Melakukan Penelitian Secara Maksimal

Seorang ilmuwan, mempunyai metode tertentu untuk menjawab pertanyaannya. Yaitu dengan cara melaksanakan metode Ilmiah, atau sanggup kita sebut penelitian. Penelitian merupakan sebuah metode yang sistematis. Ilmuwan juga biasa memakai metode ini untuk menerangkan suatu pernyataan.

Sobat juga sanggup melaksanakan metode ini untuk menuntaskan permasalahan sobat. Tetapi, untuk mendapat hasil yang maksimal, maka ada baiknya bagi kita untuk melaksanakan langkah-langkah berikut.

a. Merumuskan Masalah

Pertama-tama, teman harus memilih rumusan duduk kasus yang nanti akan teman pecahkan, rumusan duduk kasus ini harus faktual atau jelas. Supaya, tujuan teman nantinya akan sempurna sasaran, dan risikonya juga akan maksimal.

b. Mengumpulkan Data

Langkah kedua yaitu mengumpulkan nformasi wacana objek penelitian sobat. Mengumpulkan data merupakan langkah awal yang penting untuk sanggup melaksanakan penelitian ilmiah. Oleh karean itu, biar data yang diperoleh tetap akurat, teman harus menulis data teman di dalam sebuah buku. 

c. Menentukan Hipotesis

Setelah teman melaksanakan observasi dengan baik, maka langkah selanjutnya yaitu memilih hipotesis. Apa itu Hipotesis? Hipotesis merupakan dugaan atau pernyataan sementara dari suatu permasalahan.

d. Menguji Hipotesis

Untuk menguji sebuah hipotesis, umumnya dilakukan sebuah percobaan (eksperimen). Akan tetapi, ada juga hipotesis yang diuji dengan pengamatan saja atau studi kepustakaan. Studi kepustakaan dilakukan dengan cara membandingkan hipotesis ke banyak sekali pustaka.

Dalam melaksanakan eksperrimen, terdapat beberapa faktor yang memperngaruhi eksperimen tersebut. Faktor tersebut antara lain yaitu :
  1. Variabel : Variabel merupakan suatu faktor entitas (berwujud) yang sanggup mempunyai nilai berbeda yang sanggup kuat dalam suatu percobaan.
  2. Populasi dan Sampel : Populasi dan sampel merupakan objel yang diamati dalam suatu percobaan.
  3. Rancangan Penelitian : Rencana dalam melaksanakan suatu penelitian, baik sehabis maupun sebelum penelitian dilakukan. Rancangan ini termasuk metode penelitian serta alat dan materi yang digunakan.

1) Merencanakan Eksperimen

Rencana eksperimen yang teman buat, haruskah seruntut dan secermat mungkin, biar data yang diperoleh juga akurat. Rancangan eksperimen termasuk penyediaan alat dan bahan, penentuan daerah dan waktu, serta cara kerja eksperimen.

2) Melakukan Eksperimen

Dalam melaksanakan eksperimen, teman harus memilih kelompok percobaan. Yaitu kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Fungsi kelompok kontrol yaitu sebagai pembanding dalam percobaan yang teman uji. Dalam menciptakan kontrol, keadaan perangkat uji dan perangkat kontrol haruslah sama, kecuali hal yang ingin dibandingkan.

Dalam menciptakan kontrol ini,kita juga harus memilih faktor perubah atau variabel. Variabel merupakan suatu faktor yang kuat terhadap percobaan. Variabel sanggup dibagi menjadi 3 jenis yaitu :



 mempunyai metode tertentu untuk menjawab pertanyaannya Melakukan Penelitian Secara Maksimal
Macam Variabel (Percobaan Francesco Redi)

  1. Variabel Kontrol  adalah faktor yang dibentuk sama, dalam gambar yaitu ikan segar yang sama dan waktu penempatan yang sama
  2. Variabel Bebas : Faktor yang sengaja diubah, dalam gambar botol 1 dibuka dan botol ke 2 ditutup
  3. Variabel Terikat : Faktor hasil percobaan yang dipengaruhi oleh variabel kontrol dan variabel bebas, dalam gambar yaitu adanya larva lalat pada botol 1 dan tidak adanya larvalalat pada botol 2

3) Melakukan Observasi dalam Eksperimen

Observasi atau pengamatan dilakukan untuk mendapat hasil atau data yang akurat. Observasi tidak harus dilakukan memakai indera penglihatan saja, tetapi teman juga sanggup melaksanakan observasi memakai hidung, dan indera lainnya. Semakin banyak indera yang terlibat dari suatu observsi, maka semakin akuratlah data yang dikumpulkan.

Selain memakai indera, observasi juga sanggup memakai alat bantu, menyerupai penggaris, mikroskop, timbangan, dan alat bantu lainnya. Pengamatan memakai indera, akan menghasilkan suatu data kualitatif, sedangkan pengamatan memakai alat bantu akan menghasilkan data kuantitatif.

d. Mengumpulkan Data

Hasil dari observasi yaitu data, baik kuantitatif maupun kualitatif. Data yang teman sudah peroleh sanggup disajikan dengan banyak sekali bentuk, menyerupai tabel dan grafik. Buatlah salah satu penyajian sebuah data dalam menuntaskan permasalahan sobat.

e. Menarik Kesimpulan

Kesimpulan merupakan kalimat yang meringkas suatu hasil percobaan yang telah dilakukan. Kesimpulan sanggup teman ambil setelah mendapat data dari hasil percobaan yang teman telah lakukan. Ketika teman menarik sebuah kesimpulan, teman harus memilih apakah data yang teman peroleh mendukung hipotesis atau tidak.

Demikianlah langkah-langkah sederhana bagi teman yang ingin melaksanakan sebuah penelitian. Langkah-langkah yang sudah disajikan diatas tidak perlu teman lakukan sepenuhnya. Langkah-langkah diatas hanya untuk memaksimalkan penelitian teman saja.

Sekian materi kali ini, stay tune ya! Selamat belajar!



Sumber http://biologi-note.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Melakukan Penelitian Secara Maksimal"

Posting Komentar