✔ Apa Itu Google Analytics?

Sudah sangat banyak blogger bahkan situs besar di dunia yang membahas perihal Google Analytics. Namun, dari sekian banyak blog, belum ada yang membahas secara terperinci perihal Google Analytics. Pada dasarnya, tanggapan atas semua pertanyaan soal layanan Google ini telah dijelaskan panjang lebar di layanan suport milik Google. Hanya saja masih banyak yang kurang paham.

bloGoooblok dalam beberapa seri postingan kedepan, akan berupaya memberi klarifikasi soal Google Analytics secara rinci dan biar gampang dipahami.

Kita mulai dengan satu pertanyaan mendasar, apa itu Google Analytics?

Merujuk pada klarifikasi Wikipedia, Google Analytics yaitu layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web.

Google Analytics punya kemampuan menelusuri data pengunjung menurut info halaman pengacu, yang tiba dari banyak sekali sumber, termasuk dari mesin pencari milik Google sendiri sampai mesin pencari lain.

Google Analytics juga mengorek info dari sumber iklan, jaringan pay-per-click, email marketing, dan juga tautan yang terkandung dalam dokumen PDF.

(Baca: Submit Banyak Sitemap Sekaligus ke Google Webmaster Tools)

Jika Anda seorang pengiklan di layanan Google AdWords, Google Analytics juga bermanfaat untuk menganalisis efektfitas iklan AdWords yang dipasang di Google. Dengan Google Analytics, pengguna sanggup mengetahui iklan dan kata kunci apa yang paling banyak merujuk ke situs web pengguna. Dengan begitu, Anda akan lebih gampang mencari keyword untuk iklan Anda.

Google Analytics juga dipakai untuk mengetahui kepadatan trafik dari website/blog. Dengan memakai Google Analytics seseorang sanggup menciptakan report perihal trafik website/blog dalam jangka waktu harian, mingguan, atau bulanan. Kita juga bisa membandingkan trafik dari waktu ke waktu.

Jika Anda memang konsen pada peningkatan trafik blog atau website, maka contoh utamanya yaitu data Google Analytics.

(Baca: Cara Menggunakan Webmaster Tools)

Karena layanan ini merupakan milik Google, maka data yang disajikan sangat bisa dipercaya. Terutama jikalau merujuk pada layanan mesin pencari Google. Perlu pula diketahui, Google Analytics ada dua macam. Yang bersifat free atau umum dan Google Analytics Premium. Soal ini akan dibahas terpisah.

Untuk mendaftar pada Google Analytics, seseorang hanya perlu mempunyai akun Google. Selebihnya, silahkan kunjungi laman https://www.google.com/analytics/. Bisa juga mendaftar melalui layanan Webmaster Tools.

Caranya mendaftar ke layanan Google Analytics cukup mudah. Namun untuk lebih jelasnya akan bloGoooblok jelaskan lebih jauh. (Baca: Bagaimana Cara Mendaftarkan Blog ke Google Analytic?)



Sumber http://www.blogooblok.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "✔ Apa Itu Google Analytics?"

Posting Komentar