Cara Memilih Embel-Embel Himpunan

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat tiba di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian supaya orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk nirwana semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue yaitu seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue sanggup nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini sanggup bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel perihal Cara Menentukan Komplemen Himpunan, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !
Untuk sanggup memilih pemanis dari suatu himpunan tertentu, maka wajib kita mengetahui dahulu perihal apa itu arti dari pemanis himpunan tersendiri.

Pengertian Komplemen Himpunan

Misalkan pada himpunan A, maka pemanis pada himpunan A yaitu "semua anggota S (Himpunan semesta) yang bukan anggota himpunan A"

Kaprikornus untuk memilih himpunan semesta itu kita harus mencari semua anggota yang bukan anggota dari  himpunan contohnya himpunan A.

Cara Menentukan Komplemen Himpunan

Untuk mempermudah teman-teman memilih pemanis dari suatu himpunan, maka saya akan memperlihatkan langkah-langkah untuk menentukannya, diantaranya yaitu :
  1. Tuliskan semua hal yang diketahui dan ditanyakan pada soal
  2. Tuliskan keanggotaan dari seluruh himpunan
  3. Tentukan komplemennya
Untuk memperjelas, yu pelajari pola soal di bawah ini : 
Tentukan pemanis dari A = {2, 3, 5 , 7}, jika S = {x│x > 10, x ∈ bilangan cacah } !!!!!

Jawab :

Langkah ke-1 :

Tuliskan semua hal yang diketahui dan ditanyakan pada soal :
Diketahui :
A = {2, 3, 5 , 7}
S = {x│x > 10, x ∈ bilangan cacah }
S = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9}

Ditanykan :
Ac = {...} ????

Langkah ke-2 :

Tuliskan keanggotaan dari seluruh himpunan :
1∈ S
2∈ A dan 2∈ S
3∈ A dan 3∈ S
4∈ A
5∈ A dan 5∈ S
6∈ A
7∈ A dan 7∈ S
8∈ A 
9∈ A

Langkah ke-3 :

Tentukan komplemennya. Untuk memilih komplemennya kita harus berdasar pada pengertian pemanis himpunan diatas bahwa "misalkan pada himpunan A, maka pemanis pada himpunan A yaitu semua anggota S (Himpunan semesta) yang bukan anggota himpunan A". Maka pemanis dari himpunan A yaitu :
Ac = {1, 4, 6, 8, 9}

Kaprikornus pemanis dari A = {2, 3, 5 , 7}, jika S = {x│x > 10, x ∈ bilangan cacah } yaitu Ac = {1, 4, 6, 8, 9}.

Kesmimpulan 

Kaprikornus untuk memilih pemanis himpunan kita hanya harus memahami pengertiannya saja sehingga kita tahu mana anggota pemanis dari suatu himpunan.

Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.

Sumber http://matematikaakuntansi.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Memilih Embel-Embel Himpunan"

Posting Komentar