Penjelasan Lengkap Mengenai Virus

Pernahkah sahabat mendengar penyakit AIDS? Penyakit ini disebabkan oleh virus Human Immunodeficiency Virus (HIV). Virus ini menyerang kekebalan badan penderitanya. Sehingga kalau penderita terkena penyakit, kekebalan tubuhnya tidak akan berkerja sehingga sanggup menciptakan penderita mengalami kematian.

Virus, merupakan suatu benda mati atau sanggup dibilang makhluk hidup yang sanggup mengkristal. Virus ini biasanya merugikan manusia! Jadi, jangan hingga sahabat terkena virus ya!
 Pernahkah sahabat mendengar penyakit AIDS Penjelasan Lengkap Mengenai Virus
Virus HIV

Virus sangat unik! Hal ini lantaran virus sanggup dikristalkan dan hanya melaksanakan acara hidupnya pada sel atau jaringan hidup. Jika virus terdapat diluar sel hidup, virus ibarat benda mati lantaran tidak sanggup melaksanakan acara hidupnya.

Ciri dan Struktur Virus

 Pernahkah sahabat mendengar penyakit AIDS Penjelasan Lengkap Mengenai Virus
Virus Ebola

Sekarang, coba sahabat pikirkan apakah virus termasuk makhluk hidup atau benda mati? Jika berada diluar sel hidup, virus tidak sanggup bergerak, tumbuh, atau bereproduksi sehingga diluar sel hidup virus digolongkan sebagai makhluk tak hidup. Tetapi, kalau virus terdapat pada sel atau jaringan makhluk hidup lain, maka virus sanggup tumbuh, bergerak dan bereproduksi sehingga dikatakan makhluk hidup. Oleh lantaran itulah virus dikelompokkan sebagai peralihan makhluk tak hidup ke makhluk hidup.

Berikut yaitu ciri-ciri umum yang dimiliki oleh virus :
  1. Virus berukuran sangat kecil, sekitar 0,05 mikrometer hingga 0,2 mikrometer (1 mikrometer = 1/1000 mm). Oleh lantaran itu, virus hanya sanggup dilihat dengan memakai mikroskop elektron.
  2. Tubuh virus terdiri oleh Selubung inti dan materi inti. Bahan inti yang dimaksud berupa RNA atau DNA.
  3. Virus tidak mempunyai membran dan organel-organel penting bagi kehidupan. Sehingga diluar sel inang, virus tidak sanggup melaksanakan acara sebagai makhluk hidup.
  4. Virus hanya sanggup bereproduksi ketika berada dalam sel atau jaringan hidup.
  5. Virus sanggup dikristalkan layaknya benda mati.
Virus tersusun dari asam nukleat, yaitu Deoksiribonukleat (DNA) atau asam Ribonukleat (RNA) yang sibungkus oleh selubung protein yang disebut kapsid.

Lalu, apa itu virus bakteriofage? Virus bakteriofage yaitu virus yang menyerang bakteri. Struktur badan bakteriofage terdiri dari kapsid, kepala, ekor, dan isi.

 Pernahkah sahabat mendengar penyakit AIDS Penjelasan Lengkap Mengenai Virus
Struktur Bakteriofage
  1. Kapsid merupakan lapisan pembungkus badan virus yang berfungsi melindungi virus dari keadaan lingkungannya serta memberi bentuk badan virus.
  2. Kepala virus berisi materi genetik (asam nukleat) berupa DNA atau RNA.
  3. Ekor merupakan serpihan badan virus yang penting untuk melekatkan diri dengan sel inang serta memasukkan materi genetik virus kedalam sel inang tersebut.
  4. Serat Ekor berfungsi membantu menopang ekor disaat penginjeksian materi genetik virus.
Lalu, bagaimana cara reproduksi bakteriofage tersebut? Tunggu saja postingan selanjutnya ya! Jangan lupa untuk saling share! Dan, selamat berguru sobat!

Sumber http://biologi-note.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Penjelasan Lengkap Mengenai Virus"

Posting Komentar