√ Dongeng 5 Pengusaha Sukses, Dari Bisnis Kuliner Hingga Peternakan

Sunny Kamengmau pengusaha sukses Indonesia √ Kisah 5 Pengusaha Sukses, Dari Bisnis Kuliner Sampai PeternakanAda dua macam pengusaha. Yang pertama, mereka yang menerima warisan perjuangan dari orang tua. Kedua, mereka yang memulai perjuangan dari nol. Simak lima dongeng pengusaha UKM yang sukses menjalankan bisnis kuliner hingga peternakan ayam, yang sanggup menjadi wangsit kita semua.


1. Bob Sadino


Mendiang Bob Sadino jadi salah satu teladan pengusaha sukses yang pontang-panting merintis bisnis. Sempat jadi karyawan perusahaan BUMN selama 9 tahun, Bob tetapkan keluar dari pekerjaan itu dan jadi pengusaha.


Bob mulai dari bisnis sewa kendaraan beroda empat hingga jadi buruh bangunan. Semuanya tanpa hasil. Tapi ketika itu beliau melihat ceruk bisnis peternakan ayam. Lewat modal derma dari tetangganya yang merupakan purnawirawan militer yang tertarik dengan bisnis peternakan, Bob memulai perjuangan berdagang telur negeri.


Berkat keuletannya, usahanya sukses dan beliau mendirikan Kem-Chicks, supermarket terkenal yang menjual bermacam-macam produk pertanian dan peternakan.


2. Gibran Rakabuming


Nama Gibran Rakabuming melejit sehabis ayahnya, Joko Widodo, menjadi Gubernur DKI Jakarta dan kemudian Presiden Indonesia. Gibran tak mau menebeng bisnis ayahnya. Dia ngotot mendirikan bisnis masakan dan wedding organizer.

style="display:block"
data-ad-client="ca-pub-6037247388376359"
data-ad-slot="5485024081"
data-ad-format="link">



Dia memulai bisnis masakan menyerupai katering dan martabak dengan mencari derma dari bank, alasannya ayahnya ingin beliau mandiri. Dari tujuh anjuran permohonan yang dikirim ke bank, hanya satu yang tembus. Dari modal itulah beliau membangun bisnis masakan dengan bendera Chili Pari. Mulanya beliau hanya melayani pesanan dalam jumlah kecil. Namun kemudian beliau mulai menangani order besar dengan jumlah tamu hingga ribuan orang.


3. Susi Pudjiastuti


Kesuksesan Susi Pudjiastuti merintis bisnis dari nol di bidang perikanan dan penerbangan membuatnya dianggap layak menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan di periode pemerintahan Joko-Widodo-Jusuf Kalla.


Susi hanya mengantongi ijazah Sekolah Menengah Pertama karena drop out ketika SMA. Dia lebih menentukan berbisnis sebagai pedagang pengepul ikan di Pangandaran ketimbang sekolah. Perhiasannya beliau jual untuk memodali bisnis itu.


Bisnis perikanan Susi kian maju dari tahun ke tahun. Akhirnya, dengan meminjam dari bank, beliau membeli sebuah pesawat untuk mempermudah pengangkutan produk lautnya. Kemudian beliau menambah satu demi satu pesawat dan mendirikan maskapai Susi Air.


4. Sunny Kamengmau


Sunny Kamengmau, lelaki asal Nusa Tenggara Timur yang sukses membuat dan memasarkan tas merek Robita. Tas ini sangat terkenal di Jepang, bahkan di kalangan sosialita kelas atas di sana.


Sunny tak pernah lulus SMA. Bermodal nekat, beliau pergi ke Bali untuk menjadi tukang sapu di sebuah hotel. Selama bekerja di hotel itu, beliau tekun berguru bahasa Inggris dan Jepang.


Pekerjaannya di hotel itu mempertemukannya dengan pengusaha asal Jepang yang memintanya memasok tas kulit ke Negeri Matahari Terbit itu. Pelan tapi pasti, beliau memperkokoh usahanya hingga bisa merekrut 100 karyawan.


5. Reza Nurhilman


Reza memulai bisnis keripik singkong super pedas Maicih sendirian di usia 23 tahun. Dia mendirikan UKM ini dengan menggandeng produsen keripik lokal di Bandung. Bermodal awal Rp15 juta, Reza memasarkan produknya dari lisan ke lisan dan memanfaatkan situs jejaring sosial Twitter. Dia kemudian menerapkan pola keagenan yang disebutnya “jenderal” untuk lebih sanggup menjangkau konsumen.

style="display:block; text-align:center;"
data-ad-layout="in-article"
data-ad-format="fluid"
data-ad-client="ca-pub-6037247388376359"
data-ad-slot="7037953167">



Itulah 5 dongeng pebisnis sukses yang memulai perjuangan dari nol. Ketiadaaan modal yakni problem bagi mereka, tapi mereka bisa mengatasi problem itu dengan jalan masing-masing. Bagaimana dengan kita?


SUMBER



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Dongeng 5 Pengusaha Sukses, Dari Bisnis Kuliner Hingga Peternakan"

Posting Komentar