Ukuran Standar Pintu Dan Jendela Rumah Tinggal Lengkap

Pintu dan Jendela


Pintu dan Jendela merupakan bab penting dalam bangunan sebagai kanal keluar masuk orang, barang dan udara. Sehingga dalam Hal ini penting untuk mengetahui berapa ukuran pintu dan jendela yang baik untuk rumah tinggal. Berikut Adalah ulasannya.

Ukuran Standar Pintu


Ukuran Pintu

Ukuran standar pintu setiap ruangan tidak sanggup disamakan. Namun sanggup kita bedakan berdasarkan tata letak dan fungsinya. Berikut yaitu ukuran standar pintu yang sering dipakai di lapangan. Ukuran yang tersaji yaitu ukuran lubang, tidak termasuk kusen.

1. Pintu Utama 


Merupakan pintu entrance utama atau pintu awal untuk kita masuk kedalam rumah. Ukuran standar untuk pintu ini yaitu 90cm x 210cm.

Fungsi dari pintu utama yaitu daerah masuknya orang dan barang-barang. Juga daerah kita memasukkan barang dengan ukuran besar dan daerah keluar masuk seluruh penghuni rumah. Untuk fungsi ini dibutuhkan ukuran pintu ini lebih besar dari ukuran pintu yang lain.

2. Pintu Kamar


Pintu ini merupakan sub entrance. mempunyai ukuran lebih kecil dari ukuran pintu utama dengan lebar x tinggi = 80cm x 190cm.

Fungsi dari pintu kamar hanya untuk masuk penghuni kamar tersebut dan ukuran barang yang dimasukkan kedalam kamar relatif lebih kecil ukurannya .

3. Pintu Area Servis


Pintu ini sanggup dipakai untuk toilet atau gudang. Pintu ini mempunyai ukuran lebar yang lebih kecil dari ukuran pintu yang lain yaitu 70cm x 180cm.

Fungsi pintu ini di sesuaikan dengan ukuran ruang servis menyerupai toilet yang standar nya ialah 150cm x 200cm. Tidak mempunyai fungsi menyerupai pintu-pintu lain yang di gunakan untuk memasukkan barang-barang dengan ukuran besar dan sirkulasi yang padat.

Bahkan untuk pintu gudang kecil (gang) pintunya sanggup diperkecil sampai ukuran 60cm x 210cm. Itupun bila tidak ada orang yang masuk ke dalam ruangan tersebut.

Ukuran Standar Jendela


Ukuran Jendela



Jendela juga mempunyai variasi ukuran yang diadaptasi dengan fungsi dan tata letaknya dalam ruangan. Berikut yaitu uraian mengenai ukuran lubang jendela pada rumah tinggal.

1. Jendela utama


Jendela ini biasa terletak didepan atau lebih tepatnya berhadapan eksklusif dengan ruang tamu atau pun ruang utama keluarga. Jendela ini mempunyai ukuran minimal 80cm x 120cm dengan beberapa kali pengulangan (1-3 kali).

Ruang tamu atau Ruang Keluarga biasanya mempunyai ukuran yang luas dan kegiatan yang padat sehingga memerlukan jendela dengan bukaan yang luas untuk pencahayaan ruangan dalam rumah dan sumber pertukaran udara.

Perlu dicatat bahwa ukuran jendela utama sanggup dibentuk seluas mungkin bahkan seukuran dinding, namun beresiko pada penyinaran yang berlebih di siang hari, sehingga perlu ditutupi gorden.


2. Jendela Kamar


Jendela ini mempunyai ukuran relatif lebih kecil dari jendela utama dikarenakan fungsi jendela untuk melayani kamar tidur dengan suasana yang lebih privat dan ukuran yang relatif lebih sempit. Jendela ini mempunyai ukuran 60cm x 80cm, sanggup dengan beberapa kali pengulangan (1-2 kali).

Sebaiknya letak jendela kamar tidak mengarah eksklusif pada bab vital ruangan sehingga tidak mengganggu privasi penghuni. Tidak baik juga meletakan jendela sempurna di atas kepala ranjang/tempat tidur.

Baca Juga :

Sumber http://www.arsitur.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Ukuran Standar Pintu Dan Jendela Rumah Tinggal Lengkap"

Posting Komentar