans vakum mulai bekerja hingga maksimum bekerja!
·         Mulai bekerja pada vakum  -15  – 20 Kpa
·         Bekerja maksimum pada vakum lebih dari  -40 kpa

31. Jelaskan persyaratan investigasi rangkaian primer!
Baterai harus terisi minimal 70 % dengan berat jenis 1,23 kg/l
32. Sebutkan langkah melepas kunci kontak!
·         Melepas terminal negatif baterai
·         Mencatat warna kabel dan arahan terminal atau menciptakan skema sambungan
·         Melepas kabel-kabel
·         Melepas kunci kontak dari dudukannya
·         Menguji kunci kontak dengan ohmmeter dan gambarkan rangkaiannya
·         Memasang kembali sesuai dengan kebalikan urutan waktu membongkar
33. Sebutkan langkah melepas dan memasang koil pengapian!
·         Kunci  kontak  pada  posisi  “  OFF  “
·         Membuat skema kabel – kabel yang terpasang
·         Melepas kabel-kabel
·         Melepas koil pengapian dari dudukannya
·         x Mengukur tahanan primer dan sekunder dengan ohmmeter ( apabila Mengganti tahanan primer dan sekunder harus dengan koil pengapian yang usang )
·         Memasang kembali sesuai dengan kebalikan urutan waktu melepas
34. Sebutkan langkah-langkah melepas dan memasang kembali tahanan ballast!
·         Kunci  kontak  pada  posisi  “  OFF  “
·         Lepas kabel-kabel
·         Lepas tahanan ballast dari dudukannya
·         Bersihkan dudukan dari kotoran / karat
·         Ukur tahanan ballast dengan ohmmeter
·         Pasang kembali sesuai dengan kedudukan semula
35. Jelaskan cara menguji koil pengapian dengan melihat loncatan bunga api eksklusif pada mesin!
·         Melepas kabel tengah tegangan tinggi dari distributor
·         Mendekatkan ujung kabel dengan tang berisolasi pada masa koil pengapian yang akan meloncatkan bunga api 6 y 10 mm
36. Jelaskan cara menguji koil pengapian dengan dengan koil tester!
·         Menghungkan klem 15, 1 dan 4 koil pengapian dengan klem 15, 1 dan 4 pada koil tester Menghubungkan koil tester dengan baterai 12 volt
·         “  ON  “  kan  koil  tester  ,  maka  terjadi  loncatan  bunga  api
·         ukur panjang loncatan bunga api maksimal
·         Pengujian tahanan isolasi dari koil pengapian bisa dilakukan dengan memperbesar jarak kontak. Pengujian ini hanya diperbolehkan dalam waktu yang singkat saja.
·         Tahanan isolasi yang buruk ditunjukkan dengan loncatan bunga api dari leher menuju klem 1 atau klem 15
37. Jelaskan investigasi awal kontak pemutus ( platina )!
·         Lepas tutup distributor, rotor dan piringan tutup
·         Periksa keausan kontak. Gunakan obeng untuk membuka kontak
38. Sebutkan langkah-langkah perbaikan / penggantian kontak pemutus !
·         Lepas kabel kontak pemutus
·         Lepas sekrup – sekrupnya dan keluarkan kontak pemutus
·         Bersihkan plat dudukan kontak pemutus dan kam governor dengan lap
·         Kedudukan kontak yang salah sanggup dibetulkan dengan membengkokan kontak tetap. Gunakan alat bengkok khusus atau tang
·         Periksa kekuatan pegas kontak pemutus dengan tangan jikalau pegas lemah atau berkarat, kontak pemutus harus diganti.
·         Sebelum memasang kontak pemutus, beri vet pada tumit ebonit, tetapi jangan terlalu banyak. Pakai vet khusus jikalau tidak ada, pakai vet alas roda.
39. Jelaskan bagaimana penyetelan celah kontak pemutus dengan fuller !
·         Putar motor dengan tangan hingga kontak pemutus terbuka maksimum
·         Pilih fuller yang sesuai dengan besar celah kontak.
·         Periksa celah kontak dengan fuller yang bersih. Jika celah tidak baik, stel .
·         Kendorkan sedikit sekrup-sekrup pada kontak tetap. Stel besar celah dengan menggerakkan kontak tetap. Penyetelan dilakukan dengan obeng pada takik penyetel.
40. Berapa celah kontak pemutus,jika menyetel celah kontak pemutus dengan fuller
·         Celah kontak pemutus :0,4 – 0,5 mm. 

41. Jelaskan bagaimana penyetelan celah kontak pemutus dengan Dwell Tester!
·         Lepas tutup distributor, rotor dan piringan tutup.
·         Periksa celah kontak secara visual.Jika celah kontak lebih besar atau lebih kecil, stel berdasarkan metode yang sudah dijelaskan pada penyetelan dengan fuller.
·         Pasang pengetes dwel
·         Start motor dan periksa sudut dwel. Jika salah, stel celah kontak hingga mendapatkan hasil yang baik dan keraskan sekrup-sekrup pada kontak tetap.
·         x Pasang kembali, kontrol sudut dwel sekali lagi selama motor ( putaran idle )
42. Berapa besar sudut dwell kontak pemutus,jika menyetel celah kontak pemutus dengan tacho meter!
·         Besar sudut dwel untuk motor 4 silinder biasanya 52 - 560, untuk motor 6 silinder 36 - 380

43. Jelaskan kenapa dihentikan menarik kabel busi pada ketika melepanya?
·         Karena,hubungan inti arang kabel gampang terlepas dari stecker kalau kabel ditarik.
44. Sebutkan komponen-komponen tegangan tinggi pada sistem pengapian!
·         Koli tegangan
·         Rotor
·         Tutup distributor
·         Kabel busi
·         busi
45. Berapa tehanan kabel tegangan tinggi!
Tahanan kabel tegangan tinggi 20 k:.
46. Apa saja yang diperiksa pada rangkaian tegangan tinggi pada sistem pengapian? X
Periksa kondisi isolator, retak atau terbakar kabel pengapian.
47. Jelaskan cara investigasi dan penggantian busi!
·         Bersihkan sekeliling dengan udara tekan atau kuas, untuk mencegah kotoran masuk ke dalam silinder sewaktu busi dilepas.
·         Lepaskan busi dengan memakai kunci busi yang tepat. Perhatikan bahwa kunci sanggup mengakibatkan isolator busi pecah.
·         Periksa kondisi ulir dari lubang busi. Ulir lubang busi yang rusak harus diperbaiki
·         Periksa muka busi ! ( bila perlu pakai beling pembesar ). Keadaan muka busi sanggup menunjukkan kondisi motor.
·         Ukurlah celah elektroda dengan batang pengukur atau fuller. Jika celah tidak sesuai spesifikasi, stel dengan membengkokkan pada elektrode masa.
·         Pasang busi pada motor. Mulai menyekrupkan dengan tangan kemudian keraskan dengan kunci momen. Jangan terlalu keras!
·         Pasang kabel-kabel busi dan hidupkan motor sebagai kontrol.
48. Berapa pengerasan/momen busi?
Kepala silinder aluminimum :15 – 20 Nm / 1,5 - 2 kgmKepala silinder besi tuang : 20 – 25 Nm / 2 - 2,5 kgm
49. Berapa km busi harus diganti dan berapa celah elektroda busi secara umum?
Busi harus diganti setiap | 20’  000  km
50. Jelaskan cara pengerasan busi tanpa kunci momen berdasarkan sudut putar!
·         Keraskan busi dengan ring perapat | 900. Hanya berlaku untuk busi baru
·         Keraskan busi dengan dudukan konis | 150 
Demikianlah 50 SOAL UTS Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Kelas XI Semester 1, Semoga Bermanfaat, Untuk Request Soal File Bentuk Word Bisa Ajukan di kolom Komentar
Sumber http://administrasingajar.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "50 Soal Uts Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Kelas Xi Semester 1"

Posting Komentar