✔ Cara Praktis Merubah Ukuran Header Blogspot

Sejauh ini bagaimana perkembangan blog Anda. Sudah berbentuk atau belum sama sekali. Jika masih belum mengerti ihwal blog, Anda bisa memulainya dengan membaca cara menciptakan blog dari awal, atau klik disini untuk mencari gosip yang Anda butuhkan.

Kali ini kita akan berguru mempercantik tampilan blog. Soal manis ini penilaiannya relatif dari masing-masing pengguna. Tapi pada dasarnya, blog yang manis itu ialah yang tidak mempersulit pengunjungnya.

Setiap pengunjung (visitor) kadang memberi waktu yang usang dalam satu blog, kadang pula muncul tenggelam. Ada banyak faktor yang mempengaruhi, salah satunya peletakan atau tampilan yang kurang menarik.

Nah... pada kesempatan ini kita akan berguru merubah ukuran header blogspot. Kadang ada orang yang ingin melebarkan header blognya, kadang pula ada yang ingin memperkecil. Setiap orang punya selera berbeda dalam mendesain blognya. 

Untuk merubah header blog, banyak blogger yang mengalami kesulitan. Karena untuk merubah ukuran header memang membutuhkan kemampuan otak atik instruksi HTML. Tapi itu dulu, kini blogspot telah memberi kita kemudahan.

Kita bisa merubah header blog tanpa harus mati-matian berguru CSS atau HTML. Caranya gampang, ikuti langkah berikut ini. Oh iya, metode ini khusus bagi blogger yang memakai template standar dari blogspot. Seperti blog ini memakai template sederhana. Metode ini pun telah berhasil saya terapkan di blog ini.
  • Pertama-tama menyerupai biasa login ke akun blogspot Anda dan masuk ke dasbor. Selanjutnya pilih 'Template' dan klik 'Sesuaikan' 
  • Anda akan dibawa kehalaman pengaturan antar muka. Di langkah ini usahakan rubah dulu warna header Anda supaya bisa membedakan hasil perubahan. Namun bila warna header Anda sudah berbeda, hiraukan langkah ini. Bagi yang warna headernya sama dengan warna body, cara merubahnya menyerupai ini. Masuk ke tab 'Tindak Lanjut' kemudian pilih 'Latar' dan pilih 'Latar Header' (lihat gambar). Anda bisa merubahnya sesuka hati. 


  • Setelah warna header berubah (Bisa dilihat dikolom bawah pratinjau tampilan). Langkah sepanjutnya, tarik kursor Anda sampai kebawah kemudian pilih 'Tambahkan CSS' (lihat gambar). 

  • Anda akan diberi kolom isian. Selanjutnya tinggal copy paste script dibawah ini. 
.header-outer{
left:-40px;
width:1000px;
height:40px;
bottom:10px;
}

Penjelasan Script :
  • left:-40px; merupakan instruksi untuk mengatur kerapatan sisi kanan header dengan tampilan layar, silahkan angkanya dirubah-rubah sesuai harapan Anda dengan mencocokan perubahan preview yang tampak pada halaman desain blogger sampai sudah merasa cocok.
  • width:1000px; merupakan instruksi untuk menyesuaikan panjang header di sisi kanan, silahkan di sesuaikan angkanya berdasarkan selera Anda.
  • height:40px; merupakan instruksi untuk merubah ukuran tinggi header, menyerupai biasa silahkan di sesuaikan dengan selera Anda.
  • bottom:10px; merupakan instruksi jarak dari bab bawah, jadi bila angka ini dirubah/diperbesar maka akan ada jarak antara header dengan widget yang ada pada bab bawah header.
Gimana simpel bukan! Itu gres merubah ukuran headernya, untuk merubah tab atau laman/pages atau sajian dibawa header, script CSS yang dipakai berbeda lagi. Kita akan bahas pada postingan selanjutnya. See yaaa


Sumber http://www.blogooblok.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "✔ Cara Praktis Merubah Ukuran Header Blogspot"

Posting Komentar