✔ Better Body Position And What You Proper To Learn To Be More Faster And Safer

POSISI TUBUH YANG LEBIH BAIK DAN APA YANG KAMU PERLU UNTUK BELAJAR MENJADI LEBIH CEPAT DAN AMAN



Mengapa posisi tubuh (berikutnya kita akan sebut sebagai body position) yang sempurna bisa menciptakan kita lebih cepat dan kondusif ketika riding dan cornering? Berikut hal-hal yang bisa kau pelajari :

1. ADA ALASAN MENGAPA SEMUA PEMBALAP GP TERLIHAT SAMA DALAM MEMBALAP



Bandingkan antara gaya membalap marc, jorge, dani pedrosa bahkan valentino rossi atau siapapun dalam lintasan balap. Kecuali dari warna wearpack yang mereka pakai, gaya membalap mereka terlihat sama! Ini alasannya ialah gaya membalap tersebut lebih diterima dan dikembangkan dan dianggap sebagai praktek terbaik untuk olahraga motor sport. Tentu saja saya, anda dan hampir kebanyakan orang yang menyukai olahraga motor sport baiklah akan hal ini dan menerima laba dari mereka.

2. BUKAN TENTANG ELBOW DOWN

Ini lebih wacana safety. Alasan pembalap motogp menggantung di motor bukan ajang show off; ini untuk mengurangi sebanyak mungkin lean angle dari motor, dalam kecepatan tinggi sebisa mungkin. Sedikit lean angle berarti lebih besar area kontak ban ke aspal, lebih besar kemungkinan kesalahan dan kemampuan rem menjadi lebih lambat dan akselerasi menjadi terlalu dini. Sementara kita tidak mendapatkan perlakuan sama di level yang sama atau lean di jalan atau di lintasan kita masih tetap bisa mendapatkan laba dari mereka.

3. MICK DOOHAN JUGA BISA SALAH

Mungkin dikala ini, ban modern sudah tidak cocok lagi dengan gaya mengeluarkan bokong(maaf) dari seat dan menjaga tubuh berlawanan dengan tanki semoga kepala tetap bisa tegak. Kenyataannya yang berlawanan justru benar. Agar benar, body position dikala ini, sebaiknya anda hanya mengeluarkan sebagian dari bokong anda kemudian rebahkan tubuh dan helm anda searah dengan jalan.


4. KENAPA BISA BEKERJA?


Dari pandangan di depanmu, bayangkan garis lurus melalui tengah ban depan. Ini semoga berat tubuh bisa memperlihatkan efek sebaik mungkin untuk lean angle motor, posisikan tubuh anda sebisa mungkin antara garis tersebut dan dasar jalan, ketika di dalam tikungan. Selanjutnya dalam arah anda melaju, semakin sedikit motor akan memerlukan lean dikala kecepatan tertentu. Katakanlah.. dikala kecepatan 73Kpj, anda harus memiringkan motor anda di 45 derajat untuk bisa melewati tikungan sambil duduk tegak di atas motor. Menggunakan body position, anda bisa mengurangi kemiringan dikala 73Kpj (secara hipotesis) menjadi hanya 35 derajat. Lebih amannya; anda memerlukan lebih banyak kontak ban dengen jalan dan memerlukan lebih banyak grip. Jika anda tiba-tiba harus mengoreksi linemu, kau bisa menambah 10 derajat lagi, dan tidak ada masalah. Atau, untuk tujuan semoga bisa lebih cepat, 45 derajatmu tiba-tiba bisa merubah kecepatan menjadi lebih cepat lagi.

5. BAGAIMANA ANDA BISA MELAKUKANNYA


Sejujurnya, hal sederhana terbaik untuk dilakukan ialah mempelajari foto dari pembalap, jurnalis dan pengendara cepat lainnya kemudian cobalah untuk menirukan body positionnya. Ada cara fundamental semoga bisa berhasil. Kita asumsikan kau siap untuk berkendara dengan kaki di footpeg dan berat tubuh tidak terpusat pada handlebar. Pertama, keluarkan setengah bokongmu dari jok. Arah tikungan seharusnya menjadi arah kau mengeluarkan bokongmu. Kemudian, buka lenganmu dan dadamu searah dengan tikungan dan coba "cium" dari balik kaca. Ini seharusnya bisa menurunkan badanmu searah dengan jalan, tapi saran yang lebih baik ialah menyentuh atas tanki dengan lengan sepenuhnya membuka keluar. Ingat.. untuk selalu melihat kemana kau akan melaju dan... selamat kau sudah menerima body position yang bagus.

6. APA YANG HARUS DILAKUKAN DENGAN BERAT BADAN


Kunci paha dan lutut bab luarmu ke bab tanki yang memang di desain untuk menahannya; disebut menggantung untuk alasan tertentu. Fokuskan berat tubuh pada kaki yang berada di footpeg, tapi tetap jaga kaki sebelah dalam cukup bebas sehingga bisa menekuk kakimu. Dengan cara itu, ketika lutut diturunkan, kakimu bisa ditekuk ke dalam dan tidak mengganggu kemampuanmu untuk lean. Jangan sekali-kali memusatkan beban di lututmu menyerupai menyeretnya (dragging), itu akan mengurangi beban dari ban dan bisa menimbulkan lowside. Jangan juga memberi beban pada stang motor. Lakukan corner sehalus mungkin dan biarkan motor melaju dengan jalurnya sendiri, itu juga memberi fasilitas padamu untuk mengendalikannya.


Ketika kau memulai akselerasi keluar tikungan, perlahan tahan tubuhmu tetap rebah sambil perlahan mendorong motor untuk tegak. Sedikit lean angle berarti kau bisa memakai lebih banyak gas, dan akselerasi secepat mungkin. Kemudian, sambil kau bersiap untuk tikungan berikutnya, pindahkan berat badanmu melalui kakimu dan geser bokongmu ke arah berlawanan tanpa terpental dari jok ataupun stang motor; seharusnya gampang untuk melakukannya dengan halus.

7. ERGONOMI MOTOR MEMBANTU



Ya.. ergonomi motor sangat membantu dalam proses belajar. Sangat baik untuk memulainya dengan kondisi kendaraan standar tanpa ada modifikasi. Karena ketika motor itu diciptakan juga sudah melalui kalkulasi dan pertimbangan yang sempurna dari para insinyur pembuatnya dan juga sudah melalui serangkaian test untuk kemudian bisa diluncurkan. Namun bila dikemudian hari ternyata ergonomi kurang dekat untuk bisa membantu proses belajar, bisa dilakukan modifikasi pada kendaraan dengan catatan menambah fasilitas untuk berguru namun tidak menghilangkan sisi efisiensi dan safety dari kendaraan itu sendiri.

8. APAPUN MOTORMU TIDAK MASALAH

Mau motor naked, motor fairing, matic atau bahkan vespa sekalipun prinsipnya tetaplah sama. Karena semua tergantung bagaimana kita bisa mengendarai motor dan bisa mengendalikannya.

9. MENOLONG JUGA KETIKA RIDING DI CUACA BURUK

"Menggantung" atau lean corner dengan body position yang sempurna menyerupai pembalap motogp menciptakan kita bisa melaju dengan cepat. Di lintasan balap, jalan besar, cuaca cerah atau bahkan cuaca jelek sekalipun tetap bisa dilakukan dengan aman. Dengan lean angle yang sempurna dan kecepatan yang sempurna juga sangat membantu untuk menciptakan ban tetap bisa "mengigit" di aspal.

10. TAPI ITU SEMUA BUKAN SEGALANYA

Mempelajari kemudian mempraktekannya dengan benar tentu ialah sebuah kewajiban, tapi apabila ada dari kalian yang mungkin tidak bisa sepenuhnya sama dengan apa yang sudah diajarkan bukan berarti kalian ialah biker/rider yang buruk. Semua hanya soal waktu dan kemauan kau untuk berguru dan mempraktekkannya. Menjadi satu dengan motor dan bisa menikmatinya ialah yang terpenting, bukan untuk terlihat keren di dalam foto.

Then.. after all.. all i can say is keep the brotherhood and ciaooo!!

SUMBER : Diterjemahkan dengen beberapa perubahan semoga bisa dipahami dengan gampang dari rideapart.com - 10 things you need to know about motorcycle body position 

Sumber http://kebospeed.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "✔ Better Body Position And What You Proper To Learn To Be More Faster And Safer"

Posting Komentar