√ Pengertian Kepribadian




Versi bahan oleh Bondet Wrahatnala


Kepribadian menunjuk pada pengaturan sikap-sikap seseorang untuk berbuat, berpikir, dan merasakan, khususnya apabila ia berafiliasi dengan orang lain atau menanggapi suatu keadaan. Kepribadian meliputi kebiasaan, sikap, dan sifat yang dimiliki seseorang apabila berafiliasi dengan orang lain. Konsep kepribadian merupakan konsep yang sangat luas, sehingga sulit untuk merumuskan satu definisi yang sanggup meliputi keseluruhannya.
               
Oleh alasannya itu, pengertian dari satu andal dengan yang lainnya pun juga berbeda-beda. Namun demikian, definisi yang berbeda-beda tersebut saling melengkapi dan memperkaya pemahaman kita wacana konsep kepribadian. Apakah kepribadian itu? Secara umum yang dimaksud kepribadian ialah sifat hakiki yang tercermin pada sikap seseorang yang membedakan dengan orang lain.

Untuk memahami lebih jauh mengenai pengertian kepribadian, berikut ini definisi yang dipaparkan oleh beberapa ahli.

a. M.A.W. Brower
Kepribadian ialah corak tingkah laris sosial yang meliputi corak kekuatan, dorongan, keinginan, opini, dan sikap-sikap seseorang.

b. Koentjaraningrat
Kepribadian ialah suatu susunan dari unsur-unsur nalar dan jiwa yang memilih tingkah laris atau tindakan seseorang.

c. Theodore R. Newcomb
Kepribadian ialah organisasi sikap-sikap yang dimiliki seseorang sebagai latar belakang terhadap perilaku.

d. Yinger
Kepribadian ialah keseluruhan sikap dari seorang individu dengan sistem kecenderungan tertentu yang berinteraksi dengan serangkaian situasi.

e. Roucek dan Warren
Kepribadian ialah organisasi faktor-faktor biologis, psikologis, dan sosiologis yang mendasari sikap seseorang. Dari pengertian yang diungkapkan oleh para andal di atas, sanggup kita simpulkan secara sederhana bahwa yang dimaksud kepribadian (personality) merupakan ciri-ciri dan sifat-sifat khas yang mewakili sikap atau moral seseorang, yang meliputi polapola pedoman dan perasaan, konsep diri, perangai, dan mentalitas yang umumnya sejalan dengan kebiasaan umum.

Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Pengertian Kepribadian"

Posting Komentar