Minor, Kofaktor, Adjoin, Dan Inverse Matriks

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat tiba di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian supaya orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk nirwana semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue yakni seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue dapat nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel ihwal Minor, Kofaktor, Adjoin, dan Inverse Matriks, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !

1. Minor

Minor biasanya dilambangkan dengan mab , dengan "m" yakni monor "a", yakni baris, dan "b" yakni kolom.
Maka minor yakni suatu elemen yang yang didefinisikan sebagai determinan submatrik yang tinggal stelah baris ke-a dan sehabis kolom ke-b
Untuk lebih terang perhatikan teladan berikut :

tentukan minor dari matrik di bawah ini !!!!

Jawab :
m11 = 4
m12 = 2
m21 = 3
m22 = 1

2. Kofaktor

Kofaktor yakni 1 dipangkatkan dengan jumlah baris ke-a dan kolom ke -b kemudian dikalikan dengan minor mab.
Kofaktor kofaktor dapat kita lambangkan dengan cab, dengan "c" yakni kofaktor, "a" yakni baris, "b" yakni kolom.
Untuk lebih jelah perhatikan teladan berikut :
tentukan kofaktor dari minor matrik di bawah ini :
m11 = 4
m12 = 2
m21 = 3
m22 = 1

Jawab :
c11 = -11+1 x 4 = -12 x 4 =   1 x 4 =   4
c12 = -11+2 x 2 = -13 x 2 =  -1 x 2 = -2
c21 = -12+1 x 3 = -13 x 3 =  -1 x 3 = -3
c22 = -12+2 x 3 = -14 x 1 =   1 x 1 =   1

3 . Adjoin

Adjoin ialah nilai transpose dari kofaktor matriks.
Untuk lebih jelah perhatikan teladan berikut :
tentukan adjoin dari kofaktor berikut :
c11 =   4
c12 =  -2
c21 =  -3
c22 =   1
Jawab :
Kita ubah kofaktor di atas ke bentuk matrik menjadi :
 4  -2
-3   1
Kemudian kita transposekan menjadi :
 4  -3
-2   1
Dan yang saya tandai warna biru itu yakni adjoin.

4. Invers Matrik

Invers ialah dimana suatu matrik kita pangkat kan dengan (-1).
Rumus invers matriks :
A-1 = (1/determinan (A)) x adjoin (A), dengan "A" yakni simbol dari matriks
Sebenernya simbol matriks bebas dapat anda beri tanda dengan apapun.

Contoh :
Jika matriks A :  1  2
                          3  4

Tentukan Invers A !

Jawab :
yang pertama harus kita cari yakni determinan dari A, Kemudian kita cari adjoinnya dan tarakhir kita gunakan rumus inverse.

Determinan (A) = ( 1 x 4 ) - ( 2 x 3 )
Determinan (A) = 4 - 6
Determinan (A) = -2

untuk mencari adjoin (A) kita harus mencari minor kemudian kofaktor.

Minor (A)  =  4  3
                      2  1

Kofaktor (A) =  4 -3
                        -2  1

Adjoin (A) = Kofaktor transpose A
                 =  4  -2
                    -3   1

Maka Inverse dari matriks (A) yakni :

Nah segini dulu yah bahan dari saya
Baca juga artikel ihwal :
mohon maaf bila ada kesalahan
klo ada yang mau ditanyakan silahkan komen ajh yah
assalamualaikum bye bye.....................

Sumber http://matematikaakuntansi.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Minor, Kofaktor, Adjoin, Dan Inverse Matriks"

Posting Komentar