Pembahasan Soal Kisah Himpunan Ujian Nasional Matematika

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat tiba di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian supaya orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk nirwana semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue ialah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue dapat nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel ihwal Pembahasan Soal Cerita Himpunan Ujian Nasional Matematika, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !

Contoh soal :

Dari sekelompok siswa yang berjumlah 60 orang, 35 orang gemar berenang, 29 orang gemar bola basket, dan 14 orang gemar kedua-duanya. Tentukan jumlah siswa yang gemar berenang atau bola basket !!!! 

Jawaban :
a. 20 orang
b. 30 orang
c. 40 orang
d. 50 orang

Pembahasan soal :

Misalkan :
R = {siswa gemar renang} 
n(R) = 35
B = {siswa gemar bola basket}
n(B) = 29
R ∩ B = {siswa yang gemar kedua-duanya}
n(R ∩ B) = 14

Maka banyaknya siswa yang gemar renang atau bola ialah :
n(R ∪ B) = n(R) + n(B) - n(R ∩ B)
n(R ∪ B) = 35 + 29 - 14
n(R ∪ B) = 50

Maka jumlah siswa yang gemar berenang atau bola basket ialah 50 orang dan jawabannya ialah d. 50 orang.


Sumber http://matematikaakuntansi.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pembahasan Soal Kisah Himpunan Ujian Nasional Matematika"

Posting Komentar