Cara Mempertahankan Kesejukan Bunga Potong

Bunga potong merupakan salah satu alternatif menarik yang dipakai untuk menghiasi ruanga Cara Mempertahankan Kesegaran Bunga Potong
Bunga potong merupakan salah satu alternatif menarik yang dipakai untuk menghiasi ruangan.

Memiliki bunga potong di rumah yang diletakkan di dalam vas transparan tentu saja akan memperlihatkan kesan sejuk dan indah. Apalagi bila bunga yang dipakai ialah bunga yang merebakkan aroma harum/wangi, niscaya akan menciptakan orang-orang merasa nyaman dan betah berada di dalam rumah. Namun sayangnya, keberadaan bunga potong tidak bertahan lama. Biasanya gres sehari, besoknya sudah mati. Hal ini tentunya menciptakan Anda kecewa bahkan kesal, dan karenanya banyak yang menentukan untuk beralih pada bunga-bunga hiasan buatan alasannya ialah dinilai lebih tahan lama.


Padahal berdasarkan banyak ahli, meletakkan bunga segar di dalam rumah akan mengurangi resiko terkena stres alasannya ialah kesejukannya akan berfungsi sebagai anti-depresi bagi siapapun yang memandangnya. Jadi, cobalah tetap memanfaatkan kesegaran bunga-bunga potong di rumah Anda. Untuk membuatnya tahan lama, pada artikel ini akan diberikan tips dan cara-caranya.


Bunga potong merupakan salah satu alternatif menarik yang dipakai untuk menghiasi ruanga Cara Mempertahankan Kesegaran Bunga Potong
Tampilan ruangan di dalam rumah terlihat lebih sejuk, nyaman dan segar dengan keberadaan bunga potong.

Adapun hal-hal yang harus Anda perhatikan Adalah sebagai berikut:


Pemilihan bunga potong dan cara pemotongan


Tahan usang atau tidaknya bunga potong bisa dipengaruhi dari cara pemotongannya. Biasanya bila cara pemotongannya sudah benar, maka bunganya juga akan bertahan sedikit lebih usang dibanding bunga dengan pemotongan sembarangan. Untuk pemotongan bunga yang benar sebaiknya dilakukan menjelang pagi hari sebelum matahari terbit.


Kenapa di pagi hari? alasannya ialah di pagi hari, bunga, batang beserta daun tumbuhan mengandung banyak air. Makara ketika dipotong, air yang terdapat di dalamnya akan memperlihatkan kesegaran lebih lama. Potonglah batangnya yang besar lengan berkuasa dan segar. Untuk bunga dengan batang yang bercabang-cabang dan terdiri dari beberapa kuncup bunga, biarkan 1 kuncup yang belum mekar. Sementara batang dengan bunga tunggal, biarkan mekar sepenuhnya.


Bunga potong merupakan salah satu alternatif menarik yang dipakai untuk menghiasi ruanga Cara Mempertahankan Kesegaran Bunga Potong
Sebelum diletakkan pada wadah, batang bunga potong dibersihkan dari kotoran, juga lumut tanaman, lalu disejajarkan ukuran batangnya satu sama lain.

Pemilihan wadah untuk bunga potong


Wadah yang dipakai sebaiknya pot bening, transparan atau vas. Pot jenis transparan akan memperlihatkan tampilan bunga potong yang benar-benar hidup dan alami. Untuk ukuran wadah, sesuaikan dengan ukuran bunga potong yang diiginkan, sedangkan untuk bentuknya, sebaiknya menentukan bentuk yang bagus dan unik-unik. Selain itu, pastikan potnya bersih, terhindar dari kotoran yang bisa membawa penyakit bagi bunga potong Anda. Isi pot tersebut dengan air higienis dengan suhu sekitar 43,5°C. Air panas bisa menciptakan batang bunga menjadi kuat. Ketika wadah dan airnya siap, masukkan batang bunga pada wadah tersebut dan tempatkan di ruangan yang bersuhu normal.


Selanjutnya lakukan perawatan berikut:



  • Ganti air di dalam wadah setiap hari alasannya ialah kemungkinan bakteri-bakteri sudah mulai bermunculan. Bersihkan wadahnya dan beri kembali air bersih. Hal ini bertujuan semoga bunga potong kembali segar.


Bunga potong merupakan salah satu alternatif menarik yang dipakai untuk menghiasi ruanga Cara Mempertahankan Kesegaran Bunga Potong
Mengganti air dalam wadah penting untuk mempertahankan kesegaran bunga potong.


  • Pada ketika pergantian air, perhatikan kondisi batangnya. Jika ada yang membusuk, segera potong potongan yang membusuk itu. Bahkan pada batang yang tidak membusuk sekalipun, sebaiknya dipotong 1 sentimeter dengan potongan menyudut membentuk sudut 45°. Hal ini bertujuan untuk mempermudah peresapan air oleh batang.

  • Kemudian bila ada salah satu bunga yang layu atau mati, segera buang atau pindahkan. Karena biasanya bunga layu secara berantai, memperlihatkan imbas bunga lain di sekitarnya untuk segera layu juga.

  • Atur penempatannya. Jangan diletakkan pada daerah yang terkena sinar matahari secara pribadi dan angin yang bertiup. Jangan ditempatkan di atas televisi alasannya ialah radiasinya menganggu kesegaran bunga, juga jauhkan pada buah-buahan alasannya ialah gas etilen yang dilepas oleh buah akan memperlihatkan imbas layu pada bunga.

  • Untuk menciptakan tampilannya infinit lebih lama, berikan pengawet bunga (sebagai makanan bunga) yang bisa didapatkan di toko-toko bunga atau toko peralatan berkebun. Pengawet bunga potong bisa Anda buat sendiri juga. Caranya gampang, akan kami bahas pada paragraf berikut di bawah ini.


Membuat pengawet bunga potong sederhana


Mudah dan sanggup dilakukan sendiri, dengan bahan-bahan yang sangat praktis didapatkan. Ya benar mengawetkan bunga potong sesederhana itu, yuk kita pelajari caranya, ada tiga (3) alternatif yang kami berikan, sanggup dipilih senidi:



  1. Cara pertama ialah manfaatkan soda, jeruk nipis dan pemutih. Campurkan air dengan cairan soda, lalu berikan beberapa tetes air jeruk dan tambahkan pemutih. Komposisi ini akan memperlihatkan nutrisi berupa kadar asam dan gula pada batang sekaligus zat anti-mikraba yang dimiliki oleh pemutih sanggup mematikan mikroorganisme pada air dan batang bunga.

  2. Cara kedua ialah memanfaatkan jus jeruk, gula, dan pemutih. Komposisi ini dicampur kedalam air pada wadah bunga potong. Hal ini akan memperlihatkan nutrisi makanan yang dibuthkan oleh batang bunga semoga tetap segar.

  3. Jika tidak ada pemutih, ganti saja dengan vodka. Kandungan vodka bisa berfungsi juga sebagai pemakan mikroorganisme dan jamur serta kuman yang ada didalam air. Vodka juga bisa membuang produksi gas etilen yang merupakan gas penyebab flora layu.


Perlu diperhatikan bahwa penggunaan pemutih untuk pengawetan jangan berlebihan, gunakan sedikit saja. lalu ada beberapa materi yang selama ini dianggap bisa mengawetkan tumbuhan namun bekerjsama anggapan itu keliru. Misalnya pemakaian cuka putih, aspirin juga tembaga berupa koin. Pemakaian bahan-bahan tersebut justru hanya akan menciptakan batang bunga potong Anda berubah warna menjadi keabu-abuan. Dan tidak membuatnya tahan lama.


Bunga potong merupakan salah satu alternatif menarik yang dipakai untuk menghiasi ruanga Cara Mempertahankan Kesegaran Bunga Potong
Contoh pemakaian hidrogel bening pada bunga potong. Terlihat lebih cantik.

Terakhir, untuk mempercantik tampilan bunga potong Anda, bisa memanfaatkan hidrogel. Hidrogel ialah bulatan-bulatan warna-warni berbentuk kristal (seklias seolah-olah kelereng) yang bisa menyerap dan melepaskan air, berfungsi sebagai cadangan air dan nutrisis pada tumbuhan (baca selengkapnya pada artikel perihal hidrogel dan cara penggunaannya). Sehingga selain memperindah tampilan, hidrogel juga sanggup menciptakan bunga potong tahan lebih lama.


Dengan memperhatikan dan mengikuti beberapa ulasan di atas, semoga bunga potong di rumah Anda bisa bertahan lama. Selamat mencoba 😀


Kami juga menyediakan banyak sekali tumbuhan hias bunga yang sanggup dijadikan sebagai bunga potong. Dapatkan bibit tumbuhan hias bunga (tanaman hidupnya) disini dan benih tumbuhan hias lainnya disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Mempertahankan Kesejukan Bunga Potong"

Posting Komentar