√ Pasar

Versi materi oleh Ngadiman


Pasar - Konsep pertukaran mengarah pada konsep pasar. Pasar ialah semua pelanggan potensial yang mempunyai kebutuhan dan impian tertentu yang sama, yang mungkin bersedia dan bisa melaksanakan pertukaran untuk memuaskan kebutuhan dan impian itu. Ukuran pasar tergantung pada jumlah orang yang memperlihatkan kebutuhan dan keinginan, mempunyai sumber daya yang menarik pihak lain, serta bersedia dan bisa memperlihatkan sumber daya ini untuk ditukar dengan apa yang mereka diinginkan.




Awal aliran sebuah pasar adalah tempat di mana pembeli dan penjual berkumpul untuk mempertukarkan barang, contohnya alunalun suatu daerah. Ekonom memakai istilah tersebut untuk mengacu pada sekumpulan pembeli dan penjual yang melaksanakan transaksi atas produk atau kelas produk tertentu, maka munculah istilah pasar perumahan, pasar gabah, dan lain-lain. Namun, pemasar memandang penjual sebagai industri dan pembeli sebagai pasar.

Gambar 2.2 memperlihatkan hubungan antara industri dan pasar. Penjual dan pembeli dihubungkan oleh empat alur. Penjual mengatakan barang atau jasa dan komunikasi (promosi) kepada pasar dan sebagai imbalannya penjual mendapatkan uang dan warta (sikap, data penjualan, dan sebagainya). Lingkaran paling dalam memperlihatkan suatu pertukaran uang dengan barang atau jasa, sedangkan bundar luar memperlihatkan pertukaran informasi.

Sebagian besar orang bisnis memakai istilah pasar secara informal untuk meliputi bermacam-macam pengelompokan pelanggan. Mereka membicarakan ihwal pasar kebutuhan (seperti pasar pencari diet), pasar produk (seperti pasar sepatu), pasar demografis (seperti pasar remaja), dan pasar geografis (seperti pasar Asia). Atau mereka memperluas konsep tersebut biar meliputi pengelompokan nonpelanggan, menyerupai pasar pemberi suara, pasar tenaga kerja, dan pasar pemberi sumbangan.

Seluruh perekonomian modern berdesak-desakan dalam pasar. Lima pasar dasar dan alur yang menghubungkan mereka menyerupai pada gambar 2.3. Pada dasarnya, perusahaan manufaktur pergi ke pasar sumber daya (pasar materi baku, pasar tenaga kerja, pasar uang, dan sebagainya), membeli sumber daya dan mengubahnya menjadi barang dan jasa, dan menjual produk jadi tersebut kepada para perantara, yang kemudian menjualnya kembali kepada konsumen.

Konsumen menjual tenaga mereka, dan mendapatkan uang yang kemudian mereka gunakan untuk membayar barang dan jasa yang mereka beli. Pemerintah memakai pendapatan pajak untuk membeli barang dari pasar sumber daya, pasar perusahaan manufaktur, dan pasar perantara, kemudian memakai barang dan jasa ini untuk mengatakan pelayanan pada masyarakat. Setiap perekonomian negara dan perekonomian dunia secara keseluruhan terdiri dari kumpulan pasar yang rumit dan saling berinteraksi yang dihubungkan melalui proses pertukaran.



Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Pasar"

Posting Komentar