Tanaman Penyembuh Penyakit Wasir: Hanjuang (Andong)

Wasir yang sering mengganggu kenyamanan dan terkadang menjadikan rasa sakit, bisa dihindari dan disembuhkan dengan pemanfaatan daun Andong/Hanjuang. Hanya dengan merebusnya dan meminum secara rutin, maka wasir akan hilang tanpa memerlukan operasi. Pada artikel kali ini, akan dibahas ihwal tanaman Andong/Hanjuang untuk penyembuhan wasir. Ingin tau lebih jelasnya? Silahkan dibaca yah 🙂


Wasir atau sering disebut dengan ambeien ialah kelainan tanggapan dari membesarnya pembuluh vena pada cuilan rektum (usus besar) di kawasan dubur. Secara anatomi, wasir bukanlah sebuah penyakit, namun perubahan ganjal pembuluh darah di dubur yang membesar dan melebar. Umumnya, penyakit wasir tidaklah berbahaya, namun bila tidak segera diatasi akan menjadi makin parah dan menjadikan nyeri yang cukup mengganggu.


Wasir yang sering mengganggu kenyamanan dan terkadang menjadikan rasa sakit Tanaman Penyembuh Penyakit Wasir: Hanjuang (Andong)
Penderita wasir biasanya akan kesakitan kalau duduk terlalu lama. Hal ini tentunya sangat menganggu aktifitas sehari-hari si penderita.

Bila dilihat dari lokasi peradangan pembuluh vena, wasir dibagi menjadi dua jenis, yakni :


1. External hemorrhoids. Biasanya external hemorrhoids menjadikan rasa yang lebih tidak nyaman dibandingkan dengan internal hermerrhoids. Rasa sakit yang timbul ini diakibatkan oleh kulit di kawasan munculnya wasir terkikis atau teriritasi. Pada wasir jenis ini, penderita bisa menderita sakit tiba-tiba yang cukup parah.

2. Internal hemerrhoids. Pada kasus ini, para penderita tidak terlalu menderita sakit ataupun merasa tidak nyaman mirip yang dirasakan pada external hemerrhoids. Namun demikian, biasanya penderita internal hemerrhoids ini akan buang besar dengan disertai pendarahan dari dalam.


Penyebab Penyakit Wasir


Secara umum, wasir mempunyai korelasi bersahabat dengan sembelit kronis yang mengharuskan mengejan terlalu keras ketika BAB, sehingga berakibat pada membengkaknya pembuluh darah di sekitar anus. Selain beberapa faktor ini, wasir atau ambeien juga bisa terjadi pada orang-orang yang terlalu usang duduk, ibu hamil, juga usia lanjut bisa meningkatkan risiko adanya wasir. Faktor-faktor lain mirip kegemukan, diare berkepanjangan, kegiatan olahraga yang kurang tepat, bahkan faktor keturunan juga bisa menjadi faktor yang cukup kuat dalam terjadinya penyakit ambeien.


Dengan faktor-faktor penyebab wasir yang telah diketahui, maka pencegahan akan terjadinya ambeien bisa dilakukan. Pencegahan wasir dilakukan dengan sesekali bangun bagi para karyawan yang kerjanya kebanyakan dengan duduk. Hal preventif semacam ini harus dilakukan mengingat penyakit wasir bisa menyerang siapa saja dalam rentang usia berapapun dan baik wanita maupun laki-laki.


Gejala yang Harus Diwaspadai


Ada beberapa tanda-tanda yang gampang dikenali pada kasus wasir diantaranya ialah :



  • Ada darah yang terkadang menetes dari anus

  • Ada lendir yang keluar bersama dengan kotoran ketika buang air besar.

  • Banyak diantara penderita wasir yang mencicipi sakit ketika duduk (meski tak semua merasakannya)

  • Pada kasus external hermorrhoids, terdapat benjolan yang halus di sekitar anus. Ukurannya sanggup membesar ketika penyakit wasir makin memburuk.


Pencegahan yang Bisa Dilakukan Agar Tidak Terkena Wasir


Selain mencegah wasir dengan cara mengurangi intensitas duduk, ternyata ada banyak rujukan hidup lain yang harus dilakukan semoga wasir tidak mengintai Anda:



  • Olahraga teratur

  • Perbanyak konsumsi makanan berserat tinggi

  • Jangan tunda untuk membuang hajat

  • Duduk di bidang yang empuk (tidak keras)


Namun, bila penyakit wasir sudah menjangkit Anda, ada alternatif penyembuhan dengan memakai flora yang cukup ampuh untuk mengusir wasir yang Anda derita yakni dengan memanfaatkan tumbuhan Hanjuang atau tumbuhan Andong.


Tanaman Andong Menjadi Obat Wasir/ Ambeien


Cordyline fruticosa yang biasa dikenal dengan pohon Andong atau pohon Hanjuang merupakan tumbuhan yang tersebar luas di wilayah mulai dari Asia Tenggara, Australia, Malenesia, Samudera Hindia, sampai Plinesia. Karena persebarannya yang sangat luas ini, maka ia mempunyai aneka macam nama lain, diantaranya : good luck plant, ti plant, cabbage palm, mak pu mak mia, bloddracena, anjiluwang, sawang, ai buru, dan yang lain sebagainya.


Wasir yang sering mengganggu kenyamanan dan terkadang menjadikan rasa sakit Tanaman Penyembuh Penyakit Wasir: Hanjuang (Andong)
Hanjuang merah mempunyai tampilan yang mencolok. Biasanya dipakai sebagai tumbuhan hias pembatas.

Tanaman Andong termasuk ke dalam jenis tumbuhan perdu bercabang dengan kemampuan tumbuh sampai 2-4 meter. Rantingnya yang ada bekas daun yang rontok mempunyai bentuk ibarat cincin, daun di ujung ranting berdesakan dengan ujung spiral, mempunyai helai daun yang berwarna hijau kemerahan atau hijau muda bergaris dengan pangkal daun berbentuk baji dan ujung daun yang runcing.


Hanjuang atau tumbuhan Andong mempunyai aneka macam zat yang sebagian besar terkandung di daunnya. Seperti tanin, flavonoid, saponin, steroida, polifenol, kalsium oksalat, zat besi, dan juga polisakarida. Kandungan saponin, steroida, dan polisakarida di dalam pohon Hanjuang menjadikannya bersifat anti bengkak, mendinginkan, anti radang, hemostatik, dan menghilangkan sakit. Daunnya yang dipakai untuk obat mempunyai rasa pahit. Selain daunnya, bijinya pun bisa dimanfaatkan sebagai obat anti radang. Kandungannya tersebut menjadikan tumbuhan ini sanggup dipercaya sebagai tanaman obat. Namun dari tampilannya yang bagus sehingga sering juga dijadikan tanaman hias yang menghiasi pekarangan.


Wasir yang sering mengganggu kenyamanan dan terkadang menjadikan rasa sakit Tanaman Penyembuh Penyakit Wasir: Hanjuang (Andong)
Gambar tumbuhan Andong/Hanjuang yang berwarna hijau.

Membuat Ramuan Hanjuang Untuk Mengobati Wasir


Untuk mengobati penyakit wasir yang diderita dan terasa cukup menyiksa, hanya cukup menyediakan Daun Hanjuang untuk dijadikan minuman. Caranya gampang hanya dengan mengkombinasikan daun Hanjuang dan Daun Wungu masing-masing 3 dan 7 helai daun. Jangan lupa siapkan air untuk merebusnya sebanyak tiga gelas saja. Lalu, rebus daun Hanjuang dan Daun Wungu yang telah disiapkan sampai mendidih. Tunggu sampai air rebusan hanya tersisa satu gelas saja. Baru sesudah dingin, minum ramuan ini dua kali sehari setiap pagi dan sore. Minum secara rutin selama 14 hari dan wasir yang Anda derita akan segera hilang terobati.


Lihat koleksi tumbuhan andong yang kami jual disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Tanaman Penyembuh Penyakit Wasir: Hanjuang (Andong)"

Posting Komentar