Sejarah Yogyakarta (25): Kota Jogjakarta Tidak Pernah Berstatus Gemeente (Kota), Mengapa? Inilah Daftar Residen Jogjakarta
*Untuk melihat semua artikel Sejarah Yogyakarta dalam blog ini Klik Disini
Kota Jogjakarta di kurun kolonial Belanda pantas jadi Kota (Gemeente), tetapi itu tidak pernah terjadi. Kota-kota yang telah menjadi gemeente antara lain kota Semarang dan kota Tegal, Seperti halnya Jogjakarta, Kota Soerakarta juga tidak pernah menjadi Kota (Gemeente). Kedua kota di vorstenlanden ini hanya dibina oleh masing-masing seorang Asisten Residen. Setali tiga uang, kedua kota ini juga tidak mempunyai dewan kota (gemeenteraad) sendiri.
Kota Jogjakarta di kurun kolonial Belanda pantas jadi Kota (Gemeente), tetapi itu tidak pernah terjadi. Kota-kota yang telah menjadi gemeente antara lain kota Semarang dan kota Tegal, Seperti halnya Jogjakarta, Kota Soerakarta juga tidak pernah menjadi Kota (Gemeente). Kedua kota di vorstenlanden ini hanya dibina oleh masing-masing seorang Asisten Residen. Setali tiga uang, kedua kota ini juga tidak mempunyai dewan kota (gemeenteraad) sendiri.
Batas kota Jogjakarta, 1890 |
Lantas mengapa kota Jogjakarta tidak pernah berstatus gemeente? Padahal pantas berstatus gemeente. Lalu mengapa kota Padang Sidempoean mempunyai dewan sendiri tetapi tidak pernah berstatus gemeente? Itulah pertanyaannya. Suatu pertanyaan sepele perihal gemeente dan gemeenteraad, tetapi mempunyai dampak besar terhadap penataan (dinamika) kota selama kurun kolonial Belanda. Uniknya, di dua kota ini pula pada final perang kemerdekaan terjadi serangan umum: di Jogjakarta 1 Maret 1949 dan di Padang Sidempoean Mei 1949.
Administrasi Pemerintahan Era Hindia Belanda: Gubernur, Residen dan Controleur
Administrasi pemerintahan bahwasanya gres dimulai pada kurun Pemerintah Hindia Belanda. Pada kurun VOC/Belanda meski jabatan Residen sudah ada tetapi batas-batas wilayah pemerintahan belum dibuat secara tegas. Hanya disebutkan seorang residen ditempatkan di kota atau pelabuhan tertentu. Jabatan terendah dalam struktur pemerintahan ketika itu (era VOC/Belanda) yaitu posthouder. Jabatan tertinggi yaitu Gubernur Jenderal yang membawahi beberapa gubernur mirip Gubernur Malaka dan Gubernur Amboina dan sejumlah residen (secara langsung).
Pada kurun Pemerintahan Hindia Belanda, terutama pada masa jabatan Gubernur Jenderal Daendels (1809-1811) manajemen pemerintahan diperjelas dengan membentuk sejumlah wilayah menjadi Provinsi atau Perfektur yang beribukota di kota-kota tertentu mirip Batavia, Chirebon, Semarang dan Soerabaja. Namun kurun gres Pemerintahan Hindia Belanda ini harus berakhir sehabis terjadinya pendudukan Inggris yang dimulai pada bulan Januari 1812. Pemerintahan Hindia Inggris dibawah Letnan Gubernur Raffles, pulau Jawa (termasuk Madura) dibagi ke dalam 16 Residen. Dua diantaranya Residentie Soeracarta dan Residentie Djocjocarta. Pendudukan Inggris juga tidak usang kemudian digantikan kembali Pemerintah Hindia Belanda (sejak 1816 sampai 1942).
Pada kurun Pemerintahan Hindia Belanda (sejak 1816) terminologi Province atau Prefectur tidak dipakai lagi tetapi mengikuti konsep pembagian wilayah menurut Residentie mirip yang telah dilakukan Inggris. Namun dalam perkembangannya, tahun 1834 secara khusus sejumlah residentie di Sumatra disatukan untuk membentuk satu provinsi yang disebut Provinsi Sumatra’s Westkust yang beribukota di Padang. Pada tahun 1840 Residentie Bengkoelen dipisahkan dan Residentie Tapanoeli dimasukkan sebagai penggantinya. Lalu tahun-tahun selanjutnya dibuat Provinsi Groote Oost (baca: Indonesia Timur) yang beribukota di Makassar. Di Kalimantan, mirip halnya di Jawab tidak pernah dibuat satuan manajemen provinsi. Pada tahun 1915 satu residentie dan hanya satu-satunya yakni Residentie Oost van Sumatra ditingkatkan statusnya yang dipimpin oleh seorang Gubernur berkedudukan di Medan. Sebaliknya, status provinsi dan jabatan gubernur di Sumatra’s Wesrkust dihapus. Baru pada tahun 1920an di pulau Jawa dibuat provinsi, yakni: West Java berkedudukan di Batavia, Midden Java di Semarang dan Oost Java di Soerabaja. Dengan demikian Gubernur Jenderal membawahi lima Gubernur dan sejumlah Residen yang bersifat otonom mirip Residentie Tapanoeli yang beribukota di Sibolga. Pembagian wilayah ini tidak berubah sampai berakhirnya Belanda tahun 1942.
Residentie Soeracarta dan Jogjakarta: Pembentukan Dewan
Pembentukan dewan (raad) intinya dimaksudkan untuk membantu pemerintah dalam perencanaan dan pengawasan pada suatu wilayah tertentu. Dalam hal ini pada suatu wilayah kesatuan pembangunan satu afdeeling atau beberapa afdeeling (gewest), kota (gemeente) atau nasional dibuat dewan untuk menampung aspirasi dari aneka macam pihak dalam perencanaan dan pengembangan. Pemerintah juga mempunyai wakil di dalam dewan. Perlunya pembentukan dewan ini juga sehubungan dengan perkembangan sosial, politik dan budaya. Cikal bakal dewan (anggotanya digaji pemerintah) yaitu suatu dewan yang bersifat sukarela yang juga didayagunakan untuk pembentukan dana (fonds) untuk pembangunan). Dewan pembangunan (Fonds) ini berkembang di aneka macam kota.
Sebagai pola di Deli yang beribukota di Medan (sebelum 1900) sudah dibuat suatu dewan sukarela (fonds) yang diinisiasi oleh pemerintah (Residen). Anggota dewan (fonds) ini yaitu wakil-wakil dari perusahaan besar atau asosiasi perusahaan (seperti Deli Mij, Spoor Mij), para pemimpin komunitas mirip Kapten/Majoor China, pangeran yang mewakili kesultanan dan juga wakil-wakil pemerintah mirip BOW. Dewan ini kemudian menyusun rencana, mengumpulkan dana dan melakukan aneka macam aktivitas mirip perbaikan jalan, pengembangan drainase di dalam kota, penataan taman-taman kota dan bahkan pembangunan gedung-gedung publik. Dewan sukarela ini terus berkembang sehingga pada karenanya bertransformasi menjadi dewan yang bersifat formal yang anggotanya digaji oleh pemerintah mirip Afdeelingraad, Regentchapraad, Volksraad dan gemeenteraad. Dewan sukarela (fonds) sebelumnya diangkat oleh pemerintah kemudian dewan formal dipilih menurut kriteria tertentu dan karenanya dipilih melalui suatu pemilihan (semacam pemilu atau pilkada).
Pembentukan dana (fonds) ini tidak terdeteksi di Soeracarta dan Djocjocarta. Dana-dana Fonds yang terbentuk di aneka macam kota memunculkan gagasan dalam proses desentralisasi yang kemudian diformalkan pemerintah menurut Staatsblad tahun 1903 Nomor 329. Rujukan ini kemudian menjadi dasar pementukan Kota (Gemeente) di Batavia tahun 1903. Kemudian dibuat gemeente gres tahun 1905 di Soerabaja, Buitenzorg dan Chirebon. Lalu pada tahun 1906 terbentuk gemeente di Makassar, Bandoeng, Samarang, Tegal, Pekalongan, Magelang, dan Palembang (lihat Het nieuws van den dag voor Nederlandsch-Indie, 03-03-1906).
Di Medan, dewan sukarela (Fonds) ini sangat berpengaruh lantaran didukung oleh para miliarder-miliarder yang tinggi di Medan mirip para pengusaha kelas kakap di perkebunan, konglomerat bersaudara Tjong A Fier dan Tjing Jong Hian. Dalam perkembangannnya, gengsi pemerintah dipertaruhkan, kemudian pemerintah menerapkan pembentukan dewan (raad) untuk menggantikan dewan sukrela (fonds) baik untuk wilayah maupun kota. Pada tahun 1909, sebagaimana yang sudah dilakukan di kota-kota lain, kota Medan dibuat menjadi Kota (Gemeente). Seiring dengan pembentukan kota segera dibuat dewan kota (gemeenteraad).
Lantas mengapa Soeracarta dan Jogjakarta tidak dibuat menjadi kota (gemeente) dan juga mengapa di Residentie Soeracarta dan Residentie Jogjakarta tidak terbentuk dewan atau fonds? Sulit menemukan penjelasannya. Padahal kota Soeracarta dan kota Djocjocarta mempunyai potensi untuk dijadikan kota (gemeente) biar penggalian dana sanggup dimaksimalkan dan perencanaan wilayah atau kota sanggup menjadi lebih efektif. Satu-satunya faktor yang menjelaskan dalam hal ini yaitu masih kuatnya pemerintahan lokal di dua wilayah yang bertumpu pada Kaisar di Soeracarta dan Soeltan di Jogjakarta yang pada gilirannya tiga stakeholder utama (pemerintah, kraton dan pengusaha) berjalan sendiri-sendiri.
Berdasarkan pengalaman semenjak masa lampau terutama pasca Perang Jawa (yang dipimpin Pangeran Diponegoro) 1830, secara psikologis antara pemerintah (Residen) dan pemimpin lokal (Kaisar dan Soeltan) terus terjadi pasang surut. Pemerintah selalu sangat hati-hati bila berkaitan dengan kebijakan yang berbeda dari pihak kraton. Akibat tidak terlalu menyatunya pemerintah dan pemimpin lokal menciptakan pihak ketiga terutama para pengusaha menjaga jarak. Seperti di aneka macam daerah atau kota, korelasi tripartit (pemerintah, pemimpin lokal dan para pengusaha) terbentuk korelasi yang harmonis, sedangkan di Soeracarta terutama di Djocjocarta korelasi satu sama bagaikan minyak dan air dalam satu wadah. Masing-masing menjalankan fungsi masing-masing. Bagi pengusaha, sifat sukarelanya tidak muncul mirip di Medan, lantaran para pengusaha lebih sering mengeluh lantaran kepentingan mereka kurang menerima penanganan mirip pembangunan jalan dan jembatan yang memperlancar pengangkutan dalam perjuangan mereka. Hubungan kraton dengan pengusaha hanya sebatas sewa lahan dan korelasi pengusaha dengan pemerintah serba tanggung lantaran kemampuan pemerintah sangat terbatas di bidang anggaran. Terlambatnya pembanguunan kereta api ke Soeracarta dan Jogjacarta lebih pada kurang harmonisnya korelasi pemerintah dan pemerintah lokal. Dengan adanya pembangunan kereta api, para pengusaha hanya melihat sisi bisnis saja. Oleh karenanya, kantor-kantor pusat perusahaan-perusahan besar lebih menentukan di Semarang dan hanya cabang yang ditempatkan di Soeracarta dan Jogjakarta.
Dalam prakteknya para konglomerat tidak menonjol di Soeracarta dan Jogjakarta. Konfigurasi ini menyulitkan partisipasi pengusaha dalam penggalangan dana pembangunan (fonds). Yang terjadi di Jogjakarta yaitu distribusi kemakmuran yang lebih merata diantara para pengusaha dan para pangeran. Akibatnya penggalangan dana menurut partisipasi masyarakat kurang berkembang di kota Soeracarta dan Jogjakaarta. Urusan pembangunan menjadi seakan hanya urusan pemerintah. Pemerintah dalam mengintroduksi pembentukan kota maupun pembentukan dewan menjadi mengalami kesulitan tersendiri.
Struktur pemerintahan di masing-masing wilayah atau kota di Hindia Belanda berbeda-beda. Oleh karenanya dalam menyusun manajemen pemerintahan diadaptasi dengan karakteristik masing-masing wilayah dan kota. Yang terperinci dari semua sistem manajemen yang berbeda-beda itu hanya satu hal yang tetap: penerimanaan pemerintah harus lebih meningkat biar surplus (untung) lebih besar. Pemerintahan VOC dan Pemerintahan Hindia Belanda tetap menjalankan kebijakan koloni yang bertujuan untuk keuntungan.
Pemerintah dalam mengelola pembangunan wilayah atau kota sanggup menjalankan kiprah dan fungsinya secara efektif tetapi belum tentu efisien. Pemerintah dalam hal ini adakalnya menerima tekanan. Di Soeracarta dan di Djocjocarta tekanan dari pemerintah lokal cukup kuat, sementara di Deli tekanan para pengusaha yang cukup menonjol. Oleh karenanya setiap wilayah atau kota mempunyai kisahnya sendiri-sendiri dalam kaitannya dengan pembangunan ekonomi dan sosial dan pengembangan politik dalam pemerintahan dalam wujud otonomi (gemeente) atau partisipasi (gemeenteraad). Hasilnya ada kota yang maju pesat dan ada kota yang maju lambat. Kota Jogjakarta termasuk kota yang maju lambat dalam aneka macam aspek urban.
Lahirnya Boedi Oetomo pada tahun 1908 tidak cukup membantu untuk membuka perkembangan kota Jogjakarta. Boedi Oetomo sudah melenceng sesuai yang diperlukan para golongan muda. Boedi Oetomo cepat terkooptasi oleh golongan senior, Boedi Oetomo lambat laun menjadi terkesan hanya sekadar klub atau paguyuban para pangeran dan bupati. Pusat pemerintahan Boedi Oetomo tertambat di Jogjakarta. Boedi Oetomo justru sebaliknya memberi dampak berpengaruh dalam pengembangan kota di Batavia, Semarang, Soerabaja, Bandoeng dan Buitenzorg. Para tokoh Boedi Oetomo di kota-kota ini yang cenderung dari golongan terpelajar bertarung untuk merebut dingklik di dewan. Mereka yang terpilih bersuara lantang di dewan dalam urusan perkotaan untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur, pengembangan pendidikan, kesehatan dan lainnya. Kota Jogjakarta jauh dari hingar bingar semacam ini. Kota Jogjakarta hidup dengan caranya sendiri, sunyi, sepi. Kesan gemerlapnya (perkembangan) kota tidak terlihat. Kota Jogjakarta karam diantara kota-kota utama di Jawa.
Residen tidaklah hebat dalam urusan kota (urban) lantaran itu yaitu urusan wali kota (burgemeester). Residen hanya hebat dalam urusan wilayah, wilayah yang luas. Sekarang, menyerupai bupati menyebarkan kota masih jauh lebih piawai bila dilakukan oleh seorang Wali Kota. Kota Jogjakarta tidak pernah menjadi Kota (gemeente) dan tentu saja tidak akan pernah ada dewan kota (gemeenteraad) dan juga tidak pernah tiba seorang wali kota (burgemeester). Lantas mengapa Soeracarta dan Jogjakarta tidak pernah menjadi kota (gemeente). Hanya satu alasan yang menciptakan itu terjadi, bukan lantaran faktor Residen atau faktor Soeltan, tetapi lantaran kapasitas alamiah kota untuk menjadi gemeente. Kapasitas alamiah kota dalam hal ini antara lain kemampuan finansial warga kota, pertumbuhan dan perkembangan bisnis, keterbukaan kota (heterogen), pemanfaatan lahan kota dan dinamika perdagangan (arus keluar masuk barang).
Kota (gemeente) yaitu otonomi khusus di tengah wilayah pembangunan. Sebagai otonomi khusus, pemerintah kota (burgemeester dan gemeenteraad) harus bisa menggali potensi ekonomi kota untuk mempu membiayai sendiri. Elemen ini sepertinya secara alamiah tidak dimiliki oleh Jogjakarta. Dan, lantaran itu pula Jogjakarta tidak pernah menjadi gemeente. Kota Jogjakarta tetap menggyunakan (alokasi) anggaran (pembangunan) wilayah yang dipimpin oleh seorang Residen. Sebagai perbandingan sanggup disandingkan antara kota Bandoeng dan Jogjakarta sebagai dua kota di pedalaman. Semua elemen urban dan elemen pembentukan gemeente dimiliki oleh Bandoeng.
Apa yang terjadi di Jogjakarta, setali tiga uang juga terjadi di kota Padang Sidempoean. Sebagai kota di pedalaman, kota Padang Sidempoean tidak pernah mempunyai kapasitas alamiah untuk menjadi kota. Tidak ada potensi ekonomi kota yang sanggup digali. Oleh lantaran itu kota Padang Sidempoean tidak pernah menjadi gemeente. Namun ada perbedaan antara kota Jogjakarta dengan kota Padang Sidempoean. Di kota Padang Sidempoean terdapat kantor dewan. Bukan kantor dewan kota tetapi kantor dewan wilayah (gewest). Hal ini lantaran di luar kota Padang Sidempoean terdapat cukup banyak perkebunan. Lantas yang mengakibatkan pertanyaan mengapa tidak terdapat (kantor) dewan wilayah di Jogjakarta. Disinilah duduk soal perbedaan antara kota Jogjakarta dengan kota Padang Sidempoean. Padahal wilayah di luar kota Jogjakarta terdapat banyak perkebunan, Lalu faktor apa yang mengakibatkan suara-suara para pengusaha perkebunan tidak terbentuk dalam bentuk dewan di Jogjakarta? Boleh jadi hanya satu balasan yakni masing-masing dari tiga stakeholder (pemerintah, kraton dan pengusaha) tidak ada yang mengambil inisiatif. Dengan kata lain dari tiga stakeholder di Djocjocarta (juga di Soeracarta) sama-sama merasa tidak memerlukan fungsi suatu dewan.
Hingga tahun 1921 di seluruh Hindia Belanda terdapat sebanyak 31 kota yang sudah berstatus gemeente (lihat lampiran di bawah). Masing-masing gemeente mempunyai forum dewan kota (gemeenteraad). Dari daftar ini tidak terdapat nama kota Soeracarta dan nama kota Djocjocarta. Padahal dua kota ini terbilang dua kota tua.
Di seluruh Hindia Belanda terdapat sebanyak 53 wilayah yang mempunyai dewan (raad) yang mana 31 wilayah merupakan gemeente. Uniknya, hanya satu wilayah yang setingkat onderafdeeling (kecamatan) yakni Onderfadeeling Angkola en Sipirok atau juga disebut Onderfadeeling Padang Sidempoean. Uniknya lagi, hanya di Onderafdeeling Padang Sidempoean satu-satunya dewan yang terbentuk di seluruh Residentie Tapanoeli. Lantas mengapa begitu? Satu-satunya jawaban: dari tiga stakeholder di wilayah Onderafdeeling Padang Sidempoean masing-masing merasa penting dan perlu dibuat dewan. Ini seakan kota Jogjakarta dan kota Padang Sidempoean bertolak belakang dalam menyikapi perlunya pembentukan dewan. Disinilah duduk soal perbedaan antara kota Padang Sidempoean dengan kota Jogjakarta.
Semua gemeente dipimpin oleh wali kota (Burgemeester), tetapi tidak semua gemeente mempunyai wakil wali kota (Locoburgemeester). Hanya kota-kota besar yang mempunyai locoburgemeester. Burgemeester dan Locoburgemeester semuanya orang Eropa/Belanda. Akan tetapi ada kekecualian untuk Kota Batavia dan Kota Padang. Di dua kota ini orang pribumi pernah menjadi Locoburgemeester. Di Kota Batavia pribumi yang pernah menjadi Locoburgemeester yaitu MH Thamrin (tahun 1930-1931) sedangkan di Kota Padang yaitu Dr. Abdul Hakim Nasution (1931-1942). Uniknya lagi kedua pribumi yang menjadi Locoburgemeester yaitu besanan. Putra Dr. Abdul Hakim Nasution, Mr. Egon Hakim Nasution menikah dengan putri elok MH Thamrin pada tahu 1935.
Dr. Abdul Hakim Nasution yaitu sahabat sekelas Dr. Tjipto Mangoenkoesoemo di Docter Djawa School (cikal bakal STOVIA) yang sama-sama lulus tahun 1905. Pada tahun 1930 di Gemeente Soerabaja terpilih satu diantaranya anggota dewan kota (gemeenteraad) yakni Dr. Radjamin Nasution (teman sekelas Dr. Soetomo di STOVIA). Masih pada tahun 1930 di Medan terpilih Abdul Hakim Harahap sebagai anggota dewan kota (gemeenteraad) Medan. Abdul Hakim Harahap kelak menjadi Wakil Perdana Menteri RI di Jogjakarta (1950).
Last but not least. Mengapa di Onderfadeeling Angkola en Sipirok (Onderafdeeling Padang Sidempoean) yang merupakan satu-satunya di Hindia Belanda terdapat dewan pada tingkat kecamatan. Boleh jadi ini ada relasinya dengan banyaknya orang-orang Padang Sidempoean yang menjadi anggota dewan di aneka macam daerah mirip Dr. Abdoel Hakim Nasution di Padang, Dr. Radjamin Nasution di Soerabaja dan Mr. Abdul Hakim Harahap di Medan.
Pada tahun 1916 mulai dirasakan perlunya dewan pusat, suatu dewan yang berkedudukan di Batavia. Namun fungsinya masih sangat terbatas, kira-kira mirip dengan pembentukan Fonds di Deli. Pada tahun 1918 semua gemeenteraad di Hindia Belanda ditingkatkan statusnya, para anggota tidak lagi penunjukan tetapi dilakukan melalui pemilihan. Lalu pada tahun 1927 untuk menjadi anggota Volksraad harus melalui pemilihan mirip yang telah dilakukan di level gemeenteraad. Pada pemilihan anggota Volksraad pada tahun 1930 jatah untuk pribumi sebanyak 17 orang yang mana 11 orang dari dapil di (pulau) Jawa. Untuk (pulau) Sumatra dibagi ke dalam empat dapil yakni Dapil West Sumatra, Dapil Zuid Sumatra, Dapil Oost Sumatra dan Dapil Tapanoeli/Atjeh. Masing-masing dapil hanya diwakili oleh satu orang. Yang terpilih untuk Dapil Tapanoeli/Atjeh yaitu Dr. Alimoesa Harahap dan yang terpilih untuk Dapil Oost Sumatra yaitu Mr. Abdul Firman Siregar gelar Mangaradja Soeangkoepon. Alimoesa Harahap dan Mangaradja Soeangkoepon juga berasal dari Afdeeling Padang Sidempoean.
Lampiran:
.
Jumlah Anggota Dewan Pribumi/timur ajaib (non-Eropa) di Hindia Belanda, 1921 | |||
No | Nama Daerah | Bentuk administrasi | Jumlah anggota dewan pribumi (non-Eropa) |
1 | Angkola en Sipirok ( afd. Padang Sidempoean) | Onder-afdeeling | 23 |
2 | Bandjermasin | Gemeente | 12 |
3 | Bandoeng | Gemeente | 13 |
4 | Bantam (Banten) | Gewest | 12 |
5 | Banjoemas | Gewest | 13 |
6 | Basoeki | Gewest | 15 |
7 | Batavia | Gemeente | 17 |
8 | Batavia | Gewest | 22 |
9 | Bindjei | Gemeente | 6 |
10 | Blitar | Gemeente | 9 |
11 | Buitenzorg (Bogor) | Gemeente | 14 |
12 | Cheribon (Cirebon) | Gemeente | 7 |
13 | Cheribon (Cirebon) | Gewest | 16 |
14 | Fort de Kock (Bukittinggi) | Gemeente | 7 |
15 | Kediri | Gemeente | 9 |
16 | Kediri | Gewest | 19 |
17 | Kedoe | Gewest | 26 |
18 | Komering Ilir | Gewest | 17 |
19 | Lematang Ilir | Gewest | 17 |
20 | Madioen | Gemeente | 11 |
21 | Madioen | Gewest | 13 |
22 | Madura | Gewest | 12 |
23 | Magelang | Gemeente | 11 |
24 | Makasser | Gemeente | 12 |
25 | Malang | Gemeente | 12 |
26 | Medan | Gemeente | 10 |
27 | Menado | Gemeente | 9 |
28 | Minahasa | Afdeeling | 37 |
29 | Mr. Cornelis (Jatinegara) | Gemeente | 12 |
30 | Modjokerto | Gemeente | 8 |
31 | Ogan Ilir | Gewest | 23 |
32 | Oostkust Sumatra (Sumatra Timur) | Gewest | 21 |
33 | Padang | Gemeente | 15 |
34 | Padang Pandjang | Gewest | 20 |
35 | Palembang | Gemeente | 12 |
36 | Pasoeroean | Gemeente | 9 |
37 | Pasoeroean | Gewest | 25 |
38 | Pekalongan | Gemeente | 12 |
39 | Pekalongan | Gewest | 11 |
40 | Pematang Siantar | Gemeente | 8 |
41 | Preanger Regentschappen | Gewest | 28 |
42 | Probolinggo | Gemeente | 12 |
43 | Rembang | Gewest | 16 |
44 | Salatiga | Gemeente | 8 |
45 | Sawah Loento | Gemeente | 5 |
46 | Semarang | Gemeente | 16 |
47 | Semarang | Gewest | 27 |
48 | Soekaboemi | Gemeente | 10 |
49 | Soerabaja | Gemeente | 19 |
50 | Soerabaja | Gewest | 24 |
51 | Tandjong Balei | Gemeente | 6 |
52 | Tebing Tinggi | Gemeente | 9 |
53 | Tegal | Gemeente | 10 |
Total | 767 | ||
Catatan: -Koefisien Pemilu yaitu 50 -Gemeente=kota -Gewest=Terdiri dari beberapa afdeeling -Afdeeling=Terdiri dari beberapa onder-afdeeling Sumber: De Preanger-bode, 01-02-1921 |
0 Response to "Sejarah Yogyakarta (25): Kota Jogjakarta Tidak Pernah Berstatus Gemeente (Kota), Mengapa? Inilah Daftar Residen Jogjakarta"
Posting Komentar