√ Jurnal Pembalik Perusahaan Jasa

Versi bahan oleh Ismawanto


Jurnal Pembalik Perusahaan Jasa - Sesuai dengan tujuan dalam penyusunan jurnal penyesuaian, bahwa terdapat ratifikasi beban dan pendapatan yang harus diakui pada simpulan periode akuntansi, walaupun beban dan pendapatan tersebut belum dibayar dan belum diterima, serta penerimaan dan pembayaran dilakukan pada periode berikutnya.

Tujuan penyusunan jurnal pembalik hanyalah sekadar untuk menyederhanakan pembuatan jurnal yang bersangkutan dengan periode akuntansi berikutnya. Sehingga dalam melaksanakan acara perusahaan sering terjadi hal-hal menyerupai berikut ini.

1. Pembayaran beban perusahaan lebih dahulu atau beban yang dibayar di muka atas persekot biaya.
2. Penerimaan pendapat lebih dahulu atau pendapat diterima dimuka atau utang pendapatan.
3. Beban yang akan dibayar atau beban yang terutang.
4. Pendapatan yang akan diterima atau piutang pendapatan.

Piutang, utang, pendapatan, dan beban tersebut gotong royong merupakan ratifikasi pada simpulan periode. Oleh alasannya itu, setiap awal periode perkiraan-perkiraan yang bekerjasama dengan ratifikasi pendapatan dan beban harus dihilangkan atau dinolkan biar tidak terjadi pencatatan ganda pada pencatatan berikutnya dengan cara menyusun jurnal pembalik (reversing entry).

Jadi, jurnal pembalik (reversing entry) ialah jurnal kebalikan dari jurnal pembiasaan yang dilakukan pada awal periode berikutnya. Akan tetapi tidak semua ayat jurnal pembiasaan dibuatkan jurnal pembalik.

Jurnal pembiasaan yang biasanya memerlukan jurnal pembalik antara lain sebagai berikut.

1. Persekot beban atau beban yang dibayar di muka, kalau ketika pembayaran dicatat sebagai beban/biaya. Apabila ketika pembayaran dicatat sebagai harta, maka jurnal pembalik tidak ada.

2. Pendapatan diterima di muka atau utang pendapatan, kalau ketika mendapatkan dicatat sebagai pendapatan. Apabila ketika penerimaan dicatat sebagai utang/kewajiban, maka jurnal pembalik tidak ada.

3. Beban yang akan dibayar atau utang beban.
4. Pendapatan yang akan diterima atau piutang pendapatan.

1. Beban Dibayar di Muka

Pada tanggal 1 Maret 2005 dibayar premi asuransi untuk masa 1 tahun sebesar Rp9.000.000,00 terhitung mulai tanggal 1 Maret 2005 hingga 1 Maret 2006. Apabila ketika pembayaran dicatat sebagai harta dan sebagai beban, maka jurnal ketika pembayaran, jurnal penyesuaian, jurnal penutup, dan jurnal pembalik ialah sebagai berikut.


 Sesuai dengan tujuan dalam penyusunan jurnal pembiasaan √ JURNAL PEMBALIK PERUSAHAAN JASA


2. Pendapatan diterima di muka

Pada tanggal 1 Mei 2005 dibayar sewa rumah untuk masa 1 tahun sebesar Rp 7.200.000, terhitung mulai tanggal 1 Mei 2005 hingga dengan 1 Mei 2006. Apabila ketika penerimaan dicatat sebagai kewajiban dan dicatat sebagai pendapatan, maka jurnal ketika penerimaan, jurnal penyesuaian, jurnal penutup, dan jurnal pembalik ialah sebagai berikut.



3. Beban yang Akan Dibayar

Pada tanggal 31 Desember 2005 masih harus dibayar honor pengawai alasannya sedang cuti sebesar Rp2.000.000. Dari insiden di atas maka jurnal pembiasaan dan jurnal pembaliknya ialah sebagai berikut.
- Jurnal pembiasaan 31 Desember 2005


- Jurnal pembalik 1 Januari 2006



4. Pendapatan yang Akan Diterima

Apabila pada tanggal 31 Desember 2005, masih harus diterima bunga atas wesel tagih sebesar Rp500.0000, maka jurnal pembiasaan dan jurnal pembalik untuk kejadian di atas adalah
sebagai berikut.

- Jurnal pembiasaan 31 Desember 2005


- Jurnal pembalik 1 Januari 2006






Sekian bahan mengenai Jurnal Pembalik Perusahaan Jasa, semoga bermanfaat.

Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Jurnal Pembalik Perusahaan Jasa"

Posting Komentar