Langkah Merencanakan Penelitian

Apakah sahabat pernah melaksanakan suatu penelitian? Disadari atau tidak, saya yakin sahabat sudah pernah melaksanakan suatu penelitian. Sebenarnya apa yang dimaksud penelitian? Penelitian ialah suatu perjuangan yang cermat dan teratur untuk mendapat suatu jawaban ilmiah terhadap suatu masalah. Tetapi, untuk melaksanakan suatu penelitian, terdapat beberapa hal yang perlu sahabat lakukan terlebih dahulu.

Apakah sahabat pernah melaksanakan suatu penelitian Langkah Merencanakan Penelitian
Penelitian memakai mikroskop

a. Mengidentifikasi Masalah

Langkah pertama untuk melaksanakan suatu penelitian ialah menyadari dan mengidentifikasi duduk kasus yang akan sahabat angkat menjadi sebuah penelitian. Masalah ini sanggup sahabat temukan secara sengaja maupun tak sengaja. 

Untuk membantu mengidentifikasi suatu duduk kasus sahabat sanggup melihat banyak sekali penelitian yang telah dilakukan oleh para penyelidik lain. Sobat sanggup menganalisis penelitian tersebut dan mendapat permasalahan yang baru. Pengamatan terhadap objek ialah hal yang paling efektif dalam mengidentifikasi suatu masalah.

b. Merumuskan Tujuan

Setelah mengidentifikasi suatu masalah, hal yang perlu dilakukan selanjutnya ialah memilih atau merumuskan tujuan. Hal ini perlu sahabat lakukan biar nanti, penelitian sobatakan  menjadi lebih terarah dan lebih maksimal hasilnya. Selain itu, merumuskan tujuan juga berfungsi untuk mempersempit duduk kasus yang terlalu luas ruang lingkupnya.

c. Menetapkan Jenis Penelitian

Langkah berikutnya ialah tetapkan jenis penelitian. Jenis penelitian yang dipakai nanti haruslah sesuai dengan duduk kasus yang akan dipecahkan.Terdapat banyak jenis penelitian yang sanggup dipakai yang sesuai dengan rumusan masalah. Contoh jenis penelitian yang sering dipakai ialah deskriptif dan eksperimantal.
  1. Deskriptif

    Penelitian secara deskriptif bertujuan memperlihatkan citra secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat obejek yang diselidiki. Dengan penelitian ini, sanggup diperoleh data atau gosip yang mendetail.
  2. Eksperimental

    Penelitian ini bertujuan mengetahui imbas perlakuan tertentu kepada suatu objek penelitian dan membandingkan balasannya dengan kelompok kontrol. Kelompok kontrol ialah kelompok yang dijadikan sebagai pembanding. Dalam bidang biologi, banyak dilakukan penelitian jenis ini. Misalnya penelitian untuk membedakan imbas kontribusi pupuk terhadap tanaman.
Jadi, terdapat 3 cara sebelum sahabat melaksanakan suatu penelitian, lakukan dengan benar! Maka, balasannya tentu akan maksimal. Jangan segan-segan untuk melaksanakan penelitian! Hal ini cantik untuk pembelajaran praktek sobat! Teruslah berguru dan raih harapan sobat!



Sumber http://biologi-note.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Langkah Merencanakan Penelitian"

Posting Komentar