√ Unsur Kepribadian




Versi bahan oleh Bondet Wrahatnala


Kepribadian seseorang bersifat unik dan tidak ada duanya. Unsur-unsur yang memengaruhi kepribadian seseorang itu yakni pengetahuan, perasaan, dan dorongan naluri.

a. Pengetahuan
b. Perasaan
c. Dorongan Naluri

a. Pengetahuan
Pengetahuan seseorang bersumber dari contoh pikir yang rasional, yang berisi fantasi, pemahaman, dan pengalaman mengenai majemuk hal yang diperolehnya dari lingkungan yang ada di sekitarnya. Semua itu direkam dalam otak dan bertahap diungkapkan dalam bentuk perilakunya di masyarakat.

b. Perasaan
Perasaan merupakan suatu keadaan dalam kesadaran insan yang menghasilkan evaluasi aktual atau negative terhadap sesuatu atau insiden tertentu. Perasaan selalu bersifat subjektif, sehingga evaluasi seseorang terhadap suatu hal atau kejadian akan berbeda dengan evaluasi orang lain. Contohnya evaluasi terhadap jam pelajaran yang kosong. Mungkin kau menganggap sebagai hal yang tidak menyenangkan alasannya yakni merasa rugi tidak memperoleh pelajaran. Lain halnya dengan evaluasi temanmu yang menganggap sebagai hal yang menyenangkan. Perasaan mengisi penuh kesadaran insan dalam hidupnya.

c. Dorongan Naluri
Dorongan naluri merupakan kemauan yang sudah menjadi naluri setiap manusia. Hal itu dimaksudkan untuk memenuhi aneka macam kebutuhan hidup manusia, baik yang bersifat rohaniah maupun jasmaniah. Sedikitnya ada tujuh macam dorongan naluri, yaitu untuk mempertahankan hidup, secual, mencari makan, bergaul dan berinteraksi dengan sesama manusia, memalsukan tingkah laris sesamanya, berbakti, serta keindahan bentuk, warna, suara, dan gerak.

Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Unsur Kepribadian"

Posting Komentar