√ Dongkrak Harga Ketika Panen, Cis Subang Gelar Training Olahan Rambutan

Dikenal sebagai penghasil buah rambutan terbesar nomor satu di Jawa Barat √ Dongkrak Harga Saat Panen, CIS Subang Gelar Pelatihan Olahan Rambutan

Panen raya rambutan di Subang, CIS gelar training olahan rambutan (Foto : http://3.bp.blogspot.com/)


Dikenal sebagai penghasil buah rambutan terbesar nomor satu di Jawa Barat, Kabupaten Subang setiap tahunnyna dapat menghasilkan puluhan ribu ton buah rambutan. Beberapa kecamatan yang menjadi sumber penghasil buah rambutan di Subang antara lain kecamatan Purwadadi, Cipeundeuy, Pabuaran, dan Cikaum. Sayangnya, jumlah panen yang melimpah menciptakan harga buah rambutan di kalangan petani kurang stabil, bahkan harganya dapat terjun bebas di level terendah.


Untuk mencegah kondisi tersebut, CIS Subang bersama Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian (KUPP) Kabupaten Subang berinisiatif menyelenggarakan pelatihan olahan rambutan di aula kecamatan Purwadadi, jalan raya Kalijati – Sukamandi, Kamis (16/2/2017).


Pelatihan dilaksanakan di Purwadari alasannya ialah di kawasan tersebut merupakan sentra utama komoditas rambutan di wilayah Subang, selain Kecamatan Cikaum, Cipeundeuy dan Pabuaran. Tujuan training sendiri ialah untuk meningkatkan nilai jual produk hasil olahan dari buah rambutan.


Dikenal sebagai penghasil buah rambutan terbesar nomor satu di Jawa Barat √ Dongkrak Harga Saat Panen, CIS Subang Gelar Pelatihan Olahan Rambutan

CIS Subang bersama Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian (KUPP) Kabupaten Subang berinisiatif menyelenggarakan training olahan rambutan (Foto : www.kotasubang.com)


Perwakilan  Dinas KUPP Sarifudin dalam sambutannya menyampaikan Kabupaten Subang ialah penghasil buah rambutan nomor 1 di Jawa Barat. Setiap tahun puluhan ribu ton rambutan dihasilkan kawasan ini.  Namun harga rambutan di kalangan petani seringkali tidak stabil, dikala produksi melimpah, harga rambutan dapat anjlok ke level terbawah.

style="display:block"
data-ad-client="ca-pub-6037247388376359"
data-ad-slot="5485024081"
data-ad-format="link">



“Kegiatan ini dimaksudkan untuk membuatkan produk unggulan kawasan berbasis komoditas unggulan di masing-masing wilayah di Kabupaten Subang. Dengan training ini diperlukan juga akan muncul para wirausahawan baru,” katanya.


Dengan melaksanakan training ini, komoditas unggulan disetiap kawasan yang berada di wilayah Subang dapat diolah sehingga nilai jualnya menjadi lebiih tinggi dan diminati masyarakat. Adapun untuk jenis olahan yang dibentuk dalam training kali ini ialah cocktail buah rambutan.


Dikenal sebagai penghasil buah rambutan terbesar nomor satu di Jawa Barat √ Dongkrak Harga Saat Panen, CIS Subang Gelar Pelatihan Olahan Rambutan

Olah buah rambutan jadi minuman cocktail (Foto : www.kotasubang.com)


Sementara itu Sekretaris Camat, Andri Darmawan mewakili Camat Purwadadi, mengungkapkan apresiasinya atas digelarnya acara ini diwilayah kerjanya.


“Terimakasih kami ucapkan atas terselenggaranya acara ini. Selain rambutan masih banyak lagi komoditas unggulan yang dimiliki Purwadadi, ke depan diperlukan CIS bersama Dinas KUPP juga dapat menggali potensi tersebut untuk dijadikan produk lainnya,” katanya.

style="display:block; text-align:center;"
data-ad-layout="in-article"
data-ad-format="fluid"
data-ad-client="ca-pub-6037247388376359"
data-ad-slot="7037953167">



Pelaksanaan training pengolahan buah rambbisniutan ini menghadirkan narasumber dari Pusat Pengembangan Teknologi Tepat Guna (PPTTG) – LIPI Subang. Selanjutnya pendampingan akan dilakukan oleh CIS Kabupaten Subang.


SUMBER



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Dongkrak Harga Ketika Panen, Cis Subang Gelar Training Olahan Rambutan"

Posting Komentar