√ Memindahkan Penyimpanan Whatsapp Ke Sd Card

Smartphone Android dengan memori internal 64GB dan bahkan 128GB ketika ini bukanlah hal yang langka, lantaran kau dapat mendapat dengan gampang dan harganya cukup terjangkau. Sebagai contoh, Smartphone Android dari merk Asus dan Xiaomi yang dilengkapi dengan RAM 4GB dan internal memori 64GB dapat diperoleh dengan harga sekitar 3jutaan lebih dikit. Semakin besar penyimpanan internal akan menciptakan kita leluasa untuk menyimpan aneka macam macam file dan menginstall banyak aplikasi atau game di Android.


Namun meski sudah kita sudah tersedia hp Android dengan penyimpanan internal besar, ternyata masih banyak pengguna yang masih setia menggunakan ponsel Android hanya dengan internal memori sebesar 8GB atau 16GB. Beberapa tahun ke belakang dimana aplikasi Android tidak seboros kini ini, penyimpanan 8GB sudah sangat mencukupi, namun kini dengan memori sebesar itu maka jangan heran jikalau kita akan sering mengalami duduk kasus memori internal tidak mencukupi lantaran hanya tersedia beberapa MB.


Pengguna WhatsApp di hp Android dengan internal memori kecil ialah 8GB atau bahkan16GB tentu sering sekali mengalami duduk kasus penyimpanan WhatsApp penuhdisebabkan oleh banyak file media baik gambar, foto ataupun video yang diterima atau dikirimkan via WhatsApp. Apabila jikalau kau masuk ke grup yang sangat aktif dan sering banget menyebarkan atau share gambar dan video, jangan heran jikalau kemudian memori internal Android akan cepat penuh lantaran terlalu banyaknya file media dari WA tersebut.


Secara default aplikasi WA akan menyimpan semua file media yang diterima atau dikirim di memori internal Android, tujuannya tentu saja untuk mempercepat saluran ketika membuka atau membaca kembali file media tersebut. Di setelan WhatsApp pun tidak ada opsi atau pilihan memindahkan penyimpanan dari internal ke eksternal atau SD Card. Lalu bagaimana caranya semoga kita dapat mengubah penyimpanan WhatsApp ke external?


Satu solusi termudah untuk memindahkan penyimpanan WhatsApp ke SD Card ialah dengan menambah memori internal Android, caranya menyebabkan SD Card sebagai penyimpanan portable atau internal.  Namun perlu diingat bahwa langkah hanya tersedia untuk kau yang sudah menggunakan sistem operasi Marshmallow, Nougat atau Oreo dan yang terbaru.


Perlu diingat bahwa proses ini akan menghapus semua data yang ada di kartu memori (SD Card) jadi sebelum melaksanakan langkah diatas sebaiknya backup terlebih dahulu seluruh data penting yang ada di SD Card ke komputer atau laptop.


Pertama masuk sajian Pengaturan di Android kemudian pilih Penyimpanan dan USB. Disini akan terlihat besarnya kapasitas memori internal dan juga SD Card yang terpasang atau dipakai di hp Android tersebut. Tap pada SD Card untuk memformatnya menjadi penyimpanan internal.


Smartphone Android dengan memori internal  √ Memindahkan Penyimpanan Whatsapp Ke SD Card


Setelah masuk ke detail SD Card kau akan mendapat opsi atau pilihan untuk format SD Card sebagai memori internal, itu artinya nanti SD Card tersebut akan berfungsi sebagai memori internal sehingga semua data aplikasi di Android akan disimpan ke SD Card yang telah berubah fungsi tersebut.


Smartphone Android dengan memori internal  √ Memindahkan Penyimpanan Whatsapp Ke SD Card


Tunggu hingga proses mengubah SD Card menjadi memori internal selesai. Apabila berhasil maka kini memori internal Android kau sudah berhasil ditambah sesuai dengan kapasitas SD Card yang digunakan. Bila kau menggunakan SD Card dengan kapasitas 32GB maka secara otomatis memori internal Androidpun akan bertambah dan berkembang menjadi 32GB itu artinya kini kau tidak akan lagi mengalami duduk kasus memori WhatsApp penuh meskipun sering aneka macam media di grup WA.


Tidak ada settingan lain yang harus diubah lantaran nantinya secara otomatis penyimpanan WA akan berpindah ke SD Card yang sudah diformat menjadi memori internal di Android. Cara ini cukup ampuh terutama jikalau kau hanya mempunyai Android dengan internal memori kecil ialah sekitar 8GB atau 16GB.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Memindahkan Penyimpanan Whatsapp Ke Sd Card"

Posting Komentar