√ Tipe Sosialisasi




Versi bahan oleh Bondet Wrahatnala


Sosialisasi merupakan suatu proses di mana individu mempelajari nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat guna menyebarkan diri sendiri. Individu tidak hanya mencar ilmu bertindak atas dasar cara tertentu alasannya ada imbalan atau eksekusi dari luar, tetapi alasannya adanya kesadaran diri untuk maju. Setiap kelompok masyarakat mempunyai standar dan nilai yang berbeda-beda dalam memilih tindakan seseorang. Standar seseorang disebut baik di sekolah dan di kelompok sepermainan tentu berbeda.

Di sekolah, misalnya, seseorang sanggup disebut baik apabila tidak pernah terlambat tiba ke sekolah atau tidak pernah menciptakan keonaran. Sementara di kelompok sepermainan, seseorang sanggup disebut baik apabila mempunyai rasa kesetiakawanan yang tinggi dengan sobat dan saling membantu. Perbedaan standar dan nilai pun tidak terlepas dari tipe sosialisasi yang ada. Ada dua tipe sosialisasi dalam masyarakat, ialah tipe formal dan tipe informal.

a. Tipe Formal
Sosialisasi tipe ini terjadi melalui lembaga-lembaga yang berwenang berdasarkan ketentuan yang berlaku dalam negara. Atau dengan kata lain sosialisasi yang dilakukan oleh lembaga-lembaga yang bersifat resmi. Pada tipe sosialisasi ini, biasanya ada aturan-aturan yang sifatnya mengikat dan harus dipatuhi oleh semua anggota lembaga, serta tidak dilandasi oleh sifat kekeluargaan. Sosialisasi tipe ini terdapat pada lembaga-lembaga, ibarat pendidikan di sekolah dan pendidikan militer.

b. Tipe Informal
Sosialisasi tipe ini terdapat di dalam masyarakat atau dalam pergaulan yang bersifat kekeluargaan, ibarat antarteman, sahabat, dan kelompok-kelompok sosial yang ada di dalam masyarakat.

Baik sosialisasi formal maupun informal tetap mengarah kepada pertumbuhan langsung seseorang supaya sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di lingkungannya. Meskipun proses sosialisasi dipisahkan secara formal dan informal, namun alhasil sangat sulit untuk dipisah-pisahkan alasannya individu biasanya menerima sosialisasi formal maupun informal secara bersamaan.


Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Tipe Sosialisasi"

Posting Komentar